24.9.21

Memaksimalkan Manfaat Digital Banking dengan Aplikasi Bank Digital


Teman-teman, bulan Juli 2021 lalu, saya dan keluarga kena Covid-19. Diawali dari mamah yang emang sudah lansia, kemudian ke anak-anak, ke suami, dan lalu ke saya. Walaupun gejalanya tidak berat, akan tetapi karena yang kena itu ada 7 orang, dan terjadi secara bergiliran, jadinya isolasi mandiri (isoman) yang kami lakukan lumayan lama. Jika ditotalkan, ada kayaknya 1,5 bulan. 

Selama isoman kami melakukan apa yang dianjurkan. Dari minum obat, istirahat, berjemur, olahraga ringan, makan makanan yang bergizi, hingga mengonsumsi vitamin. Ada pun untuk pekerjaan, saya dan suami tetap bekerja seperti biasanya. Saya menulis, ngeblog, dan melakukan pekerjaan domestik rumah tangga. Lalu suami, karena sebelumnya juga lebih banyak WFH (work from home), saat isoman juga demikian. Nah anak-anak pun tak jauh berbeda. Tetap belajar online mengikuti jadwal yang diberikan oleh sekolahnya masing-masing.

Belanja Online 100%

Yang berbeda tentu adalah tidak perginya kami ke mana pun. Ke luar pintu rumah, paling-paling hanya saat berjemur. Tapi itu pun masih di pekarangan rumah kami sendiri. Beruntung, jarak rumah kami ke tetangga terdekat itu sekitar 10 meter. Dan pemisahnya ya itu tadi, pekarangan rumah saya yang bentuknya berupa tanah kosong. Jadinya, kami tak terlalu cemas jika Covid-19 yang menyerang kami akan menular ke tetangga.

Selain hal tersebut, ada hal baru yang terjadi selama kami isoman. Kami yang biasanya berbelanja berbagai barang kebutuhan sehari-hari secara langsung, baik ke minimarket, ke pasar, atau pun ke warung, berubah jadi belanja secara online. Via aplikasi WhatsApp, ojek online, dan juga marketplace.

Beruntung sekali deh sekarang zaman sudah maju. Jadinya walaupun gak ke luar rumah, semua kebutuhan tetap bisa dipenuhi. Dengan mengandalkan smartphone dan jaringan internet saja, berbagai transaksi keuangan bisa dilakukan. Tak terkendala jarak, ruang, dan waktu. 

Manfaat Digital Banking

Apa yang saya rasakan merupakan salah satu dari manfaat digital banking. Selain yang sudah saya ceritakan, ada banyak manfaat dari digital banking itu sendiri. Berikut ini di antaranya.

