2.10.21

Pentingnya Sunscreen untuk Kesehatan Kulit


Berita kesehatan kali ini mari kita bahas mengenai pentingya penggunaan sunscreen untuk kehidupan sehari-hari. Saat ini tentu saja masih banyak sekali orang yang beranggapan jika kulit kita ini akan terlindungi dari Sinar Matahari jika ada dalam ruangan, padahal hal ini salah. Walaupun ada di dalam ruangan Anda ini harus tetap menggunakan sunscreen. 

Sunscreen ini adalah salah satu produk yang digunakan untuk merawat kulit. Sunscreen bisa melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV dari Sinar Matahari. Wajib Anda tahu jika Anda terpapar sinar UV secara berlebihan maka kulit Anda sangat beresiko untuk terbakar, jadi lebih gelap, bahkan terkena kanker. Sunscreen dan sunblock ini sangatlah berbeda. Sunscreen ini sengaja dibuat untuk menyaring, jadi masih ada sinar UV yang masuk ke kulit Anda. Sedangkan sunblock dibuat untuk menahan kulit Anda terpapar matahari. 

Biasanya sunscreen ini memiliki kandungan avobenzone dan axybenzone, sedangkan untuk sunblock biasanya memiliki kandungan zinc oxide dan titanium oxide. Supaya kulit Anda tetap sehat sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen setiap hari, walaupun aktivitas yang Anda lakukan hanya di dalam ruangan. Banyak sekali para ahli yang menyarankan penggunaan sunscreen di dalam ruangan tentu saja memiliki alasan. Hal ini karena sinar UV ini masih bisa masuk ke ruangan Anda melalui jendela yang ada di ruangan.

Jika lama-lama Anda diamkan, sinar UV yang mengenai kulit Anda ini bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit, dan resiko Anda terkena kanker kulit juga jadi semakin tinggi. Ada juga beberapa penelitian yang menyebutkan jika cuaca mendung, sinar UV ini masih tetap bisa menembus masuk ke dalam ruangan. Jadi bagi Anda yang memiliki anggapan jika kulit Anda akan terbebas dari paparan Sinar Matahari jika Anda ada di dalam ruangan sudah pasti anggapan tersebut salah. 

Saat Anda melakukan aktivitas di dalam ruangan atau rumah, cukup gunakann sunscreen ini 1 kali saja. Tapi jika Anda mulai mengeluarkan keringat atau tubuh Anda terkena air sebaiknya oleskan lagi sunscreen ke badan dan wajah Anda. Bagi Anda yang memiliki aktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen 30 menit sebelum Anda berada di luar ruangan. Selain itu, jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen tiap 2 jam sekali jika aktivitas di luar cukup lama. Apalagi jika tubuh Anda sangat berkeringat atau sudah terkena air sunscreen ini sangat wajib untuk dioleskan kembali.

Supaya efek dari sunscreen jadi lebih maksimal ketika Anda melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan dan di bawah Sinar Matahari, sebaiknya usahakan untuk menggunakan pakaian yang memiliki lengan panjang dan juga celana yang panjang. Usahakan juga menggunakan topi dan kacamata hitam guna melindungi wajah Anda dari paparan sinar matahari. 

Supaya perlindungan lebih maksimal, pilihlah sunscreen yang punya SPF minimal 30, karena tingkat tersebut bisa sangat baik untuk mencegah efek dari paparan Sinar Matahari yang tidak baik. Selain itu jangan lupa memilih sunscreen yang terbuat dari formula yang memang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

Jika kulit Anda termasuk yang berminyak, sebaiknya Anda pilih sunscreen yang tidak berminyak dan non-comedogenic. Sunscreen juga bisa membuat kulit Anda jadi lebih muda loh jika Anda rajin menggunakannya. Jadikanlah sunscreen ini sebagai produk yang wajib Anda pakai setiap hari. 

Semoga bermanfaat!


20 komentar:

  1. Saya masih nyari sunscreen yang pas, Mbak .. yang gak ngefek bruntusan di wajah. Memang harus pake ya untuk perawatan wajah.

    BalasHapus
  2. Setuju Teeh, Sunscreen ini penting banget. Aku yang bukan Skincare Addict pun selalu mengupayakan pakai Sunscreen terutama setelah ada masalah flek samar di pipi atas, hiks. Waktu treatment Rejuv ke Klinik Kecantikan dan wajahku di cek sama dokternya, ketahuan dong kalau aku pakai Sunscreen-nya kurang, karena biasanya aku pakai di pagi hari setelah mandi aja, yang seharusnya dipakai berkali-kali dalam sehari supaya maksimal, sekalipun kita banyak di ruangan tertutup, karena ada paparan dari gadget yang kita gunakan.

