5.1.22

11 Makanan Jepang Favorit Keluarga


Hola manteman, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik, ya. Alhamdulillah, saya sekeluarga juga sedang dalam keadaan sehat wal afiat. 😊

Teman-teman, pada suka makanan Jepang, gak? Saya yakin teman-teman semua pada suka. Iyalah, makanan Jepang kan enak-enak, ya. Selain tentunya juga kaya gizi. Sebab pada umumnya, makanan-makanan Jepang ini komposisinya lengkap. Dari mulai karbohidrat, lemak, protein, hingga vitamin dan mineral, biasanya ada di dalam satu menu saja. Gak heran deh kalo makanan Jepang ini banyak disuka.

Makanan Jepang Favorit Keluarga

Nah ngomongin makanan Jepang, kali ini saya mau cerita tentang makanan-makanan khas Negeri Sakura yang jadi favorit keluarga. Terutama saya. Saking sukanya, tiap main ke mall, atau ke mana aja, yang dicari itu adalah makanan Jepang. Mau tahu apa saja makanan-makanan khas Jepang favorit saya dan keluarga? Ini dia!

1. Ramen  

Ini makanan Jepang favorit yang pertama. Semua dari teman-teman pasti sudah mengenalnya. Benar, mie khas Jepang yang penyajiannya beraneka ragam. Dari mulai beraneka ragam topping hingga aneka jenis kuah. Dari ramen kuah shoyu atau ramen kecap asin, kemudian ramen kuah miso yang sangat gurih kental; sampai ramen dengan kuah curry Jepang yang berempah, sangat saya suka. Dengan level pedas yang sedang, udah deh, enak banget disantap siang, sore, atau pun malam hari. 

2. Udon 

Makanan Jepang yang satu ini mirip banget dengan ramen, karena penyajiannya berupa mie yang ditambah kuah dengan aneka topping. Akan tetapi keduanya sedikit berbeda. Mie yang digunakan di dalam ramen itu lebih lembut dan ukurannya tipis. Nah udon, mienya cenderung lebih tebal. Rasanya juga tidak selembut mie ramen, melainkan kenyal.  

3. Miso Soup atau Sup Miso 

Sup yang satu ini juga saya suka. Sebab kuah supnya rasanya lebih gurih. Mana ditambah tahu sutra, rumput laut, dan juga aneka sayuran hijau. Lagi-lagi, dengan ditambahkan ‘sambal’, sup miso ini menjadi lebih kaya rasa.

4. Dorayaki  

Tak hanya Doraemon yang suka kue ini. Anak-anak saya juga menyukainya. Mereka nyebutnya pancake tempel. Habisnya memang bentuknya kayak 2 buah pancake yang direkatkan. Dengan penambahan isi cokelat, susu, hingga aneka jenis selai di bagian tengahnya membuat kue kesukaan Doraemaon ini semakin disukai anak-anak saya.

5. Takoyaki  

Kue asin yang satu ini paling enak disantap di waktu sarapan atau di waktu sore, bersama teh atau kopi panas. Setidaknya begitu buat orang-orang di rumah. Saya, suami, dan 2 anak abege sih sukanya takoyaki yang di dalamnya berisi gurita. Kenyal dan gurih-gurih gitu. Ada pun 2 anak saya yang kecil, mengganti isian takoyakinya dengan sosis, bakso, atau keju. Tetap enak deh apa pun isiannya.

6. Tempura 

Makanan yang satu ini, selain enak disantap sebagai teman ngopi dan ngeteh, juga enak dimakan sebagai teman makan nasi. Bahan utamanya bisa bawang bombai, udang, cumi, atau yang lainnya. Anak-anak saya nyebut tempura ini sebagai gorangannya orang Jepang. Dicocol ke sambal botolan, mantap!

7. Shabu-shabu  

Ini adalah makanan yang dicari saat ke mall. Shabu-shabu. Irisan daging sapi nan tipis, aneka seafood, hingga berbagai jenis sayuran yang dicelupkkan ke dalam panci yang berisi kaldu panas dengan bumbu tertentunya, sangat disukai keluarga saya. Kalo udah pesan ini, dijamin deh, semua rebutan untuk ngambil duluan.