  • Hemat waktu dan tenaga. Hal yang ini jelas, digital banking membuat kita tidak usah pergi ke mana-mana. Diam saja di rumah, tanpa mengeluarkan tenaga dan waktu, berbagai macam transaksi perbankan bisa dilakukan. Dari mulai transfer uang, belanja, membayar tagihan, dan lain sebagainya.
  • Menjadikan berbagai transaksi perbankan dilakukan secara lebih mudah, cepat, dan efisien. Iya banget, digital banking membuat kita bisa melakukan apa pun dengan mudah dan cepat. Jadinya efisien. Tentu saja hal ini jika dibandingkan dengan transaksi nyata yang melalui proses antre, pemesanan, dan lain sebagainya. 
  • Memberikan keamanan yang lebih tinggi dengan risiko manipulasi yang lebih rendah. Ya betul, digital banking zaman sekarang sudah sangat aman. Setiap kita akan mengeluarkan uang, akan diminta PIN yang memang hanya kita yang tahu. Setelah itu juga ada konfirmasi ulang untuk mengurangi kesalahan. Bahkan untuk jumlah transaksi uang yang besar. Beda jauh dengan transaksi secara langsung. Manipulasi dan juga risiko kehilangan bisa terjadi. Apalagi jika nominal uangnya besar.
  • Layanan 24/7. Ini yang penting, digital banking tak terkendala waktu. Kita bisia melakukan transaksi kapan saja. Dua puluh empat jam sehari selama 7 hari. Beda jauh dengan transaksi biasa yang jika tanggal merah tidak bisa melakukan apa pun.
  • Melibatkan biaya yang rendah. Ini pun kerasa banget. Jika harus ke bank, atau melakukan berbagai transaksi keuangan secara langsung, kita tentu akan mengeluarkan biaya yang lumayan. Misalnya biaya transportasi menuju bank atau tempat tersebut. Nah digital banking, itu biayanya relatif rendah. Misalnya saja biaya transfer beda bank, biaya administrasi untuk tagihan, dan lain sebagainya. Jumlahnya mungkin hanya sepersekian dari biaya bertransaksi secara langsung.
  • Membuat nyaman. Hal ini tentu merupakan manfaat yang dirasakan setelah mendapat manfaat keseluruhan dari yang dituliskan di atas. Ya, melakukan digital banking itu sangat membuat nyaman. Sebab hemat waktu dan tenaga, aman, layanan kapan saja, dan biayanya juga relatif rendah. Mana bisa dipantau pula dari smartphone yang kita punya. 
  • Banyak yang sudah berbasis aplikasi yang kaya aneka fitur. Dulu digital banking mungkin baru sebatas internet banking dan sms banking. Nah sekarang, hampir semua bank menggunakan platform sendiri yang berbasis aplikasi. Tak sampai di situ, aplikasi ini juga dilengkapi banyak fitur yang terhubung ke berbagai hal. Jadinya, dalam 1 aplikasi tersebut, nasabah sudah bisa melakukan apa pun. Dari mulai tabungan, kredit, investasi, hingga belanja ini itu. 
  • Membuat nasabah mampu mengontrol apa pun. Memiliki kendali atas keuangan diri sendiri dan dengan diberi kemampuan untuk melayani diri sendiri juga merupakan manfaat penting lainnya dari digital banking. Navigasi aplikasi yang sangat user-friendly dijamin akan membuat nasabah semakin betah dalam menggunakan digital banking. Bahkan bukan mustahil jika nantinya, 100% transaksi keuangan itu dilakukan secara digital.
  • Lebih ramah lingkungan. Ini juga tak kalah penting. Di tengah gencarnya kampanye Go Green, dunia perbankan menyumbangkan kontribusi ini. Sebab digital banking itu sangat ramah lingkungan. Tak ada lagi penggunaan kertas-kertas yang tidak perlu. Belum lagi berkurangnya aktivitas manusia yang melibatkan bahan bakar fosil. Jika semua sudah melakukannya, tentu hasilnya akan sangat signifikan.

Digital Banking Vs Bank Digital

Lho, memangnya digital banking berbeda dengan bank digital? Ya, berbeda. Digital banking merupakan salah satu layanan yang diberikan dunia perbankan konvensional oleh banyak bank. Bank ini punya banyak kantornya. Dari mulai kantor pusat, kantor cabang, hingga kantor cabang pembantu. 

Nah bank digital itu adalah model bisnis bank. Dia menjalankan kegiatan usaha utamanya secara elektronik. Dan saat ini bentuk usahanya kebanyakan dalam aplikasi mobile banking. Kantor fisik bank digital relatif terbatas. Bahkan ada yang tanpa kantor fisiknya. Akan tetapi secara umum, bank digital bisa cukup punya satu kantor saja, yaitu kantor pusat sebagai tempat dalam menjalankan kegiatan usahanya secara digital.

Walaupun kantor fisiknya terbatas, bank digital juga tak kalah dari bank yang punya banyak kantor fisiknya. Sebab dia juga punya legalitas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tapi tentu, dalam memilihnya, kita harus jeli dan teliti. Sebab sekarang ini ada banyak pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan maraknya kemunculan bank digital.

