7.6.18

Wakaf Alquran untuk Negeri dari Sinar Mas


Manteman, saya seneng deh kalo bulan puasa. Teman-teman juga, kan? Sebabnya banyak pasti. Selain secara pribadi bisa beribadah lebih khusyuk, juga karena bisa ngelihat banyak yang berbagi kepada sesama. Di mana-mana, dan dilakukan banyak orang. Eh, gak cuma orang per orang, bahkan instansi dan perusahaan. Bentuknya juga beragam. Dari mulai santunan uang, sembako, bazar, hingga wakaf Alquran.

Wakaf Alquran Sinar Mas
Yang terakhir, baru saya tahu kemaren-kemaren. Iya, ternyata yang berbagi kepada sesama ada yang bentuknya wakaf Alquran. Seperti yang dilakukan Perusahaan Sinar Mas setiap tahunnya. Sejak tahun 2008. Wuih, kemana aja ya saya, kok baru tahun sekarang bisa tahu kalo perusahaan ini melakukan program CSR dalam bentuk wakaf Alquran.

Awalnya saya heran, kenapa juga berbagi itu harus dalam bentuk wakaf Alquran. Bukankah uang tunai atau sembako lebih berguna? Ternyata kebutuhan akan Alquran, di masjid-masjid dan di pesantren-pesantren, setiap tahunnya itu cukup besar. Dan untuk Sinar Mas, Program Wakaf Alquran merupakan upaya di dalam mengamalkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian, serta semangat saling berbagi dan silaturahim dengan sesama. Wakaf Alquran ini juga merupakan komitmen Sinarmas di dalam mendukung pemerintah dalam upaya pemenuhan kebutuhan Alquran di tanah air.

Eits jangan salah, untuk berbagi sembako, Sinar Mas membuat program khusus. Namanya Bazaar Minyak Goreng. Yaitu program menjual minyak goreng di berbagai wilayah dengan harga yang supermurah. Tahu sendiri kan, yah, minyak goreng itu termasuk salah satu sembako yang dibutuhkan masyarakat luas. Dan respons dari masyarakat akan bazaar minyak goreng ini sendiri sangat antusias. Terbukti dengan selalu penuhnya tempat bazaar di semua wilayah.


Wakaf Alquran yang dilakukan Sinar Mas, yang diberi nama Wakaf Alquran untuk Negeri, seperti yang sudah saya singgung di atas, itu sudah dilakukan sejak tahun 2008. Dalam rentang tahun tersebut hingga sekarang, sudah tersalurkan lebih dari 800 ribu mushaf Alquran, 50.000 buku panduan membaca Alquran dan Juz Amma, serta 300 set Alquran Braille bagi tuna netra. Penyalurannya sendiri ada yang dilakukan melalui mitra, dan juga melalui pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah.


Yang Istimewa dari Alquran yang Diwakafkan Sinar Mas
Tak pernah saya kepikiran bahwa Alquran yang diwakafkan Sinar Mas itu berbeda dari Alquran biasa yang ada di pasaran. Ya, Alquran yang diwakafkan ke berbagai masjid dan pondok pesantren oleh Sinar Mas itu istimewa. Istimewanya di mana?

Seluruh Alquran yang diwakafkan dicetak di atas kertas Sinar Tech. Atau di pasaran, kertas ini  lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang bagi pencetakan kitab suci dan buku agama. Quran Paper ini memenuhi standard sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan. Hampir 90 persen hasil produksi kertas ini diekspor ke berbagai negara di Asia dan Afrika.

Tidak seperti kertas lain yang tidak diperhatikan kaidah halal dan haramnya, Qur’an paper (QPP) mengedepankan aspek halalan toyyiban, atau produk yang halal dan baik. Sebuah produk dikatakan halal kan, itu terjadi setelah melewati rangkaian proses yang panjang. Dimulai dari halal bahan baku yang dipakai, halal proses pembuatan dan peralatan yang digunakan, serta halal pula proses penyimpanannya. Mesin-mesin yang dipakai juga harus terbebas dari najis. Demikian pula dengan penggunaan bahan baku. Barang yang baik tentu harus dihasilkan melalui proses yang baik. Terlebih lagi untuk digunakan dalam mencetak Alquran yang berisikan kalam atau firman Allah swt.

Qur’an paper (QPP) Sinar Tech yang diproduksi oleh PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Mill, merupakan kertas berwarna yang memiliki tekstur halus. Daya serap tintanya baik dengan tingkat pencerahan warna yang maksimal. Desain khususnya untuk bahan dasar kitab suci Alqur’an, memiliki spesifikasi high smoothness (tingkat kehalusan sangat tinggi), high opacity ( tidak berbayang meski dicetak bolak-balik), serta high average (pori-pori kertas menyebar secara merata yang menjadikan setiap titik dan huruf Al-Qur’an dapat tercetak maksimal di setiap bagiannya). Meski halus, QPP mampu mendukung pencetakan hingga 15.000 lembar per jam dengan ketahanan kertas dan wana kertas yang mampu bertahan hingga 100 tahun dalam pemakaian normal. Kehalalan dan berbagai kelebihannya ini terjamin, melalui sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ISO 9706 yang telah dilabelkan kepada produk QPP Sinar Tech.


