5.11.21

Mengembangkan Kreativitas Anak dengan Creative Art Series dari Faber-Castell


Halo teman-teman, apa kabar? Masih semangat? Harus ya. Hehehehe… manteman, saya mau nanya, siapa yang sudah kebosanan di masa pandemi? Apa cuma saya dan keluarga saya aja? Kayaknya enggak ya. Hampir semua orang deh kayaknya. Iyalah, pandemi ini kan lumayan lama. Siapa sih yang betah bertahan lama-lama untuk diem di rumah terus?

Etapi kayaknya memang ada deh orang-orang yang betah terus diem di rumah. Bahkan sama anak-anaknya. Mereka ini adalah orang-orang kreatif. Yang bisa menciptakan segala sesuatu menjadi hal yang menyenangkan. Jadinya, bahkan di masa pandemi kayak sekarang, gak ada tuh rasa bosan. Walopun di rumah aja. Dan gak perlu syarat macam-macam, dengan apa yang ada, mereka bisa betah di rumah saja.

Memberi Gadget Sebagai ‘Solusi’

Huhu, saya dan anak-anak jauh dari itu. Saya gampang bosan, dan anak-anak pun demikian. Saya dengan kerjaan nulis saya, dan anak-anak dengan tugas PJJ-nya. Otomatis deh, satu-satunya ‘solusi’ untuk menghilangkan kebosanan adalah gadget. Saya bisa tenang bekerja, dan anak-anak anteng. Entah itu main game atau pun menonton video di Youtube.

Ya, saya tahu, memberi gadget dengan bebas memang tidak baik. Efeknya bisa saya lihat pada anak-anak saya. Tapi saya tak pernah menyangka bahwa efek gadget ini ternyata bisa sangat serius. Seperti apa yang diungkapkan oleh Mbak Yohana Theresia, M.Psi. Seorang Psikolog dari Yayasan Heart of People.id dalam webinar parenting yang diadakan oleh Faber-Castell, yang bertajuk Soft Skill Apa yang Dibutuhkan di Era Digital, Sabtu, 25 September 2021.

Coba teman-teman telaah satu demi satu efek negatif yang dituliskan ilustrasi di atas, ngeri bukan? Pemberian gadget secara bebas kepada anak, dengan tanpa batasan waktu, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Straker, Leon M. & Howie, Erin K. (2016) dan Dr. John Hutton (2020), itu bisa menganggu kesehatan fisik; membuat anak terlambat bicara; mempengaruhi permasalahan atensi dan konsentrasi; serta mengakibatkan masalah pada executive function dan juga masalah perilaku. Jika dibiarkan terus menerus, ini tentu serius luar biasa. ☹

Being Creative is A Way of Life

Inilah solusi yang sebenarnya. Mengisi waktu di rumah, terutama di masa kayak sekarang, dengan cara yang kreatif. Menurut Mbak Yohana, kreatif itu tidak mesti yang wah. Ada banyak hal sederhana yang kreatif, yang akan disukai anak-anak kita, yang bahkan manfaatnya tak hanya membuat rasa bosan mereka hilang. Tetapi juga meningkatkan soft skill mereka. Sebagai contoh, aktivitas itu misalnya saja bermain plastisin, membaca buku cerita, bermain menyusun bangunan, membuat barang-barang dari bahan bekas, atau bahkan menggambar serta mewarnai.

Jangan salah, meski terlihat sepele di mata kita, kegiatan-kegiatan ini benar-benar bisa meningkatkan soft skill anak-anak. Dari meningkatkan kemampuan motorik halusnya, daya imaginasinya, jiwa seni dan sisi artistiknya, bahkan hingga ke daya nalarnya juga. Jika ini terus menerus dikonsistenkan, soft skill ini bisa menjadi salah satu modal kesuksesan anak-anak di masa depan.

Menjadi Kreatif dengan Creative Art Series 2 dari Faber-Castell

Ini salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang anak-anak di rumah, di sela-sela belajar PJJ dan PTMT-nya. Tak hanya akan menghilangkan rasa bosan, tetapi juga bisa melatih serta meningkatkan soft skill mereka. Nama produknya Creative Art Series 2 dari Faber-Castell. Dijamin deh, anak-anak bakal menyukainya.

