23.6.21

Hidup Sehat dan Produktif diawali dengan Tidur yang Berkualitas


Tak semua orang tahu, kerja sebagai freelancer itu waktunya gak jelas. Saat kerjaan lowong, kita terkadang begitu santai. Setiap hari, kita kelihatannya rebahan terus. Tapi saat kerjaan banyak, kita begitu repot. Sampai-sampai, tiap malam kita begadang. Gak heran deh, jika banyak yang mengira kalo bekerja sebagai freelancer itu seperti ‘ngepet’. Gak ketahuan kerjanya kapan, tapi banyak dari mereka yang duitnya banyak terus. Hehehe… aamiin, semoga aku masuk kelompok ini.

Tapi di masa pandemi, yang begini gak hanya freelancer. Pekerja kantoran juga kayaknya sama. Karena banyaknya work from home (WFH), pekerja-pekerja ini juga jadi terjebak begadang. Salah satunya suami saya. Penyebabnya, mindset anak-anak yang tiap hari lihat bapaknya terus. Mereka merasa, bapaknya libur. Jadinya di siang hari, mereka banyak minta main bareng bapaknya. Dan bapaknya, gampang kasihan dengan abak-anak yang gak bisa ke mana-mana. So, kerjaan pun banyak dikerjakan saat malam hari.

Begadang Jangan Begadang…

Ya benar, saya dan suami banyak begadang. Dulu sih, saat badan muda dan fit, banyak begadang ini gak masalah. Gak banyak pengaruh ke tubuh. Tapi sekarang, suami yang masuk usia 45 dan saya 42 tahun, begadang ini sungguh jadi sumber masalah. Masuk angin, badan lemes, dan kepala pusing jadi keniscayaan. Belum lagi susah konsentrasi. Bener-bener deh, begadang yang bikin kita kurang tidur ini kudu mulai dihindari.

Bagi sebagian orang, kurang tidur ini mungkin mudah ‘dibayar’. Tidur saja yang banyak di siang hari, atau malam-malam besoknya. Namun buat saya dan bapaknya anak-anak, hal ini susah. Ngantuk memang datang, tapi tetep, susah tidur. Buat bisa tidur nyenyak, kami biasanya kudu banyak olahraga. Nah abis begadang, mana bisa berolahraga. Badan udah lemes duluan. 

Mungkin Kudu Nyoba yang Ini!

Ya, mungkin ke depannya kami gak akan susah tidur lagi. Sebab saya bisa nyoba Antangin Good Night. Tablet Herbal ini mungkin bisa jadi solusi saya dan suami untuk bisa tidur berkualitas. Teman-teman sudah tahu produk ini? Atau mungkin ada yang sudah nyoba?

Tablet Herbal Antangin Good Night saya kenal dari webinar yang bertajuk "Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas" yang diselenggarakan Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) dan, beberapa waktu PT. Deltomed Laboratories yang lalu. Dalam kesempatan itu, Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.(Herbal), yang merupakan Ketua Umum PDPOTJI, dan juga apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc., yang merupakan Chief Business Development and R&D PT. Deltomed Laboratories berbicara mengenai pentingnya tidur berkualitas. Terutama di masa pandemi kayak sekarang. Sehingga untuk mendapat tidur yang berkualitas, jika diperlukan, saya bisa mengonsumsi Tablet Herbal Antangin Good Night.


Pentingnya Tidur Berkualitas

Sebelum berkenalan dengan Tablet Herbal Antangin Good Night, dalam webinar tersebut, terlebih dahulu Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.(Herbal), yang biasa dipanggil dokter Inggrid, menerangkan banyak hal mengenai tidur yang berkualitas. Banyak banget insight baru yang saya dapatkan dari beliau. 

Yang pertama: peranan tidur sebagai sarana detoks bagi otak

Ya betul, tidur ini sangat penting untuk otak kita. Tidur membuat otak mampu mendetoksifikasi 'sampah-sampah' metabolisme; mampu membuang sel-sel saraf yang sudah tidak berfungsi; mampu membangun ikatan-ikatan sel saraf yang baru; mampu mereset keseimbangan neurotransmitter; serta mampu membuat sensitivitas reseptor neuritransmitter menjadi lebih baik.

