27.9.21

Kuliah sambil Bekerja? Bisa, BINUS Online Learning Solusinya!


Siapa pun tak pernah menyangka, awal tahun 2020 lalu, negara kita diserang wabah. Bukan hanya negara kita saja, seluruh dunia bahkan juga mengalaminya. Ya, wabah Covid-19. Sebuah wabah yang berasal dari negeri Tiongkok di tahun 2019, namun menyerang seluruh negara di dunia di tahun 2020. Bahkan sampai sekarang, semua negara sedang berusaha memeranginya.

Semua bidang kehidupan terdampak wabah ini. Tak terkecuali dengan bidang pendidikan. Anak-anak sekolah dan para mahasiswa yang seyogyanya belajar mengikuti kurikulum yang sudah ditentukan, harus mengalami perubahan. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah dan kampus, tiba-tiba harus dilakukan dari rumah, secara online.

Anak-anak saya pun demikian. Si sulung dan anak nomor 2 malah masuk ke angkatan covid. Sebuah julukan untuk anak-anak yang lulus sekolah di tahun 2020. Angkatan pertama yang lulus tanpa melalui Ujian Nasional terlebih dahulu. Yang nilai-nilai kelulusan itu hanya ditentukan dari nilai raport dan juga nilai keseharian.

Karena tahu akan kuliah online, si sulung memutuskan untuk istirahat sejenak atau melakukan gap year. Entahlah apa penyebab pastinya. Yang jelas, menurutnya, kuliah online tak akan cocok dengan dirinya. Ada pun anak kedua saya, karena lulus SMP, dia tak punya pilihan lain. Dia pun akhirnya masuk SMA dan belajar secara online hingga sekarang.

Kuliah Vs Kerja

Cerita yang berbeda terjadi pada keponakan saya. Dia seangkatan dengan anak sulung saya. Akan tetapi, dia lulusan SMK. Nah karena teman-temannya banyak yang langsung bekerja, dia pun melakukan hal yang sama. 

Di pertengahan tahun, sepupu saya tiba-tiba ingin kuliah. Tapi, dia juga tak mau keluar dari tempat kerjanya. Sebab katanya, dia sudah betah. Kakak saya tentu saja bingung. Di satu sisi dia ingin mendukung anaknya, untuk kuliah dan juga tetap bekerja. Namun di sisi lain dia cemas. Dia takut anaknya itu keteteran. Bisa-bisa nanti anaknya malah jadi sakit. Dan ujung-ujungnya, kuliah tidak tuntas, pekerjaannya pun terlunta-lunta.

Kuliah Karyawan Binus University

Masuk kuliah karyawan memang merupakan solusi untuk orang-orang seperti keponakan saya. Tapi tentu, tak semua kuliah jenis ini bisa jadi pilihan. Sebab mungkin program pembelajarannya kaku dan tidak cocok. Diperlukan kejelian di dalam memilih, yakni yang fleksibel. Supaya tidak mengganggu waktu bekerja.

BINUS Online Learning adalah contoh dari kuliah karyawan yang fleksibel itu. Sebab BINUS Online Learning menawarkan program pembelajaran jarak jauh. Lulusan SMA/SMK sederajat dan bahkan Diploma (D3) yang ingin meraih gelar sarjana (S1), bisa berkuliah di sini. Waktu perkuliahannya sangat fleksibel. Jadi mahasiswa bisa menyesuaikan antara waktu kuliah dengan jadwal masuk kerjanya. Interaksi dengan dosennya juga tanpa ada batasan waktu dan tempat. Secara online dan tatap muka. Akan tetapi dalam hal tatap muka, itu dilakukan secara terbatas. 

Selain waktu dan pembelajarannya yang fleksibel, kuliah di BINUS Online Learning juga memberi value yang lain. Tahu sendiri kan BINUS University, sebuah kampus swasta yang cukup bergengsi. BINUS University sudah terkenal dan berprestasi. Jadinya berkuliah di kampus ini, bahkan di program kuliah karyawannya, mahasiswanya dijamin akan mendapat materi dan perkuliahan yang berkualitas. So lulusannya jelas akan jadi lulusan yang berkualitas pula.

