1.2.24

Cari Bengkel Sepeda Motor Terbaik? Baca Dulu 7 Tips Ini!


Hola manteman, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik, ya. Alhamdulillah, saat ini saya juga dalam keadaan sehat wal afiat. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan. Cuaca saat ini rasanya ekstrem banget ke badan. Siang bisa panas banget, eh sorenya hujan besar. Ya begitu deh, mau peralihan dari musim hujan ke musim panas. Pokoknya, tetap selalu jaga kesehatan, ya! 

Pengalaman dengan Bengkel ‘Nakal’

Manteman, kali ini saya mau share cerita tentang sepeda motor saya. Nah sebelum cerita, saya mau nanya. Teman-teman ada yang punya pengalaman motornya mogok di tempat antah berantah, gak? Saya dan suami pernah. Lupa lagi sih tepatnya kapan. Tapi kayaknya tahun lalu. 

Jadi begini, saat itu saya abis ikut lomba lari. Begitu beres, saya nelpon suami dan minta beliau untuk menjemput. Setelah lama berselang, bukannya suami datang dengan sepeda motornya, eh beliau malah ngechat. Beliau bilang kalo motornya mogok. Tiba-tiba mati begitu aja. Padahal bensin penuh. Dan rasanya mesin motornya juga masih oke. Belom waktunya untuk diservis. 

Kebetulan dekat bengkel, jadinya katanya mampir ke sana. Menurut suami, bengkelnya gak jauh dari tempat saya minta dijemput. Jadinya beliau minta saya langsung ke bengkel saja. Saya pun mengiyakan. Jadilah saya menuju bengkel dengan berjalan kaki.

Setiba di bengkel, suami lagi manyun. Dia menghampiri saya dan berbisik. Mesin motornya rusak. Orangnya bilang, harus segera diservis, biar bisa jalan. Biayanya sekitar 700 ribu. Begitu katanya.

Saya terkejut. Heran juga. Mesin motornya kan masih oke. Belom waktunya untuk servis lagi. Kok bisa begitu? Suami juga mengiyakan. Dia juga menolak untuk menyervis mesin motor saat itu di sana. Suami berbisik lagi. Dia curiga bengkelnya ‘nakal’. Mentang-mentang jauh dari mana-mana, mereka bertindak seenaknya. 

Alhamdulillah, karena kami tidak bawa uang cash yang banyak dan bengkelnya tidak bisa menerima pembayaran secara cashless, serta saat itu tiba-tiba mesin motor nyala lagi, jadilah kami pergi dari sana. 

Begitu sampai di tempat yang sedikit ‘kota’, barulah kami nyari bengkel yang terpercaya. Biar sepeda motor kami bisa diperiksa, dan kami jadi tahu penyebab mesin motor mati. Sebab apa yang diceritakan bengkel ‘nakal’ sebelumnya, sangat-sangat tidak bisa dipercaya. Beruntung montir alias mekanik di bengkel tersebut baik, dengan jujur dia bilang kalo mesin motornya mati bukan karena hal yang sangat serius seperti harus servis mesinnya. Masalahnya hanya ada pada sistem ventilasi bensin saja. 

Suami dan sepeda motor saya

Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

Cukup sekali saya dan suami mengalami kejadian yang seperti itu. Berhadapan dengan bengkel ‘nakal’ yang akan membohongi kami tentang keadaan motor. Beruntung banget saat itu mesinnya masih bisa nyala. Jika tidak, pasti kami sudah kena dibohongi mereka. Ke depannya, kami jadinya harus tahu lebih banyak lagi hal-hal mengenai motor. Biar gak panik saat ada apa-apa. Dan tentunya, harus tahu juga ciri-ciri dari bengkel terbaik dan terpercaya.

