26.10.20

Jalan-jalan ke Rumah Juliet di Verona


Siapa yang gak kenal Romeo dan Juliet? Sepertinya, siapa pun kenal, ya? Iyalah, soalnya kan, cerita bikinan William Shakespeare ini terkenal di seantero dunia. Jadinya gak heran jika pertunjukan yang pertama kali rilis tahun 1597 ini banyak dimainkan di berbagai seni pertunjukan, Tak terkecuali di film. Cerita tragedi antara sepasang kekasih ini dibuat berulang-ulang. Dan setiap tayangnya, film ini laris manis ditonton banyak orang.

Ngomong-ngomong soal Romeo dan Juliet, masih inget dengan nama kota yang jadi tempat settingnya? Iyap betul, Verona. Nah, Jumat malam kemaren, saya dan beberapa teman blogger berkesempatan jalan-jalan ke sana, Verona, tapinya karena keadaan masih pandemi, jalan-jalannya secara virtual. Insya Allah, kalo nanti udah gak pandemi lagi, jalan-jalannya bisa beneran. Doain ya. Hehehehe….

Tempat Asyik di Verona

Ya bener, saya ketagihan jalan-jalan virtual. Bareng Komunitas ISB dan juga Wisata Kreatif Jakarta. Sejak ikut virtual tour ke Korea, jadinya saya kepengen ikutan lagi. Jadilah, Jumat malam lalu, saya cuci mata ke Verona. Mau tahu tempat mana saja yang kami singgahi saat virtual tour Jumat malam lalui? Yuk ikut saya!

1. Piazza Bra, Veronaserunya

Piazza Bra merupakan piazza paling besar yang ada di Verona. Piazza sendiri bisa dibilang merupakan tempat umum semacam public square. Di tempat ini banyak sekali tempat makan, kafe, dan juga restoran. Saat musim parade dan karnaval, Piazza Bra bisa banyak dipenuhi orang.


2. Arena Verona

Tempat kedua yang kami singgahi saat virtual tour kemaren adalah Arena Verona. Tempat ini mirip dengan Colosseum yang ada di Roma. Jika Colosseum di Roma dulunya merupakan tempat pertunjukan gladiator, nah Arena Verona itu merupakan tempat pertunjukan seni. Dan Arena Verona, sampai saat ini masih difungsikan seperti itu.

Saya takjub dengan Arena Verona ini di masa lampau. Bagaimana tidak, tempat besar yang tinggi yang bisa menampung banyak penonton ini, dulu saat difungsikan, kan gak pake sound system. Gimana caranya tuh para penyanyi, para aktor teater, atau para pelaku seni lain yang sedang melakukan pertunjukan di sana bisa kedengeran hingga ke penonton paling jauh? Padahal kan jaraknya lumayan jauh. Kalo sekarang sih ya gak heran, teknologi sudah berkembang pesat. Sound system sudah sangat bagus. Jangankan penonton yang sedang menonton di Arena Verona, di tempat lain pun dijamin bisa denger.


Ah ya, banyak artis-artis dunia lho yang sudah perform di Arena Verona ini. Blackpink, BTS, bahkan Anggun C Sasmi, sudah pernah menyanyi di sana.

3. Torre dei Lamberti

Ini merupakan menara tertinggi di Verona. Tingginya adalah 90 meter. Tak seberapa tinggi memang. Akan tetapi karena menara ini dibangun oleh keluarga, yakni keluarga Lamberti, dan bukan oleh pemerintah, jadinya menara ini menjadi terkenal.

Di Itali, khususnya di Verona, konon orang-orang kaya itu dulunya sering bersaing. Dan persaingan paling kentara itu adalah dalam bentuk membuat menara yang tinggi.


Torre dei Lamberti kini menjadi tempat wisata. Siapa pun bisa naik ke atasnya. Bisa berfoto dan juga melihat pemandangan dari atas menara.

4. Juliet's House

Betul, in merupakan rumah Juliet. Heran dengan adanya rumah ini? Ternyata ya, pemerintah Verona ini pandai sekali memanfaatkan kesempatan. Kota Verona yang menjadi setting tempat kisah Romeo dan Juliet membuat mereka ‘menghidupkan’ berbagai hal tentangnya, seolah-olah cerita fiksi buatan William Shakespeare ini tampak nyata. Dan rumah Juliet inilah salah satunya. 