Memaksimalkan Manfaat Digital Banking dengan Bank Digital

Manfaat digital banking sangatlah banyak. Di zaman seperti sekarang, apalagi setelah kita semua merasakan masa pandemi, sudah seharusnya semua orang beralih menggunakan layanan ini. Akan tetapi, lagi-lagi karena masa pandemi, mengurus layanan digital banking lumayan menyulitkan jika harus datang ke bank-nya terlebih dahulu.

Memilih bank digital bisa menjadi solusi. Ya, sebab bank digital tak harus membuat kita datang ke kantornya saat hendak membuka rekening. Dari mana saja, bahkan dari rumah. Prosesnya juga relatif singkat. 

Senyumku bisa menjadi pilihan. Karena Senyumku merupakan sebuah aplikasi perbankan yang dikeluarkan oleh bank digital, yakni PT Bank Amar Indonesia Tbk. Senyumku bisa dibilang revolusioner. Aplikasi ini akan sangat membantu kita di dalam melakukan berbagai aktivitas finansial. Dari mulai perannya sebagai aplikasi tabungan online, bertransaksi ini itu, hingga mengatur keuangan kita secara lebih aman, cerdas, dan juga simpel. Semuanya bisa dilakukan hanya dari smartphone saja.

Jangan salah, Senyumku sebagai aplikasi bank digital sudah beroperasi sejak tahun 2019. Dan merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia. Bank Amar sendiri itu dimiliki oleh perusahaan multinasional TOLARAM.

Teman-teman tahu apa itu TOLARAM? TOLARAM adalah sebuah perusahaan multinasional. Perusahaan ini sudah berdiri lebih dari 60 tahun. Cakupan bisnis TOLARAM meliputi barang kebutuhan sehari-hari, pelayanan digital, energi, serta infrastruktur yang tersebar di Afrika, Eropa, dan juga Asia. Ada pun kantor pusatnya itu ada di Singapura.

Wah, ngelihat Bank Amar dan juga TOLARAM-nya, gak bisa dipandang sebelah mata ya Senyumku ini. Pemiliknya yang bonafid tentu bisa jadi pertimbangan kalau Senyumku ini bisa dipercaya. Apalagi kan memang Senyumku ini juga sudah mengantongi izin dari OJK.

Buka Rekeningnya Gampang!

Nah ini salah satu keunggulan dari buka rekening di Senyumku. Kita membuatnya secara online. Ya, tinggal mengisi formulir secara online, lalu upload foto KTP dan foto selfie, dalam waktu sekejap, rekening tabungan digital Senyumku bisa kita miliki. Jangan ragu, proses verifikasinya juga cepat. Jika semua datanya valid, bahkan tidak sampai lima menit. Mana tanpa setoran awal pula. Abis itu, kita bisa ngapa-ngapain. Dari mulai menabung, transfer antar bank, hingga melakukan pembayaran ini itu dari mana saja dan kapan saja dengan berbekal 1 aplikasi Senyumku saja. Ah ya, aplikasi Senyumku ini juga punya banyak fitur menarik. Apa saja fiturnya? Buka sekarang deh rekening Senyumku ini. Dijamin, selain tahu, kita juga bakalan langsung dapat manfaat dari fitur-fitur tersebut.

Well…

Ngomongin Senyumku, saya jadi kepengen deh punya rekeningnya. Yang paling bikin penasaran adalah manfaatnya sebagai aplikasi catatan keuangan. Seperti apa sih? Siapa tahu kan, dengan mengatur keuangan via Senyumku, saya jadi orang yang lebih hemat. Dan nantinya, saya jadi bisa punya banyak uang di tabungan. Hehehehe.

Teman-teman ada yang udah punya rekening di Senyumku, gak? Kalo ada, share dong gimana pengalaman dan kesan-kesannya. Yuk yuk tulis di kolom komentar!





