17.9.21

Menjadi Pekerja Kompeten untuk Masa Depan


Pandemi memang banyak mengubah tatanan hidup kita. Ekonomi, pendidikan, sosial, bahkan hingga ke dunia hiburan. Meski kebanyakan mengalami penurunan, akan tetapi beberapa di antaranya membawa ‘angin segar’. Sesuatu yang sebelumnya tak terbayangkan, menjadi nyata di masa pandemi ini.

Pandemi Sudah Mengubah Kehidupan

Gambar di bawah ini misalnya. Dulu, saya misalnya, mungkin tak bisa membayangkan jika bekerja itu bisa kapan saja dan di mana saja. Mindset saya, kerja ya di kantor dan ada jam kerjanya. Kecuali freelancer. Nah di masa pandemi banyak yang berubah. Saya melihat sendiri bagaimana suami saya bekerja seperti itu. Masuk di waktu yang kapan saja, dan bekerja pun dari rumah, atau dari mana saja. Padahal beliau kerja kantoran. Pekerja tetap dan bukan freelancer. Dan ya, peralatan yang digunakannya juga bukan peralatan dari kantor. Tetapi dengan memakai gadget milik sendiri.

Tak ada hambatan. Semuanya lancar-lancar saja. Bahkan untuk meeting bareng tim atau bosnya sekali pun. Dengan gadget, jaringan internet, dan juga berbagai aplikasi, segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan, bisa lancar seperti biasanya.

Jika Anda termasuk ke dalam golongan orang yang sebaliknya, yakni orang yang mengalami kesusahan dalam bekerja di masa seperti sekarang, sudah saatnya Anda berubah. Cepat atau lambatnya pandemi berakhir, atau bahkan dengan atau tanpa pandemi sekali pun, kita semua harus berubah. Sebab kehidupan memang sangat dinamis. Semua bergerak dengan cepat. Jika kita tidak bisa beradaptasi dan berubah dengan cepat, kita pasti tertinggal. Dan jika dilihat gambar ilustrasi di atas, kita mungkin tak akan bisa mendapat pekerjaan.

Menjadi Pekerja Kompeten

Nah ini yang sudah seharusnya. Di masa seperti sekarang dan ke depannya, kita harus menjadi pekerja yang kompeten. Yaitu pekerja yang mampu diandalkan. Tak susah untuk menjadi pekerja yang seperti itu, asalkan kita mau, kita pasti mampu. Berikut ini beberapa hal yang harus kita punyai untuk bisa menjadi pekerja yang kompeten itu.

1. Punya semangat prestatif

Ini hal pertama harus dimiliki. Sebab perusahaan mana pun pasti menginginkan semua pekerjanya berprestasi. Dengan begitu, perusahaan mereka dengan sendirinya akan menjadi lebih produktif. Sehingga keuntungan perusahaan pun bisa menjadi maksimal. 

2. Teliti dan perhatian terhadap tugas 

Yang kedua adalah teliti. Ya, pekerja yang kompeten tentu akan teliti terhadap tugasnya. Sekecil apa pun itu. Dari mulai kerapihan, detail, hingga keakuratan. Jadinya, semuanya bisa dipertanggungjawabkan.

3. Proaktif, inovatif, inisiatif, dan kreatif

Dalam bekerja ada kalanya kita tak selalu mendapatkan job description yang lengkap, detail, dan jelas. Sering kali kita mendapat tugas hanya garis besarnya saja. Jadinya dalam pengeksekusian, mau tidak mau kita harus punya inisiatif sendiri. Dan juga proaktif dengan banyak bertanya atau memberi usulan berupa ide-ide yang kita punyai secara lebih kreatif serta inovatif.

4. Punya rasa keingintahuan yang tinggi 

Bekerja juga tak jauh berbeda dengan sekolah. Kita dituntut untuk punya rasa keingintahuan yang tinggi. Tujuannya jelas, yakni supaya kita punya banyak wawasan. Sehingga akhirnya, kita mampu menyelesaikan tugas dengan baik. Semakin banyak rasa keingintahuan, semakin banyak pula wawasan yang kita miliki. Otomatis, penyelesaian pekerjaan juga bisa jadi lebih cepat dengan hasil yang lebih baik. Tapi tentu, rasa keingintahuan ini yang berhubungan dengan pekerjaan. Dan bukan yang lain-lain. Apalagi yang sifatnya pribadi.