8. Chicken Katsu

Anak-anak saya nyebut makanan yang satu ini sebagai steak bertepung. Sebab penyajiannya berupa potongan daging tipis, baik itu daging ayam atau pun daging sapi, yang digoreng dengan dibalur tepung terlebih dahulu. Rasanya yang krispi dengan disiram saus teriyaki, saus curry, atau pun jenis saus lainnya, atau bahkan hanya dengan mayonaise dan saus sambal pun, makanan ini terasa sangat lezat. 

9. Sushi  

Nah kalo yang ini, yang suka cuma saya, suami, dan 2 anak abege. Anak-anak yang masih kecil kurang suka. Ya, Sushi. Makanan yang terbuat dari nasi dengan dibumbui cuka khas Jepang, dan kemudian diisi dengan aneka seafood. Entah itu tuna atau pun salmon. Beli satu set sushi di resto makanan Jepang gitu, pasti aja gak cukup buat kami berempat.


10. Onigiri  

Onogiri bisa dibilang mirip dengan sushi. Tapi kalo dilihat dan dicicip, sedikit berbeda. Ya, bentuk serta bumbunya agak berbeda. Onigiri itu kalo di kita mungkin bisa disebut sebagai nasi kepalnya orang Jepang, yang dibumbui garam, merica, sedikit gula, wijen panggang, lalu rumput laut kering, dan juga bonito. Berbeda dari sushi yang kurang disukai anak-anak saya yang kecil, onigiri mereka suka. 

11. Donburi

Makanan Jepang yang satu ini juga kami suka. Yakni semangkuk nasi putih lengkap dengan lauknya. Dari mulai daging sapi diiris tipis, hingga bawang bombay. Namun tentu, karena kami muslim, donburi yang kami santap tentunya tidak menggunakan mirin. Cara ngeceknya sih ya pilih aja resto makanan Jepang yang sudah tersertifikasi halal.

Bikin Makanan Jepang Sendiri

Ini yang seru. Karena suka makanan Jepang, beberapa kali kami, yakni saya dan anak-anak membuat makanan Jepang sendiri. Yang praktis aja, onigiri dan sushi misalnya. Soalnya kalo menu yang lainnya, perlu bahan-bahan dan bumbu yang lebih khusus dan lebih banyak. Di tempatku, susah deh nyari bahan-bahan dan bumbu-bumbu tersebut.

Anak saya dan Sushi buatannya

Tapi, semua tak semudah yang dibayangkan. Padahal itu sushi atau pun onigiri yang terlihat begitu simpel. Bentuk sushi dan onigiri yang asalnya tampak sempurna, hanya dalam hitungan menit saja langsung ambyar. Dan begitu terus setiap kali dicoba. 

Ternyata masalahnya sederhana. Nasi yang kami pakai memang gak cocok untuk dibuat sushi dan onigiri. Diperlukan nasi yang punya tekstur pulen, lengket, serta mengkilat. Supaya sushinya merekat sempurna, dan tampilannya bisa cantik layaknya sushi di resto-resto Jepang. Huhu, susah dong ya. Masa iya untuk bikin sushi aja, kita mesti beli beras ke Jepang?!

Kenalan dengan Beras Jepang Okinawa

Eits, gak perlu ke Jepang! Beli beras asli Jepang bisa dari rumah aja. Iya, beli aja secara online di Tokopedia. Namanya Beras Jepang Okinawa, yaitu beras asli Jepang yang berkualitas premium. Bentuk bulirnya bulat pendek (short grain rice) dengan warna putih bersih. Tekstur yang pulen, lengket, mengkilat serta tidak aromatik membuatnya pas untuk dijadikan sushi atau makanan Jepang lain yang berbahan dasar nasi. Entah itu onigiri atau pun donburi. Dan tentu, dikonsumsi sebagai nasi biasa yang tersaji di piring dengan aneka lauk pun, nasi dari Beras Jepang Okinawa akan tetap enak disantap.

Keunggulan Beras Jepang Okinawa ini tidak hanya terletak pada rasanya yang enak. Beras jenis ini juga rendah kalori, tetapi nilai gizinya tinggi, sehingga bisa meningkatkan sistem imun tubuh secara alami jika kita rutin mengonsumsinya.

Beras Jepang Okinawa termasuk ke dalam jenis beras khusus atau Beras Tarabas (beras tipe Japonica). Suatu golongan beras berkualitas premium yang punya tekstur nasi sangat pulen dengan kadar amilosa yang rendah (17%). Dia tergolong sebagai sticky rice jadinya nasinya bisa disantap dengan menggunakan sumpit (sumber 1).

