20.5.21

Buka Tabungan Online Bermodal Selfie di Aplikasi SimobiPlus


Hola manteman, apa kabar? Sehat selalu kan? Alhamdulillah. Jangan bosen juga ya untuk tetap di rumah. Supaya pandemi lekas berlalu dan nantinya kita bisa beraktivitas lagi. Semakin banyak dari kita yang di rumah terus, semakin cepat pandemi berlalu. Setuju? Hehehehe.

Di Rumah Terus Menghambat Aktivitas dan Keinginan?

Ya, di rumah terus memang membuat banyak rencana dan aktivitas terhambat. Tapi demi keselamatan dan kesehatan bersama, mau gak mau kita harus melakukannya. Oh ya, ngomong-ngomong soal pandemi, saya jadi keinget keinginan lama. Yang gara-gara di rumah terus, keinginan ini belum bisa terwujudkan. Apa itu? Buka rekening tabungan.

Huhu bener, buka rekening tabungan baru. Sudah sejak lama saya menginginkannya. Rekening yang khusus dibuat untuk menabung. Jadinya, rekening saya yang lama hanya dipakai sebagai ‘alat lalu lintas’ uang saja. Terutama dalam hal pembayaran honor kerja saja. 

Bukan apa-apa, mencampuradukan semua transaksi keuangan di satu rekening itu bikin pusing. Saya jadi susah ngontrolnya. Honor masuk, uang belanja dari suami, dan berbagai hal lainnya, sungguh membuat saya pusing. Tapi karena pandemi, saya tahan-tahan keinginan itu. Malesnya ngantri di bank membuat saya tak juga mewujudkan hal tersebut.

Buka Tabungan Bermodal Selfie

Tapi hal itu akhirnya bisa diatasi. Iyap, beberapa waktu lalu saya tahu kalo buka rekening tabungan di bank, kini gak mesti datang ke banknya. Cuma dengan modal selfie, rekening tabungan di bank bisa langsung kita miliki.

Tabungan tersebut adalah SimobiPlus. Sebuah aplikasi yang melayani tabungan digital dari Bank Sinarmas. Tabungan digital adalah tabungan yang segala proses dan transaksinya dilakukan secara digital, virtual, atau, online.


Nah membuka tabungan online di SimobiPlus ini gak harus datang ke banknya. Prosesnya 100% online via aplikasi SimobiPlus. Hanya cukup dengan selfie saja. Gak perlu video call juga. Namun pun begitu, SimobiPlus mampu memfasilitasi berbagai kegiatan finansial kita. Sebab SimobiPlus membuat kita terhubung dengan Simas E-Money (uang elektronik Bank Sinarmas), rekening tabungan, deposito, kartu kredit, giro, dan apapun produk finansial di bank Sinarmas.

Pengalaman Buka Rekening via SimobiPlus

Setelah membaca ini itu akhirnya saya mencoba membuka rekening tabungan via SimobiPlus dan benar, prosesnya beneran 100% online, mudah pula. Mau tahu caranya? Ini dia!

1. Download dan Install Aplikasi SimobiPlus dari Google Store

Iyes, ini hal pertama yang harus dilakukan. Mengunduh dan memasang aplikasi SimobiPlus dari Google Store. Aplikasinya gratis ya teman-teman. 

2. Membuat User ID untuk Aplikasi

Setelah aplikasinya terpasang, kita akan dipandu untuk membuat User ID lengkap dengan password-nya. Di tahap ini juga kita akan mendaftarkan email dan juga nomor HP. Sebagai tempat untuk verifikasi, konfirmasi, dan juga pengiriman kode terkait apapun mengenai tabungan kita. 

3. Isi Data Diri Secara Lengkap Plus Selfie

Jika tahap 2 berhasil, kita lalu bisa mencoba membuat rekening tabungan. Klik Profil kita dan klik bagian Open bank product, dan klik lagi bagian Saving Account. Nah seterusnya kita akan dipandu masuk ke halaman pengisian data diri. 

