badge

19.12.15

Ini Lho 6 Manfaat Ngeblog Buat Saya


Beberapa waktu yang lalu, seorang teman saya semasa di SMA mengirim pesan via inbox Facebook. Meski pada akhirnya kami mengobrol ngalor ngidul, di awal percakapan, dia heran dengan apdetan-apdetan Facebook saya yang berisi tautan-tautan link blog. 

“Ni, kamu rajin ngeblog, ya,” ucap si teman.
“Gak juga. Kalo mood aja,” jawab saya.
“Kenapa ngeblog? Bukannya dulu nulis buku?” tanyanya.
“Hehehe… jadi lebih cinta ngeblog. Nulis buku gak kekejar DL-nya. Punya 2 balita susah bagi waktu,” jawab saya lagi.
“Tapi kan ngeblog gak ngasilin duit. Gak kayak nulis buku,” ujarnya.
“Siapa bilang? Ngeblog juga bisa ngasilin duit. Ya, walopun gak sebesar nulis buku, tapi lumayanlah dilakuinnya bisa sambil ngasuh bocah,” 

Seperti itulah kira-kira awal percakapan saya dengan si teman. Dia heran dengan saya yang kini lebih banyak nulis di blog ketimbang nulis buku. Ya, memang begitu adanya. Nulis di blog menjadi pilihan saya sekarang. Menyalurkan hobi menulis, mengisi waktu di antara mengurus empat anak, dan juga sedikit mengais rezeki. Meski tidak besar (banget), lumayanlah buat nambah-nambah beli tas Hermes. *Halah* Hehehehe….

Kalo sedang luang, menyikapi pertanyaan-pertanyaan yang sering mampir ke diri saya, seperti pertanyaan teman saya di atas, saya jadi sering mikir, “andai semua orang merasakan manfaat ngeblog, pasti semua orang bakal jadi blogger.” Iya lho, ngeblog itu banyak banget manfaatnya. Kalau saja sejak dulu saya tahu manfaat ngeblog, saya pasti sudah ngeblog sejak dulu *hadeuh pabaliut.* Mau tahu apa manfaat ngeblog yang saya rasakan? Ini lho 6 manfaat ngeblog buat saya

Menambah dan (mungkin) menyempurnakan kemampuan menulis

Iya, menulis di blog membuat kemampuan menulis saya bertambah. Sebab meski saya terjun di dunia tulis menulis (koran dan buku) itu sejak tahun 2004, kemampuan menulis saya sebelum ngeblog bisa dibilang hancur. Tidak tidak… sekarang pun sebenernya masih hancur. Tapi level hancurnya sedikit menurun. Saya sendiri heran kalau baca tulisan-tulisan saya zaman dahulu. Njelimet dan gak enak banget dibacanya. Sering saya mikir, “kok bisa ya tulisan kayak gitu dimuat di koran dan diterbitkan jadi buku? Ah mungkin para editornya kasihan atau mungkin gak ada tulisan lain. Jadinya, ya tulisan sayalah yang dimuat dan diterbitkan.” :D

Nah, ini saran saya buat yang mau jadi penulis buku. Sebelum menulis buku, coba deh menulis di blog dulu. Dengan menulis di blog secara teratur, kemampuan menulis pasti bertambah. Gak perlu belajar banyak teori menulis. Menulis secara teratur dan kemudian dibaca banyak orang lama-lama akan membuat tulisan menjadi bagus. Kalo kata temen saya sih, kemampuan itu tidak akan indah pada waktunya. Tapi butuh proses latihan yang terus menerus.

Melakukan sesuatu yang berbeda

Ya, ngeblog membuat saya melakukan banyak sekali hal-hal yang berbeda. Jika dulu saat menulis untuk koran dan buku itu saya hanya melakukan studi literatur melalui internet dan buku-buku, ngeblog membuat saya melakukan banyak hal. Dari mulai saya yang jadi suka potret memotret dan mengeditnya; saya menghadiri acara launching produk; saya ikut blogger gathering; saya meliput acara; hingga mengikuti banyak lomba yang berujung mendapat hadiah.