5. Mampu bekerja sama dan punya rasa empati yang tinggi

Bekerja di sebuah perusahaan tentu tak bisa sendiri. Kita jelas berhubungan dengan banyak orang. Dengan rekan-rekan kerja di kantor, dengan bos, atau bahkan dengan masyarakat serta costumer. Nah pekerja yang kompeten, itu mampu bekerja sama dengan semuanya. Baik dengan rekan kerja, bos, atau pun masyarakat dan juga costumer. Sebab satu sama lainnya itu punya hubungan yang erat. 

Dan jangan lupa juga, selain peduli dan bertanggung jawab akan pekerjaan sendiri, pekerja yang kompeten juga peduli dengan yang lainnya. Misalnya saja dengan ringan tangan membantu rekan kerja lainnya, atau pun menolong masyarakat.

6. Komunikatif 

Pekerja kompeten tentu harus komunikatif. Dia mampu berkomunikasi dengan rekan-rekannya, dengan bosnya, dan bahkan dengan masyarakat luar serta costumernya. Dengan adanya sifat ini, maka segala sesuatu bisa terselesaikan dengan baik.

7. Adaptif

Ini jelas ya, harus bisa banget. Pekerja kompeten harus adaptif terhadap berbagai keadaan. Ketika mendapat kesulitan, dia bisa segera menyelesaikannya. Jika masuk ke dalam tim baru, dia cepat menyesuaikan. Dan begitu seterusnya. Pekerja kompeten bisa beradaptasi dengan cepat pada apa pun yang terjadi di sekelilingnya.

Invest pada Modal!

Itu dia beberapa hal yang harus dimiliki untuk menjadi pekerja yang kompeten. Dengan sifat-sifat tersebut, siapa pun kita, bekerja di bidang apa pun kita, maka kita akan menjadi pekerja yang dibutuhkan dan dicari di berbagai perusahaan. Sebab kita sangat potensial di dalam membuat perusahaan tersebut menjadi lebih baik.

Selain sifat-sifat di atas, hal yang tak kalah penting yang harus kita miliki adalah modal yang ‘kuat’. Modal ini berupa skill dan juga alat. Kita harus invest di dalam keduanya.

Skill jelas ya merupakan modal banget buat kita untuk bisa jadi pekerja kompeten. Mengasah skill secara terus menerus serta meng-upgrade skill dengan ikut banyak pelatihan dan workshop, merupakan contoh dalam memperkuat modal skill ini.

Nah modal alat, di masa seperti sekarang tentu mengacu kepada gadget. Kita lihat lagi gambar ilustrasi di atas. Pekerja masa depan itu sudah tak lagi menggunakan alat-alat yang dimiliki perusahaan. Tapi memakai alat milik sendiri. Ya gadget itu tadi. Entah itu smartphone, tablet, atau pun laptop desain terbaik. Nah supaya bisa maksimal, invest pada gadget ini, sebisa mungkin kita lakukan. Dan tipsnya, pilih alat yang bagus. 

Kenapa Harus Laptop Mobile Workstation?

Ya, ini salah satu contoh alat atau gadget yang bagus. Laptop Mobile Workstation. Sekilas, alat ini seperti laptop biasa. Akan tetapi jika sudah tahu, alat ini sebenarnya merupakan gadget bertenaga tinggi, yang spesifikasinya jauh melebihi laptop-laptop biasa.


Apanya yang tak biasa? Jika laptop biasa itu pekerjaannya hanya untuk browsing-browsing dan surfing-surfing, kemudian juga memeriksa email, mengetik dokumen, serta menonton film atau main game; nah laptop mobile workstation, mampu bekerja sangat jauh melampaui itu. Dia punya spesifikasi teknis yang tinggi sebab tugasnya adalah untuk memenuhi kebutuhan orang-orang profesional tertentu. Misalnya saja web engineer, desain atau aktivitas rancang-bangun, dan yang lain-lainnya.

Berikut ini beberapa spesifikasi teknis unggul yang dimiliki oleh laptop mobile workstation.

1. Dibekali prosesor canggih dengan banyak inti

Laptop mobile workstation punya kemampuan multitasking yang tinggi. Jadi dalam satu waktu, dia mampu menangani banyak program secara lancar. Hal ini terjadi karena dia punya ROM dan RAM yang besar. 

2. Menggunakan solid-state drive (SSD) dan bukan hard disk drive (HDD)

SSD punya ketahanan yang lebih lama daripada HDD. Di samping SSD, itu lebih rentan terhadap kegagalan fisik. SSD dirancang untuk bekerja dan menjalankan program non stop selama 24 jam sehari.