Di tahap ini kita harus mengisi berbagai hal yang diperlukan layaknya pengisian data diri saat buka tabungan di bank secara langsung. Dari mulai nama lengkap; tanggal, bulan, dan tahun lahir; nama gadis ibu kandung; hingga nomor KTP. Di tahap ini juga kita akan diminta untuk memfoto KTP kita dan juga berswafoto (selfie) bersama KTP kita. Jika sudah selesai dan lalu diupload, kita akan diminta untuk menunggu persetujuan yang dikirim ke email.

Untuk tahap ini pastikan semua data yang kita input sesuai dengan data yang ada di Disdukcapil, ya. Termasuk dengan nama gadis ibu kandung. Proses pengajuan pembukaan rekening saya sempat gagal diproses karena hal ini. Ya, nama gadis ibu kandung yang saya masukkan ternyata berbeda dari apa yang tertulis di Disdukcapil. Yang di Disdukcapil ternyata nama ibu saya disingkat. Misalnya dari yang seharusnya ‘Celine Dion’, di Disdukcapil tertulis ‘Celine D’ saja. :D

Jika teman-teman mengalami hal serupa, menghubungi CS di nomor telepon yang dicantumkan via email akan sangat membantu.

4. Tanda Tangan Digital

Jika semua langkah sudah selesai dan juga sudah sesuai dengan data kita yang ada di Disdukcapil, kita akan menerima konfirmasi bahwa pengajuan pembukaan rekening kita diterima, via email. Di dalam email tersebut juga dicantumkan nomor rekening kita. Pembukaan Tabungan Online Bank Sinarmas Gratis tanpa setoran awal namun jika ingin kamu ingin mendapatkan promo voucher Alfamart senilai Rp50.000,- kamu bisa menyetor saldo Rp100.000,- sebagai saldo awal pembukaan rekening. So, lumayan banget kan bisa dapat promo voucher Alfamart.

Sebelum menyetor saldo, kita akan dipandu untuk menandatangani form secara digital. Tenang saja, kita nanti bisa membuat tanda tangan di sana. Dan langsung bisa dipakai untuk menandatangani dokumen digitalnya. 


Barulah setelah semua selesai, saya menyetor saldo awal via m-banking dari rekening di bank lain yang saya punya. Penyetoran juga bisa menggunakan saldo OVO, Gopay, LinkAja, dan banyak lagi. Gampang banget deh. Dan langsung terisi ke rekening tabungan Digi Saving dari Bank Sinarmas yang ada di Aplikasi SimobiPlus ini. 

Proses pun selesai. Buka rekening online langsung aktif. Siap-siap deh nanti saya menabung di rekening ini. Doakan istiqomah ya teman-teman. Biar uang ditabungannya lekas menggunung. :D 

Iya, Biasakan Sekarang Luar Biasa Nanti!

Betul, pembukaan rekening tabungan baru ini memang bertujuan begitu. Selagi masih dapat banyak pekerjaan, kepengen bisa membiasakan menabung. Supaya nanti luar biasa. Telat memang, tapi better late than never, toh?! :D

Untung saja, keterbatasan karena di rumah terus akibat pandemi bisa teratasi dengan teknologi. Sinarmas dengan aplikasi SimobiPlus-nya bisa menjadi jawaban. SimobiPlus menjadi sebuah aplikasi tabungan elektronik yang bisa diandalkan. Gak hanya menabung, SimobiPlus juga bisa dipakai untuk belanja dan bayar tagihan ini itu.

Teman-teman ada yang punya keinginan sama kayak saya? Hayuk atuh ikuti apa yang saya lakukan. Buka rekening online baru sebagai tempat menabung. Pusing lho pakai 1 rekening aja untuk ngurusin semua kegiatan finansial kita. Toh membuka rekeningnya mudah, cepat, dan 100% online.

Well…

Oke deh manteman, sekian cerita saya tentang review tabungan online baru di Bank Sinarmas via aplikasi SimobiPlus. Semoga bermanfaat ya. Yang pengen nanya-nanya, boleh banget ditanyakan di kolom komen. Insya Allah, kalo saya tahu, saya akan jawab pertanyaannya. Sampai jumpa!

70 komentar:

  1. wah makin praktis aja ya buka tabungan sekarang cukup modal selfie dan download aplikasinya saja, semoga cepat menggunung ya bund tabungannya amiin

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah mudah banget ya Mba. Duh bisa dari rumah, bikin online tanpa ribet.