Hal unik yang ada di rumah Juliet adalah banyaknya surat-surat untuk Juliet yang ditulis para penggemar. Surat-surat ini pada umumnya berisi tentang harapan, dukungan, dan simpati kepada sepasang kekasih itu. Tak sampai di situ saja, surat-surat yang jumlahnya bisa ratusan per hari ini, ada yang ngumpulin dan bahkan ada yang balesin lho. Mereka yang rajin ini tergabung dalam Juliet Club, kumpulan penggemar Juliet.

5. Romeo's House

Tak hanya rumah Juliet, di Verona juga ada rumah Romeo. Berbeda dari rumah Juliet yang menyerupai museum, rumah Romeo masih ada penghuninya. Kenapa begitu, sebab di sana masih tinggal keluarga Montague. Walopun keluarga ini tak ada hubungannya dengan tokoh Romeo yang ada di cerita Romeo dan Juliet, keluarga Montague ini bersedia membuat rumah mereka sebagai rumah Romeo.


Ini nih salah satu hebatnya William Shakespeare. Dia yang sebenernya gak pernah ke Verona, tapi mampu membuat cerita ber-setting Verona. Dan nama-nama keluarga yang disebut di cerita tersebut ternyata memang ada di Verona. Keluarga Juliet, yaitu keluarga Capulets, dan keluarga Romeo, yaitu keluarga Montague.

6. Tomba de Giulietta

Ini adalah situs makam Juliet. Ya, lagi-lagi ini merupakan ide kreatif pemerintah Verona. Walopun cerita ini fiksi, bahkan makam Juliet ada di sana. Pastinya, para penggemar cerita Romeo dan Juliet sangat senang dengan keberadaan makan Juliet ini.


7. Castelvecchio Castello Scaligero

Castelvecchio Castello Scaligero merupakan kastil yang ada di Verona. Kastil ini kini menjadi tujuan wisata siapa pun yang main ke Verona. Jembatan di kastil ini membelah sungai besar yang ada di Verona, yaitu sungai Adige.


Makanan-makanan di Verona

Selain menceritakan tempat-tempat asyik yang patut disinggahi di Verona, Mbak Ira Latif dari Wisata Kreatif Jakarta juga cerita tentang makanan-makanan yang ada di Verona. Makanan itu di antaranya adalah gnocchi, pastisade con poleta, dan makanan-makanan Italy lainnya.

Semoga Bisa Beneran ke Verona!

Itu dia cerita mengenai virtual tour ke Verona Jumat malam lalu. Beneran seru deh. Waktu 2 cepet bangeeeet beresnya. Semoga deh, nanti abis pandemi, aku bisa beneran ke Verona. 

Untuk teman-teman yang kepengen nyobain virtual tour, cek deh instagram @wisatakreatifjakarta. Di sana ada banyak tawaran virtual tour yang menarik. Jangan lupa juga ke akun Instagram @komunitasISB. Giveaway jalan-jalan virtual tournya sering dibuat. Seru banget. 

Oke deh manteman, sampai jumpa dan semoga bermanfaat!



50 komentar:

  1. Saya sudah pernah ke Roma..beda tipis memang dengan beberapa tempat yang ada di Verona ini. Diantaranya Colloseum di Roma dan Arena Verona. Yang istimewa ada Romeo;s House ya...Senangnya bisa ikut wisata virtual begini. Jadi obat hati belum bisa pergi-pergi

    BalasHapus
  2. bahkan bangunannya keliatan romantis ya teh hahahaa apa efek baca cerita tentang romeo and juliet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kok sama pikitannya sama aku.. asik ya jlnjln kesana

      Hapus
  3. Hihi baru tau kalo William Shakespeare gak pernah ke Verona, Mungkin seperti Karl May yang bikin novel Indian Winetou dan Old Shaterhand ya?

    BalasHapus
  4. Serunyaaaaa!
    Mba Ira Lathief cihuy banget ya, bisa memanfaatkan teknologi untuk tetep ngajak kita 'traveling' selama pandemi ini.

    walopun secara virtual, tapi teteuppp asyik ye kan

    BalasHapus
  5. Tentu sebuah kebanggaan bagi Anggun C Sasmi pernah perform di Arena Verona itu ya mbak. Aamiin semoga kalau udah nggak pandemi nanti jalan-jalan langsung ke sana ya mbak.

    BalasHapus
  6. Emang layak disebut kota romantis ya.. bangunannya juga terlihat sangat artistik, berada disana seakan napak tilas kisah dalam film yang sangat melegenda itu ya teh.. aarrgggg mauuu

    BalasHapus
  7. Bagus banget ya Verona, semoga ada rejeki bisa liburan ke sana, romantis tempatnya hihi!