Nah ini ternyata akar masalahnya. Pantesan ya kita sering kurang konsentrasi saat kurang tidur. Iya, kita lemot sekali. Sebab memang sel-sel saraf kita tidak optimal bekerja. Di otak kita masih banyak sel saraf yang sudah mati dan belum terbuang; neurotransmitternya pun gak bisa bekerja dengan baik. 

Neurotransmitter adalah senyawa kimiawi dalam tubuh yang bertugas menyampaikan pesan antara satu sel saraf ke sel saraf target di otot, kelenjar, dan bagian lain dalam tubuh. (Sehatq)

Yang kedua: kuantitas tidur versus kualitas tidur

Selama ini kita, eh saya ternyata salah kaprah. Tidur yang enak itu saya kira tidur yang lama, yakni sekitar 8 jam. Padahal ternyata, tidur yang sehat itu adalah tidur yang berkualitas. Yakni tidur nyenyak tanpa terbangun di tengah malam, atau hanya terbangun 1 kali dan lalu bisa tidur lagi dalam waktu 20 menit setelah terbangun. Lamanya malah bisa cuma 30 menit atau bahkan kurang. Tapi tentu, jika tidur yang berkualitas bisa lama, itu akan lebih baik. Jumlah jamnya per malam bisa beda tiap orang. Tapi secara umum, itu sekitar 6 – 9 jam.

Yang ketiga: tidur itu memengaruhi kesehatan kita

Hal ini jelas ya, kita semua pasti pernah merasakannya. Saya nih, dua minggu ke belakang merasakan itu. Badan tumbang. Dan menurut dokter Inggrid, tidur yang tidak berkualitas dan kurang tidur itu sangat memengaruhi kesehatan tubuh kita. Di antaranya saja bisa menurunkan imunitas; bisa menurunkan fungsi kognitif dan working memory span kita sebesar 38%; bisa membuat kita rentan mengalami moodiness dan depresi; bisa membuat kita rentan mengalami penuaan dini; serta bisa membuat selera makan kita akan junk food atau makanan-makanan yang tidak sehat menjadi naik

Yang keempat: permasalahan tidur

Ini yang kemudian disinggung dokter Inggrid. Masyarakat secara global itu mengalami gangguan susah tidur. Satu dari 3 orang di dunia mengalaminya. Dan dari sini, 31-75% dari masyarakat global tersebut mengalami masalah insomnia kronik. Ada pun di Indonesia, berdasarkan survei terhadap 2.944 responden yang berusia 18 – 24 tahun, itu ditemukan 2/3-nya mengalami kurang tidur. Padahal range umurnya masih muda. Gimana jika disatukan dengan yang usianya lebih dari itu, ya? Pasti jumlahnya akan sangat besar.

Lalu gimana dengan permasalahan tidur di masa pandemi? Dokter Inggrid pun menguraikannya. Bisa dilihat pada ilustrasi di bawah ini. 


Duh, aku kayaknya masuk yang angka 22% itu deh. Sejak pandemi, kualitas tidur kayaknya memburuk. Karena ketakutan akan pandemi. Ditambah pengelolaan waktu kerja yang buruk yang bikin banyak begadang itu. Kalo menurut dokter Inggrid sih, penyebab memburuknya kualitas tidur masyarakat di Asia Pasifik (APAC) selama pandemi itu karena penggunaan ponsel yang semakin intens, rasa khawatir berlebihan, dan stres. Dan karena penyebab inilah, insomnia yang terjadi memiliki istilah sendiri, yakni Coronasomnia atau Covidsomnia.

Dokter Inggrid juga menyebutkan banyak faktor lain yang membuat susah tidur. Dari mulai gangguan fisik, isu medis, gangguan psikologik atau psikiatrik, gangguan lingkungan, genetik, penuaan atau faktor usia, obat-obatan, hingga faktor begadang.

Herbal untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Ini yang menarik perhatian saya. Kita boleh saja kurang tidur atau mengalami masalah tidur yang tidak berkualitas. Namun kita bisa mengatasi hal tersebut. Salah satunya dengan menggunakan herbal. Ada banyak herbal yang memiliki manfaat di dalam meningkatkan kualitas tidur kita. Herbal tersebut misalnya saja adalah Passion flower, valerian, dan jahe.  