    BalasHapus
  3. jaman sekarang buka tabungan aja bisa di rumah ya teh :) ga usah kemana2 hahaaa secanggih itu teknologi jaman sekarang

    BalasHapus
  4. mudah banget ya buka rekening atau tabungan secara online di aplikasi simobiplus

    BalasHapus
  5. sekarang semua dipermudah ya, ga ada alasan lagi buat ga nabung wong bikin rekening tabungan udh semudah ini skrn

    BalasHapus
  6. Salah satu terobosan yang bagus nih, buka tabungan gak perlu datang ke bank ya. Tinggal download appsnya terus tinggal ikuti perintah selanjutnya ya mbak.

    BalasHapus
  7. Skr memang proses pembukaan rekening udh online, enak jadinya. Sebagai mantan staff bank, aku sempet ngerasain pembukaan rekening yg masih manual. :D. Untunglah skr udh LBH gampang.

    Memang sebaiknya dipisah mba, antara rekening daily operation dan saving. Aku sendiri pakai 2 bank, yg 1 memang utk aktifitas transaksi, dan 1 nya lagi khusus investasi. Investasi saham, yg di LN dan dalam negeri, aku pakai 1 rekening khusus. ATM nya ttp ada, tp aku jauhin biar ga tergoda pake :p. Akucuma aktifin mobile bnking nya supaya bisa cek mutasi rekening kemana aja.

    Sementara utk operational, aku pake rekening lain. Biasanya utk yg operational aku pilih yg fee ny gratis, jd mau transaksi kemanapun ga kepiting biaya :D.

    BalasHapus
  8. Jaman sekarang buat tabungan mudah sekali ya. Tidak seribet jaman dulu yang harus datang ke bank. Dengan segala kemudahan transaksi sekarang menjadikan hidup lebih mudah. Tinggal bagaimana mengisi tabungannya saja

    BalasHapus
  9. Akutuh penasaran banget sama ini, pengen buka tabungan di simobiplus. Baca-baca dari review temen2 terus dari blog ini jadi tambah buru2 pengen wkwk. Besok minggu mau coba. Kalo diliat pendaftarannya juga ga ribet2 amat ya cuma modal selfie sama ngisi2 info gituu

    BalasHapus
  10. Sekarang makin banyak dan makin mudah buka rekening digital, semoga keamanannya juga 100% biar data nasabah aman sentosa

    BalasHapus
  11. Praktis banget ya, gak perlu pakai ke bank untuk membuka tabungan. Dan memang Simobi ini selangkah lebih maju dari bank-bank lain menurutku. Dari dana tabungan kita bisa tarik untuk membuka deposito, misalnya. Hanya untuk produk investasi seperti Danareksa, kita masih perlu buka rekening dengan datang ke bank fisik

    BalasHapus
  12. Waah aku baru tau aplikasi SimobiPlus ini, cara membuatnya juga ternyata cukup mudah yaa dan cepat juga

    BalasHapus
  13. Mudah, simple dan gak ribet ya. Apalagi di masa" pandemi gini jadi lebih aman dan nyaman juga ya, buka tabungan hanya modal gadget dan selfie. Thank you so much i fonya Kak.

    BalasHapus
  14. Bikin tabungan jadi makin gampang ya sekarang. Nggak perlu pergi keluar rumah lagi.

    BalasHapus
  15. hah ini serius selfie doang, mba? kalau aku kayaknya prefer buka di kantor cabang gitu deh.. soalnya lebih secure. baru satu tuh bank yang aku tau punya beberapa lapisan keamanan data nasabahnya

    BalasHapus
  16. Wah sekarang serba praktis yaaa, sampai mau punya tabungan juga bisa online. Boleh nih dicoba nanti

    BalasHapus
  17. sangat mudah ya pembuatannya, apalagi pembayaran setorannya bisa menggunakan ewallet ovo, gopay, linkAja saya ada semua. kebetulan belum punya tabungan dari SInarmas bisa saya coba niy mba Nia

