31.3.21

Kenapa Kuliah Biologi?


Kenapa kuliah di Biologi? Itulah pertanyaan yang sering saya terima saat ditanya kuliah. Dari zaman saya kuliah, di tahun 1997, hingga sekarang. Jawabannya, jelas berbeda. Tapi walopun begitu, ada kesamaannya. 

Masuk jurusan Biologi merupakan pilihan kedua. Pilihan pertama saya saat UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah Teknik Kimia. Ya mungkin karena nilainya kurang, jadilah saya masuk Biologi. Itu jawaban saya dulu saat saya ditanya kenapa masuk jurusan Biologi. 

Ya meskipun begitu adanya, ada hal lain yang sebenarnya jauh lebih dari itu. Alasan yang membuat saya memilih Biologi sebagai pilihan kedua. Toh jika tak ada alasan, tak mungkin kan saya pilih Biologi sebagai pilihan kedua. Bisa saja jurusan lain yang masih di ITB, atau malah jurusan lain di kampus yang lain. 

Memilih jurusan Biologi, bisa dibilang sebagai sebuah pilihan yang awalnya saya anggap 'effortless'. Kenapa begitu, karena entah kenapa, walopun gak bisa dibilang sebagai pelajaran favorit, Biologi selalu jadi pelajaran yang nilainya paling tinggi. Dari SMP hingga SMA. Padahal jujur, saya jarang banget belajar serius. Mau ulangan aja, saya palingan cuma bolak-balikin lembar demi lembar buku tulis dan buku teks. Sepuluh menit hingga limabelas menit saja, beres. Hasilnya, bagus. Gak jarang, saya jadi murid dengan nilai tertinggi di antara teman sekelas, bahkan antarkelas. Ya gitu deh, saat gak masuk Teknik Kimia, saya pun akhirnya masuk ke Jurusan Biologi.

Wisuda pertama Bio '97, tahun 2000.
Sayang banget gak semuanya ngumpul

Karena merasa Biologi adalah pilihan kedua, saya pun berniat pindah jurusan. Setelah selesai TPB (Tahap Persiapan Bersama). Ke jurusan apa pun. Ya syukur-syukur bisa masuk ke Teknik Kimia. Kalo enggak ya ke mana aja yang mungkin akan menarik hati saya.

Tapi niat itu tak saya lakukan. Setelah lulus TPB, saya ngerasa betah dengan teman-teman seangkatan. Belum tentu juga nanti bisa dapet temen sejurusan yang senyaman temen-temen seangkatan Biologi '97.

Anak himpunan yang gokil-gokil Wkwkwkk

Anggapan pertama kali masuk Biologi yang saya kira effortless juga salah besar. Mata kuliah di jurusan Biologi ternyata banyak. Dan banyak di antaranya yang bikin saya harus kerja keras untuk bisa dapet nilai bagus. Jangankan bagus deng, untuk bisa dapet nilai C aja, beberapa mata kuliah rasanya ngos-ngosan. 

Kulap Sancang Garut, 2000

Biologi yang saya anggap gampang ya cuma pelajaran SMP dan SMA aja. Dan karena hal ini juga, saya jadi kepikiran kalo saya malah justru gak cocok di Biologi. Sehingga masuk bidang kerja pun, sejak lulus gak pernah di bidang Biologi. Kecuali menulis. Menulis tentang Biologi, baik buku atau artikel, atau kesehatan yang berhubungan dengan Biologi, saya suka. 

Kulap Pangandaran, 1999

Yang saya suka dari masuk jurusan Biologi adalah Kuliah Lapangan (kulap). Ke gunung, ke hutan, ke laut, atau ke mana saja. Buat saya, kulap ini semacam refreshing. Setiap hari banyak praktikum di lab membuat jenuh. Tapi anehnya, pas masuk lab jurusan, saya gak milih lab Ekologi. Saya malah milih Mikrobiologi. Yang kerjanya tiap hari di Lab. 

Aduh, cerita apa lagi, ya? Hehehe. Yang jelas, awalnya jujur saya gak suka masuk Biologi. Tapi lama-lama enjoy. Terutama karena teman-teman seangkatan yang asyik-asyik. Udah gitu masuk himpunan Nymphaea. Akang-akang Teteh angkatan atas baik-baik, kecuali saat OS, mereka nyebelin.  Jadinya makin betah. Dan Alhamdulillah, berkat masuk jurusan Biologi pula, saya dapat jodoh. Punya 4 anak. Dan kami hidup bahagia selamanya. Aamiin. Hahahaha... kayak dongeng.

Jodohkuuu... hehehe

Tulisan ini diikutsertakan pada tantangan ngeblog Grup Mamah Gajah Ngeblog

Note

Grup Mamah Gajah Ngeblog merupakan grup dari kumpulan mamah-mamah alumni ITB yang ngeblog. Grup ini berada di bawah grup ITB Motherhood. 