Belinya di Mana?

Seperti yang saya bilang di atas, beli Beras Jepang Okinawa cukup dari rumah saja. Ya, beli secara online di Tokopedia. Nama seller-nya Honest Global. Untuk direct link ke produknya bisa klik saja https://tokopedia.link/WpWJCoNtnmb

Beras Jepang Okinawa yang tersedia di toko ini dikemas dalam kemasan 5 kg dengan pengemasan secara Vacuum Packaging. Jadinya kita tak perlu khawatir, pengemasannya ini membuat beras yang kita beli terhindar dari kutu dan terjaga kelembapannya. Dan dengan penyimpanan di tempat yang bersih, kering, serta terhindar dari matahari langsung, stok beras ini akan selalu aman dan akan terus memiliki kualitas yang bagus. Yang menarik, Beras Jepang Okinawa ini halal. Dan saat ini sedang dijual dengan harga promo Rp93.000, dari harga normalnya Rp130.000 per kemasan 5 kg tadi. 

Wah…

Duh, lihat Beras Jepang Okinawa lagi dijual dengan harga promo begini, mendadak saya kepengen bikin sushi dan onigiri bareng anak-anak. Kalo berasnya bagus dan beneran beras Jepang sih, sudah pasti gak bakalan gagal kayak bikin sushi sebelum-sebelumnya.

Teman-teman ada yang suka bikin sushi atau makanan Jepang lainnya? Gimana, gak pernah gagal kan? Pasti sudah sejak lama pake beras Jepang ya? Atau malah sama kayak saya juga? Cobain yuk pake beras Jepang, biar hasil sushinya bagus, enak, dan bergizi!


Referensi

Sumber 1: https://www.litbang.pertanian.go.id/info-aktual/3017/ 


25 komentar:

  1. Waah kereen maak bikin makanan jepang sendiri, anak2ku termasuk penggemar masakan jepang dan kami biasanya beli hehehe jadi maluu kliatan emak males ya🤭

    BalasHapus
  2. beberapa makanan yang disebutkan favorit keluargaku terutama anak-anak nih..banyak juga ya..makanan jepang yang cocok sama selera kita..Berasnya jadi pengen cobain deh..

    BalasHapus
  3. Aku lumayan suka sih makanan jepang, tapi malas bikin. Eh salah, maksudnya emang nggak bisa bikin. hehehe. Jadi pengen nih beli beras jepang. Biarpun ntar lauknya pakai rendang tapi kalau nasinya dari beras jepang kayaknya bakal makin enak tuh.

    BalasHapus
  4. Benar2 penggemar masakan jepang ya sekeluarga. Beras jepang memang enak banget. Mau beli ah di tokopedia.

    BalasHapus
  5. Anakku suka yang berbau Jepang, termasuk makanannya...ya ampun list makanan di sini beneran bikin ngiler ...jadi pengin bikin sushi nih, mumpung beras Okinawa lagi promo pasti pas buat sushi ini

    BalasHapus
  6. wah enaknya bisa membuat sushi sendiri menggunakan beras Okinawa. Memag teh beras orang Jepang terkenal banget dengan kelezatannya. Saya pernah dibawain beras sama Komori Obaachan saat pulang dari Jepang, katanya khawatir anak saya kangen sama beras jepang hehe

    BalasHapus
  7. Wah iya, aku juga suka beberapa masakan Jepang
    Beras Jepang emang beda ya mbak, KLO buat sushi akan lebih enak KLO pake beras Jepang

    BalasHapus
  8. Keren nih ada beras Jepang. Tapi aku takut nggak bisa masaknya hehe. Selama ini ke resto deh kl lagi kangem donburi.

    BalasHapus
  9. Penasaran dengan beras Jepang ini apa mirip dengan beras yang dipakai di salah satu gerai bento di Indonesia ya nasinya pulen, agak lengket dan enak pisan, aku suka banget mi ramen...