Ngeblog membuat saya ikut demo masak, padahal biasanya gak pernah :D


Ngeblog membuat saya bisa ‘megang’ pekerjaan yang lain

Euh… ini sebenernya mungkin karena saya bukan pekerja kantoran kali, ya. Dan iya, saya ibu rumah tangga yang hanya mengurus anak-anak di rumah. Jadinya ya, di sela-sela itu, saya masih bisa ngeblog. Semacam full time mother – part time blogger? Mungkin, ya. Yang jelas mah, ngeblog membuat saya masih bisa bagi-bagi waktu untuk ngurusin hal-hal lain. Kalau pun ada pekerjaan job review atau pun kerjaan lain yang berhubungan dengan ngeblog, DL-nya masih ‘manusiawi’ untuk seorang ibu beranak 4 yang dua diantaranya masih balita. Coba kalau menulis buku kayak dulu. Wah… gak kekejar deh DL-nya. Bayangin aja, dulu saya pernah dikejar menulis 9 buku (masing-masih 80 halaman) dalam waktu satu bulan saja. Kalah Sangkuriang. Begadang jadinya tiap hari. Kalau sekarang mah mana bisa. Siang riweuh sama duo balita, malemnya udah tepar kecapekan. 

Ngeblog membuat kita menginspirasi orang lain

Ecieeee… menginsprasi. Hehehe… maksudnya begini, ketika membaca blog seseorang, kita seringkali jadi mendapat ide untuk menulis atau melakukan sesuatu. Nah, seperti itu definisi menginspirasi di kamus saya. Ya, walau pun bukan inspirasi yang besar, membuat orang lain mendapat ide untuk menulis hal lain selain yang saya tulis, atau misalnya membuat orang lain peduli nilai Klout Score-nya, ngutak-atik HTML untuk optimasi SEO, atau membuat tampilan emailnya lebih profesional dengan signature WiseStamp setelah membaca blog saya, di situ saya merasa sudah menginspirasinya. Beuh… pede bingit, ya? Wkwkwkwk….

Ngeblog membuat saya percaya diri

Percaya gak kalo sebenernya saya itu orangnya pendiam dan pemalu? Pasti pada nggak percaya. Nah ini terjadi karena saya ngeblog. Iya, dulu sebelum ngeblog, lebih tepatnya sebelum terjun ke dunia tulis menulis, saya tuh orangnya gak pedean. Ngumpul di antara temen yang misalnya kerja di departemen anu, menjabat itu dan ini, atau ngumpul saat pembagian rapot di antara  para working mom, saya biasanya minder. Tapi setelah ngeblog, saya jadi lebih pede. 

Kalo ditanya kenapa, saya sebenernya bingung jawabnya. Mungkin karena dengan ngeblog saya jadi apdet dengan berbagai info. Jadi semacam gak takut aja kalo diajak ngobrol ke sana ke mari. Ngobrol gosip? Hayuk. Curhat politik? Kemon. Ngomongin resep? Gak takut. Ini itu mari…. Ngeblog beserta ritual blogwalking-nya membuat saya jadi tahu banyak hal. *Asal jangan ngomongin salary aja, ya. Dijamin langsung nyungsep deh. Hihihihi*

Ngeblog membuat saya ketemu banyak orang-orang baru

Ini juga yang membuat saya lebih pede. Saya jadi sering ketemu banyak orang baru. Baik saat acara blogger gathering, acara meliput, hingga workshop ini itu. Dulu saat belom ngeblog, bahkan saat menulis buku atau artikel koran, ke luar rumah paling saya ke toko buku buat nyari literatur. Nambah temen paling editor dan orang-orang penerbitan. Itu pun hanya di dunia maya via internet. Tapi dengan ngeblog, selain akrab di dunia maya, saya juga sering ketemu di dunia nyata. Teman nambah, rezeki dari silaturahim pun semakin berkah. Insya Allah, ya. :)

Ngeblog membuat banyak ketemu teman-teman baru
Foto: Facebook Kang Arul

Apalagi ya? Banyak deh manfaat ngeblog yang lainnya. Baik materil maupun nonmaterial. Pokoknya mah, ngeblog itu banyaaaaak banget manfaatnya. Nah selain manfaat-manfaat di atas, teman-teman punya manfaat lain dari ngeblog? Share yuuuuk…. 

21 komentar:

  1. Dulu saya ngeblog juga untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Banyak pengetahuan baru yang saya peroleh dari para master. Trus ngeblog sambil soft selling/promo. Tapi kini 100% selling..blog yang isinya artikel sementara saya shutt down dulu.

    BalasHapus
  2. ahh pokonya manfaat ngeblog sayah jadi ORANG KAYA.
    Kaya akan pengetahuan,
    Kaya akan pertemanan,
    Kaya akan pengalaman,
    Dan semoga tetep bisa kaya hati, agar bisa berbagi dan memberikan manfaat buat sekitar.

    eeeaaa...