Nama QPP muncul pada tahun 2002-2003. Konon, saat itu IKPP Tangerang tengah berinovasi mengembangkan dan memasarkan kertas bewarna, yang di antaranya bewarna pastel atau creamish paper. Saat creamish paper mulai ditingkatkan kualitasnya memasuki pasar Timur Tengah, belum ada nama yang terpilih untuk produk tersebut. Klien dari Pakistan mengeluarkan ide untuk menamai sesuai peruntukkannya (untuk mencetak Alquran). Terciptalah nama Qur’an Paper (QPP). Untuk memenuhi ketentuan ekspor yang mensyaratkan produk dengan 3 huruf, maka dipatenkanlah nama QPP. Dalam perkembangannya, merek ini menjadi salah satu yang paling dominan, seperti tampak dari para konsumen yang juga menyebut produk sejenis dari perusahaan lain dengan nama sebagai QPP.

Tentang Sinar Mas
Sinar Mas berawal ketika Eka Tjipta Widjaja, pada usia 15 tahun memilih kewirausahaan sebagai jalan hidupnya, di Makassar, Sulawesi Selatan. Persisnya 3 Oktober 1938 silam. Kini, Sinar Mas berkembang menjadi sebuah brand yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, namun masing-masing dari mereka independen dengan manajemen tersendiri. Melalui pilar usaha yang bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estat, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi dan infrastruktur, Sinar Mas menjadi industri nasional yang melibatkan sekitar 380.000 orang karyawan langsung.

Mau tahu lebih banyak tentang Sinar Mas, buka aja website-nya di http://www.sinarmas.com. Atau juga bisa melalui akun-akun media sosialnya. Facebook Fans Page-nya di  https://www.facebook.com/SinarMasID/. Akun Twitternya di https://twitter.com/sinar_masid. Akun Instagramnya di http://instagram.com/sinar_masid. Serta channel Youtube-nya di https://www.youtube.com/user/SinarmasNet/.

Baiklah…
Oke deh teman-teman, sampai di sini tulisan saya tentang Wakaf Alquran yang dilakukan Perusahaan Sinar Mas. Semoga bermanfaat, ya. Selamat berpuasa dan sampai jumpa. Bye!

14 komentar:

  1. subhanallah, saya seneng banget baca artikel ini ternyata banyak juga yah perusahaan yang melakukan kegiatan positif kayak gini. Kalau umumnya saat puasa banyak yang adain acara bukber plus bagi-bagi sembako, beda dengan sinar mas yang membagikan wakaf quran. Saya aja baru dengar loh mbak, biasanya kan yang ada wakaf tanah. Semoga program ini bisa berjalan terus hingga tahun-tahu kedepannya.

    BalasHapus
  2. Wah alhamdulillah... Kerwn ya Sinar Mas semoga diikuti oleh pengusaha lainnya :(

    BalasHapus
  3. QPP Sinar tech ternyata sudah lama ya. Alhamdulillah halal. Saya suka dibalik nama besar ada perhatian yang besar juga pada hal-hal yang hakiki dan sosial. Berkah

    BalasHapus
  4. Wah alhamdulillah, sebuah langkah yang berkelanjutan ya dari Sinar Mas. Semoga memudahkan banyak masyarakat dalam belajar membaca alquran juga

    BalasHapus
  5. Dengan CSR Sinarmas berbentuk wakaf Alquran kepada Pesantren yang membutuhkan Semoga saja bisa bermanfaat dan saya baru tahu kalau proses pembuatan kertas untuk Alquran Sinarmas adabmengedepankan halalan toyyiban

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah,,seneng bangetbkalau denger berita kaya gini, semoga csr kaya gini ditiru perusahaan lainya ya.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ya mbak. Saya pernah dengar tentang Sinar Mas tapi nggak terlalu tahu sih

    BalasHapus
  8. Keren banget ini yg dilakukan sinar ma's semoga making bnyk pnghapal quran ya

    BalasHapus
  9. Ya Allah Teteh, saya baru tahu kalau kertas juga ada yang halal. Berarti kertas buku bacaan kita ini mah belum tentu halal ya...apalagi kertas koran atau kertas buram. Hehehe ...

    BalasHapus
  10. Wah sinar mas ounya wakaf al quran. Boleh juga nih. Krn amalannya ga akan terhenti selama org membaca al quran kita.

    BalasHapus
  11. Salut untuk Brand yang begitu peduli pada masyarakat.., semoga kedepannya banyak diikuti brand lain..


    Dan juga buat Sinarmas makin sukses, Bazaar selanjutnya gak terfokus ke minyak goreng aja..

    BalasHapus
  12. Wah, bagua sekali programnya si bulan suci ini. Semoga makin banyak juga kegiatan setelah ini

    BalasHapus
  13. Senang banget programnya bermanfaat di bulan Ramadan ini .semoga berjalan terus ya

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ya teh ada program seperti ini, mudah - mudahan bukan hanya di bulan Ramadhan saja yaa pada waqaf alquran nya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)