17.1.24

Mata Kering Karena Gadget? Ini Solusinya!


Memasuki usia 40-an ternyata memang ‘sesuatu’. Tak hanya bilangan usianya saja yang semakin bertambah. Keluhan yang dirasakan tubuh sepertinya juga begitu. Dari hari ke hari, ada saja hal baru yang tak mengenakkan. Mulai dari napas yang gampang ngos-ngosan, tubuh yang mudah capek dan pegal-pegal, memori otak yang semakin berkurang, dan hal-hal yang lainnya. 

Mata Bermasalah!

Baru-baru ini saya merasakan keluhan yang baru. Setiap kali bangun tidur, pandangan mata tak lagi secerah biasanya. Meski sudah dikucek berulang-ulang, karena rasanya pandangan mata terhalang sesuatu, tetap saja, apa yang saya lihat tidak sejelas seperti sebelumnya. Buram layaknya lensa kamera yang belum menemukan titik fokusnya.

Ya benar, keluhan mata saya tersebut masih berhubungan dengan penambahan usia. Kian hari, fungsi mata saya mengalami penurunan. Selain karena faktor usia, hal tersebut juga karena kebiasaan buruk saya. Banyak membaca di dalam gelap, banyak menatap layar gadget, hingga kurangnya konsumsi makanan yang berkhasiat di dalam menjaga kemampuan fungsi mata.

Selain penurunan kemampuan fungsi mata, saya juga merasakan keluhan lain pada mata. Setiap sesudah menatap layar gadget, mata saya pasti merasa lelah, perih, kering, dan kemerahan. Karena kejadiannya berulang setiap kali habis menatap layar gadget dalam waktu yang lama, jadinya saya tahu penyebabnya. Ya itu tadi, paparan sinar yang keluar dari gadget, yang menurut beberapa sumber, sinar tersebut merupakan sinar biru atau blue light. 

Setelah saya cari di berbagai sumber, sinar biru ini ternyata berbahaya untuk mata. Tak hanya keluhan yang nampak sepele seperti yang saya rasakan, mata lelah, perih, kering, dan kemerahan saja. Tetapi juga hal yang serius sebagai berikut (sumber 1). 

  • Mengganggu ritme sirkadian di mana akan mengganggu siklus tidur yang akhirnya bisa menimbulkan penyakit kronis, seperti obesitas, depresi, hingga gangguan bipolar). 
  • Menyebabkan kerusakan retina.
  • Meningkatkan risiko katarak.
  • Menimbulkan kelelahan pada mata yang gejalanya berupa pandangan kabur, susah fokus, iritasi dan mata kering, sakit kepala, dan juga sakit leher. 
  • Memicu permasalahan pada kulit seperti jerawat dan penuaan dini.

Duh ngeri ya ternyata kebanyakan terpapar sinar biru dari gadget. Hal-hal serius bisa mengancam kita. 

Gimana gak begitu sih, sejak tahun 2008, kerjaan saya memang selalu di depan gadget, khususnya PC dan juga laptop. Apalagi sejak jadi freelancer. Mengedit dan menulis naskah buku, ngeblog, hingga menulis konten yang saya lakukan bahkan tak mengenal jam kerja. Ditambah juga dengan hiburannya yang menggunakan gadget juga, makin tambah parah deh paparan sinar biru yang menimpa mata saya.

Kenalan dengan Insto Dry Eyes

Beberapa waktu yang lalu, saat saya merasakan mata lelah, perih, kering, dan kemerahan untuk kesekian kalinya setelah menatap layar gadget dalam waktu yang lama, saya meminta suami untuk mencari obat atau apapun itu yang bisa menyejukkan mata. 


Begitu ke apotek, penjualnya memberi Insto Dry Eyes. Alhamdulillah, setelah ditetesi Insto Dry Eyes, mata saya terasa segar kembali. Jadinya setiap kali keluhan yang sama terasa, saya pasti langsung memakai Insto Dry Eyes aja. Dalam hitungan detik, mata pun langsung seger dan enak kembali.

