24.10.22

Forum MPR Sedunia di Bandung


Hola manteman, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat, ya. Alhamdulillah, saat ini saya dan keluarga juga sedang dalam keadaan sehat wal afiat.

Teman-teman, Hari Sabtu, 22 Oktober 2022 yang lalu, saya dan teman-teman Blogger Bandung berkesempatan ikut acara Diskusi Dengan Netizen, lho. Acaranya seru banget, sebab menghadirkan pembicara: Wakil Ketua MPR RI, Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad; Plt. Deputi Bidang Administrasi Setjen MPR RI, Siti Fauziah, SE, MM; Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga, Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Budi Muliawan, SH, MH; dan juga Ketua Komunitas Blogger Bandung, Agus Wibowo alias Bang Aswi sebagai moderator.

Pak Fadel Muhammad

Ibu Siti Fauziah

Pak Budi Muliawan

Bang Aswi

Event Forum MPR Sedunia

Acara Diskusi Dengan Netizen bareng MPR kali itu bukanlah yang pertama. Kayaknya sih udah 5 kali. Saya sendiri, sudah ikut acara serupa sebanyak 4 kali, termasuk yang kemaren itu. Nah karena bukan yang pertama kalinya, jadinya saya kira pertemuan Sabtu lalu itu bakalan membahas mengenai Pancasila, Nila-nilai Pancasila, dan juga 4 Pilar Kebangsaan dan berbagai aplikasinya, seperti biasanya. Eh ternyata bukan. Gathering bareng MPR RI Sabtu lalu berbeda.

Ya berbeda. Ibu Siti Fauziah dan Pak Budi Muliawan membuka gathering kali itu dengan sebuah informasi mengenai MPR RI yang akan membuat sebuah event Forum MPR Dunia di Bandung, pada tanggal 24 – 26 Oktober 2022. Di kesempatan tersebut, ada 50 negara Islam yang diundang. Sejumlah agenda sudah disusun. Dari mulai yang sifatnya resmi, hingga acara seru.

Tak lama setelah itu, Pak Fadel Muhammad pun datang, beliau yang kemudian menjelaskan secara detail mengenai event Forum MPR Sedunia tersebut. Menurutnya, tujuan utama dari terselenggaranya Konferensi Internasional yang diikuti para Ketua Majelis Permusyawaratan, Majelis Syuro, atau lembaga sejenis dari negara-negara Anggota Kerja Sama Islam itu adalah untuk mempersatukan bangsa-bangsa. Menurut Pak Fadel, beberapa negara, misalnya seperti Arab Saudi dan juga Maroko antusias dengan diinisiasinya acara ini. 

Pak Fadel juga menegaskan bahwa konferensi tersebut sangatlah penting.  Sebab, dari forum tersebut akan muncul ide-ide yang brilian dalam lingkup dunia. Mungkin saja nantinya akan dibahas mengenai masalah krisis global dan juga solusinya. Yang pasti, event yang akan diadakan tersebut bertujuan menjadi ajang penjajagan kerja sama antara majelis permusyawaratan, dewan syuro, atau lembaga sejenis yang kelak akan diformalkan dalam bentuk Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat Dunia atau nama lain sesuai kesepakatan; menjadi bentuk dukungan atas Presidensi Indonesia dalam G20 dan penyelenggaraan KTT G20 di Bali; dan juga harapan Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat Dunia yang terbentuk akan menjadi legacy bagi MPR RI yang sekarang

Kenapa di Bandung?

Hal mendasar yang membuat Bandung dipilih jadi tempat dilangsungkannya pertemuan Forum MPR Sedunia ini yang utamanya adalah Spirit Konferensi Asia-Afrika.

Ya, kita semua tahu kan bahwa Bandung itu merupakan tempat dilangsungkannya Konferensi Asia-Afrika yang sangat bersejarah itu? Saat itu, perhelatan tersebut berhasil menyatukan negara-negara se-Asia-Afrika yang kemudian memunculkan semangat untuk mencapai tujuan bersama. Nah forum MPR Dunia nanti diharapkan akan kembali menghidupkan spirit Konferensi Asia-Afrika tersebut. 

