badge

16.6.17

Tips Mudik yang Aman, Nyaman, dan Selamat dengan Naik Pesawat


Hai teman-teman, apa kabar? Puasa tinggal beberapa hari lagi nih. Gimana kabar persiapan mudiknya? Apa, keabisan tiket kereta? Gak bisa naik travel? Gak bisa naik bis juga? Lho… lho, Lebaran tinggal hitungan hari lho. Masa belom tahu mudiknya kayak gimana. Eh btw, kenapa gak naik pesawat aja? Apa, takut gak aman? Gak aman gimana? Beuh… teman-teman past belom pada apdet info terbaru ini itu mengenai dunia penerbangan, ya? Sini sini saya kasih tahu. Mudik dengan pesawat itu bisa sangat aman dan nyaman. Mudik dengan pesawat juga akan membuat teman-teman tiba di kampung halaman dengan selamat dan juga cepat. Asal… hehehe, iya, teman-teman harus tahu tips ini dan itunya. Gak boleh asal-asalan. Mau tahu apa saja tips mudik aman dan nyaman agar selamat dan cepat tiba di tempat tujuan? Yuk simak terus tulisan saya ini.

PERSIAPAN YANG MATANG
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mudik naik pesawat tentu saja adalah persiapan yang matang sebelum mudiknya itu sendiri. Apa-apa saja yang masuk ke dalam tahap persiapan?

1. Siapkan Tiket Pesawat
Ya betul, sebelom melakukan apa pun, pastikan teman-teman semua sudah menyiapkan tiket untuk naik pesawat. Tanpa adanya tiket, sebagus apa pun rencana mudik, jelas tidak akan terwujud.

Dalam menyiapkan tiket, pertama-tama teman-teman harus membeli tiket terlebih dahulu. Karena yang akan teman-teman lakukan itu adalah mudik, maka teman-teman tidak bisa membeli tiket secara langsung saat hari H. Membeli tiket jauh-jauh hari tentu akan sangat bagus. Supaya teman-teman bisa bersiap-siap dan tidak terburu-buru. Tahu sendiri kan ya, terburu-buru bikin banyak hal terlupakan.

Untuk hal tersebut, pastikan teman-teman membeli tiket di tempat resmi. Misalnya saja agen tiket online atau agen tiket offline dan juga langsung ke maskapai penerbangannya. Gak lucu kan jika teman-teman akhirnya gak dapet tiket mudik hanya karena teman-teman membeli tiket di agen sembarangan. Tips untuk hal ini, cari tahu terlebih dahulu kredibilitas agen tiket pesawat teman-teman. Pilihlah di tempat yang sudah terpercaya. Jangan tergoda hanya karena harga yang murah. Cara mencari tahu kredibiltasnya bisa dicari melalui internet. Agen-agen yang terpercaya biasanya mempunyai nama besar. Dan testimoni-testimoni para penggunanya juga bisa dijadikan sebagai referensi acuan.


2. Persiapan Barang Bawaan
Orang mudik biasanya membawa banyak sekali barang bawaan. Nah, untuk hal ini, pastikan teman-teman membawa barang seperlunya saja. Usahakan agar teman-teman tidak melakukan kelebihan bagasi. Selain dikenai biaya tambahan, hal ini juga membuat ribet. So, untuk urusan barang bawaan, pilih berdasarkan skala prioritas. Kalau pun hendak bawa oleh-oleh, tak usahlah terlalu banyak. Pilih yang benar-benar perlu.

Hal lain mengenai barang bawaan, pilihlah menggunakan koper/ransel  yang ringan. Menggunakan ransel/koper unik, misalnya yang berwarna mencolok akan semakin baik. Sebab itu akan membuat mudah dikenali nanti. Dan tentu saja akan meminimalkan tertukar dengan barang bawaan penumpang lain.

SAAT AKAN BERANGKAT
1. Perhatikan Detail Tiket
Setelah persiapan matang, dan tiket sudah ada di tangan, teman-teman tetap kudu waspada. Misalnya saja mengecek kebenaran detail tiket yang sudah dibeli. Pastikan kebenaran Nama, Bandara asal dan tujuan, Baktu keberangkatan, dan yang lainnya. Jangan sampai teman-teman mengabaikan hal ini. Perjalanan mudik teman-teman bisa terganggu jika ada kesalahan sedikit saja. Pastikan juga teman-teman selalu membawa selalu ID Card asli. Misalnya KTP, SIM, dan lain-lain.


