23.6.17

Main-main ke Indo Wisata Permata, Yuk!


Teman-teman, liburan sudah tiba. Liburan sekolah dan juga liburan Lebaran. Sudah pada punya jadwal ngabisin liburan di mana? Buat yang di Bandung, atau menjadikan Bandung sebagai salah satu kota untuk ngabisin Liburan, saya punya referensi tempat oke untuk disinggahi. Namanya Indo Wisata Permata atau biasa disebut IWP. Benar, sesuai namanya, tempat ini merupakan tempat yang ada hubungannya dengan permata. Mau tahu seperti apa asyik dan serunya berwisata ke tempat ini? Yuk terus disimak aja tulisan saya yang satu ini.

Berlian Indonesia
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Tak terkecuali dengan permata. Batu mulia yang dikandung Indonesia sangatlah banyak. Termasuk dengan intan. Batu mentah yang jika sudah diolah disebut sebagai berlian ini, di mata dunia internasional, sudah dianggap sebagai batu mulia yang berkualitas tinggi. Sejajar dengan berlian yang berasal dari Afrika Selatan.

Fyi, berlian itu dinilai kualitas dan mahalnya dilihat berdasarkan 4C, yaitu Color, Clarity, Carat, and Cut. Warna, kejernihan, karat, dan potongan. Untuk warna, berlian yang bagus, itu tidak berwarna. Untuk kejernihan, berlian yang bagus tentu harus jernih. Untuk karat, semakin besar karatnya, semakin mahal. Karat sendiri merupakan ukuran/besar berlian. Satu karat itu sama dengan 0,2 gram. Ada pun potongan, semakin presisi potongan berlian, semakin mahal harganya. Sebab potongan ini menentukan kilau berliannya.

Nah berlian Indonesia, semua syarat 4C tadi hampir terpenuhi. Hanya C terakhir sajalah yang mungkin masih belum bisa sempurna. Sebab kebanyakan, pengolahan berlian di Indonesia masih bersifat manual. Oleh karena itulah, Bapak Yopi Mesa Yudi akhirnya membangun IWP. Selain karena hobi akan berlian, juga karena ingin membuat tempat pengolahan intan menjadi berlian berkualitas sempurna, yang menggunakan alat modern. Tak sampai di situ, beliau juga membuka tempat ini menjadi sebuah tempat untuk berbagi pengetahuan mengenai berlian kepada masyarakat Indonesia.

Keseruan Berwisata Berlian di IWP
Keseruan berwisata di IWP diawali dari masuknya kita ke dalam sebuah ruangan tertutup. Di ruangan ini, kita akan mendapat ilmu mengenai berlian secara umum, terutama mengenai berlian yang ada di Indonesia dari video singkat dan juga gambar-gambar. Begitu ke luar dari ruangan ini, dijamin deh, sight kita tentang berlian akan semakin bertambah.

Ruangan tempat diputarnya video mengenai kekayaan batu mulia Indonesia

Setelah dari ruangan tertutup tersebut, kita lalu akan masuk ke sebuah lorong berkaca. Di tempat ini, kita akan melihat tahapan-tahapan proses pengolahan intan yang masih mentah menjadi berlian yang cantik dan mahal. Mesin-mesin modern, para pekerja yang  sedang berkonsentrasi membentuk berlian, dan semua proses yang ada di sana, jelas akan membuat kita terpukau.

Seorang pekerja berlian yang sedang mengoperasikan mesin pengolah intan

Pekerja yang sedang membentuk berlian

Pekerja yang sedang mengolah berlian

Serius, saya rasanya gak percaya jika berlian cantik yang nempel di cincin, gelang, kalung, atau perhiasan lainnya itu awalnya berasal dari batu gelondongan yang gak ada cantik-cantiknya. Tapi setelah mengalami berbagai proses, batu itu baru kelihatan cantiknya.

Serunya berwisata ke IWP bareng teman-teman

Oh ya, untuk pengolahan secara manual, satu batu intan mentah hingga menjadi berlian yang siap digunakan, itu prosesnya bisa mencapai 7 hari. Nah di IWP, proses ini bahkan bisa kurang dari 1 hari. Dan tentu dengan kualitas yang jauh lebih baik daripada yang dihasilkan melalui proses manual.

Ini Lho yang Bikin Mupeng!
Setelah ke luar dari lorong berkaca, kita akan masuk ke sebuah ruangan besar. Ruangan yang merupakan galeri tempat dipajangnya semua berlian yang sudah jadi. Dari ukuran kecil, hingga ukuran besar. Dari mulai cincin, gelang, hingga kalung. Masuk ke ruangan ini sungguh bikin saya mupeng.

