11.9.17

Apalah Arti Sebuah Nama?


Temen-temen, ada yang punya kebiasaan nyimpen benda-benda milik anak-anak kita saat mereka bayi, gak? Macam rambut saat lahir, kuku pertama mereka, hingga potongan tali pusarnya? Saya iya. Hehehe... aneh, ya? Entahlah, mungkin itu karena kebiasaan mama dan mertua. Jadinya saya ikut-ikutan. Lucu aja kalo lagi bongkar lemari kayak kemaren. Eh tiba-tiba nemu kantung 'harta karun' it. Jadinya nostalgiaan nginget anak-anak saat bayi. Akhirnya, jadi melow deh. Heuheu... dasar emak-emak!

Ngomong-ngomong soal bongkar-bongkar lemari dan nemu kantung 'harta karun' anak saat bayi, dulu waktu masih SD, saya juga pernah demikian. Nemu kantung serupa di lemari mama, dan nemu barang-barang kayak gitu milik saya, kakak-kakak saya, dan juga adik saya. Surprise banget! Gak nyangka gitu lho kalo saya pernah bayi juga. Wkwkwkwk..

Nama yang Beda
Yang bikin saya sangat kaget dari saat menemukan kantung 'harta karun' itu adalah tentang nama saya dan adik saya. Ternyata eh ternyata, saya dan adik saya, dulu namanya gak sama seperti sekarang. Iya, saat baru lahir, saya dan adik saya namanya beda. Adik saya namanya Evi dan sekarang Eva. Nah kalo saya, dulu namanya Nining dan sekarang jadi Nia. Beuh, kok bisa gitu?

Begini, kata mama dan bapak sih, nama saya dan adik, saat lahir memang seperti itu. Evi dan Nining. Kenapa diganti, karena ternyata, seiring berjalannya waktu, saya dan adik saya katanya sakit-sakitan. Dan menurut orang tua mama dan bapak, yakni kakek nenek saya, itu katanya karena gak cocok dengan namanya. So, biar gak sakit-sakitan, akhirnya nama kami pun diganti.

Beruntung saat itu masih bayi juga. Mungkin baru berumur 3-4 bulanan. Dan belom punya akte kelahiran dari Catatan Sipil. Jadinya gak repot deh buat ganti akte kelahiran. Dan si bayi juga belom pada bisa protes. Kalo udah protes mah, kayaknya saya bakalan protes. Kenapa gak sekalian ganti nama jadi Rapunzel aja, ya? Hihihi.

Isi kantung 'harta karun'

Nama Punya Bawaan Sendiri?
Temen-temen pada percaya hal-hal gitu gak? Kalo nama bisa bikin berat dan bikin sakit si pemiliknya? Saya sih, percaya gak percaya. Percayanya ya karena beberapa kali melihat hal begitu dan terbukti. Bayi yang asalnya sakit-sakitan, begitu diganti namanya, eh jadi sehat-sehat terus. Gak percayanya, ya karena kalo dihubung-hubungin, kayaknya kok gak ada hubungannya, ya?

Soal ganti nama, tetangga saya punya pengalaman yang unik. Begini, waktu kecil, tetangga saya itu punya mulut yang 'jelek'. Maksudnya, ngomongnya jelek, kasar, porno, dan sejenisnya. Pokoknya, sampe bikin malu keluarganya deh. Soalnya kalo ngomong jelek gitu, gak cuma sama orang yang udah kenal aja, tetapi juga sama orang baru, seperti tamu, orang yang dihormati, bahkan sampe ustaz-ustazah di pengajian.

Berbagai cara udah dilakukan supaya si bocah gak ngomong jelek lagi. Dari mulai pindah rumah, bikin shock therapy, dan banyak lagi. Tapi semua gak mempan. Sampai akhirnya, orang tuanya berinisiatif buat ganti nama si bocah.

Ya, benar, kebiasaan si bocah ternyata 'sembuh' lho. Mulutnya yang biasa ngomong jelek, berubah 180 derajat. So bocah jadi sopan, baik, dan malah jadi pinter. Entah apa yang terjadi dan entah apa hubungannya, usaha itu berhasil. Saya takjub lihatnya.

Untuk yang satu ini saya tidak ragu. Nama adalah doa orang tuanya. Karena hal itu, sebisa mungkin, saya pun memberikan nama yang artinya baik buat anak-anak saya. Apa pun bahasanya. Jadi menurut saya, ucapan Shakespeare "Apalah Arti Sebuah Nama?", jika dijawab, jelas jabawabannya nama sangatlah berarti.

Nyari Nama Itu Susah, Lho!
Ngasih namanya yang baik itu gak gampang. Apalagi saat anak pertama. Saya bingung banget ngasih nama apa. Dan akhirnya, saya dikasih daftar nama oleh seorang teman. Dari situ saya milih. Jadilah, anak sulung saya diberi nama Reihana Azzahra.