    BalasHapus
  10. Dari semuanya yang ditulis di sini, Miso soup dan takoyaki yang masih kurang cocok untuk saya. Beras Jepang memang enak, ya. Pulennya tuh beda. Makanya saya juga suka

    BalasHapus
  11. Oalah...baru tahu aku mba, ternyata berasnya beda to. Tak kira klo di resto2 jepang/makanan2 jepang gitu beras nya sama kayak beras indonesia...makasih mb, infonya..bisa jadi referensi klo sewaktu2 membutuhkan beras jepang

    BalasHapus
  12. Diantara semua makanan Jepang diatas aku paling suka Ramen dan Sushi. Terutama Sushi ya itu bisa nagih-nagih makannya mba :)

    BalasHapus
  13. Aku bukannya gak suka, tapi emang jarang makanan makanan Jepang. Nunggu ke kota dulu, hehehe

    Btw soal Sushi, dulu kupikir juga semua nasi bisa. Eh ternyata gak. Kudu yang lengket kaya ketan. Belum kepikiran buat beli beras Okinawa. Ntar kapan-kapan mungkin ya

    BalasHapus
  14. Baca ini jadi inget, anak-anakku juga suka banget sama sushi dan ramen. Paling sering pesan dua menu ini. Pernah minta untuk dibuatin sushi, tapi akunya yg ngga pede bikin hehe

    BalasHapus
  15. Saya kira beras jepang itu lengket karena dicampur beras ketan. Ternyata memang ada beras khususnya ya. Jadi penasaran pengen nyoba...

    BalasHapus
  16. bersa makanan jepang emang bedaaaaa dan enak pulennya mantap. kalau ada beras jepang gini bisa ga ussah jajan sushi bikin sendiri tambah mayonaise, rumput laut. hmmm yummy

    BalasHapus
  17. Eh, iya nih teh..Kemarin di wa sama mas di Surabaya, katanya di Bandung sudah ada yang jual Beras Jepang Okinawa bahkan bibitnya.
    Jadi bisa menanam sendiri.
    Wah kebayang enaknya sushi dari sawah sendiri yaa..

    BalasHapus
  18. Lapeeeeeeerr
    Aku juga suka makanan Jepang terutama yang nasi2an kyk sushi atau onigiri itu makanan simple gtu ya bikinnya ya makannya apalagi buat bekel. Aku baru tahu mak beras Okinawa ini, kapan2 mau beli juga ah buat berkreasi bikin sushi di rumah TFS infonya :D

    BalasHapus
  19. shabu-shabu banyak sayur gitu pantas disukai keluarga. Belum pernah nyoba beras jepang sih.. enakan mana dari beras indonesia...

    BalasHapus
  20. makanan Jepang belum nyobain Mbk yang ini, jadi kepo deh. Oh ada yang jual juga ya beras Jepang bedakah rasanya?

    BalasHapus
  21. Beras Jepang memang lebih punel ya jadi rasanya enak dan kalau dibuat sushi hasilnya bagus. Setelah baca tulisan ini jadi pengen makan ramen.

    BalasHapus
  22. Baru kali ini lihat langsung beras Jepang yang digunakan untuk bikin sushi nih mba. Klo pas makan sushi itu ngebayangin kayak apa berasnya, emang jadinya kayak campuran beras dan ketan, terasa pulen dan agak lengket ya.

    BalasHapus
  23. Banyak juga ya macamnya makanan Jepang ini, tapi belum ada satupun yang pernah saya coba. Bikin sushi sendiri bisa ya mbak, keren lho. Berasnya pun pakai beras asli dari Jepang

    BalasHapus
  24. Duh iya nih, anak-anakku juga penggemar makanan jepang. Apalagi sushi.. Pernah bikin sushi sendiri tapi kayanya rasanya beda karena berasnya juga beda. Hihi. Jadi penasaran mau coba bikin sushi pake beras jepang okinawa iniii

    BalasHapus
  25. Aku juga sukaaaa makanan Jepang mba, makanya sebelum pandemi ga bosen2 balik ke Jepang, demi kulinernya juga 😄.

    Onigiri biasanya aku beli buat bekal di kereta kalo mau jalan jauh ke prefectures lain di Jepang. Murah ngenyangin.

    Ramen aku juga suka banget, walonharus hari2 Krn susah cari yg halal di Jepang untuk ramen.

    Dan seafoodnya, mereka seger2 banget, dimasak less bumbu, tapi rasa daging seafoodnya ttp enak , mungkin saking segernya.

    Naah kalo nasi mereka memang beda sih Yaa. Kemarin aku pengen bikin kimbab, nasinya juga pake nasi Jepang , bela2in beli walo agak mahal. Tapi supaya hasilnya bisa pulen 😁👍.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)