    BalasHapus
  18. Aku lagi kepikiran bikin tabungan baru juga tapi males ke bank.
    Enak kyknya buka tabungan digital kyk gini ya hanya perlu lewat online.
    Mayan kan buat tabungan kedua yg jarang diambil uangnya hehe

    BalasHapus
  19. Oooo simobi ini punya Sinarmas yaa. Wah makin rame nih aplikasi dari perbankan, ga dipungkiri sekarang semua serba online sih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau punya Sinarmas sbg perusaahaan besar insyaAllah terpercaya yaa lembaganya.
      Jadi kepngen juga bikin tabungan via online gini dan modal selfie doank 😄

      Hapus
  20. Di masa yang masih pandemi gini buka tabungan melalui aplikasi ini sangat membantu sih, udah gitu cara nya juga gampang dan pasti semua orang bisa

    BalasHapus
  21. Teh Nia mantuull banget!
    Setuju siik, kalo kudu ada pemisahan rekening antara daily life dgn yg dedicated utk nabung/invest.
    biar kagak bocooorr mulu ya Teh :D

    BalasHapus
  22. jaman sekarang apa-apa serba praktis, mempermudah nasabah melakukan banyak transaksi, apalagi masa pandemi seperti ini, beneran jaga jarak ya

    BalasHapus
  23. membuka tabungan sekarang jauh lebih mudah ya kak. serasa langsung berhadapan dengan teller. semua bisa dilakukan didepan smartphone

    BalasHapus
  24. Btw keren ya kak di era sekarang ini bisa buka tabungan secara online seperti simobiPlus ini. Setor awalnya juga murah ya cuma 100K. Keren nih..

    BalasHapus
  25. Nah, daripada ikut arisan online yang jelas juntrungannya itu, mending ikut tabungan online lewat aplikasi Simobi ini ya mba. Apalagi lihat lambang circle putih di box merah itu tuh, udah familiar, soalnya ini saya pakai asuransinya. Kekeke.
    Makin ke sini makin canggih aja transformasi digital perbankan di Indonesia ya. Gak ribet lagi kayak dulu.

    BalasHapus
  26. waaaa... dapat voucher Alfamart

    mau ah, udah lama pingin ngasih hadian tabungan ke keponakan

    Buka aja SimobiPlus ya? Gak pake lama, malah bisa dapat hadiah

    BalasHapus
  27. Lebih praktis Dan simple jadi ya teh klo gini.. gak perlu keluar rumah apalg antri

    Cara untuk nabungnya juga mudah jadi kepikiran mau buka tabungan juga

    BalasHapus
  28. Emang bener praktis ya. Ga perlu keluar rumah. Ini sih modalnya yang utama internet harus stabil ya Teh. Kecanggihan teknologi sekarang bener bener membanggakan nih.

    BalasHapus
  29. Setoran pun bisa dilakukan via dompet digital ke Simobi. Wah jadi makin menyenangkan bisa menabung semudah ini, sehingga bisa menambah literasi keuangan untuk gemar menabung

    BalasHapus
  30. Jaman sekarang makin canggih ya kak, buat no.rekening hanya dengan manfaatin kecepatan internet dan gak perlu berlama-lama antri buat ke bank terdekat. Praktis banget buat orang yang kesehariannya disibukkan dengan banyak aktivitas dan bisa kapanpun buka tabungannya.

    BalasHapus
  31. Hari gini, dimasa mobilitas dan kegiatan luar ruang sangat dibatasi, berbagai kegiatan on-line tuh dibutuhkan banget. Segala kemudahan yang bisa dilakukan dari rumah tapi tetap menghasilkan sesuatu yang efisien dan efektif.

    Oia btw, waktu buka akun itu perlu setoran awal gak Mbak? Bagaimana itu prosesnya?

    BalasHapus
  32. Well, aku termasuk generasi yang mengalami berbagai pelayanan perbankan.
    Dari mulai zaman yang hanya ada bank negeri dengan pelayanan, you know what I mean, jauh dari kata memuaskan, staff yang judes dll sampai akhirnya adaanyak pilihan bank swasta dengan pelayanan yang jauuuh leih prima.

    Dan kini, mencapai klimaks, buat akun tabungan bisa dari rumah, modal selfie. doang.

