30.1.14

[Perempuan dan Internet ] Antara Aktualisasi Diri, Pengembangan Diri, dan Keinginan untuk Berbagi

Setiap kali mendengar masalah mengenai isu kesetaraan gender, entah kenapa, hati saya selalu gemas dibuatnya. Bagaimana tidak, di era seperti sekarang, kok masih saja ada orang yang meributkan pantas-tidaknya seorang perempuan berkecimpung di dunia yang biasa ‘dipegang’ laki-laki. Bagi saya, hal itu rasanya itu sudah ketinggalan zaman. 

Perempuan dan Internet
Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dua hal yang paling berjasa dalam membuat perempuan dan laki-laki diperlakukan sejajar. Berkat dua hal ini, kini perempuan tak bisa hanya dipandang dari sisi fisiknya saja. Sisi intelektualitas bahkan menduduki tempat yang lebih penting. Karenanya tak heran, jika kini kita mendapati banyak perempuan menempati jabatan penting.

Internet adalah bagian dari teknologi. Menurut saya, internet merupakan sebuah temuan yang paling berguna di abad ini. Terutama bagi perempuan, sebab internet, kini menjadi tempat untuk mengaktualisasikan diri. Sekali pun si perempuan tersebut ada di tempat yang jauh terpencil. Tentu, karena internet, kini bisa diakses di hampir seluruh penjuru dunia. Internet ini tak hanya membuat ‘eksis’ di dunia maya saja, bahkan di dunia nyatanya, kehidupan si perempuan tersebut bisa kena imbas. 

Saya yang ada di kota kecil pun kini bisa mengakses internet

Berbicara mengenai internet dan perempuan, dalam sebuah survey yang dilakukan The Pewinternet & American Life, sebuah lembaga nonprofit yang menyediakan informasi dan fakta-fakta terpercaya, pada bulan September 2013 lalu, disebutkan bahwa perempuan lebih banyak menggunakan internet. Terutama untuk situs-situs networking atau jejaring sosial. Yaitu mencapai 78%. Ada pun laki-laki hanya sebesar 69% saja. Dari sini bisa dilihat bahwa ternyata perempuan dan internet tak bisa dipisahkan.

Internet, Alat dan Tempat Mengembangkan Diri Sekaligus untuk Berbagi 
Jika dilihat lebih jauh, internet bagi perempuan kini tak hanya sekadar digunakan sebagai alat untuk networking saja. Sudah banyak perempuan yang mampu menggunakan internet dalam mencari ilmu serta menggali potensi yang ada di dalam dirinya. Tak sampai di situ saja. Apa yang diperolehnya tersebut, kemudian dibagikan kepada khalayak umum melalui media internet pula. 

Srikandi Blogger dari Kumpulan Emak Blogger adalah perempuan yang demikian itu. Mereka mempunyai passion, mengembangkan passion-nya itu, memperkaya passion tersebut, dan kemudian membagikan semua yang dimiliki melalui blognya. Ada yang memilih dunia kesehatan, ada yang ber-passion di bidang parenting, ada yang menaruh perhatian pada isu-isu perempuan, ada yang gemar menulis travelling, ada yang mencintai buku, ada yang berminat di bidang fashion dan kecantikan, ada yang bergerak di bidang musik, masak-memasak, lingkungan hidup, flora, fauna, berkebun, dan lain sebagaianya. Semuanya ditumpahkan secara jujur di dalam blognya masing-masing tanpa berharap imbalan dan tanpa menunggu pujian. 

Kita Bisa, Semua Perempuan Bisa
Fenomena tersebut tentu sangatlah membanggakan. Perempuan-perempuan yang selama ini dicap sebagai ‘makhluk’  rumahan yang miskin ilmu dan informasi, justru menjadi penyebar dan sumber ilmu serta informasi itu. 