Saat anak kedua gak terlalu susah. Bapaknya anak-anak suka dengan namanya Fauzan dan Raditya. Jadilah dia dikasih nama Fauzan Raditya Arbani. Dan lalu anak ketiga dikasih nama Rayi Muhammad Zaudan. Ada pun anak keempat diberi nama Rayyan Muhammad Ghaza.

Dulu nyari nama yang bagus itu susah. Buku-buku dan internet belum sepopuler sekarang. Inspirasi nama paling-paling didapat dari temen, atau nama anak-anak di sekitar kita. Tinggal modif dikit, jadi deh nama anak.

Beda banget dengan sekarang. Buku-buku dan situs-situs di internet yang menyajikan nama bayi sangat mudah banget dicari. Tinggal beli, dan malah tinggal searching di Google, nama apa pun yang artinya bagus, dalam segala bahasa, bisa Kita temukan dalam hitungan detik.

Duh, andai dulu udah seperti sekarang, gak bakalan ada kayaknya cerita saya pusing nyari nama bayi. Tinggal cari di internet aja, ya. Beberapa menit langsung dapet.

Temen-temen punya pengalaman nyari nama anak via internet? Atau mungkin kayak saya juga? Riweuh dan bingung? Hehehe.... Yang lagi hamil dan mau melahirkan, yuk nyari nama yang bagus buat anak-anaknya. Internet bisa jadi rujukan yang tepat. Selamat nyari nama!

17 komentar:

  1. sama, jaman anak sulungku internet nggak kayak sekarang

    BalasHapus
  2. Wahh masi nyimpen harta karun, nama anaknya bagus Teh, iya sekarang makin banyak nama ya dulu nyari nya ga gampang jadi itu lagi itu lagi

    BalasHapus
  3. nama anak - anaknya bagus - bagus teh, sing saroleh - sarolehah yaa , aamiin

    BalasHapus
  4. beberapa kali aku simpan juga tuh, karta karun kek gitu. Tp pas rumah udah sumpek, perlahan aku atur ulang dan lupa dech disimpen di mana itu semua

    BalasHapus
  5. Hahahaa.. lucu bener itu anak tetangga. Aku kurang rajin bikin kantung harta karun uy teh, hiks sedih pdhl bisa buat kenang#an

    BalasHapus
  6. asal ga pasaran namanya ya teh ehehe. ampe ada media nasional yang nelpon ngira aku putrinya Gus Dur, Inayah wahid

    BalasHapus
  7. Nama-nama anaknya teh Nia bagus euy.
    Jadi inget dulu sepupu dia sakit-sakitan mulu katanya keberatan nama, pas diganti namanya jadi nggak sering sakit kayak sebelumnya hahaha entahlah wallahualam mitosnya.

    BalasHapus
  8. Wahh..menarik juga ya topik soal apalah arti sebuah nama ini😀

    BalasHapus
  9. Baguss bagusss mbaak nama putra putrinyaaa. . Nama adalah doa baik kedua org tua agar kelak anak dapat tumbuh baik sesuai dengan namanyaa. .apalagi skrng gampang banget mbak yaa cari referensi nama di internet 😊😄

    BalasHapus
  10. Baguss bagusss mbaak nama putra putrinyaaa. . Nama adalah doa baik kedua org tua agar kelak anak dapat tumbuh baik sesuai dengan namanyaa. .apalagi skrng gampang banget mbak yaa cari referensi nama di internet 😊😄

    BalasHapus
  11. Saya juga masih menyimpan harta karun anak-anak saya, Teh. Seperti potongan tali pusar dan hasil USG saat mereka ada dalam kandungan hehehe...
    Soal ganti nama, waktu zaman saya SD, ada teman yang ganti nama, alasannya karena dia sering sakit-sakitan. Saya sendiri percaya dan gak percaya dengan alasannya :)

    BalasHapus
  12. 10 th yg lalu pas anakku, Malika lahir, belum banyak nama Malika. Sekarang aku malah baru tahu.. bahwa Malika adalah... kedelai hitam pilihan yang dirawat oleh para petani dengan kasih sayang.. wkwkwkwk

    BalasHapus
  13. Iya Teh, nama punya bawaan sendiri ya. Semoga nama Evi bisa bikin rezeki berdatangan hehe

    BalasHapus
  14. Iya aku pun sama punya harta karun teh, kata ortu dulu sih harus di simpan. dan katanya juga bisa menolong kita kelak hhaa

    Nah, kalo soal nama ganti-ganti katanya sering sakit2an aku percaya juga, soalnya banyak sodara yang begitu, tapi namanya jauh banget ya yg asalnya A jadi B xixiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. ceritanya lucu,, terhibur. ikut komentr bun,...

      Hapus
  15. Alhamdulillah sebentar lagi saya punya anak. Mohon doanya ya semoga semuanya lancar. Maklum anak pertama, jadi cari info sana sini segala sesuatu yang berhubungan dengan bayi hehe

    BalasHapus
  16. nama itu hanyalah sebuah pertanda bro tidak lebih.... yang terpenting itu perilaku dari si pemilik nama nya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)