Di samping juga kan Bandung itu juga punya sejarah tersendiri untuk MPR RI. Yakni sebagai kantor saat MPR RI bernama MPRS. 

Dalam hal menggali spirit KAA, salah satu kegiatan yang akan dilakukan di forum tersebut adalah “historical walk”. Jadi nantinya, delegasi konferensi akan berjalan kaki, mulai dari Hotel Savoy ke Gedung Merdeka, tepatnya pada tanggal 25 Oktober 2022.  

Sumber : Kompas

Lima Poin Penting Pembentukan Forum MPR Sedunia

Dalam Diskusi Dengan Netizen bareng MPR Sabtu lalu, Pak Fadel menyebutkan mengenai 5 poin penting yang menjadi alasan pembentukan MPR Sedunia. Namun saat itu, Pak Fadel tidak menyebutnya secara terperinci.

Barulah, beberapa saat sebelum forum dibuka, Pak Bambang Soesatyo atau yang akrab disebut dengan Pak Bamsoet menyebutnya secara detail.

Poin yang pertama adalah ikatan solidaritas di antara negara OKI dan PUIC yang begitu kuat, jadinya dibutuhkan saluran yang bisa mewadahi aspirasi, selain dari lembaga yang sudah ada. Nah Forum MPR Dunia akan sangat bisa memaksimalkannya.

Poin kedua, spektrum persoalan kemanusiaan di negara-negara OKI dan lain-lainnya yang membutuhkan peranan dari lebih banyak lagi elemen kelembagaan termasuk parlemen untuk bekerja sama dan berkolaborasi untuk berkontribusi menjadi solusi atas permasalahan yang ada.

Poin ketiga, pembentukan Forum MPR, Majelis Suro, dan nama sejenis lainnya juga dalam rangka menjadi mitra atau yang memperkuat fungsi dan peran dari PUIC.

Poin keempat, kerja sama antar lembaga dalam forum atau lembaga internasional diharapkan menghasilkan rekomendasi strategis yang bisa ditindaklanjuti lembaga itu atau mitranya, sesuai tugas dan fungsi lembaga itu. 

Poin kelima, kerja sama antar lembaga dalam organisasi internasional yang diharapkan dapat menguatkan kontribusi lembaga internasional yang sudah lama eksis dalam menyelesaikan persoalan kemanusiaan dan persoalan global, yaitu menciptakan perdamaian, peradaban, dan keamanan bagi keberlangsungan hidup manusia.

Semoga Saja!

Forum MPR Sedunia sedang dilakukan. Forum ini dihadiri 15 perwakilan negara, yang meliputi Bahrain, Maroko, Pakistan, Yordania, Yaman, Arab Saudi, Malaysia, Mesir, Palestina, Aljazair, Mozambik, Iran, Turki, Irak, dan juga Indonesia. Dalam forum ini hadir juga perwakilan dari Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC) atau organisasi parlemen negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) serta Liga Muslim Dunia.

Sumber : Kompas

Sebagai warga negara dan warga dunia, melihat bagaimana tujuan dari forum ini yang begitu positif, sudah sewajarnyalah kita mendukungnya. Sebab ya, seperti yang diucapkan para petinggi MPR RI:

“Dunia sekarang sedang “tidak baik-baik saja”. Pandemi Covid-19 yang belum reda, perang Rusia-Ukraina yang belum usai dan berdampak global, kesulitan ekonomi dunia yang diperkirakan akan menghadapi resesi besar tahun 2023, membutuhkan pemikiran-pemikiran jitu yang bermuara pada perlunya meningkatkan kerja sama antar-negara. Mudah-mudahan dari konferensi di Bandung ini diperoleh pemikiran-pemikiran penting.”