Teman-teman juga harus gitu, ya. Harus tahu berbagai hal mengenai kendaraan yang dimiliki. Jangan sampai ketidaktahuannya menjadi celah untuk pihak lain berbuat ‘nakal’. Nah untuk sepeda motor, saya punya tips di dalam memilih bengkel terbaik. Berikut ini beberapa di antaranya. Disimak, ya!

1. Harga Jujur dan Transparan

Kebanyakan bengkel memang tidak memberikan tarif harga servis secara tersurat di bengkelnya. Nah supaya tidak kaget saat hendak membayar, ada baiknya kita lebih dulu bertanya secara langsung mengenai harga perkiraan yang harus dibayar. Baik itu servis ataupun pemasangan suku cadang. Entah itu kepada mekaniknya, kasirnya, atau mungkin staf lain yang ada di bengkel tersebut. Akan lebih baik jika kita lebih dulu mencari tahu saat sebelum datang ke bengkel tersebut. Misalnya bertanya kepada teman, searching di Google, atau cara lainnya. Pastinya, dengan mengetahui harga perkiraannya lebih dulu, kita jadi tidak kaget dan meminimalkan kita menjadi korban bengkel ‘nakal’.

2. Mekanik Profesional dan Handal

Tips berikutnya yang harus kita catat adalah mekanik di bengkel tersebut. Supaya servis dan pemasangan suku cadang bisa bagus sesuai dengan yang seharusnya, maka pastikan bengkel yang kita pilih memiliki mekanik yang profesional dan handal.

Cara mengetahui profesional dan handalnya mekanik suatu bengkel adalah dengan cara bertanya langsung ke mekanik tersebut mengenai keluhan dari sepeda motor kita. Jika mekaniknya profesional dan handal, mereka biasanya akan langsung tahu apa penyebab keluhan sepeda motor kita, beserta dengan solusinya. Jika sebaliknya, bisa dipastikan bengkelnya tidak bisa dipercaya. Tapi di sini kita tentunya harus punya pengetahuan tentang sepeda motor. Jangan sampai kita percaya saja pada apa yang dikatakan mekanik kepada kita.

Cara selanjutnya untuk tahu profesional dan handalnya mekanik suatu bengkel, juga bisa dengan mencari tahunya. Seperti pada poin pertama tadi, di sini kita bisa mencari tahu melalui Google atau dengan bertanya kepada teman yang punya pengalaman di bengkel tersebut.

3. Peralatan Modern

Tips memilih bengkel motor terbaik berikutnya, kita bisa melihat dari kelengkapan peralatan yang dimiliki bengkel tersebut. Untuk sepeda motor zaman sekarang, bengkel yang bagus tentunya harus memiliki peralatan modern. Hal ini jelas, sebab pekerjaan-pekerjaan untuk perbaikan atau pemasangan suku cadang pada sepeda motor keluaran baru, harus menggunakan peralatan mutakhir. Selain supaya aman, presisi, dan dilakukan dengan benar, juga untuk efisiensi dan efektivitas.

Alat-alat canggih di bengkel sepeda motor ini misalnya saja Tyre Changer (alat untuk melepas dan memasang ban), alat congkel ban, dan peralatan modern lainnya. Selain untuk mempermudah dan membantu mekanik, alat-alat ini juga membuat sepeda motor tidak tergores, tidak rusak, dan tetap aman digunakan.

4. Kelengkapan Suku Cadang

Bengkel yang terpercaya juga bisa dilihat dari kelengkapan suku cadang yang disediakannya. Jadi apapun kebutuhan kita, suku cadang yang diperlukan ada. Dari yang ukurannya kecil hingga yang ukurannya besar. Dan mungkin juga dari variasi harganya. 

Bengkel terbaik yang suku cadangnya tersedia dengan lengkap tentunya akan memudahkan kita untuk melakukan servis apapun. Jadinya tidak perlu pindah ke bengkel yang lainnya. Cukup di bengkel tersebut, apapun yang motor kita butuhkan ada.

