23.1.14

Tontonan Edukatif untuk Peningkatan Kemampuan Otak Anak

“Sa ulus… sa ulus… sa ulus!”

Teriakan Radit yang tiba-tiba dari tidurnya itu mengagetkan saya. Bagaimana tidak, waktu itu, jam baru menunjukkan pukul lima pagi. Segera saya hampiri. Dengan masih tampak kelimpungan, Radit yang kala itu baru berusia 3 tahun, sepertinya mencari-cari sesuatu.

Sebagai ibunya, saya tentu tahu apa yang dicari Radit. Sa ulus. Ya, dua kata itu adalah sebutan Radit pada mainan baru yang dibelikan ayahnya. Dinosaurus. Karena Radit masih cadel dan menyebutnya dengan cepat, jadilah dinosaurus dipanggilnya sa ulus. Dengan segera, lima buah dinosaurus plastik berbagai bentuk yang dimaksudnya, saya berikan pada Radit.

Dinosaurus mainan Radit

Apa yang terjadi di atas bukan hanya sekali dua kali saja. Semenjak dibelikan mainan itu, Radit seperti menjadi anak yang baru. Setiap hari, ke mana pun dia pergi, mainan dinosaurus itu selalu dibawanya. Tak hanya untuk dimainkannya sendiri. Kakaknya, teman-temannya, bahkan saya dan juga suami sering dimintanya untuk ikut bermain dengan dinosaurus-dinosaurus itu. 

Suatu kali, dia meminta saya untuk bercerita dengan menggunakan dinosaurus-dinosaurusnya sebagai tokoh-tokohnya. Di lain kesempatan, dia sendiri yang mengarang ceritanya dan menyuruh saya untuk mendengarkannya. Dongeng-dongeng heroik, cerita-cerita di film, hingga kehidupan sehari-hari yang dilaluinya, sepertinya menjadi sumber inspirasi baginya.

Alat Permainan Edukatif untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Otak Anak
Anak-anak memang penuh dengan imajinasi. Dengan stimulasi sedikit saja, semua hal bisa menjadi inspirasinya. Dan tentu saja, itu akan menjadi hal yang berharga baginya, yaitu peningkatan kecerdasannya. Dari mulai kemampuan berbicara, kemampuan nalar, kemampuan berpikir, daya tangkap, hingga konsentrasi dan daya ingatnya.

Seperti yang terjadi pada Radit. Dinosaurus, cerita-cerita fabel yang saya dan suami berikan, dongeng-dongeng heroik pengantar tidur, hingga film-film yang kami berikan untuk ditontonnya, menjadi rangsangan bagi dia dalam banyak hal. Kosakata kesehariannya bertambah banyak; imajinasi dan daya pikirnya meningkat; kemampuan verbalnya berkembang; bahkan keberaniannya dalam bergaul dengan teman-temannya, termasuk teman barunya, juga ikut meningkat.

Perkembangan yang terjadi pada Radit hanyalah sebuah contoh saja, sebab kajian ilmiah mengenai pengaruh alat-alat permainan edukatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak anak, (yang dalam hal ini cerita-cerita fabel dan dongeng-dongeng heroik dari buku, hingga film-film dvd yang dibuat khusus untuk anak bisa dikategorikan sebagai alat permainan edukatif) ternyata sudah banyak dilakukan. Hasilnya sangat positif sekali. Di sana disebutkan bahwa alat-alat permainan edukatif tersebut bisa membuat perkembangan otak anak meningkat secara signifikan. Bahkan, alat-alat permainan edukatif tersebut bisa membuat kreativias anak berkembang pesat. Apalagi jika diberikan dan dibimbing sedini mungkin. 

Dalam sebuah laporan ilmiah disebutkan bahwa pemberian alat-alat permainan edukatif pada anak di usia keemasan (yaitu balita) akan memberikan hasil scan perkembangan yang nyata pada otak anak tersebut di masa remajanya. Hasil ini berbeda sekali jika dibandingan dengan hasil scan otak remaja lain yang di masa balitanya tidak diberikan alat-alat permainan edukatif. Tak hanya penampakan hasil scan otaknya saja, kemampuan berbahasa, daya ingat, dan kemampuan kognitif anak tersebut juga berbeda. Menurut para ahli yang menelitinya, hal ini terjadi karena pengaruh stimulasi terhadap perkembangan sel-sel otak. Sel-sel otak yang terstimulasi akan tumbuh secara optimal. Dan yang tidak terstimulasi dengan baik, pertumbuhan dan perkembangannya tidak bisa optimal.

Berangkat dari penelitian tersebut, kini saya tak lagi ragu untuk memberikan anak-anak saya alat-alat permainan edukatif. Tak hanya di masa balitanya, bahkan kini Radit yang sudah berusia 8,5 tahun masih tetap saya beri alat-alat permainan edukatif itu. Saya percaya bahwa kemampuan otak dan juga kreativitas anak selama dalam masa pertumbuhan itu pasti akan mengalami peningkatan.

DVD Paddle Pop Dinoterra : Sebuah Alat Permainan untuk Tontonan Edukatif
Mencari alat-alat permainan edukatif itu susah-susah gampang. Mengapa demikian? Sebab di sini saya harus mencocokkan nila-nilai edukatif dari alat permainan itu dengan kemauan anak saya, terutama Radit. Tokoh-tokoh favoritnya, binatang-binatang kesayangannya, atau apa pun yang disukainya, sebisa mungkin harus ada dan dilibatkan di dalam alat permainan edukatif tersebut. Sehingga saat memainkannya, semua pancaindra, syaraf (motorik-sensorik), dan juga otak Radit bisa terlibat dan terstimulasi dengan baik.

