18.5.20

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah


Munculnya flek hitam tentunya sangat mengganggu penampilan dan menjadi keluhan dari kebanyakan kaum wanita. Hingga kerap banyak dari wanita membeli berbagai produk kosmetik berbahan kimia untuk menghilangkan flek hitam ini. Tak sedikit pula yang melakukan berbagai perawatan kecantikan hingga merogoh kocek yang tentunya tak sedikit untuk menghilangkan flek hitam ini.

Flek hitam ini sebenernya merupakan bercak, bintik, atau noda yang berwarna lebih gelap dibanding kulit asli. Penyebab munculnya flek hitam pada wajah ada berbagai faktor. Misalnya saja faktor genetik, akibat terpapar polusi, bekas jerawat, penggunaan kosmetik yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya, serta paparan sinar ultra violet (UV).

Guna menunjang penampilan dan menyamarkan flek hitam di wajah, rata-rata wanita menggunakan foundation yang di dalamnya terdapat kandungan SPF-nya. Namun, penggunaan kosmetik berbahan kimia akan berdampak buruk pada wajah kita, lho. Terlebih lagi, kita juga harus repot-repot mengoleskan bermacam-macam make up pada wajah setiap hari untuk menutupi flek hitam pada wajah kita.

Punya flek hitam juga? Cobalah beralih pada bahan alami untuk mengatasi permasalahan flek hitam pada wajah. Selain tidak akan menimbulkan efek samping, wajah kita tentunya juga akan terlihat bersih dan sehat secara alami. Bahan alami apa sajakah yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam dan bagaimana caranya? Yuk simak penjalasan berikut.

Lidah buaya

Lidah buaya

Kita bisa lho menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami penghilang flek hitam. Kandungan polisakarida pada gel lidah buaya dipercaya sangat terkenal dan berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta dapat menyamarkan flek hitam.

Bagaimana caranya? Cuci bersih lidah buaya, kemudian potong sisi-sisinya lalu ambil bagian gelnya. Oleskan gel tersebut pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Agar flek hitam di wajah segera hilang, lakukanlah cara tersebut dengan rutin dan lihat sendiri perubahannya.

Putih telur

Kandungan pada putih telur, selain dipercaya dan berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat, ternyata juga terbukti ampuh dapat menghilangkan flek-flek hitam pada wajah kita. Caranya juga cukup mudah. Ambil telur, dan pisahkan dengan kuning telurnya, sebab yang akan digunakan hanya putih telurnya saja. Oleskan putih telur tadi pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Jika kita tidak terlalu suka dengan bau amis pada telur, cukup tambahkan perasan jeruk nipis atau madu ke dalamnya.

Putih telur

Madu

Madu dari zaman dahulu memang sudah terkenal khasiatnya. Berbagai macam kandungan yang terdapat di dalamnya, membuat madu dapat digunakan sebagai obat. Baik obat yang berhubungan dengan bidang kesehatan mau pun kecantikan.

Madu dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan flek hitam pada wajah. Bagaimana caranya? Ambil madu secukupnya, lalu gunakanlah sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukanlah secara rutin, untuk mendapatkan hasil maksimal.


Kunyit

Bahan dapur ini selain berguna sebagai bumbu dapur, juga berkhasiat sebagai anti-oksidan, penangkal radikal bebas, serta dapat membantu mengatasi kerusakan pada kulit. Selain itu, kunyit juga dinilai ampuh sebagai bahan alami penghilang flek hitam pada wajah secara cepat.

Caranya sangat mudah. Kita tinggal ambil dua sendok bubuk kunyit, lalu tambahkan dengan sedikit susu dan perasaan air jeruk. Kemudian aduk hingga merata. Oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat.

Kunyit

Pepaya

Pepaya juga dikenal mampu untuk mencerahkan kulit. Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain di dalamnya. Oleh karena itu, pepaya juga dinilai ampuh untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Selain untuk menghilangkan flek hitam, pepaya juga mampu melindungi wajah dari kerusakan akibat  paparan sinar ultra violet (UV) Matahari.

Caranya tak kalah mudah dengan bahan-bahan di atas. Pertama, haluskan pepaya secukupnya. Kemudian gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit. Lalu basuh muka dengan air bersih. Lakukan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu. Dan lihatlah perubahannya.