35 komentar:

  1. Jadi beda ya, digital banking dengan bank digital. Kesulitan digital banking emang gitu, kita tetap harus datang ke kantor fisik untuk peralihan layanan, beda dengan bank digital. Sekarang ini hampir semua transaksi saya dilakukan dengan bank digital. Mudah banget apa lagi kalau belanja pun secara digital, gak pakai repot

    BalasHapus
  2. Aku pakai 2-2 nya, digital banking dari bank konven, juga punya rekening di bank digital, tapi memang bukan yg SENYUMKU ini ya mba.

    Yang terpenting, dari brand manapun, pastikan memang sudah dalam pengawasan OJK, bukan bank digital abal2. Di zaman skr, bisa buka rekening secara online itu wajib ada sih utk setiap bank. Rasanya kalo sampe ada bank yg blm bisa online, aku ragu dia bakal bisa mengikuti kemajuan zaman yg makin modern. Takut nya malah kegilas dan tenggelam

    BalasHapus
  3. Wah aku belum pake tapi ikut senyum senyum nih karena menarik banget yaa boledeh dicoba mbak

    BalasHapus
  4. Banyak sekali sekarang bank digital ya. Semakin mempermudah kita dan menjaga kita untuk tetap di rumah saja.

    BalasHapus
  5. Wah, saya baru tahu kalau ternyata digital banking dan bank digital itu berbeda. Apalagi kondisi seperti ini memang harus belajar serba digital, sih.

    BalasHapus
  6. Boleh dicoba ini kayaknya, milih bank dijamam sekaeang itu riskan banget emang, maumya untung malah kafi buntung garagara banknya nipu

    BalasHapus
  7. Belum punya rekening senyumku. Setoran awal tuk buka rekening berapa mbak?

    BalasHapus
  8. Auto bikin tersenyum bahagiaaa ini Mba
    Karena memang kita butuh banget produk finansial yg memahami kebutuhan ya.
    Cuss, gaskeun!

    BalasHapus
  9. Kata-katanya cuma dibalik, tapi udah beda arti ya. Digital bank, dan bank digital. Sekarang banyak sekali aplikasi online yang memudahkan penggunanya, termasuk aplikasi ini tentunya.

    BalasHapus
  10. saya sedang berencana buka tabungan online agar ngumpul dan bisa traveling

    dan pingin buka Senyumku karena merupakan produk PT Bank Amar Indonesia

    jadi terjamin ya?

    BalasHapus
  11. Ternyata beda artinya, ya. Tetapi, apa pun itu memang sudah waktunya mulai masuk ke dunia digital. Karena saya juga lebih sering berurusan dengan bank secara digital

    BalasHapus
  12. Ternyata begitu bedanya digital banking dan bank digital, ya. Jadi makin paham sekarang

    BalasHapus
  13. Wah sekarang pilihannya makin banyak ya. Aku baru denger loh soal bank digital Senyumku. Kita yang harus cermat memilih sesuai kebutuhan dan fitur yang diinginkan ya. Senang banking environment di Indonesia makin berkembang. Yang sesuai aturan tentunya hehehe

    BalasHapus
  14. baru ngeh perbedaan digital banking dan bank digital. Selama ini tidak memperhatikan. Tapi signifikan banget ya tenryata. Mesti dimaksimalkan sih fiturnya buat keuntungan kita

    BalasHapus
  15. Allhamdulilah ada aplikasi senyumku yang turut mendukung kita yang di rumah aja tetap bisa belanja dan nabung ya Mba

    BalasHapus
  16. Di zaman sekarang semakin banyak aplikasi fintech yang inovatif, semoga kehadirannya bisa membantu masyarakat agar lebih melek finansial

    BalasHapus
  17. Makin banyak bank digital macam SenyumKu ini tentu saja membuka peluang besar dan kemudahan dalam berbisnis online pastinya. UMKM juga akan semakin gampang.

    BalasHapus
  18. Targetnya emang gak tanggung emang, membuat 200 juta orang di Indonesia tersenyum hingga 2025 nanti. AmarBank yang bikin aplikasi keuangan ini juga menerima Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2021 untuk kategori financial service industry. Makanya saya pake nih aplikasinya udah sebulan. Kebantuuuu banget.