    BalasHapus
  3. bener, setuju sama mba nia. meskj baru ngeblog lagi saya merasakan sekali manfaatnya. menemukan semangat baru, dunia baru, dan tentu saja guru baru. Mba Nia salah satunya. :-)

    BalasHapus
  4. keren mbak, kalau baca ini jadi semangat ngeblog lagi. saya memulai ngeblog sebenarnya sudah lama, tapi suka mood mood an. jadi sering sampai berbulan bulan ngga posting. kadang ada bulan rajin posting :)

    BalasHapus
  5. Iya juga ya mba.. ngeblog bs nyambi ngasuh anak. Nulis buku mgkn bagi sebagian org termasuk sy. Ga bs di sambi. Kudu serius dan fokus.. intinya keep writing aja ya mba hehe

    BalasHapus
  6. ini dunia saya yang lain. setuju sama manfaat yang mba NIa sampaiakn. aku juga ngerasa gitu banget, khususnya mengisnpirasi. kadang tulisan kita yang 'biasa' bisa bikin orang lain luar biasa. kayak kemarin..ada yang bbm 'thanks ya udah share soal ..bla..bla ..bla' banyak temen yang emang ngga pernah komentar tapi langsung private message ke saya. itu yang bikin establis sampai sekarang dan berusaha menyajikan yang terbaik

    BalasHapus
  7. Aku banget ni mbak..rasanya kalo udah duduk depan laptop trs ngedraft tulisan utk blog semua capek,kesel,galau hilang gtu aja.beberapa tahun ngeblog merasa menemukan dunia baru yg selama ni kucari cari eciyeee....
    Pokoknya i love ngeblog ahhh...
    Dan pengen bisa.menginspirasi juga kaya teh nia

    BalasHapus
  8. Kalau saya ngeblog itu untuk kesenangan, meski kadang stress juga pas buat tulisan lomba. Eh tapi stress juga perlu lho. Hidup kan gak asik kalau seflat televisi hahaha..

    BalasHapus
  9. Buat saya, ngeblog itu terapi mental, mak Nia. Saya mulai rajin ngeblog sejak keguguran 2,5 tahun lalu dan sampai sekarang masih berusaha konsisten.

    Saya setuju dengan poin-poin yang mak Nia tulis di atas, tapi yang pasti semuanya baru dirasakan kalau memang dinikmati. Jadi intinya memang harus dinikmati, ya mak?! ;)

    BalasHapus
  10. setuju sama apa yang ditulis Mbak Nia :)
    satu hal yang paling saya rasakan adalah setelah ngeblog saya mengenal banyak orang-orang baru yang sebelumnya tidak pernah saya tahu. Walaupun belum pernah bertemu muka dengan teman-teman blogger yang lain tapi bisa ngobrol dengan mereka lewat kegiatan blogwalking itu rasanya sangat menyenangkan :)

    BalasHapus
  11. buat akuuuu.. ngblog ituu buat menyelamatkan diri dari KEGILAAN! :))

    BalasHapus
  12. Nah ini dia..wajib banget baca artikel mbak Nia yang super keren buat ngecharger diriku yang mulai loyo dan angot2an ngeblog :D manaaaa mungkin dilirik agensi- dan fuluspun sukses kabooor :D hehehe

    BalasHapus
  13. Ngeblog juga bisa menampah pundi2 uang hehehe. Tp yg aku suka dari blog adalah menambah banyak temen kenalan, banyak temen banyak rejeki

    BalasHapus
  14. Setuju banget dengan tulisan mba Nia. Banyak inspirasi ketika BW. Aku jadi semangat ngeblog, belajar banyak hal.

    BalasHapus
  15. ngeblog bermanfaat mbaa...mengabadikan kisah keseharian hidup kita wkwkwk

    BalasHapus
  16. Setuju banget kalau ngeblog bikin kita jadi lebih percaya diri. Saya juga pemalu namun setelah ngeblog jadi lebih bisa mengekspresikan sesuatu dengan bebas.

    themelancholyofkaren.blogspot.com

    BalasHapus
  17. Hahahaa... Keren!
    Ayo2, ajarin ttg seo.

    Klo saya... Manfaat nge-blog... Eemm, apa ya... Bisa narsis kali ya :D

    BalasHapus
  18. Saya nge-blog untuk berbagi ilmu. bahkan beberapa blog saya, berisi catatan waktu kuliah. kalau disimpan di buku, mudah rusak dan musnah

    BalasHapus
  19. Pendiam dan pemalu? Masak, Mbak?
    Berarti kita samaan, dong! Hahaha

    BalasHapus
  20. Ngeblog itu butuh konsistensi dan Pede, kadang yang menghambat saya menulis itu karena kurang pede sama tulisan sendiri :D

    BalasHapus
  21. Siip...setuju semua...yg penting kosakata juga bertambah kemampuan menulis juga semakin yahud plus dapat byak teman...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)