Lemon

Bahan alami lain yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan flek hitam membandel pada wajah adalah lemon. Selain bisa digunakan sebagai jus, kandungan vitamin C di dalam lemon bermanfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya yaitu dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam. Caranya mudah, gunakan jus lemon sebagai masker wajah, atau oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilaslah dengan air bersih. Lakukanlah secara rutin unuk hasil yang maksimal.

Jeruk lemon

Nah, itu dia bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan sebagai cara untuk menghilangkan flek hitam, sebagaimana yang direkomendasikan oleh https://realfood.co.id/. Praktekkan dan lakukanlah secara rutin, karena untuk bahan alami, kita harus bersabar untuk melihat hasil perubahannya. Jangan tunggu sampai flek hitam semakin banyak dan membandel, ya, yuk kita hilangkan sekarang juga!

36 komentar:

  1. Aku sukanya pake putih telur mba. Selain menghilangkan flek putih telur juga ampuh angkat komedo. Jadi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Hehe

    BalasHapus
  2. Jadi pingin coba, deh. Resepnya kudu ditambah dengan telaten ya ini.

    BalasHapus
  3. Aku suka pake putih telur mba. Selain menghilangkan flek hitam pakai putih telur dilapisi tisu itu, bisa menghilangkan komedo sekalian. Makanya aku seneng pakai putih telur dan gampang lagi dapetnya

    BalasHapus
  4. Mbaaa, kalau dioles kunyit apa nggak jadi kuning ya? takutnya wajah kita malah jadi kuning beberapa hari, terus kita dikirim ke RS di sangka sakit liver hahahaha

    Btw yang lemon tuh kayaknya praktis dan lumayan cepat terasa perbedaannya :)

    BalasHapus
  5. Ini bahan2 alami banget buat menghilangkan flek hitam.
    Aku nih, yang kadang suka ojol2 muncul si pigmen item, apalagi kalo abis papanasan dan begadang hahhaa.

    Bahan2nya ada disekitar kita tuh, gampang dicari, dan kudu rutin, biar maksimal hasilnya. PR ini, secara suka belang beton hii.

    BalasHapus
  6. Lidah buaya dan madu saya pernah coba. Kalo putih telur dll saya belum berani dan karena asalan gak nyaman juga. Hihii. Flek hitam itu emang nyebelin banget ya mba. Abis mandi, trus kalo saya lihat muka saya bare-face, kok rasanya sedih banget gitu, udah mulai muncul tuh si flek-flek hitam. Masih usaha buat bersihinnya nih.

    BalasHapus
  7. Duh saya ini semakin malas mengurus wajah, Padahal semua ada, kunyit, lidah buaya dll
    Mungkin harus diciwit teh Nia supaya insyaf dan merawat wajah lagi 😁😁😁

    BalasHapus
  8. Teteh, saya juga udah mulai ada masalah sama kulit, udah muncul flek hitam juga. Bagus juga ya back to nature biar bisa merawat kulit dengan bahan yang mudah didapat dan tanpa efek samping

    BalasHapus
  9. Wah ini nih yang aku butuhkan mba. Usia bertambah ..flek hitam muncul ..ternyata buat menghilangkan flek hitam bahan alami yang mudah didapat disekitar kita yah. Mau coba nih. Ma kasih yah mba infonya :)

    BalasHapus
  10. Aku sering pake putih telur dan madu mba, ampuh banget ilangin flek hitam, gak perlu beli skik care mahal 😁 tp tips yang lain seperti lidah buaya belum pernah aku coba nih sama kunyit juga, kapan2 mau praktekin

    BalasHapus
  11. Ternyata bahan alami bisa membantu menghilangkan flek hitam di wajah ya, keren nih infonya

    BalasHapus
  12. udah lama pengen maskeran pake bahan alami. tapi bingung mau pakai apa. kebetulan di depan rumah ada lidah buaya. mau coba ah. nuhun teh

    BalasHapus
  13. Lidah buaya pernah jadi andalan banget buat saya waktu iritasi skincare. Meski sensasinya agak gatal2 gimana gitu, tapi manjur lho.. Untuk flek hitam belum pernah nyoba, karena blum ada flek yg muncul

    BalasHapus
  14. Pengen nyobain pake lidah buaya yg asli karena punya tanaman ya di rumah. Tapi ternyata ku gak tahan baunya. Jadinya beli yg udah kemasan skincare deh. Tapi emang terbukti banget lidah buaya bikin adem dan halus kulit

    BalasHapus
  15. aku suka maskeran pake bahan alami. oia, waktu aku ke klinik kecantikan, dokternya bilang flek hitam ada juga karena hormon lho dan itu susah untuk dihilangkan.

