2.5.16

Hobi Ganti Warna Rambut? Lakukan Perawatan Berikut Agar Rambut Tak Cepat Rusak!


Anda hobi mengganti warna rambut? Itu hal yang wajar. Hampir semua orang Indonesia tidak memiliki variasi yang banyak untuk warna rambut, sehingga pasti ada yang ingin ganti suasana atau mengekspresikan diri dengan rambutnya tersebut. Namun ketika Anda memutuskan untuk mewarnai rambut, pastikan Anda mencari tahu perawatan rambut yang terbaik untuk rambut Anda nantinya.

Ada alasannya kenapa rambut yang sudah diwarnai harus mendapatkan perlakuan yang khusus. Ini karena dalam proses pewarnaan rambut tersebut, yang jelas penuh dengan bahan kimia, rambut Anda akan mengalami perubahan cukup drastis di dalamnya, sehingga hasilnya, rambut Anda menjadi lebih kering, lebih rapuh, dan tentu saja, cenderung rentan rontok. Ini sebabnya rambut yang diwarnai harus mendapatkan perhatian ekstra. Untuk Anda yang memiliki rambut warna-warni, ini caranya agar perawatan rambut jalan terus.

1. Pakai shampoo khusus
Untuk rambut yang di warna, Anda akan memerlukan shampoo dengan formula khusus. Hal ini karena shampoo biasa bisa cenderung terlalu keras untuk rambut yang sudah dimodifikasi ini.

2. Conditioner itu perlu
Agar rambut Anda yang kering itu tetap terjaga kelembabannya, maka ketika keramas, jangan lupa usapkan pula conditioner rambut.

3. Serum setelah keramas
Sehabis mandi keramas, pakailah serum sehingga rambut mendapatkan vitamin yang diperlukan. Pakailah ketika rambut berada pada kondisi setengah basah supaya serum bisa masuk ke folikel. Rambut yang sudah diwarnai pun akan sembuh dari kerusakannya.

4. Masker rambut seminggu sekali
Dengan menggunakan masker rambut secara mingguan, maka rambut pun akan terlihat lebih bersinar, warna tak gampang pudar, dan juga tetap lembab, di samping memberikan ekstra nutrisi rambut.

5. Batasi styling
Styling rambut seperti menggunakan alat catok, pengering rambut, hairspray, pengeriting rambut, dan lain-lain sebaiknya dihindari agar tak membuat kerusakan pada rambut makin berat.

Selain perawatan di atas, Anda pun harus berhati-hati dalam keseharian Anda, agar rambut terlihat berkilau dan sehat. Berikut ini adalah tipsnya.
  • Hindari kena sinar Matahari terlalu lama, karena warna rambut Anda akan mudah pudar karena UV yang ada di dalamnya.
  • Bahan kimia lain seperti chlorine yang ada di kolam renang juga harus dihindari, terutama ketika Anda baru saja selesai mewarnai rambut Anda tersebut.
  • Jangan pakai sisir yang giginya terlalu rapat. Rambut Anda yang kering pun akan menjadi mudah patah karenanya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, rambut yang diwarnai memerlukan shampoo yang khusus. Nah ini sampo khusus yang bisa direkomendasikan untuk Anda.

1. Matrix Biolage Colorcaretherapie Shampoo
Sampo ini sangat lembut karena memiliki kandungan alami seperti jeruk, kedelai, dan bunga matahari, sehingga warna bertahan lama. Anda bisa mendapatkannya di salon maupun apotek.

2. L’Oreal Colorvive
Memberikan nutrisi rambut hingga mencapai akar, memberikan lapisan pelindung, dan menggunakan Light Reflecting System. Mencegah rambut rusak  dan membuatnya tetap lembut.

3. Vidal Sassoon Colorfinity Shampoo
Shampoo lembut yang kaya antioksidan, memberikan perlindungan bagi rambut Anda yang diwarnai.

4. Keune Color Care Shampoo
Memiliki UV filter sehingga rambut terlindung dari sinar Matahari, membuat warna lebih “pop-out”, membuat rambut berkilau dan warna tahan lama.

Anda bisa menemukan produk perawatan rambut berwarna tersebut di pasaran seperti di supermarket, di salon, ataupun toko-toko spesialis. Kombinasikan shampoo dengan aturan perawatan di atas secara teratur. Baik itu mingguan atau harian, agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan cara ini, rambut Anda pun akan terlindung dari efek negatif pewarna rambut.

2 komentar:

  1. Wah...aku gak pernah ngecat rambut Mba.. Untuk usiaku sekarang ini dah malu ngecat rambut soalnya dah tuwir.. lagian aku pake hijab, hehe..

    BalasHapus
  2. hihi... jadi ingat ketika Farras bilang, bu... Farras pengen di cat rambutnya sih... Ibunya aja gak pernah cat rambut, walaupun untuk mengganti warna putih pada rambut menjadi hitam :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)