Galeri tempat display berlian yang sudah dalam bentuk perhiasan

Perhiasan-perhiasan berlian yang sangat cantik

Kalung-kalung berlian

Iyalah, cewek mana sih yang matanya gak ikut-ikutan berkilau saat lihat berlian tepat di depan mata? Semua cewek pasti begitu. Duh… cincin berliannya cantik-cantik. Gelang berliannya sangat memukau. Dan kalung berliannya sukses bikin ngeces!

Cincin-cincin berlian yang siap dijual. Harganya tinggal dikalikan 1000 saja. :D

Gelang-gelang berlian cantik

Di galeri ini, selain melihat-lihat perhiasan berlian tersebut, kita juga bisa membelinya. Harganya bervariasi. Dari yang ratusan ribu, hingga yang miliaran. Serius, di galeri tersebut ada perhiasan berlian yang harganya 1,75M. Wow!

Kalung berlian seharga 1,7 Miliar

Menurut mbak-mbak pemandu yang ada di sana, kita bisa membeli berlian secara lepas dan juga berlian bersertifikat. Sertifikatnya sendiri dikeluarkan oleh Gemological Institute of America (GIA). Nah, yang ingin beli berlian yang terjamin keasliannya, membeli berlian bersertifikat GIA adalah pilihan terbaik.

Berwisata Berlian ke IWP, Yuk!
Siapa pun bisa datang ke IWP. Anak-anak, remaja, dewasa, atau lansia. Perorangan atau pun banyakan. Setiap hari, dari pukul 10.00 – 17.00 WIB. Tapi, untuk bisa melihat proses pengolahan, teman-teman sebaiknya datang di hari Selasa sampai dengan Minggu. Sebab di hari Senin, proses pengolahan berlian libur. Tapi galerinya sih, tetep buka seperti biasa.

Gak usah ragu untuk berkunjung karena gak akan beli berlian. IWP juga terbuka kok untuk yang berkunjung dan hanya ingin lihat-lihat saja. Dan catet, ya, berkunjung ke IWP itu GRATIS alias tanpa harus bayar tiket masuk.

Yang mau pesan perhiasan costumize juga bisa ke IWP. Misalnya buat wedding ring, kado pernikahan, atau apa pun. Bentuk, selera, hingga harga, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Perlu cincin berlian untuk wedding ring? Datang saja ke IWP

Nah, tunggu apa lagi? Yuk main-main ke IWP. Sudahlah kita dapat pengetahuan tentang berlian, bisa cuci mata dengan perhiasan-perhiasan berlian cantik, gratis pula. Ayo ajak anak-anak, teman, keluarga, atau mungkin kekasih tercinta. Sesekali wisatanya ke tempat yang unik. Jangan ke mall mulu. Bosen! :D


Takut Kelaparan? Tenang, Ada Skylight Kafe!
Benar, main-main ke IWP gak mungkin kelaparan. Setelah asyik cuci mata dan apgred pengetahuan, kita bisa mampir ke Skylight Cafe yang tempatnya masih satu gedung dengan IWP. Di café ini kita bisa memesan makanan apa pun. Dari makanan bercita rasa western atau pun makanan khas Indonesia. Dan semua makanan di IWP dijamin halal.

Skylight Cafe bagian luar

Skylight Cafe bagian luar

Makanan-makanan di Skylight Café enak-enak, lho. Pizza, Sop Buntut, Iga Bakar, atau pun Steak-nya endeuuuus banget! Bahkan pizza-nya, kata saya sih lebih enak daripada pizza merk terkenal itu. Gak percaya? Sok aja icip sendiri! Rate harga di Skylight Café juga gak terlalu mahal. Dari yang harga 20 ribuan hingga ratusan ribu. Berbagai minuman juga tersedia di sana.

Skylight Cafe bagian dalam atas

Skylight Cafe bagian dalam atas

Yang suka dengan seni, lebih tepatnya lukisan, di IWP juga ada galeri seni. Teman-teman bisa melihat-lihat lukisan yang ada di sana. Mau beli juga bisa.

Lukisan yang ada di Art Gallery IWP

Selfie dengan latar salah satu lukisan yang ada di Art Gallery IWP

Tunggu Apa Lagi?
Tuh, saya udah jelasin semuanya tentang IWP plus Skylight Café. Yuk ah main-main ke sana, sebelum liburannya keburu abis. Pokoknya, main-main ke IWP dijamin akan membuat liburan semakin berkesan. Iya dong, kita kan jadi nambah pengetahuannya.