5. Jaminan Garansi

Tidak semua bengkel memberikan layanan garansi ini. Apalagi bengkel sepeda motor konvensional, atau bengkel sepeda motor kecil. Sebab hal ini tentu memberikan risiko pengeluaran biaya lagi kepada mereka seandainya memang konsumen tidak puas. 

Tapi bengkel terbaik dan terpercaya, akan sanggup memberikan garansi itu. Sebab mereka percaya dengan kualitas yang mereka berikan. Dari mekanik profesional dan handal hingga kualitas suku cadang yang diberikan. Jadinya kemungkinan konsumen tidak puas semakin kecil. Namun pun begitu, mereka sanggup melakukan apapun seandainya terjadi hal-hal purna layanan. Tapi tentu, garansi ini ada masa berlakunya. Misalnya selama 7 hari pemakaian setelah dari bengkel tersebut.

6. Jam Operasional Panjang

Kita menggunakan sepeda motor kapan saja dan di mana saja. Kemungkinan terjadi kerusakan juga bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Untuk hal tersebut, jadinya kita butuh bengkel yang bisa melayani perbaikan motor kita kapan saja.

Nah bengkel yang baik dan terpercaya itu memiliki jam operasional yang panjang. Jadinya saat kita sepulang kantor misalnya, kita baru sempat servis motor atau mengganti suku cadang, bengkel tersebut masih bisa menerima.

7. Berbagai Metode Pembayaran

Ini yang saat ini penting. Seperti pengalaman saya waktu di bengkel ‘nakal’ di awal cerita. Bengkel tersebut hanya menerima pembayaran secara cash saja. Nah ini bisa jadi salah satu indikator bengkel konvensional yang kurang terpercaya.

Sebaliknya bengkel yang modern dan terpercaya, pastinya akan mengikuti perkembangan zaman. Nah ketika zaman sudah beralih pada pembayaran cashless, begitu juga di bengkel. Kini sudah banyak jenis bengkel seperti itu. Pembayaran dilakukan cashless, baik itu dengan menggunakan kartu debit, e-wallet, QRIS, mbanking, atau yang lainnya. Pastinya ini sangat meringankan dan membantu kita. 

Servis Sepeda Motor Di Planet Ban

Ciri-ciri bengkel terbaik dan terpercaya rasanya sangat sulit untuk ditemukan di satu bengkel saja. Tapi tidak demikian dengan Planet Ban. Semua ciri yang disebutkan ada padanya. Suami saya yang memang langganan servis sepeda motornya di sana membenarkan hal tersebut. Semua tips yang dituliskan tadi bisa kita dapatkan di Planet Ban. 

Harganya jujur dan transparan, mekaniknya profesional dan handal, peralatan yang digunakannya modern, suku cadangnya lengkap, ada jaminan garansi, jam operasionalnya panjang, serta sistem pembayarannya juga bervariasi. Benar-benar bengkel terbaik dan terpercaya deh Planet Ban ini.

Jika teman-teman menyangka kalo di Planet Ban kita hanya bisa memasang ban sepeda motor saja, teman-teman salah besar. Di Planet Ban sekarang, kita tidak hanya bisa membeli dan memasang ban motor saja. Planet Ban kan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Jadinya di Planet Ban, kita bisa servis motor, ganti oli motor, ganti kampas rem, ganti minyak rem, ganti busi, dan juga mengganti aneka suku cadang yang lainnya. Semuanya tersedia lengkap di Planet Ban.

Jangan takut, harganya juga transparan. Kita bisa mengeceknya di website resmi Planet Ban, yakni di planetban.com. Atau saat di Planet Ban, kita bisa lihat langsung di rak produk yang ada di sana.

Planet Ban sangat bisa menjadi bengkel pilihan untuk kita yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari Bengkel Motor. Mekanik profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. Yuk coba ke Planet Ban aja. Apapun kebutuhan sepeda motor kita ada di sana.

