19.9.15

Serunya Mencicipi Jaringan Smartfren 4G LTE Advanced


Setelah beberapa minggu terakhir saya mupeng pada temen-temen blogger yang ikut wara-wiri Network Drive Test Smartfren 4G LTE Advanced di berbagai kota, akhirnya saya bisa bernapas lega. Iya betul, Bandung akhirnya kebagian juga. Dan yang paling nyenengin, saya turut serta di dalamnya. Suwer, pengalaman serunya mencicipi jaringan Smartfren 4G LTE Advanced di Bandung kemaren itu, jadi hal yang gak bisa saya lupakan. Walah, kok bisa?

Begini, meskipun saya tahu pasti bahwa Network Drive Test Smartfren Smartfren 4G LTE Advanced juga akan dilakukan di Bandung, saya pesimis bisa ikutan. Da saya mah apa atuh, masih bisa jadi salah satu member Blogger Bandung juga sudah uyuhan. Sudah mah jarang kopdaran, ngeblog juga masih mood-moodan. Jadinya, begitu dapet email undangan dari Mas Fikri atas nama Smartfren, langsung aja saya iyakan. Takutnya beliau keburu berubah pikiran. Gawat, kan? Hehehehehe….

Hari H

Setelah semua urusan domestik rumah selesai, hari itu, Kamis 10 September 2015, sekitar jam 9 pagi, saya langsung capcus ke Hotel Padma. Iya, meski acaranya jam 11 siang, rumah saya kan nun jauh di gunung seberang. Dan benar saja, 2 jam lamanya perjalanan tak cukup bikin saya nyampe tepat waktu. Tapi saya masih beruntung, peserta lain banyak yang datang lebih telat. Waduh!

Begitu sampai, acara belum dimulai. Temen-temen dari Blogger Bandung, terutama emak-emaknya, saat itu lagi foto-foto. Ya sudah, tanpa ba bi bu, saya segera bergabung bersama mereka. Pemandangan Hotel Padma yang sejuk, asri, namun tetap elekhan, sangat mubazir jika tidak dimanfaatkan. :p

Blogger Bandung yang berfoto-foto ria :D

Sekitar jam 12 siang, semua yang ada, yaitu Blogger Bandung, jurnalis media, dan pihak Smartfren berkumpul. Berbagai pembicaraan pun dilakukan. Dari mulai perkenalan pihak Smartfren hingga ke acara Network Drive Test yang saat itu hendak kami lakukan. Tapi sebelum semuanya berjalan, dan sebelum acara menyantap makan siang, semua peserta yang ada dikasih hape yang akan dipakai untuk Network Drive Test tersebut. Andromax Es plus sebuah modem Mifi Andromax M2P. Langsung saja, acara makan siang jadi ajang unboxing hape bersama-sama.

Rezeki emak soleh :p

Dan Petualangan Seru Pun Dimulai

Selesai makan, salat, dan berhaha-hihi, rombongan pun bergerak menuju ke luar hotel. Di sana sudah menunggu 2 bis yang akan membawa kami berjalan-jalan mengitari kota Bandung. Berbagai persiapan untuk Network Test Drive pun kami lakukan. Dari mulai download dan install berbagai macam aplikasi medsos (Facebook, Twitter, Instagram, Path, dll) sampai ke aplikasi speed test. Pokoknya begitu naik bis, kami sudah siap untuk mencoba jaringan Smartfren 4G LTE Advanced di hape Andromax kami.

Bersiap mencicipi jaringan Smartfren 4G LTE Advanced
Foto: @ErryAndriyati

Rute perjalanan kami dimulai dari Hotel Padma, Ciumbuleuit, menuju ke Jalan Setiabudi. Dari sana, kami menuju ke Jalan Sukajadi – Jalan Pasirkaliki - Jalan Pajajaran – Jalan Abdurahman Saleh – Jalan Garuda – Jalan Rajawali – Jalan Sudirman – Jalan Lingkar Selatan (PETA) – Jalan BKR – Jalan Gatot Subroto – Jalan Kliningan – Jalan Buah Batu – Jalan LE. Martadinata – Jalan Ir. Juanda (Dago) – Jalan Siliwangi dan berakhir di sebuah kafe di Jalan Ciumbuleuit dekat Hotel Padma.

Selama di perjalanan, kami mencoba berbagai macam hal yang menggunakan fasilitas jaringan Smartfren 4G LTE Advance di hape kami. Download berbagai macam aplikasi, chatting di berbagai aplikasi, video streaming Youtube, browsing ini – itu, upload ini – itu, dan banyak lagi. Bahkan salah satu dari kami, ada yang posting video via Periscope. Sebagai ‘banci’ medsos, saya sendiri mengapdet banyak hal. Foto-foto di Instagram, cuitan-cuitan Twitter, hingga apdetan Facebook, mewarnai perjalanan Network Test Drive hari itu. Video streaming dan blogwalking juga saya lakukan di selama perjalanan. 