Creative Art Series 2 dari Faber-Castell ini cocok untuk anak usia Sekolah Dasar dan PAUD. Golongan anak yang memang gampang bosan dan paling mudah kecanduan gadget karena belum bisa mengatur waktu. Aktivitas yang akan mereka lakukan dengan produk ini akan membuat mereka teralihkan dari gadget. Mereka akan diajak mewarnai, kemudian membuat prakarya, dengan memadukan unsur pengembangan atas motorik kasar, sensorik, pengenalan warna, melatih konsentrasi, serta kreativitas.

Anak-anak saya sendiri sudah punya salah satu jenis produk ini. Yakni Creative Art Series 2 jenis Glow in The Dark Clock. Saat merangkainya, anak-anak saya antusias bukan kepalang. Dan tentu, saat produknya sudah jadi, mereka lebih senang lagi. Jamnya beneran bisa berfungsi setelah diberi baterai. Jarum-jarum jamnya bergerak, dan warna hijaunya terang menyala di saat gelap. Keren! 

Produk-produk Creative Art Series 2 sendiri itu terdiri atas 4 (empat) produk. Ada Basketball Arcade, Glow in the Dark Clock, Colour Your Own Drawstring Bag, serta Finger Printing Art Set

Seperti namanya, produk-produk ini diberi nama Creative Art Series 2. Kenapa namanya ada angka 2-nya, hal ini ternyata karena merupakan produk yang menyusul kesuksesan Creative Art Series 1 di tahun lalu. Pada Creative Art Series 1, produk-produknya ada Stone Deco Art, Origami Fashion Design, Colour Your Own Tote Bag, Air Jet Sport Car, Make Your Own Kite, serta 3D Frame Art. Wuih, saya baru tahu nih. Dari namanya aja, kayaknya produk-produk ini sangat menarik, ya. Kebayang deh gimana antusiasnya anak-anak saat beraktivitas bersama produk-produk Creative Art Series ini.

Kepengen Juga?

Untuk teman-teman yang ingin berkreasi bersama anak-anak dengan produk Creative Art Series 2 dari Faber Castell ini, teman-teman bisa membelinya di Official Store Faber-Castell di marketplace. Baik itu di Tokopedia di link https://www.tokopedia.com/faber-castell atau pun di Shopee di link https://shopee.co.id/fabercastell.id.  

Ah ya, menurut Pak Harsyal Rosidi, yang merupakan Product Spv Faber-Castell International Indonesia, dalam setiap paket Creative Art Series 2 dari Faber Castell itu ada vouchernya, lho. Voucher ini bisa digunakan untuk mengikuti workshop online yang diadakan oleh Faber-Castell. Kayak workshop yang saya ikuti dalam webinar tanggal 25 September 2021 lalu itu. Tepatnya workshop membuat Glow in the Dark Clock.

Untuk tahu seperti apa produk Creative Art Series dari Faber-Castell atau pun produk-produk lainnya, teman-teman bisa juga lihat langsung di website di link www.faber-castell.co.id. Atau follow akun Instagramnya di link https://www.instagram.com/fabercastell_id/. Subscribe di Youtube channelnya di link https://www.youtube.com/user/FCCreativeKids juga bisa. Banyak sekali info-info menarik yang bisa teman-teman dapatkan di sana.

Oke!

Banyak banget insight yang saya dapatkan dari webinar parenting bareng Faber-Castell beberapa waktu yang lalu itu. Saya yang asalnya sangat mengandalkan gadget agar anak-anak bisa anteng, kini sudah bisa mulai mengurangi. Walopun belom bisa 100%. Dan tentunya, saya yang harus jadi teladan anak-anak lebih dulu. Dengan cara tidak banyak main gadget saat bersama mereka. Sebisa mungkin, bahkan harus bisa berinteraksi dengan mereka lebih sering. Dan ya, melakukan hal-hal kreatif seperti yang disarankan Bu Yohana. Misalnya saja menyanyi bersama.