Jangan lupa juga, di Planet Ban kita bisa dapat banyak benefit yang mungkin tidak akan kita dapatkan di Bengkel Motor lain. Misalnya saja seperti hal-hal berikut.

  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa servis dan ganti oli
  • Gratis jasa pengisian cairan antibocor
  • Gratis pengisian nitrogen selamanya

Ah beneran gak rugi deh kalo kita serahin semua keperluan sepeda motor kita ke Planet Ban. Terjamin semuamuanya. Pokoknya, begitu waktu servis motor tiba, datang langsung ke Planet Ban terdekat. Apalagi saat keluhan di sepeda motor terjadi. Buru-buru ke sana, jangan tunggu sampe besok.

Eh iya, mumpung lagi ada promo di Planet Ban, ayo segera bawa sepeda motormu ke sana. Kita bisa dapat potongan harga hingga Rp150.000,- lho dari Planet Ban. Untuk info lebih lanjutnya, klik aja https://bit.ly/PotonganSampai150Ribu. Nanti kamu bisa dapat info secara jelas dari sana.


Oke Deh!

Itu dia cerita saya tentang sepeda motor saya. Lengkap dengan tips memilih bengkel terbaik untuk sepeda motor. Pastikan teman-teman terapkan semua tipsnya ya. Supaya motor kita tetap selalu dalam keadaan prima saat digunakan karena diservis di bengkel terbaik dan terpercaya. Jangan lupa, servis sepeda motornya dengan rutin. Andalkan saja Planet Ban. Selain terbaik dan terpercaya, Planet Ban juga ada di mana-mana. Tersebar di berbagai tempat, di berbagai provinsi. 

Segitu cerita saya kali ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya!


28 komentar:

  1. Kalo urusan service motor tuh emang agak pelik ya, musti trial and error dulu. Salah-salah, ya diboongin. Mending kalo udah keluar duit gede, terus bener. Kalo sampe ga bener.. Ya double rugi. Mangkanya dari dulu sampe sekarang, aku kalo udah cocok sama satu bengkel biasanya gabakal pindah ke laon hati.

    Nah, kalo Planet Ban, aku lumayan langganan sama oli dan beberapa sparepartnya sih. Oli esternya oke, dengan harga yang terjangkau banget. Sementara sparepartnya, meski agak mahal tapi lebih baik kualitasnya. Aku pernah coba ganti kampas tromol di merk sebelah, eh... Berisik banget suara kampasnya. Pas di Planet ban, malah awet sampe sekarang. Ini review jujur yaaa ehehehe

    BalasHapus
  2. Saya pun pernah hampir dikerjain bengkel nakal,,,
    Dulu pernah motor saya mogok dan akhirnya saya dorong dijalan,,,
    Saya juga tidak bodo bodo amat soal motor sedikitnya ya tahu,,,
    Motor mogok gini salah satu faktor penyebabnya bisa jadi busi yg bermasalah,,,
    Sayangnya pada saat itu saya tidak membawa kunci busi padahal biasanya selalu saya bawa minimal bisa saya cek dulu businya kalau kuncinya ada,,,
    Alhasil mau tidak mau saya mampir ke bengkel pinggir jalan,,,
    Setelah mereka cek katanya harus turun mesin karena oli mesinnya kering,,,
    Gila aja saya tolak mentah mentah lah,,,dan saya pun mendorong motor lagi sampai ketemu bengkel lagi,,,
    Akhirnya ketemu bengkel lagi,,,setelah dicek memang benar businya bermasalah,,,akhirnya saya setuju untuk mengganti busi,,,dan motorpun hidup lagi,,,dengan biaya 25.000 untuk penggantian busi,,,

    BalasHapus
  3. Aku dulu selalu bawa motor ke bengkel resmi sesuai merk motor. Aman sih iya, tapi biayanya lumayan menguras isi kantong. Sejak mengenal bengkel Planet Ban, aku gak pernah ke bengkel lain. Di planet ban, teknisinya profesional, ruang tunggunya nyaman, dan harganya terjangkau....