Video calling dengan Pak Munir via Line menggunakan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced

Secara keseluruhan, saya bisa katakan bahwa jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini bagus dan stabil di hampir setiap tempat di kota Bandung. Tak ada hambatan berarti di dalam menggunakan fasilitas jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini. Hal ini bisa kami buktikan dengan lancar, cepat, dan stabilnya kami menikmati berbagai macam aplikasi internet di sepanjang rute perjalanan network drive test. Sebagai bukti dari lancar, kencang, dan stabilnya jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini, kami membuat screenshot dari hasil speed test di banyak titik di sepanjang rute perjalanan. 

Memang sih, hasil speed test di banyak tempat dari rute perjalanan yang kami lakukan itu bervariasi. Ada yang sangat bagus (kencang), ada yang sedang, dan ada juga yang kurang bagus. Tapi yang jelas, sekali pun memberikan hasil speed test yang kurang bagus, di titik atau di daerah tersebut, kami masih tetap bisa berinternetan. Bahkan streaming video Youtube di titik itu pun tetap tanpa buffering.

Jadi…

Berdasarkan pengalaman menikmati jaringan Smartfren 4G LTE Advanced dalam acara Network Drive Test di sekitar kota Bandung kemarin itu, bisa dikatakan bahwa jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini 85% sudah meng-cover daerah di kota Bandung. Bahkan di titik-titik dengan hasil speed test yang rendah pun, berinternetan menggunakan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced masih bisa dikatakan cepat dan lancar. Apalagi jika di titik-titik dengan hasil speed test yang bagus. Download dan upload berbagai macam hal itu hanya dalam hitungan detik saja.

Hasil speed test jaringan Smartfren 4G LTE Advanced yang bervariasi 

Di rumah saya saja, yang bukan termasuk kota Bandung, dan bisa dibilang ada di kampung, jaringan Smartfren 4G LTE Advanced cukup cepat dan stabil. Berinternetan segala macam tetap kencang tanpa hambatan.

Hasil speed test jaringan Smartfen 4G LTE Advanced
di rumah saya di Soreang

Penyebab yang memungkinkan dari perbedaan kecepatan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced di berbagai titik di atas, kemungkinan besar diakibatkan oleh jauh – dekatnya BTS (Base Transceiver Station) dan juga trafik jaringan.

Oh Ya, Hampir Lupa!

Dalam rangkaian acara Network Drive Test di Bandung kemarin, rombongan juga menyempatkan diri datang ke SMKN 4 Bandung. Di sana ada kegiatan community development Smartfren yang diikuti berbagai macam komunitas. Dari komunitas Hijabers, Earth Hours, Homey Korean, Donor Darah, FK PKBM Bandung, SMA 2, SMKN 1, SMA 19, hingga SMKN 6.

Kegiatan community development Smartfren di SMKN 4 Bandung
Foto: @TianLustiana 

Tentang Smartfren 4G LTE Advance

Zaman semakin canggih saja. Begitu juga dengan dunia komunikasi. Jika kemaren-kemaren heboh dengan jaringan generasi 3G, kini sudah hadir jaringan yang lebih mutakhir. Yaitu generasi 4G. Smarftren menghadirkan jaringan generasi 4G ini secara lebih maju. Smartfren 4G LTE Advanced. Di sini, Smartfren 4G LTE Advanced memanfaatkan teknologi LTE Radio, Time Division Duplex (TDD) di pita frekuensi 2300 MHz dan Frekuensi Division Duplex (FDD) pada pita 850 MHz. Dan ini jelas menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi dengan cakupan yang lebih baik. Smartfren merupakan salah satu operator pertama di dunia yang mengadopsi strategi teknologi yang lebih maju ke dalam jaringan mobile.

Mau lebih ngerti dan lebih tahu apa yang bisa dilakukan dengan jaringan luas, cepat, dan stabil jaringan Smartfren 4G LTE Advanced? Lihat deh video berikut ini!


Nah!

Seperti itulah serunya mencicipi jaringan Smartfren 4G LTE Advanced di Bandung kemaren. Gimana, tergoda untuk mencicipinya juga? Yuk buktikan keseruan berinternetan yang cepat dan stabil dengan menggunakan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini. Jangan lupa, pastikan juga hapenya sesuai dan menunjang untuk mengaksesnya. Buruan gih datengin gerai Smartfren. Ada banyak tawaran menarik buat kamu jika kamu menggunakannya sekarang juga. Yuk mari….