Untuk semua perempuan, mari buktikan bahwa paradigma perempuan itu ‘makhluk’  rumahan yang miskin ilmu dan informasi adalah salah besar. Kita bisa membuat dunia lebih baik. Kita bisa melakukannya secara elegan. Dengan tangan, hati, dan pikiran kita. Dan blog adalah alat dan tempat yang tepat. Mari memberi sumbangsih bagi dunia dengan apa pun yang kita bisa. Mari bagikan kebahagian, mari sebarkan kebaikan, dan mari berkontribusi dalam memajukan peradaban dunia. Kita bisa. Semua perempuan bisa![nkh]

Referensi
http://pewinternet.org/Commentary/2012/March/Pew-Internet-Social-Networking-full-detail.aspx



74 komentar:

  1. Selalu keren tulisannya...apalagi ilustrasinya, lucu dan mengena

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi... kita banget, ya? :D

      Hapus
    2. Saya sepakat dengan mba Nia. Kaum perempuan Indonesia harus tetap maju dan mengembangkan dirinya dengan tidak melupakan eksistensi dirinya dan tanggung jawabnya sebagai ibu , istri dan juga pengatur dan ratu rumah tangga

      Hapus
  2. Yes, waktunya membuktikan, bahwa perempuan dan internet akan membuat dunia lebih baik :)

    BalasHapus
  3. Blogwalking... Sambil belajar dari tulisan ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun banyak belajar darimu, Fita :)

      Hapus
  4. Ayooo mari buktikan,....bisa membuat dunia yang lebih baik dengan internet. dukung mak Nia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita bisa. Semua perempuan pasti bisa :)

      Hapus
  5. Yeee, sepakat. Meski di rumah bukan berarti miskin ilmu ^^

    BalasHapus
  6. Kalo masih ada yg bilang wanita miskin ilmu, kupentung pakai palu.... atau dilempar ke KEB aja, kita massa bareng2, hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita cemplungin bareng-bareng ke KEB. Eh kalo bapak-bapak? Hihihih...

      Hapus
  7. sama2 tinggal di kota kecil kita ya .. satu di utara, satu di selatan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Dey... *sambil menatap gunung*

      Hapus
  8. suka dengan judulnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.... panjang banget, ya? :D

      Hapus
  9. Bener banget, jangan meremehkan perempuan. Bahkan pada perempuan yang terlihat lemah sekalipun

    BalasHapus
  10. mariii maaak..mau teruuus an bangkit...self-development is a must dan melalui internet, kita bisa! sukseees maaak

    BalasHapus
  11. Ilustrasi sederhana tp ngena banget :-) sukaaa

    BalasHapus
  12. Aku datang dan selalu mengagumi tulisannyaa

    BalasHapus
  13. Ilustrasinya lucu, tulisannya padat berisi. Ih, keren deh.

    BalasHapus
  14. selalu suka dng tulisan mu mak...sukses selalu ya

    BalasHapus
  15. dirumah bukan berarti miskin,jangan salah...udah bisa keliling dunia lewat internet hehhe....
    mantab tulisannya,sukses ya mak^^

    BalasHapus
  16. Internet harus dimanfaatkan untuk sebesar-besar menambah ilmu pengetahuan ya Jeng. Bukan hanya sekedar untuk melihat sepatu,pakaian,tas, parfum, aksesoris di online store belaka.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  17. Selalu suka baca tulisan mak Nia. Sukses ya mak :))

    BalasHapus
  18. thank u mak Nia ulasannya kerenn ^^
    dengan memanfaatkan internet kita bisa belajar banyak ya mak..

    BalasHapus
  19. ilustrasinya intinya sama kita ya mbak, cuma punya mbak Nia lebih bagusssss :) Padahal gak janjian kan ya

    BalasHapus
  20. gak perlu ke mana2 ya...sekali duduk bisa chat, baca, eksis, dsb...hehehetetap eksis ya

    BalasHapus
  21. Betul Mak ... perempuan bisaaaa. Keren tulisannya. Moga melaji ke babak berikutnya yaa

    BalasHapus
  22. Kita sebagai member Emak2 Blogger sudah membuktikan ya, Mba. Bukan lagi perempuan yang miskin inpoooh. :)

    Semoga lolos ke tahap selanjutnya ya, Mba.

    BalasHapus
  23. cwe juga harus berilmu dan berpengetahuan jg ya mba? bner dech saya sependapat..

    BalasHapus
  24. yuk yuuukk mari kita sebarkan kebaikan dan turut membantu kemajuan peradaban. Yes utk perempuan Indonesia, yes utk Mak Nia Haryanto for SB2014 :)

    BalasHapus
  25. Mari jadi mahluk rumahan (cantik jelita) yang produktif dan kreatif.
    Maju terus dan semoga sukses buat Mak Nia ^_^

    BalasHapus
  26. Sepakat mak. Bener. Internet itu jendela lain dari penyebaran ilmu

