badge

12.12.15

Membuat Signature Email yang Lebih Profesional dengan WiseStamp, Yuk!


Halo teman-teman, apa kabar? Sehat-sehat selalu, bukan? Alhamdulillah. Jaga kesehatan terus, ya. Desember ini, cuacanya hujan melulu. Kalo gak jaga kesehatan dengan baik, pasti gampang kena sakit. Pokoknya, makan, istirahat, tidur, dan olahraga teratur, ya. Biar tubuh selalu fit dan sehat. *Sok-sokan ngasih nasehat. Sendirinya jarang olahraga* :D

Teman-teman, di postingan kali ini, saya mau sedikit berbagi ilmu, yaitu membuat signature email supaya terlihat lebih profesional. Teman-teman blogger kan sering ngirim email ke klien-klien tuh, nah, dengan signature email yang terlihat lebih profesional, siapa tahu, job-job dari email yang terkirim menjadi banyak karena klien terpincut email yang lebih profesional itu. Gimana, mau kan dapet banyak job? Saya juga mau atuuuuh. Hehehehe...

Oke Kita Mulai!
Tahap pertama membuat signature yang lebih profesional ini diawali dengan membuka situs WiseStamp. Kenapa WiseStamp, sebab WiseStamp sudah memiliki template sendiri. Jadinya, kita tidak perlu susah-susah membuat template. Membuat signature email di WiseStamp sangat instant. Kita hanya perlu mengisi bagian-bagian kosong yang sudah disediakan.

Setelah home page situs WiseStamp terbuka, klik Login.


Karena belum punya akun, maka kita harus membuat akun terlebih dahulu. Supaya tidak ribet, saya lebih memilih login dengan menggunakan akun Facebook.


Setelah kita mengizinkan aplikasi membuat signature di WiseStamp dilakukan, kita akan langsung mengisi data-data kita di bagian yang disuruh. Kita langsung mengisi data tanpa memilih template, sebab pilihan memilih template terlebih dahulu diberikan pada akun berbayar. Sementara tutorial ini menggunakan template gratisan.


Isi semua data yang diminta. Tapi jika ada yang tidak bisa kita isi, misalnya Company (nama perusahaan) dan juga Fax karena kita tidak punya, kita bisa tidak mengisinya. Dan membiarkannya tetap kosong. Kemudian tambahkan foto dengan cara Change foto yang ada di sana dan lalu upload dengan file foto yang ada di PC/laptop kita.

Untuk Social Icons Design, karena default-nya hanya menyediakan 3 macam saja, yaitu Facebook, Linkedin, dan Twitter, kita bisa menambah social icons yang kita mau dan kita punya. Tinggal klik Add Another Profile, lalu pilih gambar icon-nya. Masukkan semua URL akun sosial media kita pada social icons yang bersesuaian. 


Selain akun sosial media, kita juga bisa menambahkan aplikasi ekstra. Misalnya saja aplikasi tombol Like us in Facebook jika kita memiliki fan page di Facebook; aplikasi tombol Follow Me (in Twitter); aplikasi Linkedin Follow; aplikasi munculnya status Facebook; aplikasi munculnya Latest Tweet; dan lain-lain. Jika teman-teman ingin dan punya, teman-teman bisa menambahkannya. Tapi dalam contoh tutorial ini, saya tidak menyertakannya. Alasan saya sih karena terlalu rame. Ikon sosial media saja rasanya sudah cukup. Toh masing-masing ikon tersebut sudah clickable.


Jika semua sudah beres, baca lagi dari awal supaya tidak ada yang salah. Dari mulai nama, alamat, nomor telepon, foto yang di-upload, hingga URL akun-akun sosial media kita. Barulah, jika semuanya sudah benar, klik Save Changes.


Pada saat kita klik Save Changes, dalam hitungan detik muncul kotak permintaan izin untuk menambahkan signature pada akun Gmail kita. Teman-teman bisa menambahkannya atau juga bisa tidak. Jika ditambahkan, dan di kotak tadi diklik maka nanti, signature yang kita buat tadi akan otomatis ada di dalam email yang akan kita kirimkan.


Tapi lihat, di bawah signature yang kita buat ada bagian yang 'sedikit' mengganggu, yaitu bagian yang bisa dibilang iklan WiseStamp. Dan ini juga menjadi penanda bahwa signature yang kita buat adalah signature gratisan. Sedikit gengsi kan kalau klien sampai tahu kita membuat signature secara gratisan? Nah untuk menghindarinya, saya sarankan, tahapan di atas, yaitu tahapan Add "WiseStamp - Email Signatures for Gmail" dilewat saja dan loncat ke tahapan berikut.

Hal berikutnya yang dilakukan jika teman-teman melewatkan tahapan Add "WiseStamp - Email Signatures for Gmail" adalah meng-copy semua data yang sudah teman-teman buat di WiseStamp. Caranya biasa aja seperti teman-teman meng-copy tulisan, yaitu dengan meng-highlight atau menandai semua bagian yang sudah dibuat dan lalu meng-copy-nya dengan menggunakan Ctrl + C


Setelah di-copy, paste-kan bagian yang di-copy di Gmail teman-teman. Caranya, pertama buka akun Gmail. Lalu masuk ke menu Setting.


Setelah ada di menu Setting, pilih menu General dan scroll ke bawah hingga menemukan bagian Signature. Barulah, signature yang tadi kita copy di WiseStamp, di-paste-kan di bagian yang kosongnya.


