4.3.22

Tips Meredakan Sakit Tenggorokan dengan Cepat


Apa yang dikatakan orang-orang sepertinya benar. Masyarakat Indonesia sedang demam, batuk pilek, dan sakit tenggorokan berjamaah. Bukan tanpa alasan, sebab kebanyakan orang yang saya temui, entah online atau pun offline, sejak Januari 2022, pada ngerasain keluhan tersebut. Termasuk saya dan seisi rumah.

Ya, saya dan orang-orang rumah, awal February lalu merasakan keluhan-keluhan tersebut. Demam, batuk pilek, dan sakit tenggorokan. Nah saya ada tambahannya, yakni badan lemes tidak terkira. Saya yang biasanya masih kuat lari 3 – 5 kiloan walopun lagi flu, saat ngalamin gangguan tersebut, gak bisa ngapa-ngapain. Selesai ngerjain urusan rumah dan anak-anak, pasti aja rebahan. Entahlah, tenaga saya rasanya hilang entah ke mana.

Ketakutan Kena Omicron

Ini jelas saya dan suami rasakan. Karena keluhan yang kami rasa sama persis dengan gejala Covid-19 varian Omicron yang banyak digembar-gembor di berbagai media. Sebenernya sih bukan takut, toh kami pernah kena Covid-19 varian Delta, yang katanya lebih berat. Kami lebih khawatir dengan orang-orang yang selama ini berinteraksi dengan kami. Rekan kerja suami di kantornya, teman-teman sekelas anak saya, atau siapa pun yang pernah papasan dengan kami. Kami takut, mereka belum pernah ngalamin. Walopun kalo dipikir-pikir, kecil juga sih kemungkinan kami menularkannya kepada mereka. Kami selalu taat prokes kok. Bahkan ke anak-anak.

Alhamdullah, ‘isoman tak resmi’ kami terkonfirmasi sebaliknya. Suami kebetulan kena random test antigen di kantornya. Hasilnya negatif. Jadinya kami pun yakin kalo kami sesisi rumah juga semuanya negatif. Soalnya sekarang, kondisi kami sudah normal kembali. Jika pun ngerasa demam, batuk pilek, dan juga sakit tenggorokan, dengan konsumsi parasetamol 1 – 2 kali saja, semua langsung reda. Kami yakin, itu sih cuma pengaruh cuaca saja.

Tips Meredakan Sakit Tenggorokan dengan Cepat

Semua sakit memang gak ada yang enak. Tapi di masa kayak sekarang, entah itu karena Omicron atau pun karena cuaca, sakit tenggorokan itu sangat mengganggu. Biasanya, gangguan ini lumayan lama jika ditunggu sembuh sendiri. So supaya gak lama-lama, meredakannya adalah hal yang kudu kita lakukan. Berikut ini hal-hal yang saya lakukan saat kami sekeluarga kena gangguan sakit tenggorokan.

1. Berkumur dengan campuran air hangat dan 1/2 hingga 1 sendok teh garam

Ini tak cuma kami lakukan saat beberapa waktu lalu. Tapi juga saat kena varian delta. Rutin berkumur dengan campuran air hangat yang sudah dilarutkan 1/2 – 1 sendok teh garam. Menurut HelloSehat, berkumur dengan cara ini bisa membuat kondisi mukosa tenggorokan yang subur oleh kuman menjadi tidak ideal lagi bagi kuman-kuman ini untuk terus tumbuh. Jadinya kuman-kuman ini akan mati. Berkumur dengan cara ini kami lakukan 2 – 3 kali dalam sehari.

2. Minum cairan hangat yang terasa melegakan tenggorokan

Ini dilakukan setiap kali minum. Ya, kami selalu minum air hangat saat sedang sakit tenggorokan. Sebab memang, tenggorokan rasanya jadi nyaman manakala minum air hangat. Entah itu cuma air putih biasa atau pun air jenis lainnya. Hangatnya sangat menenangkan tenggorokan.

3. Mengisap permen

Ini juga kami lakukan. Sejak kena varian delta tahun lalu, saya selalu menyediakan permen hangat di rumah. Jenisnya bisa permen mint, eucaliptus, atau permen yang lainnya.

4. Banyak istirahat dan tidur cukup

Ini jelas ya, jangankan ketika tubuh sedang tidak nyaman. Bahkan saat tubuh baik-baik saja pun, kita wajib banyak istirahat dan tidur yang cukup. Supaya sakit cepat sembuh atau supaya tubuh gak jadi sakit.

5. Mengurangi atau tidak makan makanan berminyak, pedas, atau minum es

Ini pun jelas. Ketika sakit tenggorokan, mengonsumsi makanan berminyak, pedas, dan atau air es itu sangat tidak nyaman. Dan biasanya, gejala sakit tenggorokan pun jadi memburuk. So, hindari selalu ya.