Ah ya, BINUS Online Learning menggunakan sistem LMS (learning management system). Yakni sebuah sistem terintegrasi yang akan membuat jaringan interaksi. Baik itu interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa; interaksi mahasiswa dengan dosennya; serta interaksi antara mahasiswa dengan pembimbing akademisnya. 

Pembelajarannya sendiri bagaimana? Jangankan di masa pandemi seperti sekarang, bahkan sejak didirikan, BINUS Online Learning pembelajarannya sudah bersifat global. Pembelajaran tidak terbatas ruang, waktu, dan tempat. Dosen sedang di luar negeri, mahasiswa ada di daerahnya, atau di mana saja, pembelajaran bisa tetap dilakukan tanpa hambatan.

Pendaftaran BINUS Online Learning

BINUS University hadir di beberapa kota besar di Indonesia. Di antaranya Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Palembang, Malang, dan juga Semarang. Begitu juga dengan BINUS Online Learning-nya, di tiap kota-kota tersebut juga ada. Jadi siapa pun yang ingin bisa meraih gelar sarjana (S1), tapi terkendala masalah waktu, misalnya karena bekerja atau punya aktivitas yang lain, bisa ikut perkuliahan online di BINUS Online Learning, di kota terdekat di mana BINUS University berada.

Sebentar lagi perkuliahan BINUS Online Learning akan segera dimulai. Pendaftarannya bahkan sudah dibuka. Dan akan segera ditutup awal bulan Oktober 2021. Untuk Anda yang ingin tahu jadwal pendaftaran BINUS Online Learning di tiap kotanya, bisa melihat infonya di bawah ini.

Nah tuh, ayo buruan untuk segera daftar perkuliahan di BINUS Online Learning sekarang. Di Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Bandung, pendaftaran itu sampai dengan 1 Oktober 2021. Di Malang sampai 10 Oktober 2021. Dan malah, di Palembang dan Malang, masa pendaftaran sudah berakhir. Jangan sampai terlewatkan, ya. Akan sangat menyesal jika ditunda-tunda.

Jangan khawatir mengenai proses pendaftarannya. Daftar menjadi mahasiswa di BINUS Online Learning itu sangat mudah. Secara umum, kita hanya mengikut alurnya seperti yang digambarkan pada skema di bawah ini.

Lalu bagaimana dengan syarat-syarat Pendaftarannya? Ini dia!

Dan ini perincian biaya yang mesti dikeluarkan untuk perkuliahan di BINUS Online Learning. 

Relatif terjangkau! Dan biaya ini juga cukup fleksibel. Setiap mahasiswa nantinya bisa mengatur sendiri besarnya biaya kuliah. Bisa disesuaikan dengan kemampuan financialnya, yaitu dengan cara perhitungan berdasarkan mata kuliah  yang diambil dalam setiap semesternya.

Sistem Modular di BINUS Online Learning

Saat kuliah di kampus BINUS Online Learning, kita nantinya akan mengenal istilah Sistem Modular. Yakni sebuah sistem yang memungkinkan para mahasiswanya memilih sendiri jumlah mata kuliah yang ingin diambil. Hal ini membuat mahasiswa bisa menyesuaikan jadwal perkuliahan dengan aktivitasnya, misalnya bekerja. Nah sistem modular ini sendiri akan dimulai pada semester kedua setelah si mahasiswa menyelesaikan perkuliahannya di semester pertama.

Tentang BINUS University

Menjadi mahasiswa di BINUS Online Learning tentu tak akan afdol jika tak mengenal BINUS University. Yuk kenal lebih dekat dengan BINUS University!

BINUS University atau Universitas Bina Nusantara merupakan sebuah universitas swasta yang lokasinya ada di Jakarta, Indonesia. Universitas yang satu ini, dulunya merupakan sebuah institusi pelatihan komputer yang bernama Kursus Komputer Modern, yang berdiri pada 21 Oktober 1974. 