    BalasHapus
  16. keberadaan flek hitam di wajah, sering bikin ga percaya diri yang malah membuat warna kulit menjadi tidak merata dan tampak kusam
    Ternyata banyak bahan alami yg mudah ditemukan untuk mengatasi flek hitam membandel

    BalasHapus
  17. Baru tahu, madu bisa menghilangkan flek hitam di wajah. Mau aku praktekkan ah, mumpung ada madu dan lagi di rumah aja hehe, nuhun teh

    BalasHapus
  18. Akuu pake lidah buayaa mbaak, tanaman super baik yg banyaak banget manfaatnyaa 😁😁😁 kebetulan ada kebun lidah buaya di rumah, budidaya sendiri buat konsumsi baik buat jus ataupun masker wajah dan rambut hehehe 😁😁😁

    BalasHapus
  19. Jadi pakai lemon juga bisa ya ngilangin flek hitam. Coba ah

    BalasHapus
  20. Wahhh, madu juga bisa ternyata buat flex ya. Aku pikir madu cuma buat ngencengin sama ngasi nutrisi aja. Tapi emang cara begini kudu teratur dan sabarrrr banget ya Mbak. Kalo cuma sakali dua kali pasti belum terlihat hasilnya.

    BalasHapus
  21. Oiya ini bahan alami semua ya aku solanya udah ada fleknya kak jadi harus aku coba deh nanti drumah

    BalasHapus
  22. Dari semuanya kayanya aku bisa coba, yg gak bisa cuma aloe vera. Karena aku sensi sm aloe, biasanya rambut2 di wajah makin lebat hahaha

    BalasHapus
  23. Flek hitam di wajahku sudah bertaburan...pangin coba cara alami ini. Banyak ya ternyata bahan alami yang bisa menghilangkan flek hitam di wajah. Selama ini tahunya cuma lemon aja. Cus, coba yang lainnya

    BalasHapus
  24. Wah ini resep2 tradisional yg suka sy dengar/baca waktu mash gadis...sebelum macam2 skincare ada kayak sekarang. Dulu baca kartini/femina banyak cara perawatan wajah begini , blm skincare oriented

    BalasHapus
  25. Nah iya mba ga adasekalian anti aging mbak? aku butuh banget in biar mukaku enakkkk secara ini di rumah aja ga perawatan makin kusem aja

    BalasHapus
  26. Aku baru tahu bisa menggunakan lidah baya dan bahanlainn alami yang ada di dapur rumah mba. Makasih tipsnya mba Nia

    BalasHapus
  27. mbak, diantara semuanya mana yang udah mbak coba dan paling manjur? aku juga lagi berjuang ilangin flek hitam nih haha

    BalasHapus
  28. Harus telaten nih ya mba kalau mau menghilangkan flek hitam. Apa usia juga pengaruhi muncul flek ya mba ?

    BalasHapus
  29. Bisa nih aku praktekin selama di rumah aja. Lumayan kan bikin kulit makin cantik selama pandemik. hahaha

    BalasHapus
  30. Flek hitam emang bikin ngga nyaman dan ngga pede. Wah bahan-bahannya ada d rumah nih Nbak. Kecuali lidah buaya sih hehe

    BalasHapus
  31. noted nih Mbak, secara umur 30+ udah mulai rawan dengan flek juga nih, hehehehh.
    bahannya pun mudah ditemukan semua ya Mbak, kecuali lidah buaya nih jarang.

    BalasHapus
  32. Aku pun lebih telaten pakai cara tradisional gini, Teh Nia.
    Seringnya pakai jeruk lemon sisa jeniper, ngirit, hahahaa

    BalasHapus
  33. Wahh mantul tipsnya, makasih udah berbagi yaa ^)^

    BalasHapus
  34. Tahunya dari nenek soal lidah buaya
    Jadi sekarang berusaha nyari dan pakai skinker yang punya ekstrak lidah buaya

    BalasHapus
  35. Mbaaa Niaaa aku ada flek nih di pipi kiri. Mau praktek juga kebetulan kan bahannya alami ada di rumah tinggal niatin diri untuk rajin perawatan

    BalasHapus
  36. Kalo hilangin jerawat gimana yah kak? Aq flek item ga ada tapi jerawat merah2 muncul. Hiks

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)