    BalasHapus
  3. Kalau dah musim panas dan sering beraktivitas di luar emang pntg bangey pakai sunscreen

    BalasHapus
  4. Saya kadang suka lupa pake suncreeen ini, malah kadang cuma pakai cream Day aja, hahaha

    BalasHapus
  5. Mpi demen nih kalau begini ada yang khusus untuk kulit berminyak jadi tidak nambah minyak di wajah saat pakai sunscreen.

    BalasHapus
  6. iya sunscreen itu penting
    apalagi buat aku yg tinggal di surabaya yang panas ini
    selalu pakai sunscreen dgn spf 50

    BalasHapus
  7. Bener banget emang Mbak, sunscreen ini salah satu upaya untuk melawan penuaan dini. Alhamdulillah aku udah nemu yang cocok sih, apalagi ada kemasan sachetnya. HIhihi. Tapi sayangnya aku kurang rajin buat oles tiap 2 jam. Paling pas mau keluar ruangan aja. Hhahaha

    BalasHapus
  8. Aku dulu mengira sunscreen hanya dipakai keluar rumah, skrng udah mulai paham kalau keluar teras mau jemur jg kulit bisa terpaoar sinar matahari ya mbak.
    Sekarang sih aku kalau di rumah makai pelembab yang jg mengandung sunscreen, iya sih gk tinggi2 spf-nya paling 25-30. Kalau keluar rumah bepergian baru pakai yg lbh tinggi lg spf-nya.

    BalasHapus
  9. Penting banget pakai sunscreen setiap hari. Kupikir waktu keluar rumah aja ternyata di dalam rumah juga perlu. Kalau SPF enakan yg 50 kali yaa supaya ga sering re-apply

    BalasHapus
  10. jadi inget ada nenek yang kerutnya dikit konon katanya rajin olesin sunscreen makanya akupun sekarang rajin ah biar pas tua kerutnya minim gitu teh :D

    BalasHapus
  11. aku tuh selalu punya sun screen mba tapi suka lupa untuk memakainya dengan teratur. Kecuali kalau mau diving hehe

    BalasHapus
  12. Penting banget ya pemakaian sunscreen ini bagi kulit kita setiap hari. Aku masih kadang-kadang aja nih, soalnya seringnya di rumah kadang lupa ngolesin, hiks. Trus kalau mau keluar rumah ya pas mau berangkat pakainya. Ternyata yang bener 30 menit sebelumnya yaa.
    Makasih sharing ilmunya, Mbak :)

    BalasHapus
  13. Salah satu skincare yang ngga boleh dilewatin itu selain cleaning, pakai sun screen ini.
    Sekarang tiap belanja atau keluar rumah walo sebentar dan pakai helm mesti minimal pakai sun screen biar kulit ngga gosong.
    Meskipun beberapa hari ini cuaca agak mendung pakai sin screen itu wajib yak

    BalasHapus
  14. Menggunakan sunscreen ini baru aku lakukan rutin 3 tahun terakhir ini, teh..
    Huhuu..selama remaja dulu hanya pakai moisturizer.
    Rasanya telat banget, tapi edukasi yang baik begini bagus banget untuk anak sekarang, pentingnya menggunakan sunscreen agar kulit terjaga dari sengatan cahaya matahari yang gak bagus.

    BalasHapus
  15. Makasih loh Mba Nia udah mengingatkan melalui artikel ini. dari seluruh rangkaian skincare, justru yang satu ini yang paling sering terlewat hehee.. padahal di usia yang udah 40 plus plus kudu makin menjaga kulit kan.

    BalasHapus
  16. Iya sunscreen tuh penting bnaget, jangan sampe skip ya teh. Saya termasuk yang jarang pake wkwkwkw kalau inget pake kalau buru2 lupa hahaha

    BalasHapus
  17. aku lagi cari mak tapi yag buat anak yang gak pait gitu ke mulut
    soalnya kerasa banget selama tinggal di sini jadi lebih hitaman wkwk

    BalasHapus
  18. Saya juga setiap hari pakai sunscreen
    Soalnya matahari di sini panas sekali
    Apalagi cahaya matahari tembus sampai ke dalam rumah

    BalasHapus
  19. Hampir dua tahunan ini aku gak pernah beli sunscreen lagi mbak, selama pandemi gak kemana-mana jadinya mubazir aja. tapi semenjak kuliah lagi dan banyak aktivitas diluar rumah baru aku beli lagi heheheh. Apalagi Bengkulu kalo panas ya panas banget.

    BalasHapus
  20. Aku setuju banget kalo sunscreen penting untuk kesehatan kulit. Karena emang katanya dasar utama skinker itu ya sunscreen ya maaaak.. walaupun kadang aku lupa juga pake sunscreen kalo keluar rumah.. wehehee

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)