Baiklah teman-teman, sampai di sini tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat. Sehat selalu, dan salam kreatif!

 

Baca Juga

17 komentar:

  1. Saya jadi tertarik dengan Creative Art Series dari Faber Castell ini, Mbak ... otw buka market place deh buat cari tahu harganya.

    BalasHapus
  2. WAh seru banget ya teh Nia , ini oke banget untuk melatih kreatifitas anak juga yah

    BalasHapus
  3. Faber-Castell selalu bikin Terobosan ya?

    Dan kini dengan Creative Art Series 2, Faber-Castell menyediakan produk yang dibutuhkan agar kreativitas anak tumbuh dan berkembang

    BalasHapus
  4. Gadget enggak bisa jadi solusi terus2an, ya. Produk kreatif seperti dari faber castell ini yang bisa jadi alternatif.

    BalasHapus
  5. Saatnya nih untuk renew peralatan mewarnai. Hobi coloring juga sempat stagnan. Waktu itu pake spidol. Makanya masih belum terwujud mau coloring pake pensil warna. Produk dari Faber Castell pasti ok ya.

    BalasHapus
  6. Waaaah videonya menarik. Faber Castel emang perintis. Bisa dikatakan teman setia anak-anak kita di periode usia emasnya. Soalnya nyaris anak batita dan balita gak ada yang gak suka gambar atau minimal corat coret.

    BalasHapus
  7. Sejak SD, SMP, SMA bahkan kuliah dan skrang sudah jadi guru, memang selalu di hati produk faber castell ini. Pensil yang saya pakai seringkali pake yang merek Faber castell ini. Lebih cerah hasil goresannya.

    BalasHapus
  8. Wahhh.. Faber Castell punya produk-produk creative Art Series juga ya Mbak? Ini sih seru banget kalau dilakukan bersama-sama kids di rumah. Bisa melatih kreatifitas mereka juga nih ❤️

    BalasHapus
  9. Aku setuju soal gadget memang seringkali merusak perilaku anak menjadi lebih agresif 😭 makanya art series faber castel ini bagus buat pilihan kegiatan seru

    BalasHapus
  10. Kegiatan di dunia kreatif tuh pastinya menyenangkan ya Mbak. Melengkapi dunia akademis yang mengisi keseharian anak-anak. Menyeimbangkan kerja antara otak kanan dan otak kiri. Hingga membuat hidup anak-anak lebih berwarna. Makasih untuk FABER CASTELL yang sudah menghadirkan sarana kreatif seperti diatas.

    BalasHapus
  11. keluarga di rumah pernah mengkaryakan warnanya dengan Faber Castell memang bagus hasilnya jika menggunakan alat warna tersebut.

    BalasHapus
  12. Entah kenapa warna warni pinsil Fabber Castell tuh menarik banget ya..apalagi dipakai gambar wuihh keren banget hasilnya..ga bisa pindah ke lain hati deh kalau pakai pinsil warna Faber Castell

    BalasHapus
  13. Dari jaman aku sekolah sampe sekarang sekolahin anak pilihan gak pernah berubah. Fabber Castell udah paling bener dehh buat semua alat tulis. Bahkan aku sendiripun pake faber castell buat alat tulis kantor

    BalasHapus
  14. art seriesnya tuh seru banget ya buat dipraktekkan sama anak. jadi anak gak fokus ke gadget terus..

    BalasHapus
  15. anakku suka banget menggambar dan selalu bahagia kalau diajak berkreasi dan selalu sahabat mewarnai/gambar enak pakai faber castell hasilnya bagus banget

    BalasHapus
  16. Faber Castell alat tulis dan Drawing Tools nya bagus-bagus semuanya ya, Anakku yang pertama juga pakai Pensil Warna Faber Castell dan Oil Crayon nya

    BalasHapus
  17. Aktivitas menyenangkan seperti ini ternyata dapat memunculkan kreativitas yang berguna untuk masa depan anak ya. Memang kreatif itu penting agar bisa mudah adaptasi di tengah perubahan kondisi seperti pandemi ini..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)