Seiring waktu berjalan, terlebih karena perkembangan yang pesat dan tingginya minat serta permintaan, institusi ini pun mengalami perkembangan juga. Dari perubahan menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) di tahun 1984; kemudian menjadi AMIK Jakarta di bulan Juli 1985; menjadi AMIK Bina Nusantara di bulan September 1985; menjadi 'Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK)' atau Institut Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer Bina Nusantara di bulan Juli 1986; dan akhirnya menjadi Universitas Bina Nusantara (Universitas Bina Nusantara atau UBINUS) pada 8 Agustus 1996.

Perkembangan BINUS University juga terjadi pada program-program yang ada di dalamnya. Seiring perubahannya itu, bertambah pula program dan fakultasnya. Dan kini, program serta fakultas di BINUS University terdiri atas Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Ilmu Budaya (Fakultas Humaniora), Fakultas Teknik, Sekolah Ilmu Komputer, Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Manajemen Bisnis, Sekolah Desain, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Sistem Informasi, Sekolah Akuntansi dan Keuangan, dan juga Program Pascasarjana.

Well…

Wah, BINUS University ternyata lengkap ya. Programnya banyak. Ada BINUS Online Learning pula yang bisa dipilih untuk kuliah karyawan. Udah gitu fleksibel pula. Baik sistemnya, perkuliahannya, hingga biayanya.

Kakak saya kudu tahu nih dengan BINUS Online Learning ini. Siapa tahu cocok dengan keponakan saya. Kebetulan ponakan saya itu jurusan Akuntansi. Fleksibelnya BINUS Online Learning rasanya pas dengan ponakan saya yang memang berniat kuliah sambil bekerja.

Teman-teman gimana, ada yang berencana kuliah sambil kerja juga? Atau mungkin anak-anaknya? BINUS Online Learning bisa dipilih nih. Yuk buruan daftar sekarang, pendaftarannya sebentar lagi ditutup. 


23 komentar:

  1. Bisa nih jadi solusi buat yang memilih kuliah sambil kerja, sudah ada BINUS Online Learning dengan sistem LMS (learning management system) yang terintegrasi yang akan membuat jaringan interaksi. Menarik ini!

    BalasHapus
  2. sat sekarang waktu memang sangat berarti ya mba.. kalau bisa kuliah sambil bekerja kenapa ngga? Ada solusinya nih

    BalasHapus
  3. Keponakan saya saat ini juga sedang bekerja dan ingin menambah skill untuk menaikan nilai tambah diri. Belajar online ini akan sangat cocok dengan dia ya. Binus Online School juga menawarkan jurusan yang sifatnya sesuai logika zaman, skill yang dibutuhkan di era milenial. Terima kasih infonya Mbak :)

    BalasHapus
  4. Tadinya sih pas denger BINUS itu something wow ya teh Nia,
    secara gitu terkenal bagus dan muahaaalllll

    anak temenku katanya setahun menghabiskan ratusan jeti untuk itu

    kalo ada program seperti ini, sih kayaknya berani lirik lirik jadinya

    BalasHapus
  5. Solutif sekali yaa.. Bagi yang waktunya sedikit tapi tetap mengingikan ilmu terus berkembang, bisa sekolah di BINUS dan mengambil program BINUS Online Learning. Apakah masa belajarnya akan sama seperti sekolah jenjang sarjana, teh Nia?

    BalasHapus
  6. Pak su angkatan pertama binus online nih teh. Kelar d3 lanjut s1 di binus online. Tugasnya lumayan dan bagus deh sistemnya. Ada beberapa kali jg tatap muka. Kampusnya udah terkenal bagus, lulusannya top2 deh 😍

    BalasHapus
  7. BINUS mah terkenal ya teh, kayaknya semua tahu bahwa BINUS ini . Mantabs ya bisa sambil kuliah dan kerja, ini program s2 nya juga ada ga yah? jadi ingin ceki ceki jurusannya.