2. Perhatikan Barang Bawaan
Setelah dari rumah diperhatikan skala prioritasnya agar tidak kelebihan bagasi, teman-teman juga harus bisa memutuskan barang mana yang akan dibawa ke kabin, dan barang mana yang akan disimpan di bagai. Tipsnya mudah saja. Barang berharga pastikan masuk ke dalam tas yang akan dibawa ke kabin. Dan barang-barang lain masuk ke dalam ransel/koper yang akan disimpan di bagasi. Kenali ransel/koper teman-teman semua, ya. Jangan sampai nanti tertukar dengan barang bawaan penumpang lain.

3. Ingat 3 – 2 – 1 Sebelum Terbang
Ini adalah rumus teman-teman saat akan berangkat mudik dengan pesawat terbang. Pastikan teman-teman sudah berada di bandara 3 jam sebelum keberangkatan. Hal ini supaya teman-teman dapat melakukan pengecekan barang bawaan. Untuk 2 jam sebelum keberangkatan, diharapkan teman-teman sudah bisa melakukan proses check in di counter check ini. Atau teman-teman bisa melakukan check in online. Untuk 1 jam keberangkatan, teman-teman diharpak sudah berada di waiting room dan gate yang sesuai denan penerbangan teman-teman.

4. Patuhi Semua Peraturan Keselamatan Bandara
Tahap ini tak kalah penting dengan yang sudah dijelaskan. Sebab jika tidak mematuhinya, bisa jadi mudik teman-teman dengan menggunakan pesawat hanya tinggal khayalan. Peraturan-peraturan tersebut antara lain tidak bawa benda tajam dan benda-benda yang dilarang ke bandara dan ke dalam barang bawaan, menyimpan benda-benda cair sesuai dengan petunjuk, dan lain-lain. Oh ya, jangan pernah bercanda mengenai bom. Sebab hal ini akan membuat teman-teman dikeluarkan dari bandara. Tidak sampai di situ saja, bercanda mengenai bom juga bisa membuat teman-teman dilaporkan ke polisi dan mempertanggungjawabkan semuanya di kantor polisi.


BOARDING TIME!
Setelah semua rangkaian dilalui, pesawat pun akan segera take off. Agar penerbangan mudik ke kampung halaman berjalan nyaman dan aman, pastikan teman-teman memilih tempat duduk yang nyaman pula. Untuk itu, pilihlah tempat duduk yang sesuai. Tapi jika sudah tidak bisa memilih, buatlah nyaman penerbangan Anda.

Oh ya jangan lupa. Jika teman-teman sedang hamil, atau teman-teman sedang sakit, pastikan teman-teman membawa surat keterangan dari dokter. Berikan surat tersebut kepada petugas. Di sana nanti teman-teman akan diberi perlakuan khusus.

THIS AND THAT
Banyak hal yang perlu teman-teman perhatikan saat melakukan penerbangan dengan pesawat. Apa pun yang sudah ditentukan pihak bandara dan pihak penerbangan, pastikan teman-teman mematuhinya. Misalnya saja mematikan sinyal ponsel atau memindahkan sinyal ponsel ke flight mode selama di dalam penerbangan. Hal ini jelas sekali, sebab sinyal ponsel bisa mengganggu sinyal penerbangan. Jika dilanggar, bukan mustahil penerbangan akan mengalami gangguan. Bahkan mungkin bisa mengakibatkan kecelakaan.

Selain hal tersebut, misalnya saja adalah menggunakan seat belt yang baik dan benar serta selalu mendengarkan petunjuk prosedur keselamatan yang diberikan oleh awak kapal hingga saat kapal mendarat.

LANDING TIME!
Setelah mendarat di tempat tujuan, bukan berarti teman-teman bisa langsung bebas melakukan apa saja. Misalnya saja tidak langsung menyalakan ponsel. Pastikan teman-teman menyalakan ponsel di area yang memang sudah aman. Setelah itu jangan lupa juga untuk memerhatikan barang bawaan teman-teman. Jangan sampai barang bawaan teman-teman tertukar dengan barang bawaan penumpang lain, ya.

Nah, seperti itulah kiranya tips saya sebagai #SobatAviasi untuk teman-teman semua. Pastikan selalu untuk teliti sebelum melakukan apa pun. Dengan begitu, mudik aman, nyaman dan selamat dan cepat tiba di kampung halaman bisa terwujud. Oh ya, yuk ikutan jadi #SobatAviasi juga. Apa itu #SobatAviasi? Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan. Jangan lupa juga untuk follow akun-akun media sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan untuk berbaga informasi bermanfaat seputar penerbangan. Follow Facebook Fans Page DJPU151, follow akun Twitter DJPU151, dan follow akun Instagram DJPU 151. Yuk jadi #SobatAviasi! Oke, selamat mudik yang aman, nyaman, dan selamat dengan naik pesawat!