    BalasHapus
  27. Sukaa mak dengan tulisanmu. Keren...
    Sayangnya masih ada (khususnya orang2 tua) yang menganggap perempuan kurang "pantas" bermain internet/komputer... bagi mereka perempuan itu tugasnya ya ngurus rumah, ngurus suami, ngurus anak. Dan, Ibuku termasuk salah satu diantaranya yg masih memiliki pandangan spt itu. Namun Alhamdulillah... setlah tahu aku masuk 50 Besar Srikandi Blogger sikap beliau mulai melunak hehehe.
    Sejujurnya, perempuan memang makin luas aktualisasi dirinya karena ada internet.
    Sukses utkmu, Mak :)

    BalasHapus
  28. Siip banget deh mak Nia, akuu sampe meresap dalam hati. Apalagi animasinya keren :) Belajar lebih baik dari tulisan makblog lainnya :)

    BalasHapus
  29. Mak Nia selalu ngalir dengan tenang tulisannya. Semoga menang ya mak :))

    BalasHapus
  30. internet upaya untuk menghilangkan diskriminasi gender. :D . Sukses mak. Keren lah ini. salam

    BalasHapus
  31. pasti keren....:*
    go go go mak nia go go go
    pasti menang :*

    BalasHapus
  32. dengan internet, perempuan bisa jadi lebih baik ya, mak.

    BalasHapus
  33. yuuk mak...berantas kebodohan dan keterbelakangan perempuan dari informasi dan teknologi

    BalasHapus
  34. hampir smua yang dicari ada di internet ya maak

    BalasHapus
  35. Mari gaungkan emak2 internet biar gak dibilang rumahan dan miskin pengetahuan! ^_^

    BalasHapus
  36. Setuju Mak..emak2 rumahan kayak dakupun bisa banyak belajar byk kok di internet..:)

    Semangat ya..:)..Good luck..:)

    BalasHapus
  37. Setuju! Internet mengaburkan batasan ruang, waktu, status sosial. Kece mak ;)

    BalasHapus
  38. mak NIaaa....Internet sesuatu bangeeet yaa, tdk mengurangi kita bersosialisasi, pake dasteran pun jadi ya mak...suksessss eaaaa

    BalasHapus
  39. Setuju maak. Internet itu utk pengembangan and aktualisasi diri kita :) sukses yaaa...

    BalasHapus
  40. perempuan memang hrs serba bisa ya mak..gak cuma lihai ngurus urusan rumahan tapi juga hrs bisa mengembangkan diri, gak gaptek & bs jadi inspirasi utk perempuan lainnya..
    suksess utkmu mak :)

    BalasHapus
  41. Kita sebagai member Emak2 Blogger sudah membuktikan ya, Mba. Bukan lagi perempuan yang miskin inpoooh. :)

    Semoga lolos ke tahap selanjutnya ya, Mba.

    BalasHapus
  42. kunjungan makpan :)

    BalasHapus
  43. "Internet adalah Alat dan Tempat Mengembangkan Diri Sekaligus untuk Berbagi". Setuju banget dengan pernyataan Mak Nia K. Haryanto ini, Good Luck !

    BalasHapus
  44. Anonim16.11

    gambarnya lucu dan mengena
    selamat berselancar mak

    BalasHapus
  45. Semangat terus para finalis srikandi blogger.

    BalasHapus
  46. aaaaaakk aku membanggakan aaaaak >.< *dateng2 rusuh*

    BalasHapus
  47. Keren mak tulisannya dan aku juga suka ilustrasinya lucuuuu :)
    Good luck ya mak

    BalasHapus
  48. mak, tulisannya keren. Mantap. Setuju banget bahwa Internet adalah tempat untuk mengaktualisasikan diri..
    Sukses ya.. :)

    BalasHapus
  49. Suka ilustrasinya Mak...keren pula tulisanya,,,

    Sukses ya Mak...

    BalasHapus
  50. mak nia ini keren bangettt.. yuk mak ketemuan hihiii
    :))
    sukses ma Srikandi Blogger nya makk :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk ketemu.. sukses untukmu juga, Mak Susi :)

      Hapus
  51. Kunjungan MakJur.
    Good luck ya, Mak :)

    BalasHapus
  52. Balasan
    1. Ga seberapa dengan kerennya dirimu, Mak.^^

      Hapus
  53. Halo Mak Nia, MakJur visit nih. Good luck yaaa! :)

    BalasHapus
  54. Goodluck ya, mak Nia :*

    BalasHapus
  55. Kunjungan Makjur yang paling terakhir. Good luck, mak :-*

    BalasHapus
  56. Makasih banyak, MakJur. :*

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)