Aamiin aamiin aamiin ya robbal alamin. Semoga acara ini lancar, dan semoga tujuannya bisa tercapai!



16 komentar:

  1. seru ya acara di forum MPR sedunia ini, btw gagal fokus liat pak Fadel Muhammad, kayak agak beda wajahnya ya :D
    Oh ya, acara kayak gini bikin bangga ya, dan sepatutnya kita dukung

    BalasHapus
  2. Amiin.. Mudah-mudahan dari konferensi di Bandung diperoleh pemikiran-pemikiran penting yang mampu memajukan negeri sendiri juga ya kak.

    BalasHapus
  3. wah kerennnn
    kemarin saya pingin banget ikutan, karena kapan lagi dilibatkan dan bertemu langsung dengan tokoh-tokoh seperti Fadel Muhammad
    Sayang ada tugas lain yang harus segera diselesaikan

    BalasHapus
  4. Seandainya tahu tentang konferensi ini seminggu sebelum diadakan, pengen rasanya langsung meluncur ke Bandung dan menjadi saksi hidup dari event yang memorable ini. Sudah terlintas di pikiran bahwa akan melihat banyak orang penting yang berpengaruh pada peta politik negara-negara Islam di dunia. MashaAllah. Berkesan banget pastinya.

    BalasHapus
  5. Wah, seru acaranya, teh Nia . Ada bang aswi juga jadi moderator ya. Forum MPR sedunia bisa jadi jembatan untuk mengungkapkan gagasan penting terkait isu2 dunia yang penting unruk dicari solusinya ya.

    BalasHapus
  6. Aakkk acara yg sangat sarat faedah.😍🙏
    Pastinya MPR siap memberikan yg terbaik utk Bangsa ini yah 👍

    BalasHapus
  7. Wah, 15 negara bakal datang? Semoga suka ya sama Indonesia dan tercipta hal-hal seru dari pertemuan itu. Aku kapan2 pengen ah foto di jalan dari Hotel Savoy ke Gedung Merdeka. Kayaknya bakal banyak spot bagus ya?

    BalasHapus
  8. Wahyuindah14.26

    Lama gak kedengeran ya MPR ini. Semoga semakin maju ke depannya dan bisa menjadikan negara lebih baik. Aaamiin

    BalasHapus
  9. Sebagai bagian dari Bangsa Indonesia, saya sangat bangga dengan apa yang dilakukan Indonesia, apalagi ada kegiatan historical walk, pasti akan memberikan kesan tersendiri bagi semua peserta yang hadir

    BalasHapus
  10. Jalan Asia Afrika memang bersejarah banget, ya. Sejak dulu selalu jadi bagian dalam forum dunia. Suka sih kalau ke sana :)

    BalasHapus
  11. Semoga dengan adanya Forum MPR yang rutin diadakan dengan menggandeng blogger maka akan ada komunikasi yang baik terjalin dengan literasi yang sempurna untuk mendengar aspirasi rakyat mengenai apa yang mereka inginkan dan pemerintah bisa bantu lakukan.

    BalasHapus
  12. Wuah sekarang MPR lebih merakyat ya... lebih sering diskusi dengan orang-orang sipil... Forum MPR gak mampir Solo nih??? wkwk

    BalasHapus
  13. Asyik nih bisa ikutan acara ini ya mbak, secara bukan hanya menambah wawasan akan tetapi juga nambah ilmu nya ya

    BalasHapus
  14. Bagus nih jadi dengan cara ini wakil rakyat turba ya langsung ke masyarakat keren nih programnya

    BalasHapus
  15. asik nih acarany ,mbak

    BalasHapus
  16. FORUM MPR SEDUNIA. Wahh.. Keren banget kak. Mengundang 50 negara Islam di Dunia. Indonesia terutama Bandung jadi tuan rumah ya. Semoga tercapai kesepakatan yang baik buat negara di dunia ya kak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)