Oke, segitu dulu tulisan saya kali ini. Mau tahu lebih lanjut soal ini-itu tentang IWP atau Skylight Café, silakan saja browsing di website-nya, atau nanya langsung ke bagian informasi. Nanya langsung ke Public Relation-nya juga bisa. Nih, saya tulisin semuanya lengkap di bawah tulisan ini. Sampai ketemu di tulisan berikutnya. Selamat liburan! :)


Indo Wisata Permata
www.indowisatapermata.com
Komplek Citra Green Dago, Blok N 1-10
Dago – Bandung
info@indowisatapermata.com
Buka setiap hari
10.00 - 17.00 WIB

Skylight Cafe, Resto & Lounge
Komplek Citra Green Dago
Blok N 1-10, Bandung
Buka : 10.00-22.00

Untuk reservasi dan kontak lebih lanjut:
DIAN (PR manager) 08112000499

37 komentar:

  1. Udah lama penasaran sama IWP ini. Cuma lewat-lewat doang. Alhamdulillah seneng bisa baca reviewnya. Makasih Nia 😘

    BalasHapus
  2. Wow harganyaaa :O penasaran ih, kapan2 mau main ke sana juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, fantastis. Yuk main ke IWP. :)

      Hapus
  3. Luar biasa nih wisata permata. Pasti ngiler banget pengen punya permata. Hehhe. Aku pernah di Malaysia wisata permata, mba. Duh pengen beli tapi mahal euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu. Sekarang mah, cukup lihat2 aja deh. :D

      Hapus
    2. Tapi walau lihat2 juga godaan juga nih mba karena bagus2. Hhehhee

      Hapus
  4. Bagusss bagusss mbaak berliannyaa. . Cantikkk gtu dipake. . Hehehe interior IWP jugaa baguss ya mbaak. Instagrammable bangeeet. Jd pengen kesanaa 😂😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Lucky. Kalo ke Bandung, coba mampir, ya. Seruuu!

      Hapus
  5. Mak Nia ngantongin satu gaaak? 😂 Bisa mimpi2 deh pulang dari sana..mimpi bawa berlian.

    BalasHapus
  6. Ngiler sama berlian yg buat investasi kalau saia. :)

    BalasHapus
  7. Ini tempatnya memang sudah didesain untuk wisata ya? Bayangkan bisa duduk-duduk cantik di skylight kafe setelah melihat pengolahan permata. Cakep2 permatanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mak. Kalo ke Bandung, mampir deh. Seruuu!

      Hapus
  8. wih ikutan mupeng, kirain harganya cuma 33.600 hahaha taunya dikali 1000, glek glek..!
    Salut sama pekerjanya, pastinya telaten sekali

    BalasHapus
  9. Komplit ya! Belum pernah nih wisata permata gini, unik dan seru deh kayaknya :D

    BalasHapus
  10. Widihhh kerenn dah, tapi saat beli juga harus berjaga jaga karena serem banyak kasus kasus yang kemalingan kecopetan dan lain sebagainya

    BalasHapus
  11. view dari cafe bikin klepek-klepek haha jadi ngerasain gimana sejuknya melihat hijau bumi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mas. Yang di atasnya bikin kita bisa liat view Kota Bandung 360 derajat. :)

      Hapus
  12. Tulisannya seru.. Kerenn.. Pengen maen2 ksana.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk main ke IWP. Seru, lhooo.. :D

      Hapus
  13. melihat tampilan, suasana, dan kelengkapan dan prasarana yang ada di Indo Wisata Permata sepertinya sangat cocok ketika abis dapet laba bisnis deh nih sekalian bawa ibue untuk bisa memilih permata sebagai tanda cintaku padanya juga sih.

    SELAMAT IDUL FITRI, TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Selamat Idulfitri juga. Mohon maaf lahir dan bathin. :)

      Hapus
  14. Wah, keren banget.. Gratis lagi.. kapan" kalo kebandung mampir deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ke Bandung. Dan mampir ke sini. :)

      Hapus
  15. Waah asyik banget ini mah teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, Maaak. Bikin mupeng. :D

      Hapus
  16. waaah itu berliannya bikin ngecess hihihi.. ada aja yang baru ya mbak kalau Bandung, hmm jadi pingin main-main kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ke Bandung Dan mampir di IWP. :)

      Hapus
  17. Itu kalau ke sana mesti reservasi dulu, Ni?
    Tertarik sama kafenya aja sih, bukan sama berliannya. *emang aneh sih aku -_- *

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak usah juga gapapa, Teh. Mungkin reservasi it buat yang datengnya banyakan. Yuk ke Skylight, enak-enak makanannya. :)

      Hapus
  18. Berasa lagi di luar negeri, ternyata di Indonesia ada juga tempat untuk melihat pembuatan perhiasan ya

    BalasHapus
  19. Paling sukaaa kalo lihat tempat yang dikelilingi kaca-kaca bening kayak gini <3

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)