Jangan lupa untuk mencentang bagian bawah kotak tersebut, supaya signature yang kita isikan tadi selalu muncul otomatis ketika kita akan mengirim email.


Setelah itu, scroll ke bawah dan lalu simpan semua yang sudah dilakukan dengan cara klik Save Changes.


Nah sekarang, signature email yang lebih profesional kita sudah jadi. Untuk mengetesnya, coba kita membuat (Compose) email. Nanti, secara otomatis, signature email yang sudah kita buat akan muncul. 


Dan inilah tampilan signature email kita yang lebih profesional akan nampak di email yang diterima klien kita.


Nah, gimana, mudah kan bikinnya? Selain terlihat rapi dan profesional, ikon-ikon yang nampak di signature tersebut juga bisa diklik dan langsung menuju akun-akun sosial media kita. Barangkali saja kan klien kita pengin tahu seperti apa kegiatan kita di sosial media. Dan mungkin itu menjadi nilai tambah kita di mata mereka. So, pikir-pikir apa lagi? Mari membuat signature email yang lebih profesional dengan WiseStamp, Yuk!

37 komentar:

  1. Keren Mbak Nia. Makasih ya informasinya :)

    BalasHapus
  2. Dari dulu pingin beginian, makasih info dan ilmunya mbak :)

    BalasHapus
  3. wah keren tenan ..
    mantab..
    suwon mbak panduannya...
    izin praktek dulu hihihi

    BalasHapus
  4. Wh. Bookmark nih. Langsung bikin begitu buka laptop nih. Makasih sharingnya Mak.

    BalasHapus
  5. Mbak Nia, saya mau ngomong ini nih (boleh ya)
    "gue suka gaya lo nulis ginian :*"

    ^_^

    BalasHapus
  6. Aaarrghh mau coba ah, makasi Mak inpohny ;-)

    BalasHapus
  7. Wah.. Dengan signature ini jadi terkesan professional banget ya, mbak.. :)
    Perlu dicoba nih.. Terimakasih sharingnya.

    Salam hangat dari Bondowoso..

    BalasHapus
  8. Mau ah coba wisestamp ini.Soalnya selama ini masih pake signature ala ala. Ala ala gmail maksudnya :D

    BalasHapus
  9. Asyik dapat ilmu baru. Makasih Mba Nia

    BalasHapus
  10. Bookmark dulu, mau dibaca pelan2 ^_^ TFS ya mbaa

    BalasHapus
  11. kereeen keren.. br tau ada web yg bikin signature, lama2 kita dipermudah semuanya, tapi signaturenya juga bagus kayaknyan dipasang sebagai about me di blog

    BalasHapus
  12. selama ini pakai signature cuma buat email kantor. okedeh..langsung ke TKP..praktekin. makasih mba Ni

    BalasHapus
  13. wah ini infonya keren banget mak... hatur nuhun :D

    BalasHapus
  14. Wuahh.. kece! :D langsung praktek deh, izin bookmark ya mbak.

    BalasHapus
  15. Bukmark langsung!! Makasih mbak Nia :)

    BalasHapus
  16. oh ternyata pakai aplikasi ini ya mbak, AKu cobain deh bikin biar ikut keren kaya Mbak Nia

    BalasHapus
  17. Iya sih bener. Aku sering liat nih. Jadi keren ya emailnya

    BalasHapus
  18. Wah pas beneeer lagi cari-cari cara buat kaya gini, terima kasih yaa sharingnya :D :D

    BalasHapus
  19. langsung praktekin hihihi...makasih mba nia :)

    BalasHapus
  20. Oya ya...lain kali aku coba dech, jadi lebih profesional dan rapi emang ya. Makasih Mbak Nia

    BalasHapus
  21. Wow ... Keren nih. Terima kasih atas blogpostnya. Nanti saya cobain ya Teh.

    BalasHapus
  22. Ntar mau coba ah, ada fotonya juga ya? Keren.
    Aku selama ini pake signature biasa aja di gmail.

    BalasHapus
  23. waah... keren ya hasilnya :) jadi pengen

    BalasHapus
  24. wow kerennn! bukmark duyu. nanti emak gaptek lanjut ngoprek saat situasi tenang :P
    makasih tutotialnya makk :*

    BalasHapus
  25. jadinya memang kereeen ya mba...dengan foto dan penuh warna :)..mau cobaaa ah ;)

    BalasHapus
  26. Udah dicoba bikin mak nia, sesuai step2 dari dirimu, pas highlight trus copast, fotonya nggak muncul ya, nggak kayak contoh dirimu, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  27. Ilmunya banyak banget teteh...belum juga bisa yg satu dah nambah lagi.. Nuhun...nuhun...

    BalasHapus
  28. Punten mau nanya,

    Kalau dicopas seperti ini, ikon-ikon social medianya juga masih click-able di signature gmailnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih, mbak. Punyaku sampai hari ini masih clickable...

      Hapus
  29. sudah saya coba, car memberi signatur pad gmail.
    tapi kalo seting signature di yahoo mail gimana cara nya.

    BalasHapus
  30. Wah , makasih banyak Nia , langsung aku terapin ke Gmail aku. Sebelumnya email aku polosan , he.

    Salam kenal ya dari Kalsel

    BalasHapus
  31. Makasih infonya ya... Keren.. dicoba langsung berhasil... :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)