Waspada Gejala Mata Kering

Untuk teman-teman yang kerjanya seperti saya, banyak menatap layar gadget dalam jangka waktu yang lama, ayo waspada terhadap gejala mata kering. Bahaya mata kering tak hanya gak nyaman ke kitanya saja, mata kering jika dibiarkan bisa berbahaya yang bahkan bisa berujung pada kebutaan. Pokoknya begitu mata terasa pegel, mata terasa sepet, dan mata terasa kering saat berkedip, teteskan saja Insto Dry Eyes. Insto Dry Eyes sebagai #SolusiMataKering sudah saya rasakan sendiri khasiatnya.

Penyebab mata kering ini tak hanya karena menatap layar gadget yang terus menerus, Jjarang mengedipkan mata karena terlalu fokus dalam suatu aktivitas, misalnya membaca; kemudian juga menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu panjang; serta penguapan air mata yang berlebih juga bisa memicu gejala mata kering (sumber 2). 

Kenapa harus Insto Dry Eyes? 

#InstoDryEyes mampu mengatasi mata kering, mata sepet, dan mata pegal, itu karena Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang mampu bekerja memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering. Bahan aktif ini juga dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.

Tips Supaya Mata Tetap Segar dan Sehat

Untuk gejala mata kering, Insto Dry Eyes memang bisa menjadi solusinya. Namun hal itu bukan berarti kita jadi bisa seenaknya menggunakan mata kita. Menjaga kesehatan mata supaya mata tetap segar dan sehat tentu akan lebih baik. Toh rasa nyamanya kita sendiri yang merasakannya. 

Menurut berbagai sumber, berikut ini cara-cara atau tips yang bisa dilakukan supaya mata tetap segar dan sehat.

  • Memakai kacamata pelindung antiradiasi. Misalnya ketika banyak menggunakan gadget. Atau dengan mengupgrade gadget lama dengan gadget baru. Sekarang ini banyak produsen gadget yang sudah menggunakan layar gadgetnya dengan layar yang minim di dalam menghasilkan radiasi, terutama radiasi sinar biru.
  • Mengatur pencahayaan ruangan dan gadget. Misalnya dengan tidak terlalu silau, tetapi yang menyejukkan mata.
  • Menghindari penggunaan lensa kontak lebih dari 19 jam, karena dengan semakin lamanya penggunaan lensa kontak, akan semakin terasa gejala mata keringnya.
  • Mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung zat-zat yang berkhasiat. Misalnya saja buah-buahan yang mengandung vitamin A, vitamin C, lutein, karoten, dan yang lainnya. Adapun contoh buahnya adalah tomat, alpukat, pisang, brokoli, dan wortel. 
  • Melakukan peregangan mata di sela-sela aktivitas mata yang intens. Yakni supaya mata bisa istirahat. Misalnya dengan pemijatan pada wajah, memejamkan mata sejenak, serta menggerakan bola mata dengan cara melirik ke kanan-kiri-atas-bawah. 
  • Melakukan pemeriksaan mata secara rutin, supaya jika terjadi hal yang serius pada mata, bisa diantisipasi dengan cepat.

Yuk Jaga Mata Kita!

Mata adalah salah satu pemberian Tuhan yang banyak sekali manfaatnya. Untuk itu, kita harus selalu menjaga kesehatannya, supaya fungsinya senantiasa bagus. Caranya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dan jika terasa ada hal-hal yang mengganggu dan tidak nyaman, segera lakukan tindakan. Misalnya jika gejala mata kering terasa. Teteskan saja Insto Dry Eyes. Khasiatnya di dalam menyegarkan kembali gejala mata kering sudah banyak dirasakan. 

Ayo jaga kesehatan mata kita!



Referensi

Sumber 1 : https://hellosehat.com/mata/penyakit-mata/3-bahaya-akibat-paparan-cahaya-biru-dari-layar-gadget/
Sumber 2 : https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes

13 komentar:

  1. memang ya mbaaa usia gak bisa boong hehehe... sudah perlu perawatan ekstra untuk kesehatan tubuh :)
    bener banget mbaa...aku jugagitu berasa perih panas nie mata kalo terllau lama liat laptop apalagi semua sekarang serba gadget,,hiburan pun kitadapet dr gedget duhhh.,,
    aku kini dirumah juga selalu sedia insto dry eyes mba..tiap mata berasa mulai perih langsung deh tetes insto dan alhamdulillah jadi lebih enakan :)

    BalasHapus
  2. Pernah mata kering lalu merah2 dan sakiit banget. Emang bagi kita yg sering kerja di depan gadget kudu setia Insto Dry Eyes di rumah ya. Mata jadi kembali sehat dan gak takut lagi kena sindrom mata kering.