Baca juga Tantangan Ngeblog MGN Februari 2021 : Ngeblog, Antara Benci dan Rindu

23 komentar:

  1. wah baru tahu kalau teteh alumni ITB apalagi jurusannya Biologi, kebayang teteh pasti jagoan banget masalah anatomi ya, ga akan kesulitan ngajarin anak pelajaran science, ga kayak aku sekarang hahahaa bingung ngajarinnya

    BalasHapus
  2. Aaakk, baru tau mba Nia alumnus ITB.
    Brilian benerrrr :D

    Dan itu poto2 jadul kok ya masih komplet
    Daebaakk memang mba Nia and friends ini mahh

    BalasHapus
  3. waaah asyik juga yaaa teh kuliah biologi dan yang penting proses ini dinikmati dengan maksimal yaaa

    BalasHapus
  4. Duh, Teteh jurusan biologi rupanya gak kebayang sih pelajarannya, secara aku anak sosial dan kuliah jurusan bahasa hehehe

    Aku juga dapet jodoh di kuliahan Teeeh hahaha

    BalasHapus
  5. Keren banget Mba, masih imoet banget sih, keren ya banyak alumni yang ngeblog.

    Teman saya jarang banget yang suka nulis, bahkan sekampus belom pernah tau ada blogger kayak saya 😂

    Padahal asyik ya, kalau bisa bikin kumpulan blogger buat alumni gitu :)

    BalasHapus
  6. Hebat bisa dapat nilai bagus di biologi saat sekolah. Lha pilih mikrobiologi kenapa, dong? Panggilan (akang) jodoh, ya? Hahaha..

    BalasHapus
  7. Weh mba Nia dapat ilmu dan dapat jodoh juga. hahaa. Alhamdulillah. Bagaimanapun semoga ilmunya bermanfaat selalu ya mba

    BalasHapus
  8. Seru teh, foto-fotonya masih ada...
    Favorit saya foto yang terakhir :)

    BalasHapus
  9. Hahaha suka gitu ya Mbak udah kuliah baru merasa "Aku nggak cocok nih di jurusan ini." Tapi, yaa, coba dijalanin aja. Eh, malah dapet jodoh wkwk. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  10. Aku malah paling ga ngerti biologi. nilaiku selalu jelek. kemampuan menghafalku agak kurang kayaknya.. hehe
    akhirnya aku masuk jurusan kimia deh..
    walaupun awalnya jg pengen di teknik kimia tapi gak dapet. hehe..

    ya gapapa deh yg penting masih ada unsur kimia nya.. hehe

    BalasHapus
  11. Seru ya kulapnya, ke gunung, ke laut, kemana mana dan ternyata bidang biologi itu luas banget ya..

    BalasHapus
  12. Kebalikan ma saya. Pelajaran Biologi diremed melulu hahaha. Buat saya, biologi tuh sulit

    BalasHapus
  13. Woh, jadi Teman hidupnya anak biologi juga

    Aku dulu bukan yang antusias banget sama pelajaran biologi. Suka, tapi levelnya biasa. Mungkin karena memang bukan di situ passionnya

    BalasHapus
  14. mbak niaaaaa, aku salah fokus sama foto terakhir "jodohkuuuu" hihihi, memang ga ada yang namanya kebetulan ya mbak.... walaupun bukan pilihan pertama tapi akhirnya membawa bahagia ya jurusannya :lovelove

    BalasHapus
  15. aku suka banget sama biologi tapi ngga kesampean kuliah biologi karena ngga dapat ijin kuliah di luar kota teh, sedih banget.

    BalasHapus
  16. Jujur saya juga lebih suka kimia daripada biologi. Tapi yg paling seru mungkin karena kalo biologi bisa penelitian di alam langsung yaa

    BalasHapus
  17. dulu waktu aku SMP aku pernah kepengen kuliah biologi. setelah SMA, masuk IPS, buyarr dehhh haha. tapi kuliah ku dulu di fakultas hukum juga seru, dan dapat jodoh juga di kampus, meskipun dari fakultas sebelah wkwk

    BalasHapus
  18. mba Nia daebak, ITB jurusan Biologi sih keren banget ini
    sehat selalu dan sekeluarga ya Mba Nia.

    BalasHapus
  19. Teh Nia keren, foto-foto mas zaman kuliah masih ada, keren banget jurusan biologi, kalau aku pasti ditanya "Ngapain Kuliah Jurusan Bahasa Indonesia?" sambil dipandang sebelah mata hehe

    BalasHapus
  20. Teh niaaa... Sughoi ih ternyata lulusan ITB dan jodohnya jg anak ITB 😍 Barakallah teh. Jurusan pembawa jodoh ternyataaah

    BalasHapus
  21. Sama deh dulu kayak salah ambil jurusan gitu masa kuliah. Eh setelah ketemu teman-teman yang asik. Udahlah gak bisa pindah ke lain jurusan. Hehe

    BalasHapus
  22. Hahhaa, langsung nyanyi..Jodohkuu Mas Anang..
    Langgeng ya teh, sampe sekarang, kisah cinta anak biologi euy.
    Ahh, btw aku sukaaa belajar biologi, masuknya ke Fisikaaa...

    BalasHapus
  23. Wah teh nia alumni itb ya, masyaAllah. Btw bener juga sih, kadang saya juga sering banget ditanya, kenapa masuk jurusan tata busana. Awalnya malu jiga, tapi setelah menikah malah ilmu saya kepake sebagai ibu rumah tangga. Alhamdulillah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)