36 komentar:

  1. Sebenarnya di hape itu ada airplane mode ya kan. Tapi kalo liat ada yang maen hape di pesawat saya masih suka was-was. Saya pribadi milih bawa buku (yang gak terlalu berat) buat ngatasin rasa bosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya. Mendingan sekalian gak dinyalain, ya semuanya. Khawatir ada yang lupa. Mending juga beraktivitas yang lain. Baca buku misalnya. :)

      Hapus
  2. Kapan ya aku bisa mudik pake pesawat terbang atau jet pribadi hehe semoga ada kesempatan lebaran di luar negeri deh jangan di Indo mulu, btw tfs ya tehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, sama. Aku juga gak pernah mudik pake pesawat. Gak ada trayek Soreang - Cigondewah sih. :D

      Hapus
  3. Becanda dengan bom, bahaya sekali lho. Bisa bikin penumpang lain panik. Semoga mudik kali ini dengan pesawat terbang bisa selamat sampai tujuan, perjalanan lancar , aman dan nyaman.

    BalasHapus
  4. Saya mudiknya selalu jarak dekat. Jadi gak mungkin pakai pesawat. Tapi untuk yang jauh memang nyaman pakai pesawat, ya karena lebih cepat sampai

    BalasHapus
  5. Nah iya jangan bercanda tentang bom ya, bahaya banget. Yuuk ah jadi sobat Aviasi

    BalasHapus
  6. Wah terima kasih tipsnya, bagus banget :)

    BalasHapus
  7. Masukin aku ke #sobatAviasi jugaaa...
    Hahhaa...karena kami pengguna jasa transportasi udara aktif.

    Hampir tidak pernah mengalami kekecewaan, alhamdulillah selalu lancar dalam perjalanan.
    Dan banyak orang baik yang bersedia membantu saat tau aku riweuh sama bawaan dan duo krucils.

    ^^

    BalasHapus
  8. detail tiket emang harus diperhatiin ya teh XD apakabar kalau salah jam terbang. Bisa kecepetan atau malah telat n ga jadi berangkat, dududu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, jangan sampai deh. Musim mudik begini bakal susah nyari flight pengganti.

      Hapus
  9. wah lengkap banget tips-nya, makasih ya mba Nia, pasti guna banget buat yang mau mudik dengan pesawat :)

    BalasHapus
  10. lebih baik menunggu 1 jam dari pada telat satu detik..., pepatah lama yg harus tetap dijaga..,

    ketinggalan pesawat rugi tiket donk ya..

    BalasHapus
  11. Saya ga pernah mudik, tp tipsnya oke banget teh :)

    BalasHapus
  12. suamiku pernah, Mba ditinggal pesawat. Jadi harus beli tiket lagi. Hiks... kasian banget, dah tekor terus kerjaan jadi telat deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh. Semoga cuma sekali kejadian, ya. Sayang uang dan waktu, ya.

      Hapus
  13. aku mah biar tenang malam sebelum
    berangkay check in online teh da kumaha sok gurung gusuh komo ti Cimahi teu bisa diprediksi macetna hahaha klo dh check in online teh tenang 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, Neng Bella keyeeeeen. Harus gitu emang, daripada daripada ya. :D

      Hapus
  14. Huwaaa, jadi pengen mudik. Tahun ini batal mudik, euy :( Insya Allah tahun depan akan praktek tips ini :D

    BalasHapus
  15. 3-2-1 sebelum keberangkatan itu penting banget.. biasanya aku malah 30 menit sebelum keberangkatan baru ada di bandara.. karena udah rempong duluan sama krucil-krucil huhuhuhu..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe, pasti. Tapi daripada ketinggalan ya, Mak. :)

      Hapus
  16. Andaikan ka Garut bisa pake pesawat, huhuhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Impian yang sama. Andaikan ke Cigondewah bisa naik pesawat. :D

      Hapus
  17. Aku suka deg2an kalau naik pesawat ga dtg cepat 2 jam sebellumnya. Takut g nutut --" malah ketinggalan pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampe, yaaaa. Semoga selalu lancar. :*

      Hapus
  18. Soal waktu tempuh, pesawat memang unggul drpd transpostasi lainnya. Tapi ya itu tadi, beberapa jam sblm keberangkatan harus sudah tiba di bandara. Belom lagi jalan ke bandaranya, seperti cengkareng. Wah harus nyiapin waktu lebih awal lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu. Kudu jadi perhatian juga, ya. Di saat mudik begini jalanan ampun-ampunan macetnya. Makasih masukannya, Mas. Nanti saya tambahkan ke artikel deh. Penting banget soalnya. :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)