    BalasHapus
  4. Aku biasanya servis di bengkel resmi, cuma belakangan ngerasa apa yang sering orang sindir di meme yang kalau datang tuh untuk servis, eh adaaa aja keluar duit untuk jajan yang lain >.< mana di bengkel resmi upah teknisinya dihitung perkomponen. Ngap pas bayar. Makanya belakangan milih bengkel biasa aja. Enak banget kalau di Palembang ada Planet Ban, aku gak khawatir mau pilih bengkel lagi.

    BalasHapus
  5. Planet Ban emang terpercaya yaaa. Dan cabangnya juga ada di mana2. Seneng deh kalo liat Planet Ban di kotaku, bersih tempatnya.

    BalasHapus
  6. Aku juga kalau mau nyari bengkel untuk sepeda motorku pasti yang paling lengkap plus layanannya juga harus oke..
    Karena aku oorangnya nggak paham tentang perintilan dan kerusakannya, jadinya ya harus cari bengkel yang jujur dan nggak mainin konsumennya terutama

    BalasHapus
  7. Teman-teman juga merekomendasikan servive ke planet ban. Salahs atu yang buat aku trusted itu, harganya yang transparan

    BalasHapus
  8. Saya baru denger planet ban ini kak wah banyak banget benefitnya ya dibandingkan bengkel motor lain. Lain kali mau coba ke sini deh mumpung lagi ada promo

    BalasHapus
  9. Nah bener Mbak. Hari ini banyak sekali para pengusaha yang menerima pembayaran cashless atau lewat aplikasi ketimbang tunai. Banyak sekali manfaat yang didapat. Setidaknya menghindari kecurangan, kenakalan, atau godaan untuk lepas kontrol dari sistem administrasi keuangan usaha. Jadi bisa membayangkan bahayanya saat kita di tengah saat-saat butuh kemudian "ditembak" untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar, cash pulak.

    BalasHapus
  10. Bengkel nackal ini meresahkan banget sii.. teh.
    Aku juga pernah diutak-atik gajelas, karena yang servis cewe jadi kayak mau terima beres aja gitu..
    Ternyataaa.. servis berikutnya di bengkel langganan barruu ketauan.

    Sedih banget.
    Tapi ya, mau gimana lagi..

    Makanya kebantu banget kalau ada bengkel yang amanah seperti Planet Ban begini.. Alhamdulillah~

    BalasHapus
  11. Kudu pandai ya Teh berarti urusan merawat mesin kendaraan dan tentunya di bengkel yang terpercaya , seperti rekomennya Teh Nia nih Planet Ban yang banyak cabang terdekatnya ya

    BalasHapus
  12. kalau mau perbaiki atau service kendaraan harus ditempat yang terpercaya. Planet ban sudah pasti memiliki part yang bagus kualitasnya untuk kendaraan dan tak ada dusta diantara pelanggan dan tempat service ya

    BalasHapus
  13. Potongannya gede ya, sampe diskon 150 rb. Wah, bakalan banyak yang langsung borong ke Planet Ban nih, teh

    BalasHapus
  14. Jadi kangen anakku
    Karena anakku yang nomor 3 ini rajin banget kalo pulang ke Bandung
    Dia gak bisa lihat sepeda motor dalam keadaan tidak perfect
    Jadi selalu bawa ke Planet Ban untuk service menyeluruh

    BalasHapus
  15. Setuju buat servoce motor emang harus cari bengkel khusus service motor terbaik ya,,.supaya mendapatkan layanannya juga prima

    BalasHapus
  16. 7 Tips nya sangat bermanfaat, nah kebetulan banget Bapak dan Adek emang suka service dan ganti ban di Planet Ban, kebetulan dekat rumah dan emang udah terpercaya kualitasnya. Apalagi di musim penghujan kaya sekarang, mesti lebih di perhatikan banget soal service kendaraan supaya lebih safety saat berkendara di jalanan yang cenderung licin..