    BalasHapus
  8. Wuah arena verona keren banget ya, Mbak. Jadi makin pengen jalan-jalan ke sana. Abis ngeliat tempat-tempat keren di sana istirahat sambil ngopi dan makan pizza. Yumm..

    BalasHapus
  9. Teh, semoga kita ada rejeki buat travelling keliling dunia pas tua nanti ya, biar bisa cerita di blog tentang setiap kota dan negara yang kita kunjungi

    BalasHapus
  10. Waah..serunyaaa.. Aku ketinggalan momen ini, hiks.. Ok deh ntar seting2 kepoin kedua IG itu. Terima kasih sharingnya, mna Nia

    BalasHapus
  11. asik banget ih teh virtual tour kaya gini, aku jadi kepo kapan kapan pengen ikutan aah kalo ada acara kaya gini hihii, seru kayanya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. berasa jalan jalan beneran ini kayanya ya teh hihihi, asik pisan inii, jadi pengen juga deh akuu, kapan kapan mau ikutan ah kalo ada lagi

      Hapus
  12. Seneng ya mba bisa berasa kayak jalan-jalan bener ke Verona Italia. Duuh ngebayangin bisa beneran ke Italia pasti bahagia banget. Aku jadi pengin juga ikutan Mba Nia ke Verona. ;)

    BalasHapus
  13. Walaupun wisatanya secara virtual, tapi sudah dapat gambaran ya Teh apalagi bila suatu saat berkesempatan ke sana. Kuy berdoa, semoga bisa ke Verona, aamiin

    BalasHapus
  14. wah, bangunannya bagus-bagus ya, terlihat kuno tapi masih terawat dengan baik. Pasti bagus sekali lihat pemandangan kota verona dari puncak menara Torre dei Lamberti

    BalasHapus
  15. Kapan ya bisa ikutan tur virtual seperti ini. Jadi walaupun sedang pandemi, tetep deh jalan-jalan walaupun di dunia maya hehehe. Kereen nih Verona euy.

    BalasHapus
  16. Enaknya bisa jalan-jalan ke Verona meski virtual. Keren ya Wisata Kreatif Jakarta ini. Pernah lihat IGnya banyak destinasi yang ditawarkan bukan hanya internasional tapi juga nasional kan ya

    BalasHapus
  17. Mengasyikkan sekali kalau bisa ikut tour virtual gini. Bisikin caranya dong Mbak. Pengen ajak teman di sini untuk nobar. Kami pengen bikin virtual tour untuk acara pameran tapi minim pengalaman.
    Btw, pemerintah Verona benar-benar memanfaatkan kekayaan (literasi) yang ada demi mendulang devisa. Hebat. Sampai warga pun ikut serta berpartisipasi.
    Bisa dipahami, sebuah negara yang SDA dkk-nya tak sekaya Indonesia, maka setiap hal harus diolah dan dibesarkan. Tidak seperti kita.
    Ini komentar galfok, nggak, sih?
    Karena saat baca tuh ada yang memberontak di hati. Kayak gini saja divisualisasi hingga jadi kunjungan wisata dunia, lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba, apalagi Indonesia yang punya kekayaan alam melimpah ruah. Bisa banget dibuat gini agar menarik turis asing ya. Ntar kalau udah enggak pandemi biar pada pengin datang ke Indonesia.

      Hapus
  18. Lihat gambar-gambarnya bikin mupeng pengen kesana, sholawatin dulu ah, siapa tau ada malaikat lewat mengamini tulisan ini 😊

    BalasHapus
  19. kereen banget mba veronanya aku pun pengen bisa nengokin rumah juliet seru ya virtual tour gini

    BalasHapus
  20. Horeee.. seru ya jalan-jalannya. Kita serombongan tapi nggak bisa rumpi-rumpi pas piniknya..hehehehe. wisata virtual bikin ketagihan.

    BalasHapus
  21. Eropa memang terkenal dengan bangunan-bangunan yang kokoh dan bernilai seni tinggi. Dengan arsitektur yang mumpuni tata bangun Eropa bisa awet sepanjang masa. Semoga suatu saat kita bener-bener sampe ke Verona ya Mbak

    BalasHapus
  22. Seru banget jalan2 kesanaaa meski virtual, kl ada rezeki lebih ingin kesana langsuuuung. Tempatnya bagus semuanyaaa! Seru banget duuh

    BalasHapus
  23. Wihhh bikin mupeng ih verona. Bisa ya virtual tour gtu, kayaknya asik bangeet. Kudu mendalami peran sebagai juliet dulu hahaha

    BalasHapus
  24. Bangunannya bata khas gitu ya, Mbak. Meski virtual, tapo terasa bangett "ruh"-nya. Sangat menikmati.