    BalasHapus
  19. Senangnya zaman now kita bisa menangung di bank digital seperti Senyumku ini. Ternyat cara buka akunnya mudah. Kita juga bisa mengelola keuangan dengan pencatatan aktual. Sehingga pemasukan dan pengeluaran bisa dipantau dengan baik.

    BalasHapus
  20. Sewaktu saya dan suami dirawat karena Covid-19, fasilitas on-line sudah sungguh saat membantu. Anak-anak saya, meskipun tidak berdampak, saya mengharuskan mereka agar tetap di rumah dan melakukan transaksi apapun via digital. Mulai dari pesan sayur, masakan, kebutuhan rumah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari.

    Saya dan keluarga belum menggunakan aplikasi SENYUMKU. Akan kami coba ah.

    BalasHapus
  21. Loh, saya kira digital banking dan Bank digital itu sama loh, Mbak. Baru tau saya perbedaannya.
    Boleh dicoba nih Senyumku, bisa sebagai catatan keuangan juga.

    BalasHapus
  22. Baru tahu mba Senyumku milik bank ammar juga. Deket banget kantornya bank ammar dengan kantor sya. Saya jadi penasaran nih, coba install ya

    BalasHapus
  23. Bank Digital emang beneran deh. Membantu banget untuk kita yang sering sok sibuk. Nggak perlu kemana-mana. Cukup dalam genggaman saja, maka semua transaksi beres. Bahkan catatan keuangan pun rapi. Kayak Senyumku yang kakak jelaskan ini.

    BalasHapus
  24. Gampang buka rekeningnya, bisa buat kelola keuangan juga biar tambah rapi, maka memang tepat ini bernama senyumku. Sehingga membuat tersenyum para penggunanya

    BalasHapus
  25. Boleh Juga nih ya . aplikasi Senyumku bisa menjadi pilihan. Karena Senyumku aplikasi perbankan yang dikeluarkan oleh bank digital, yakni PT Bank Amar Indonesia selain bisa menabung bisa Juga mengatur keuangan kita

    BalasHapus
  26. Sudah ada Bank Digital berikut dengan aplikasinya yang mudah digunakan, Senyumku sangat layak untuk menjadi aplikasi pencatatan keuangan andalan keluarga.

    BalasHapus
  27. Terimakasih informasinya kak, beberapa hari ini sering liat iklannya, jadi baca-baca dulu reviewnya di sini

    BalasHapus
  28. Bener banget mbak, bank digital bisa sangat memudahkan di masa pandemi seperti ini. Apalagi yang kayak senyumku ini, gaperlu ribet datang ke cabang juga.

    BalasHapus
  29. baru tahu loh kak digital banking dengan bank digital ini berbeda. Btw aku juga suka dengan aplikasi senyumku ini, jadi aku sebagai emak-emak bisa makin mudah mencatat pengeluaran rumah tangga.

    BalasHapus
  30. banyak aplikasi keuangan online ya mbak termasuk senyumku ini jadi lebih mudah dalam pengelolaaan keuangan pribadi

    BalasHapus
  31. Dengan aplikasi Senyumku ini mengatur keuangan keluarga bisa sambil senyum senyum nih, ya kan mbak?

    BalasHapus
  32. Makin penasaran deh sama Senyumku ini. Terima kasih infonya ya Mbak. Pengetahuan baru nih perbedaan antara. Digital Bank dan Bank Digital.

    BalasHapus
  33. waah ada digital bank baru.. berhubung aku pakai kedua nya konven dan digital, karena jama sekarang aksea digital untuk beli beli lebih gampang. dan pakai senyum ku ini asik sih, pengeluaran bisa ke tracking

    BalasHapus
  34. Menarik juga aplikasi senyumku ini, ya. Makin mudah, praktis, buka tabungan online sekalian bisa bikin finansial planning dengan senyumku

    BalasHapus
  35. Belanja dan nabung jadi lebih praktis kalo pakai aplikasi senyumku ini ya kak, makasih banyak infonya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)