6. Ke dokter jika gejala memburuk dan disertai gejala lain.

Punya keluhan apa pun, jika gejalanya memburuk harus segera menghubungi dokter. Takutnya memang kena penyakit yang lebih serius. Alhamdulillah sih, selama ‘isoman tak resmi’ beberapa waktu yang lalu, saya dan anak-anak tak sampai ke dokter secara langsung. Saya hanya konsultasi ke dokter secara online via aplikasi. Dan ini sangat membantu.

Produk-produk Ini Bisa Membantu

Saat kena varian delta, saya menggunakan beberapa produk Betadine. Produk-produk ini banyak membantu saya dalam meredakan gejala, terutama yang berhubungan dengan sakit tenggorokan. Begitu pun saat kemaren itu. Kami juga menggunakannya. Misalnya saja BETADINE® Lozenges dan BETADINE® Mouthwash & Gargle

Kenapa pake produk Betadine, teman-teman semua pasti pada tahu. Iya, produk-produk dari Betadine kan sudah terpercaya kualitasnya. Obat luka dari Betadine, sepertinya sudah jadi andalan buat masyarakat Indonesia. Iya, kan, ya?!

BETADINE® Lozenges sendiri merupakan produk tablet hisap. Orang-orang rumah nyebutnya permen Betadine. Kandungan antiseptik yang ada di dalamnya, dan juga menthol serta eucalyptus flavor-nya, sangat melegakan tenggorokan.

Adapun BETADINE® Mouthwash & Gargle, ini merupakan produk obat kumur. Antiseptik yang ada di dalamnya, yakni Povidone-Iodine 1%, bisa membantu berbagai keluhan. Dari bau mulut, sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak, hingga napas tak segar.

Oke!

Teman-teman gimana, pada ngerasain gangguan sakit tenggorokan juga? Walopun terlihat sepele, jangan diabaikan ya. Khawatirnya, ini bisa jadi gejala yang lebih serius. Yuk kita redakan. Bisa dengan cara yang saya lakukan di atas, atau dengan cara yang biasa teman-teman lakukan.

Jika perlu rekomendasi produk, teman-teman bisa pilih Betadine. Produknya macam-macam. Tak hanya obat luka yang selama ini kita kenal. Ada juga yang bisa meredakan keluhan sakit tenggorokan. Seperti yang saya pakai di atas tadi. Teman-teman cek saja deh langsung ke web-nya di link https://betadine.co.id/. Di sana disebutkan aneka produknya. Lengkap dengan manfaat yang diberikannya.

Oke deh teman-teman, semoga tulisan saya bermanfaat. Sehat-sehat selalu, ya! 


Baca Juga
Jaga Kebersihan dan Kesehatan Saat Menstruasi



31 komentar:

  1. Nyetok Betadine Lozenges di musim omicron seperti ini keharusan. Sekarang di kampung saya aja sedang banyak terserang sakit nelan dan radang tenggorokan. Ih, amit-amit jangan sampai "diomicronkan" ya... Sehat selalu semuanya

    BalasHapus
  2. Saya baru tau kalau Betadine punya produk tablet hisap. Kalau lagi sakit tenggorokan juga saya terkadang konsumsi tablet hisap. Ternyata Betadine gak hanya untuk mengobati luka, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin susah istirahat juga kalau tenggorokan sakit. Makanya perlu juga nyetok tablet hisap Betadine ini. Tips yang berkumur dengan air garam juga suka saya lakukan

      Hapus
  3. wah pas pisan, tenggorokan saya sedang bermasalah

    mau coba ah BETADINE® Lozenges dan BETADINE® Mouthwash & Gargle.

    agar nyaman dan bisa tidur nyenyak ^^

    BalasHapus
  4. Beta juga selalu sedia Betadine lho... Betaadine gargle dan betadine lozenges memang andalan banget. Jangan lupa cukup istirahat dan minum vitamin ya...

    BalasHapus
  5. aku selalu simpen betadine di kotak obat, soalnya terkadang tenggorokan suka sakit karena habis makan gorengan, solusinya kumur dengan betadine

    BalasHapus
  6. Kumur-kumur air hangat + garam efektif memang, bisa bikin tenggorokan jadi lebih plong.
    Jadinya kalau udah gak enak di tenggorokan, memang kudu cepat antisipasinya pakai itu

    BalasHapus
  7. Ternyata produk betadine itu banyak yaa, Mba. Saya nih tahunya hanya obat luka dan pembersih kewanitaan.

    Kami sekeluarga juga terserang demam pada bulan Januari hingga februari kemarin

    BalasHapus
  8. Bulan Februari kemaren tuh banyak banget loh yang kena sakit radang tenggorokan ya. Memang pengobatan harus dilakukan sejak awal sih. Selama ini belum pernah pakai Betadine yg kumur karena tau cuma yang untuk luka aja.

    BalasHapus
  9. Bagus banget tipsnya nih, aku pun selalu stok betadine obat kumur di rumah buat jaga kesehatan.

    BalasHapus
  10. Ah ternyata ada ya produk Betadine Lozenges yang membantu kalo ada gangguan di tenggorokan..Aku baru tahu loh haha duh kemana ajaaa. Sekarang penting banget serep Betadine Lozenges ini ya..