    Satu lagi bukti pandemi memang punya sisi positif juga ya.
    Menabung semudah menjentikkan jari!

    BalasHapus
  33. Beda dulu dan sekarang ya ini, dulu kudu antri, skrg tinggal selfie yaa udah jadi tabungannya ya

    BalasHapus
  34. Modal selfie bisa buka tabungan, simpel sekali ini.Tabungan digital yang segala proses dan transaksinya dilakukan secara digital, virtual, atau, online dari Simobiplus beneran memudahkan

    BalasHapus
  35. Bersyukur saat ini teknologi semakin berkembang bahkan untuk membuka rekening tabungan pun bisa secara online
    Lebih efisien, tidak perlu mengantri di bank untuk ke customer service. Jadi waktu yang dibutuhkan dalam proses nya pun lebih cepat

    BalasHapus
  36. Kalau kayak gini enak dan praktis banget ya Mbak. Nggak perlu rempong lagi kalau mau buka tabungan karena bisa dilakukan lewat aplikasi dan dengan modal selfie aja

    BalasHapus
  37. Kalau daftar online ini jadi ga masalah ya mbak tentang alamat domisili dan KTP. Pengalaman dua kali buka rekening bank secara manual adalah perbedaan antara alamat domisili dan KTP (ya gitu kalau perantau tapi KTP masih daerah asal). Alhasil mesti pakai surat keterangan dari kepala lingkungan atau keterangan kerja dr kantor suami.

    BalasHapus
  38. Hampir semua bank sudah mulai digitalisasi ya..Termasuk sinarmas yang membuat proses pembukaan rekening menjadi lebih mudah. Cukup selfie dan tanda tangan digital saja, kita bisa langsung punya rekening di bank tersebut

    BalasHapus
  39. Sekarang semua serba mudah yaa.. buat rekening dari rumah juga bisa nggak perlu keluar rumah :)

    BalasHapus
  40. Saya juga punya dong tabungan simobiplus ini. Cara bukanya itu benar-benar mudah banget

    BalasHapus
  41. enak ya zaman digital kaya gini, buka rekening ga perlu dtg ke bank dan antri. cuma pake smartphone langsung dapat rekening baru. Simobiplus dari bank sinarmas ya. keren deh...

    BalasHapus
  42. wah aplikasi bank lagi ,bagus juga ini inovasinya

    BalasHapus
  43. Wah ia aku banget nih Mbak, sudah lama mau buka akun untuk tabungan tapi masih khawatir ke luar rumah dan mager juga sih sebenarnya, hahahaha

    Bisa dicoba nih SimobiPlus 😍

    BalasHapus
  44. Menarikkk deh tapi aku lagi insecure kalo buat online gini karena banyak yang lagi hack-hack-an :( kalau dari sini sistem keamanannya gimana bun?

    BalasHapus
  45. beneran yaa gak pake saldo awal jg tetep bs buka rekening. mana kalo saldonya 100, dapat pocer alpa. Mauuuuu... saya pengen buka juga deh, tinggal selfie doang

    BalasHapus
  46. Teknologi semakin memudahkan ya, sekarang apa-apa bisa dilakukan dari rumah saja. Mau buka tabungan sampai semua transaksi bisa dilakukan sambil leyeh-leyeh ga perlu ke mana-manaa

    BalasHapus
  47. Yeay banget ini yaa, teh..
    Dengan setoran awal 50.000 uda dapet welcome saldo sebesar 10.000
    Bahagia banget bersama Simobiplus.

    BalasHapus
  48. Jadi inget pisan kudu ngantri plus nunggu lama cuma perkara bikin rekening hahaha sekarang mah asa gampil ya teh cukup selfie udah deh berhasil sangat2 memudahkan semuanya

    BalasHapus
  49. kalau nabung semudah ini kan jadinya nggak ada alasan buat intip2 tokped yaa mba haha
    Nggak perlu jalan ke teller ya mba sekarang mah udah gampil gini, pandemik bener2 harus kencangkan ikat pinggang

    BalasHapus
  50. wah sekarang untuk bisa punya tabungan cukup mudah ya mbak
    bisa diurus secara online pula
    nggak perlu antri di bank

    BalasHapus
  51. Mau buka tabungan sekarang gak usah ke bank lagi ya, lewat ponsel aja udah cukup. Cocok buat aku yang mager keluar rumah nih. Keren Semobiplus

    BalasHapus
  52. Iyaa aku sudah buka teh tabungan Simobi nggak nyangka ya mudah banget buka rekening secara online nggak pakai antre pengen jadi rekening buat job blogger bismillah..