    BalasHapus
  3. Buatku product ini seh memang wajib selalu ada di tas dan dirumah karena aktifias melihat hp dan laptop itu perlu netralin mata yang sering kering.

    BalasHapus
  4. Iyaa kadang saking asiknya kejar deadline atau pas lagi ada ide jadi ngga sadar kelamaan di depan laptop, walhasil mata kena sindrom dry eyes deh huhu

    BalasHapus
  5. Bener banget, mata skrg lbh cepat terasa kering, apalagi kalau sdh kelamaan liat gadget. Skrg kemana2 saya pasti bawa deh Insto Dry Eyes. Sesekali pasti saya pakai. Berada di luar pun jg mata bs iritasi krn debu. Udah perlu bgt lah sekarang

    BalasHapus
  6. pastinya bakal ngebantu banget buat para pekerja yang seharian depan gawai seperti laptop dan hp, sehingga membantu mengurangi mata kering kita akibar menatap layar gawai seharian

    BalasHapus
  7. Aku pikir gak karena usia aja yaa, teh..
    Aktivitas ini ngaruh banget. Kemarin, anakku di asrama curhat kalau matanya blurry. Pandangan gak jelas atau kabur ini jadi keingetan sama gejala mata kering gasii, teh.. Akhirnya aku bekelin Insto Dry Eyes.

    Semoga sehat-sehat selalu dengan aktivitasnya yaa, teh..

    BalasHapus
  8. Insto itu udh sejak zaman aku sekolah kayaknya selalu ada di tas 🤭. Soalnya dulu mata sering merah kering gara2 naik motor ke sekolah kan. Jadi kena debu segala macam.

    Sekarang udah kerja, penyebabnya beda. Mascara yg ga cocok , debu juga.

    Dan ini berguna bgt pas aku ngetrip kemarin mba. Krn kebetulan lagi salju dan di beberapa tempat angin saljunya kuat, jadi sering masuk mata 😅.

    Pediiih dan pastinya bikin merah. Makanya aku selalu tetesin insto tiap udh balik dari jalan Ama sebelum pake make up mata. Bikin mata seger setidaknya 👍🏿

    BalasHapus
  9. Sepertinya sekarang sangat jarang orang yang enggak pegang ponsel. Dari anak-anak sampai dewasa. Yang dikhawatirkan mata jadi gampang lelah dan bermasalah. Insto ini jadi salah satu produk yang bisa diandalkan untuk mengatasinya ya.

    BalasHapus
  10. Aku punya dua tetes mata, satu buat di tas biar gak kelupaan bawa, satu lagi ada di meja kerja (di rumah) buat dipakai kalau mata sudah terasa kering karena kebanyakan liat laptop... temen aku banget deh... hehehe...

    BalasHapus
  11. Permasalahan mata kering ini memang amat sangat mengganggu buat kita yang bekerja di bidang kreatifbis. Kenapa? karena kerjaannya melototin komputer ataupun handphone ataupun gawai lain.Oleh karena itu kita butuh sesuatu untuk mengatasi mata kering ini kalau nggak kerjaan bisa Ambyar

    BalasHapus
  12. konsumsi buah dan sayur bagus buat mata, tapi aku sendiri malah ga begitu suka sayur, dan untuk buah juga milih-milih.
    beneran kalau udah berhubungan sama mata rasanya ga enak, entah kelilipan atau mata kering.
    mata dibuat berkedip aja rasanya perih, dan brand insto aku kenal sejak aku masih kecil, langganan keluarga aku juga, terutama dulu yang sering pake adalah bapakku

    BalasHapus
  13. Mata adalah senjata buat kita yg suka nulis maka wajib dijaga baik-baik. Saya setuju kata mbaj Niah, walaupun sudah ada Insto yg bisa membantu menyegarkan mata kita, tetap kita wajib menjaganya dengan berbagai cara.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)