34 komentar:

  1. Huaaaaaa.... Banda Aceh kapaaaaan?

    BalasHapus
  2. seruuuu..
    udh 4Glite aja nih smartfren

    BalasHapus
  3. Waaah seru dan asyik yaa mak dapet mencicipi kecanggihanandromax ini :)

    BalasHapus
  4. Serunyaaa nyobain jaringan LTE sambil kopdar...

    BalasHapus
  5. Uhuui yang dapat andromax...

    BalasHapus
  6. mudah2an di aceh juga ada acara kaya gini

    BalasHapus
  7. Smartfren di jakarta mmg juara banget dan pulsa data nya murah hehehe

    BalasHapus
  8. seruu sekali lihat di beberapa kota juga.. dan asli koneksinya keceeeh ya mak

    BalasHapus
  9. Mbak, yg pakai baju merah sih siapa? Kayak baru lihat.

    Asyik ya berkesempatan test drive gitu. Pulang2 bawa hapeee. :D

    BalasHapus
  10. muihihihiii.... ini senengnya ya mbaaa... dapat hengpong harateeees... hihihi... di surabaya juga kenceng banget ini 4g LTE smartfren..

    BalasHapus
  11. Bogor kapannnn bogorr, mau juga dong Smartfren nyaaa

    BalasHapus
  12. pingin nyobain mbak kecepatan 4G smartfrennya ,pinjem ya hehehe

    BalasHapus
  13. Wah seru, kopdaran dapet hape lagi, asyikkk. Kapan yah ada ginian di tempatku :)

    BalasHapus
  14. sedih ih saya mah ga diundang

    BalasHapus
  15. Wah sedapp ya mak, koneksi jadi gak kenal lagi sama yang namanya lemot ya kalo pake jaringan 4G ;)

    BalasHapus
  16. serunya,kapan nih nyampe Siak..jiah heheehe

    BalasHapus
  17. Pakai smartfren emang woke signalnya, nyoba juga yang 4G...cepet buu

    BalasHapus
  18. Kalau saya belum coba Hp 4Gnya, tapi kalau mifi sudah, emang jaringannya stabil ya mba, saya belum coba mifi kalau di luar daerah... sinyal 4g masih dalam tahap perkembangannya, belum menyeluruh...

    BalasHapus
  19. Seru! Kalau di kota besar masih berguna lah ya itu hape dengan sinyal 4G
    kalau ke daerah takutnya ga ada sinyalnya :))

    BalasHapus
  20. mantap ya sinyal 4G nya , jadi bisa cepat , upload foto id blognya juga gak lelet ya

    BalasHapus
  21. Teteeeeh...
    Emang seru pisan acaranya yaaaah...
    Asyik lah bisa keliling Bandung sambil ngejajal hape baru yang kenceng pisan koneksinya hehehe....

    Aku asli selama di bis asyik nge-yutub-in MV Kpop aja tanpa buffering lho teeeeh :)

    BalasHapus
  22. Asyiknyaaa bisa ikutan speed test.. dapet hape pula :D

    BalasHapus
  23. huwaaa..asiknya..kapan ya bisa ikutan acara seperti ini dirikuh...di surabaya udah 2 x ada tes 4G tapi belum rezeki bisa ikutan mak...

    BalasHapus
  24. Wiiih asyik bangeeeet. :D

    BalasHapus
  25. keren banget, deh! Semua dapat hapenya :)

    BalasHapus
  26. Wah asyiik ih..sayang ga diundang hihi...:)

    BalasHapus
  27. Asik banget mbak yaa..udh gtu seru bgt tuh kopdarnyaa

    BalasHapus
  28. beneran deh, jadi pengen nyobain kecepatan smartfren 4G LTE

    BalasHapus
  29. jadi kepingin juga ngerasain cepetan smartfren 4G LTE ?! :)

    BalasHapus
  30. Keren emang Smartfern ini. Akhirnya setelah tetheringan melulu aku pake modem M2Pnya. Kenceng dan kuotanya bikin kenyang :)

    BalasHapus
  31. Keren emang Smartfern ini. Akhirnya setelah tetheringan melulu aku pake modem M2Pnya. Kenceng dan kuotanya bikin kenyang :)

    BalasHapus
  32. Seru banget ya. Jadi pengen icip jaringan 4G LTE-nya, soalnya aku pengguna smartfren juga. Semoga bisa cepetan upgrade :D.

    BalasHapus
  33. pengen segera nyobain smartfren yng 4G LTE :D

    BalasHapus
  34. Seru! Kalau di kota besar masih berguna lah ya itu hape dengan sinyal 4G
    kalau ke daerah takutnya ga ada sinyalnya :'(

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)