    BalasHapus
  8. Wah keren ada Binus Online Learning. Ini solusi juga ya buat masa pandemi spt skrg. Ini wishlist aku bgt anakku masuk Binus. Karena ayahnya lulusan Binus dan tau bgt Binus itu kampus yg terbaik :)
    Nabung dulu dr skrg, udah tau harganya dan infonya dr sini jd lebih mudah untuk planningnya :)
    Tfs ya.

    BalasHapus
  9. Binus ini dulu jadi idaman buat anak-anak yang ingin kuliah di jurusan IT, tapi dulu terkendala biaya dan lokasi. Kalau ada online lerarningnya gini, jadi nggak terkendala masalah jarak ya.

    Kampusnya di Malang dekat rumahku, megah banget gedungnya.

    BalasHapus
  10. Lihat rincian biayanya yang cukup murah, saya jadi pengen melanjutkan dari D3 ke S1. Program yang kuliah online ini juga bagus buat para karyawan yang udah pada kerja.

    BalasHapus
  11. mantap nih solusi banget buat yang kerja mau kuliah atau kuliah mau kerja, di binus ja deh, solusi nyata ini yah, ma kasih ya mak sudah mengulasnya

    BalasHapus
  12. Boleh bnget dari dulu kpingin lanjuyi S1 yg tertunda mba..dulukupun kuliah sambil kerja mau deh BINUS Online Learning ini kuliah utk karyawan yang fleksibel.

    Karena BINUS Online Learning menawarkan program pembelajaran jarak jauh.

    BalasHapus
  13. Binus siap banget ya dengan BINUS Online Learning. Cocok banget di zaman sekarang ini. Apalagi buat orang2 yang bekerja.

    BalasHapus
  14. BINUS ternyata ada program untuk karyawan ya? Hm, bisa jadi pilihan para pekerja yg ingin tambah pengetahuan.
    Dan tampakny, biaya yg dihabiskan tentj lebih murah ketimbang yg reguler

    BalasHapus
  15. Binus ada online learningnya tho? Klaau saudaraku dia ambil di binus yang versi konvensional mam. Tapi sepertinya mau online atau konven, lulusan binus sama-sama berkualitas dan siap kerja.

    BalasHapus
  16. wah mantap ini
    para karyawan bisa tetap kuliah ya mbak
    apalagi kuliah di Binus, salah satu
    kampus swasta terbaik di Indonesia

    BalasHapus
  17. Fleksibel banget ya sistem belajarnya. Anak muda yang sudah bekerja pun masih bisa melanjutkan kuliah dan mengatur waktu belajarnya agar bisa selaras dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.

    BalasHapus
  18. Ternyata Binus juga ada kuliah online dan kelas karyawan ya jadi memudahkan para karyawan melanjutkan pendidikan sambil bekerja..

    BalasHapus
  19. kuliah sambil kerja ini memang kadang jadi pilihan ya bagi mereka yang nggak sempat kuliah dan keburu memilih bekerja. kalau di binus ini setahu saya termasuk dalam kampus bergengsi jadi lulusannya pasti oke ya

    BalasHapus
  20. Belajar menggunakan LMS memang praktis, yang penting mau serius dan disiplin. Keren juga programnnya Binus sebab bisa memudahkan mahasiswa yang mau belajar sambil bekerja.

    BalasHapus
  21. Asik kalau kerja nyambi kuliah, penghasilan dr pekerjaan tetap ada ilmu nambah karir bisa naik. Tapi harus mau capek

    BalasHapus
  22. Program dari Binus ini bisa jadi solusi karyawan yang ingin kuliah ya. Siapa tahu bisa semakin memperluas kesempatan kerja nantinya.

    BalasHapus
  23. Suami saya juga sempat kerja dulu baru kuliah karena dia membiayai sendiri kuliahnya, Binus Online Learning ini bisa jadi pilihan ya, kereen karena menyediakan kelas untuk karyawan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)