    BalasHapus
  25. Iya ya Arena Verona itu sudah tua banget setahu saya tapi orang orang dulu bisa memanfaatkannya untuk pertunjukan. Keren ya mereka.

    BalasHapus
  26. Waahh, menarik banget konsepnya buat jalan-jalan virtual, kaya sebuah angin segar ya mba! Dan salut sih sama pemerintahnya, menghidupkan apa yang fana wkwkwk

    BalasHapus
  27. Serunya kalau bisa beneran liburan kesana, indah banget tempatnya dan vibes nya itu loh bikin gak bisa move on dari romeo and juliet ya

    BalasHapus
  28. indah sekali verona ini ya mba saya jadi terhanyut baca cerita dan liat gambar-gambar indahnya.

    BalasHapus
  29. Kota nya cantik bgt ya, pngen masukin ke bucket list jg jadinya hehe. Ak kira cm ada rumah juliet nya aja, Ternyta ada jg rumah nya romeo hehe.

    BalasHapus
  30. Wah asik banget bisa jalan-jalan virtual di masa pandemi gini. Mudah-mudahan kalo udah nggak corona bisa tour kesana bareng ya mbak

    BalasHapus
  31. Kangeeenn mau kesini lagi. Aku suka Verona, tempatnya romantis, bersih, udaranya sejuk dan juga makanannya enak-enak.

    BalasHapus
  32. Wah kemana aja aku baru tahu ada kawasan namanya Verona. Hahaha. Padahal udah tau drama cinta itu tapi baru ngeh asalnyaa

    BalasHapus
  33. Ide keren ya Mba virtual trips kayak gini bisa banget ngobatin kerinduan untuk jalan-jalan. Moga-moga beneran deh bisa ke sana

    BalasHapus
  34. Keren banget jd berasa traveling online. Semoga aku bisa ksana juga buat liat langsung

    BalasHapus
  35. Mau ikutan juga dong mbak jalan-jalan virtualnya seru banget kayaknya.

    BalasHapus
  36. Aku suka bangunan bersejarahnya dipertahankan, walaupun kyknya tu butuh biaya besar, tapi mereka menghargai banget sejarahnya ya. Seperti kata pepatah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Moga kapan2 ada rezeki bisa ke sana beneran yaaa

    BalasHapus
  37. Verona ini klasik yaa, teh..
    Aku pikir Arena Verona sama dengan Colosseum...

    BalasHapus
  38. Wahhh thank you kak, selain tambah info aku berasa lagi liburan online juga nih. :'D

    BalasHapus
  39. Menarik ya mbak ternyata Italia itu tidak hanya Menara Pizza aja hehehe jadi tahu dari postingan Mbak juga ini

    BalasHapus
  40. Berkeliling ke sini seru banget ya, legenda cerita Juliet itu sepanjang masa ya Mba. Ada makamnya pula ya.

    BalasHapus
  41. Keren banget mbaaak.. Aku kayak lihat lattar tempat di film hercules yg aku lihat pas masih SD.

    BalasHapus
  42. Masa pandemi tidak menghentikan kita untuk tetap belajar dari treavelling yaa, teh..
    Selamat menikmati jalan-jalan virtual yang mengasyikkan...Aku menikmati kisah Romeo and juliet.

    BalasHapus
  43. Banyak spot menarik dan bersejarah di Verona ya Mbak jadi ngayal suatu waktu bisa ke sana.

    BalasHapus
  44. saya jd pengen gabung dg juliet club deh. ternyata sampai ada rumah juliet, padahal kan itu karya fiksi ya. hihi pemerintah setempat cerdas bener

    BalasHapus
  45. seru banget teh jalan-jalan virtualnya. bikin ngebet pengen ke sana juga. kotanya cantik dan indah.

    BalasHapus
  46. Ternyata seru juga ya ikutan wisata virtual kayak gini. Kalo bukan giveaway, Bayarnya mahal gak kak?

    BalasHapus
  47. Seru ya Mbak perjalanan kita virtual tour bareng Komunitas ISB dan Wisata Kreatif Jakarta. Biarpun virtual rasanya berkesan banget. Paling kepo saya sama balkon Juliet. 😍

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)