3. Menyematkan GPU yang lebih baik

Ya, semua laptop memang punya kartu grafis, akan tetapi workstation menyematkan GPU yang jauh lebih baik. Dia sangat meringankan CPU dari beberapa tugas yang menampilkan grafik pada layar monitor.

4. Dipersenjatai Memori ECC

Workstation dipersenjatai memori ECC (kode koreksi kesalahan). Dia dapat mendeteksi sekaligus memperbaiki kerusakan data. Jadinya, berbagai proses tetap dapat dilanjutkan. Bahkan untuk proses yang sensitif sekalipun.

5. Dilengkapi Sistem RAID 

Workstation dilengkapi dengan sistem RAID. Dia menggunakan lebih dari satu hard drive sebagai penyimpan informasi. Hal ini jadinya bisa mengurangi kemungkinan crash yang bisa menghapus sistem. Jadinya, pemrosesan dan penyimpanan data akan jadi lebih mudah serta efisien.

Itu dia spesifikasi unggul dari mobile workstation. Menarik, bukan? Tapi jangan salah, tak semua merk mobile workstation punya spesifikasi unggul seperti di atas. Kita diharuskan jeli dan teliti saat membelinya.

Ah ya, di samping laptop mobile workstation, misalnya dari brand HP, ada juga lho PC workstation HP. Spesifikasinya juga keren-keren.

Jadi Gimana, Pilih Laptop Biasa atau Mobile Workstation?

Ini tergantung pada kebutuhan. Jika kita hanya menggunakan gadget tersebut sebatas untuk buka email, main medsos, searching, mengetik, dan nonton film, kita cukup membeli laptop saja. Toh laptop pun banyak yang spesifikasinya bagus dan punya kapasitas penyimpanan yang besar. Dan malah bisa ditambah dengan memory eksternal.

Akan tetapi jika kebutuhan kita untuk bekerja hal-hal yang berat, seperti membuat desain 3D, mengedit video atau film dalam ukuran besar serta pakai software tertentu, membuat proyek rekayasa, maka mobile workstation merupakan pilihan yang lebih tepat. Harganya yang lumayan pricey juga sebanding dengan ketangguhan serta kinerjanya. Tak akan sia-sia deh jika kita invest uang kita pada mesin yang satu ini. Modal yang sangat penting!

Well…

Yap, begitulah. Tanpa disadari, kita sudah ada di masa depan. Supaya bisa tetap survive di dunia kerja, kita tentu harus jadi pekerja yang kompeten. Yang punya sifat-sifat kompeten, dan juga punya ‘modal’ yang kuat: skill dan alat tadi. Yuk jadi pekerja yang kompeten!




23 komentar:

  1. Untuk jadi profesional memang tidak bisa kalau modal niat doang ya Teh. Tetap kudu dibarengi dengan kemampuan dan alat yang mumpuni.
    Sepery laptop workstation ini mah pasti handal kalau untuk pekerja profesional.
    Jujur saya juga mau tapi kalau lihat harganya, duh murengked lagi...

    BalasHapus
  2. Laptop suamiku ini, mobile workstation. Karena kerjaan dia di finance maka perlu banget buat bikin laporan keuangan yang astagaaaa berkolom-kolom itu, banyaaak dan ribet angkanya. Dan ini memang pas untuk pekerjaan ini:)

    BalasHapus
  3. dan kita harus mampu mendeteksi berbagai perubahan dan penyesuaian yang harus dilakukan karena berbagai perubahan itu. Flexibility and adaptation will help

    BalasHapus
  4. beneran ya teh usai pandemi jadi banyak perubahan di dunia kerja. suami yg dulu sering meeting luar kota skr cukup meeting online aja.
    kudu punya gajet yang mumpuni buat mendukung kerja dari jarak jauh.
    btw aku baru beliin laptop hp buat aa yg baru masuk kuliah online ;)

    BalasHapus
  5. Huhuhu..kalau ngomongin laptop jadi suka gemesss karena laptop yang sekarang kupake ini sudah lelet. Tapi #emakirit ya gini ini, selama belum down betulan masih aja dipakai xixixxi...