Beruntung, beberapa tahun terakhir, Paddle Pop yang merupakan es krim kesukaan Radit mengeluarkan film animasi edukatif ini. Setiap film yang dikeluarkan, selalu disukai Radit. Apalagi untuk film Paddle Pop tahun ini, yaitu Paddle Pop Dinoterra. Penggabungan antara tokoh Paddle Pop dan teman-temannya beserta dinosaurus, sangat membuat Radit exciting. Sejak iklan Film Paddle Pop Dinoterra launching di televisi beberapa waktu lalu, Radit sudah gak sabar untuk segera memiliki dan menontonnya. Sebenarnya tak cuma Radit, bahkan kami sekeluarga pun turut tak sabar.

Sumber gambar: https://www.facebook.com/paddlepoppage

Hore!
Kemarin menjadi hari yang sangat membahagiakan Radit. DVD Paddle Pop Dinoterra yang sudah diinginkannya itu, akhirnya sampai ke tangannya. Seperti biasa, tak perlu repot dan ribet untuk bisa memilikinya. Hanya dengan membeli 5 es krim Paddle Pop varian apa saja, DVD Paddle Pop Dinoterra sudah bisa didapat secara gratis (http://www.paddlepop.co.id/serba/).

Cukup beli 5 es krim Paddle Pop rasa apa saja, sudah bisa mendapatkan
1 DVD Paddle Pop Dinoterra

Oh ya, ada promo seru lho terkait menonton film Paddle Pop Dinoterra. Namanya "Paddle Pop Dinoterra, Movie Premier di Rumahmu". Pokoknya, acaranya dijamin sangat seru. Untuk mekanismenya, buka aja link di bawah ini.

https://www.facebook.com/notes/petualangan-paddle-pop/paddle-pop-dinoterra-movie-premiere-di-rumahmu/727381580614420

Mudah ya mekanismenya? Radit mau ikutan ah. Dia pasti akan sangat senang jika bisa mengikutinya.

Supaya makin penasaran, lihat teaser filmnya dulu, yuk!


Nah, gimana? Seru bukan? Yuk ah, jangan lewatkan kesempatan untuk memberikan tontonan edukatif bagi anak-anak melalui DVD Paddle Pop Dinoterra ini. Plus-plus manfaatnya. Jika es krim Paddle Pop-nya menyehatkan tubuh, maka bonus DVD Paddle Pop Dinoterra-nya akan ‘menyehatkan’ otaknya.

Radit yang sudah tak sabar menonton
DVD Paddle Pop Dinoterra

Yuk, serbuuuu!

Referensi
http://www.paddlepop.co.id/ 
https://www.facebook.com/paddlepoppage 
http://www.youtube.com/watch?v=9TWi2DX8s7k 
http://www.theguardian.com/science/2012/oct/14/childhood-stimulation-key-brain-development
http://tlc.howstuffworks.com/family/how-to-stimulate-a-childs-mind.htm

20 komentar:

  1. Anonim10.25

    waahh glatis ya.. hehe.. sayangnya saya belum punya anak, masa mau ditonton sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Gratis... tis... tis!
      Gapapa, nonton sendiri aja. Aku juga kalo ga ada anak-anak nonton dvd ini sendiri. Hehehehe. Seruuuu :D

      Hapus
  2. keponakkan saya juga suka sekali nonton itu.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua anak pasti suka nonton film ini. Aku juga, lho.
      *Emangnya anak-anak? :D*

      Hapus
  3. Anonim14.13

    Wah mainan dinosaurusnya keren-keren. Woww 5 eskrim bisa dapet DVD ya, bei aahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mak. Cuma dengan beli 5 es krim Paddle Pop rasa apa saja, sudah bisa dapet DVD Paddle Pop Dinoterra ini. Yuk beli sekarang sebelom keabisan. Aku aja sampe nyari di 3 toko, lho. Padahal kan baru launching, tapi eh udah jarang. :)

      Hapus
  4. Asyik banget nih tontonannya. mau donk . hhee
    salam saya

    BalasHapus
  5. kesukaannya pascal nih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp! DI sini pun es krim dan film Paddle Pop jadi kesukaan anak-anak...

      Hapus
  6. Anak-anakku senang nonton Paddle Pop ini karena ngefans sama Putri Liona :)

    BalasHapus
  7. Anakku paling suka dengan Paddle Pop. Pahlawan yang baik, katanya. :)

    BalasHapus
  8. Anonim07.38

    Orang tua memang punya peranan penting dalam pengkawalan tontonan anak, dengan memeberikan tontonan yang edukatif akan membantu perkembangan otak anak dan juga psikologinya

    Salam dari Tangerang
    Edi Padmono

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali.
      Terima kasih sudah mampir. ^^

      Hapus
  9. aaah,, mainan dinosaurus radit sama kayak punya adek saya dulu mak.. lucu..

    jadi penasaran pengen nonton juga ni dvd dinoterranya.. eh tapi beli padle pop dulu ya.. hehe

    BalasHapus
  10. Anakku jg suka dinosaurus mak tp yg ni blm pernah nonton ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton deh, pasti mereka suka. Seru bangeeeet :)

      Hapus
  11. Anonim22.27

    thanks ya infonya !!!

    www.bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  12. Baru lihat iklannya hari ini di TV. Kalau mau punya DVD ini, kayaknya mesti emaknya yang makan Paddle Popnya hihihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)