    BalasHapus
  53. Aku juga udah donk buka tabungan melalui simobiplus. Gampang dan gak pake ribet lagi. Selain buat nabung bisa juga dipaek buat beli pulsa listrik dan lain-lain

    BalasHapus
  54. Aku baru Tahu ternyata buka tabungan bisa melalui online dan bisa langsung selfie seperti ini dan aku belum pernah Cobain

    BalasHapus
  55. era digital seperti sekarang ini memang memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya, bahkan buka tabungan pun bisa dari rumah ya

    BalasHapus
  56. Oh begini salah satu mengatur pos keuangan yang baik yaa, teh..
    Dengan tidak mencampurkan antara kebutuhan pribadi dan pemasukan dari bekerja. Jadi jelas dan mudah kontrolnya.
    Cuuss buka rekening juga di Simobiplus.

    BalasHapus
  57. Di zaman yang serba digital begini, makin praktis aja nih. Bikin tabungan aja sekarang enggak perlu repot datang ke bank bawa foto copy KTP. Kini tinggal selfie aja, pakai tanda tangan digital, beress.

    BalasHapus
  58. Pas banget nih mbak, kebetulan aku mau buatin si kecil tabungan buat nyimpen uang THR lebarannya tapi masih ragu banget kalau harus pergi ke bank ..
    Sepertinya aku tertarik nih buat buka SimobiPlus karena dengan selfie aja udah bisa punya tabungan digital

    BalasHapus
  59. wah, asik banget ini bikin tabungan bisa dari rumah aja, bisa nyiapin foto selfie terbaik, hahaha. solusi banget ini apalagi masa pandemi kayak gini

    BalasHapus
  60. Wah, jd solusi nih buat aku yg mau pindah tabungan juga. Kemarin mau atur waktu sm suami buat keluar rumah. Pas baca ini auto mikir ulang krn lumayan nyita waktu kalk keluar. Mending di rumah aja

    BalasHapus
  61. Gampang banget ya sekarang bikin tabungan. Bisaa online pula, lebih praktis nggak perlu ke bank.

    BalasHapus
  62. Wah ini yang kubutuhkan nih sekarang ini. Bisa daftar rekening via online. Apalagi dengan banyak promo kayak gini

    BalasHapus
  63. Sekarang semuanya sudah serba mudah
    Buka rekening tinggal dari rumah
    Tidak perlu khawatir sama bahaya dimana-mana
    Modal selfie pula, sungguh memudahkan

    BalasHapus
  64. Asyik banget ya, buka rekening tabungan bisa dilakukan secara online... Memudahkan sekali, apalagi di masa pandemi seperti sekarang...

    BalasHapus
  65. Enaknya zaman sekarang ya Mbak. Apa-apa serba praktis termasuk kalau kita mau buka tabungan nggak perlu rempong juga. Karena melalui simobiplus ini buka tabungan bisa dilakukan secara online dan cukup dengan modal selfie saja.

    BalasHapus
  66. wah sekarang menabung jadi lebih mudah yah mbak dengan simobiplus. gak perlu antri antri lagi dan bingung sama buku tabungan yang keselip entah dimana hihihi

    BalasHapus
  67. Semua dipaksa untuk bisa online dan self service sekarang ya, tapi jadi keren loh. Lama-lama akan mengikuti jaman akhirnya.

    BalasHapus
  68. Sekarang banyak ya, Mba tabungan online. Jadi memudahkan kita tanpa harus berkerumun atau antri di bank. Inilah yaa manfaat teknologi

    BalasHapus
  69. ya ampun zaman kini apa2 bener2 cuma dalam genggaman ya mba. Jadi penasaran mau bikin tabungan krn no ribet2

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)