    BalasHapus
  11. Wah saya dulu hanya tahu kalau betadine itu buat ngoles luka doang, ternyata banyak macamnya ya?

    BalasHapus
  12. Thanks tipsnya. Yg no 5 aja yg aku memang udah nggak makan pedes & gorengan. Rumahku & rumah ortu jg sama meriang batpil. Sudah ke dokter cuma dikasih obat. Suami swab jg negatif. Tapi kami inisiatif isoman di kamar masing2 krn nularnya cepet banget. Alhamdulillah sekarang sehat wal afiat.

    BalasHapus
  13. Lagi musim lho sekarang batuk dan pilek yang mana bikin tenggorakan sakit, solusi saya juga sama mbak, minum obat hihi

    BalasHapus
  14. Aku baru ngeh kalo ada permennya, taunya ya obat luka atau kumur. Ternyata yaa ada Betadine Lozenges yang merupakan produk tablet hisap. Apalagi dengan kandungan antiseptik di dalamnya, dan menthol serta eucalyptus flavor-nya, pastinya sangat melegakan tenggorokan. Bisa nyetok nih buat kalo sakit tenggorokan..

    BalasHapus
  15. aku punya produknya betadine yang itu.. sama satu lagi yang nassal spray, itu lumayan membantu bangeet kalo anakku tiba2 pilek atau sakit tenggorokan

    BalasHapus
  16. Sekarang itu sakit tenggorokan dikit suka takut ya mba, saya pun demikian. Terlebih varian omicron yang penularannya lebih cepat. Suka parno duluan. Syukurlah ada betadine yang bisa digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Jadi tidak parno lagi ya mba...tapi gimanapun juga kita harus tetap waspada sama virus yang satu ini.

    BalasHapus
  17. Iya ya sekarang klo sakit tenggorokan uda keburu parno karena takutnya kena Omicron. Soalnya aku juga ngerasain bulan lalu, sampai swab mandiri. Ehh hasilnya memang negatif, hehehe.

    Aku selalu stock Betadine mounthwash, tapi belum pernah cobain yg Lozenges. Nanti mau cobain ahh 😍

    BalasHapus
  18. Wah ada produk betadine untuk meredakan sakit tenggorokan ya...baru tahu nih. Jadi lebih praktis nih. Aku pke minuman jahe dan jeruk nipis campur air hangat dan madu...

    BalasHapus
  19. aku baru tau nih ada betadine lozenges, mau cobain ah, apalagi di jaman omi gini nih, gak enak tenggorokan dikit bawaannya kan udah parno yaaa

    BalasHapus
  20. Sakit tenggorokan emang menyiksa banget. Pengalaman kena omicron kemarin huhu. Makanan seenak apapun kalau tenggorokan lagi sakit rasanya nggak enak

    BalasHapus
  21. ternyata betadine ini bukan hanya untuk obat luka yaa, Mba. Ada juga obat kumur dan tablet hisapnya

    BalasHapus
  22. Tips yang bermanfaat! Karena sejak musim Covid-19, setiap abis makan dan sebelum tidur, saya pun selalu melakukan ritual kumur2 pake betadine.

    BalasHapus
  23. Samaaa. Aku kalau tenggorokan udah mulai nggak enak langsung emut permen pereda gatal tenggorokan. Aku kumur pakai betadine mouthwash biasanya kalau lagi sariawan. Efektif banget di aku.

    BalasHapus
  24. infonya menarik banget mba, ini penting karena dimasa covid2an ini, butuh banget info tentang kesehatan tenggorokan

    BalasHapus
  25. Wah bagus banget tips tipsnya Teh. Cara nomor 1 kadang lupa ternyata bisa yaa sakit tenggorokan dengan berkumur air garam. Nanti dicoba. Makasih sharingnya teh

    BalasHapus
  26. Paksu jg hampir sebulan Batuk n sakit tenggorokan, segala obat dan herbal udah coba diminum. Baru tau klo ada obat kumur betadine, mungkin bisa ngebantu kurangin gatal waktu itu.

    BalasHapus
  27. Zaman pandemi begini yaa, teh..
    Aku juga selalu siap sedia URTI Care dari Betadine. Agar pertolongan pertama saat gangguan sakit tenggorokan bisa teratasi. Semoga gak berkelanjutan.

    BalasHapus
  28. Minum air hangat tuh manjur sih ya, tenggorokan jadi lega banget kalau udah minum air hangat.
    tapi perlu juga untuk berkumur dan lakukan tips dari Mbak ini :)

    BalasHapus
  29. BETADINE® Mouthwash & Gargle ini juga cukup membantu suami saat isoman. Alhamdulillah sekarang udah ngga isoman lagi :)

    BalasHapus
  30. wah berarti BETADINE® Mouthwash & Gargle kudu selalu ada di kotak obat di rumah ya mba, jadi buat persediaan jika membutuhkan sakit tenggorokan :) Semoga mba Nia dan keluarga sehat selalu :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)