    BalasHapus
  6. Sekarang itu laptop seakan tak terpisahkan dalam keseharian, kita pun sebagai blogger atau content creator pun pasti sangat membutuhkannya. Taoi kalau latop workstation ini aku malah baru dengar ya dan ternyata spesifikasinya pun yahud banget

    BalasHapus
  7. Mantap ya latop mobile workstation ini. Ngerjain edit video yutub msh pake hp sih ini. Pengen juga pindah ke laptop. Pricey ya harganya yuhuu

    BalasHapus
  8. Sekarang udah ga jaman ya mbak kerja harus ngantor, dandan rapi. Selama dibekali laptop yg oke, koneksi lancar pake daster pun tetep bisa kerja dan berkreasi

    BalasHapus
  9. Dari kemarin aku tuh ngeluh ke suami minta ganti laptop. Tapi bingung milih yang mana, yang speknya gede gitu. Baca review HP Workstation ini jadi pengen. Tapi kayaknya harganya ngeri. Ini bukan laptop biasa. Ini cocok buat yang suka ngedesign grafis atau yang gambar-gambar gedung gitu ya. Arsitek gitu. Cocok banget nih.

    BalasHapus
  10. Seneng ya teh klo punya temen kerja yg mendukung apalagi speknya mumpuni gini jadi perlu nabung ini buat beli
    Laptop Mobile Workstation

    BalasHapus
  11. Anak saya yang pertama pernah bilang punya laptop lebih bagus lebih penting dari hp. Makanya dia pengen banget punya laptop untuk membantu aktivitasnya

    BalasHapus
  12. Wah, aku sama suami lagi diskusi nih mbak buat beli laptop apa yang sesuai bugdet kita. Karena laptop emang salah satu investasi buat pekerjaan di jaman seperti ini

    BalasHapus
  13. Produknya cocok untuk pekerja yang banyak berurusan dengan digital ya, sehingga perlu laptop canggih dan bau tahu ini produknya brand HP

    BalasHapus
  14. Betul sekali, kalau mau maju harus dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman. Apalagi di era pandemi ini, harus bisa beradaptasi dengan dunia digital yang terus berkembang. Dan support system yang mendukung seperti laptop canggih adalah koentji

    BalasHapus
  15. Iya zaman skrng makin banyak profesi yang berbeda dari dulu. Penasaran juga zaman anak2 kita kelak akan muncul profesi apalagi yaa
    Aku tu tertarik punya PC sih sbnrnya mbak, tapi kudu punya ruangan kerja dulu di rumah hehe
    Merek HP nih bagus sih...
    Hmmm kalau ada yang worstation mengapa kudu milih yang biasa2 aja, yekan hehehehe

    BalasHapus
  16. asik banget ini ulasannya, kita akan bisa bahagia kalo tau seperti apa masa depan kita yah, semoga apa yang kita inginkan tercapai., termasuk keinginan untuk beli laptop ini

    BalasHapus
  17. Meski pricey tapi tangguh dan tahan lama, bagus juga yaa, teh...untuk investasi.
    Mana sekarang kan masa pandemi, pasti banyak hal yang dilakukan secara online. Kebutuhannya gak sesederhana dulu.

    BalasHapus
  18. Zaman now harus punya soft skill dan hard skill yang mumpuni ya mbak dan tentu saja harus didukung oleh piranti atau hardware yang bagus juga supaya kerja kita ringkas dan efisien.

    BalasHapus
  19. Kalau kerja punya laptop yang canggih bakalan puas dan semua kebutuhan untuk maju seenggaknya bakalan terpenuhi.

    BalasHapus
  20. Mobile Workstation pasti lebih mantap untuk digunakan bekerja, anti lemot dan performanya the best, deh. Berasa banget bedanya laptop biasa dengan yang nggak biasa kayak mobile workstation ini. Desain terbaiknya bukan cuma pada penampilan, tapi juga spesifikasinya.

    BalasHapus
  21. Bagi para pekerja kreatif yang membutuhkan piranti untuk mendukung karya desainnya, paling cocok nih pake yang laptop workstation gini. Luar biasa specnya. Kerjaan bisa cepat selesai dan hasilnya oke kalau mendapat dukungan dari piranti secanggih ini.

    BalasHapus
  22. wow beda banget zamanku kerja dengan lingkungan kerja sekarang maupun masa depan. Gimana nanti masa anakku kerja, ya?
    Perlu kreativitas, inisiatif, inovasi terus menerus supaya pekerjaan lancar. Trus trennya kerja ga cuma cari uang tapi lebih ke menjaga lingkungan, kolaborasi, juga socialpreneur

    BalasHapus
  23. Di masa pandemi seperti sekarang ini memang meningkatkan potensi diri. Dengan spesifikasi laptop yang mumpuni tentunya pekerjaan jadi lebih efisien.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)