    BalasHapus
  17. Setuju banget, harus hati-hati dengan bengkel nakal, atau kita malah dikerjai.
    Pernah motor adikku mogok, trus pergi ke bengkel terdekat. Tanpa ia tahu, ada bagian motor yang diganti dengan yang ngga original.
    Saat sudah 'menyerah' dengan bengkel itu, adik aku pulang dengan menuntun motor dan beberapa hari kemudian pergi ke bengkel langganan, bengkel itulah yang nanya "Pak kok ini ngga pakai yang ori? kayaknya terakhir saya lihat bukan yang ini."
    Ketahuan lah siapa pelakunya... bengkel mana lagi yang disamperin adikku selain bengkel nakal saat motor mogok mendadak...
    Bengkel harus bagus pelayanannya seperti planet ban. Lokasinya juga sekarang semakin banyak ya, jadi lebih terjangkau secara jarak juga...

    BalasHapus
  18. Menarik seh apa yang ditawarkan planet ban ini, aku info ah keteman2 yang punya motor, barangkali bisa jadi alternatif saat dibutuhkan.

    BalasHapus
  19. Potongan harganya mantap sekali padahal Planet Ban termasuk bengkel yang bagus sekli dengan harga bersahabat. Selain tentu saja sudah ada di banyak tempat termasuk di dekat rumah saya.

    BalasHapus
  20. Sudah sering baca review Planet Ban ini dan betul-betul tertarik untuk bawa motornya anakku yh sering "berkenalan" sama tukang bengkel nakal. Tapi, saya masih belim dapat info, apakah Planet Ban sudah ada di Makassar atau belum? Bagi infonya yah kalau sudah ada di Makassar.

    BalasHapus
  21. Kalau punya barang, memang baiknya dipikirkan juga ya mengenai perawatannya,, jangan sampai menunggu rusak. Karena tempat untuk perawatan ataupun untuk memperbaiki gak gampang ditemukan. Nah, untuk motor sepertinya planet ban adalah yang terbaik nih.

    BalasHapus
  22. Wah, kalau mau servis bisa langsung ke Planet Ban aja ya. Udah komplit di sana. Bisa benahi dari ban sampai mesinnya. Ada promo juga ya, makin mantul.

    BalasHapus
  23. Planet Ban ini adalah salah satu bengkel yang sangat bisa dipercaya karena memang secara reputasi sangat baik dan juga servis yang diberikan sangat beragam sehingga menjadi kepercayaan Banyak masyarakat

    BalasHapus
  24. Suka banget sama Planet Ban yang semuanya serba transparan dari mulai harga hingga apa aja yang kudu di servis. Keseringan karena kita gak tau apa aja yang di servis, malah jadi kegetok sendiri yaa.. Kan jadi pengeluaran tak terduga yang bikin nangiiiss..

    BalasHapus
  25. Iya orang tuh jadi parno ya teh mau ke bengkel karena takut ditipu sama orang bengkel disuruh servis ini itu padahal nggak rusak

    BalasHapus
  26. Saya pernah juga menggunakan planet ban buat service motor memang bagus pelayanannya dan harga-harganya juga sangat terjangkau, enaknya lagi cabangnya ada di mana-mana jadi ga kesulitan dimana saja kita dapat menemukan bengkel ini

    BalasHapus
  27. Di Planet Ban, data setiap pelanggannya dicatat secara sistem ya. Jadi kita mau pergi ke PLanet Ban manapun, tidak perlu khawatir

    BalasHapus
  28. Iya sih, kadang ada bengkel nakal yang suka getok harga saat ada motor mogok. Heran juga, motor mogok kan artinya lagi masalah. Orang lagi ada masalah bukannya di murahin tapi malah digetok.😂

    Berarti mending di planet ban saja ya kakak.😀

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)