8.2.18

Tips Membeli Perlengkapan Bayi


Teman-teman, setuju ya kalau saya bilang bahwa bagi ibu hamil, tak ada yang lebih spesial daripada kelahiran sang buah hati. Itu sebabnya, menjelang lahirnya sang bayi, ibu hamil biasanya mempersiapkan berbagai keperluan anak sedari jauh-jauh hari. Ada banyak sekali item kebutuhan bayi yang mesti dipersiapkan calon ibu. Dan untuk memenuhinya, kita biasanya langsung pergi ke baby shop tanpa mempersiapkan apa pun sebelumnya. Alhasil, saat semua sudah selesai, kita keluar budget yang sangat banyak. Tentu saj demikian, karena kita tak memiliki patokan pembelian sama sekali sebelumnya. 

Untuk para calon ibu baru, supaya terhindar dari over budget, saya punya beberapa tips membeli perlengkapan bayi. Yuk disimak. Siapa tahu teman-teman memang sedang membutuhkannya.

Jangan Lupa Siapkan Daftar Belanjaan
Hal pertama yang mesti teman-teman catat adalah jangan pernah lupa atau pun sengaja untuk tidak membawa daftar belanjaan sebelum shopping keperluan bayi. Baik online maupun offline. Ada banyak sekali kategori perlengkapan bayi yang mesti teman-teman observasi, agar kita mampu mengestimasikan biayanya. Tentu, kategori pertama yang mesti kita masukan dalam shopping list adalah pakaian bayi.

Pastikan kita memasukan beberapa jenis pakaian bayi yang paling penting, seperti atasan lengan panjang, atasan lengan pendek, celana panjang, topi, sarung tangan, dan yang lainnya. Kategori lainnya yang mesti dimasukan dalam daftar belanjaan yaitu perlengkapan mandi, popok bayi, perlengkapan makan bayi, perlengkapan kesehatan, dan lain sebagainya. Jadi jangan pernah shopping keperluan bayi, jika kita tak mempersiapkan shopping list sebelumnya.

Jangan Berlebihan
Perlu teman-teman ketahui, kita sebenarnya tak perlu belanja perlengkapan bayi terlalu banyak. Mengapa, sebab kita bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan dari orang-orang di sekitar kita. Sahabat, keluarga, atau rekan kerja. Mereka biasanya akan memberi kado yang berisikan perlengkapan bayi nantinya. Jadi jangan terlalu berlebihan saat shopping perlengkapan bayi, baik ketika di baby shop maupun toko online. Belilah dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Baru ketika anak kita lahir dan ternyata ada item yang diperlukan, maka kita tinggal membelinya.

Perhatikan Kebutuhan Popok Bayi
Agar tidak repot, sebaiknya persiapkan popok bayi menjelang sang anak lahir. Namun perlu kita catat bahwa kita harus memperhatikan faktor budget. Popok bayi sekali pakai atau diapers membutuhkan budget yang tak sedikit. Karena hanya dipakai sekali saja, kita mesti segera membeli diapers agar anak kita tidak buang air sembarangan. Nah di sisini, kita bisa menggunakan popok kain agar tak perlu keluar budget yang terlalu banyak. Namun penggunaan popok kain ini termasuk sangat ribet, karena harus langsung dicuci setelah kotor. Jika budget kita lumayan banyak, maka kita bisa membeli popok sekali pakai dalam jumlah banyak. Harganya pasti akan jauh lebih murah. Namun jika budget pas-pasan, kita bisa menggunakan popok kain.

Berburu Voucher
Selain mendapatkan perlengkapan bayi gratisan dari kado teman atau keluarga, kita juga bisa semakin menekan pengeluaran dengan cara berburu voucher secara online. Sekarang ini, ada banyak sekali toko online atau mall online yang menawarkan kode voucher. Salah satunya yaitu Orami Bilna. Dengan menggunakan voucher Orami, kita bisa membeli berbagai kebutuhan bayi dengan biaya yang lebih rendah. So, beli perlengkapan bayi baru lahir itu tidak perlu mahal, asalkan kita mau mengunjungi situs Orami Bilna.

Jangan Lupa Perawatan Bayi
Selain pakaian dan perlengkapan mandi bayi, calon ibu juga mesti mempersiapkan perlengkapan untuk perawatan bayi. Teman-teman pasti enggak mau dong anaknya nanti tubuhnya kotor? Jadi pastikan ya kita membeli beberapa item seperti cotton buds, gunting kuku, tisu basah, body lotion, dan baby oil.

Belilah Barang yang Multifungsi dan Tahan Lama
Ketika membeli perlengkapan bayi, kita juga harus memikirkan faktor multifungsi dan juga ketahanan. Misalnya, daripada membeli pakaian yang berukuran pas, sebaiknya beli pakaian yang berukuran agak besar agar bisa bertahan cukup lama. Atau misalnya juga, kita bisa membeli baby box convertible sehingga kita bisa menggunakannya sebagai kasur lantai atau baby box biasa.

Nah, gimana? Setuju dengan tips yang saya berikan? Teman-teman gak perlu khawatir lagi jika ingin shopping perlengkapan bayi. Dengan beberapa tips di atas, teman-teman bisa terhindar dari yang namanya over-budget atau pun salah pilih perlengkapan bayi. Semoga tipsnya bermanfaat, ya. Sehat-sehat selalu dan selamat menunggu kelahiran si jabang bayi. :)

2 komentar:

  1. ah teh Nia tau aja aku lagi galau beli perlengkapan bayi online apa offline pengennya yang ada diskon wkwkkwk

    BalasHapus
  2. Oke oke tak catet Yo kali aja punya baby lagi #ehh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)