Dalam kaitannya sebagai herbal yang dapat meningkatkan kualitas tidur, berikut ini poin-poin pentingnya.

  • Passion Flower berperan sebagai penginduksi tidur (sleep inducer).
  • Valerian aman dan efektif menginduksi tidur dan mencegah gangguan tidur secara signifikan.
  • Jahe memiliki aktivitas anti rhinovirus penyebab selesma, common cold, dan masuk angin.
  • Passion flower, valerian, dan jahe dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek yang sinergistik. Efek tersebut adalah menginduksi tidur, meningkatkan total sleep time, memperbaiki kualitas tidur, serta membantu mencegah dan mengatasi efek buruk akibat kurang tidur seperti masuk angin dan penurunan imunitas.

Antangin Good Night, Solusi Praktis Meningkatkan Kualitas Tidur

Itu dia beberapa herbal yang mampu meningkatkan kualitas tidur kita. Akan tetapi, karena kita tidak tahu dengan dosis dan bagaimana cara meramunya, kita tidak bsa juga sembarangan mengonsumsinya. Bisa saja jika salah penanganan dan dosis malah membawa efek samping.

Untuk menghindari hal tersebut, mengonsumsi Tablet Herbal Antangin Good Night bisa menjadi solusi yang praktis. Penelitian yang sudah dilakukan PT. Deltomed Laboratories tentu sudah tidak diragukan lagi. Kita hanya tinggal mengonsumsinya sebanyak 2 – 4 tablet setiap kali hendak tidur. Tidur berkualitas pun bisa kita dapatkan.

Menurut Pak Victor, Tablet Herbal Antangin Good Night cukup efektif untuk membuat kita mendapat tidur yang berkualitas. Kandungan herbal yang sudah dijelaskan dokter Inggrid, yakni Passion flower, valerian, dan jahenya, sudah terbukti secara ilmiah. Jadinya aman untuk tubuh. 

Tak hanya ketiga herbal itu saja, Tablet Herbal Antangin Good Night juga mengandung Myristica (Myristica fragrans) dan sembung (Blumea balsamifera). Keduanya berkhasiat sinergistik juga. Dengan kombinasi ke-5 herbal ini, jadinya varian Antangin yang ini akan membantu kita dalam meringankan gangguan sulit tidur serta membantu meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan badan.

Tak perlu takut juga jika dikonsumsi setiap malam. Tak akan ada efek ketergantungan yang diakibatkan Tablet Herbal Antangin Good Night ini. Bisa untuk semua usia juga. Coba saja dari dosis paling rendah yang dianjurkan.

Oke Deh!

Hmm… semoga deh, Tablet Herbal Antangin Good Night ini mampu membuat saya dan suami mendapatkan tidur yang berkualitas. Ganggu banget soalnya kurang tidur dan tidur yang gak berkualitas ini. Tapi tentu, sebelum mengonsumsinya, saya harus memperhatikan juga hal lain yang tak kalah penting. Dari menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, menerapkan gaya hidup sehat, rajin olahraga, hingga yang lainnya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Mematuhi PROTOKOL KESEHATAN 5M di mana pun kita berada. 

Tablet Herbal Antangin Good Night bisa didapatkan di mana saja. Kemaren, malah saya beli di apotek kecil deket rumah. Sudah banyak tersedia. Harganya cuma 5 ribu rupiah saja per strip (4 tablet). Untuk yang jauh dari toko obat, apotek, atau sejenisnya, Tablet Herbal Antangin Good Night juga bisa dibeli secaa online di marketplace. Baik di Tokopedia, Shopee, Lazada, Bliblii, atau pun JD.ID. Cari saja Deltomed Official Store. Untuk info lebih lanjut, teman-teman bisa langsung saja ke akun Instagram Antangin, yakni di link https://www.instagram.com/antangin_id/

Oke deh teman-teman, segitu tulisan saya tentang webinar yang saya ikuti bareng Antangin dan juga IIDN. Tetap jaga kesehatan dan semoga bermanfaat!


36 komentar:

  1. aku nih yang termasuk kategori cukup sering bergadang. kadang tidur 5 jam, tau tau udah pagi aja.
    biasanya tidur dini hari kalau besoknya weekend, jadi ga diburu waktu pas udah bangun

    BalasHapus
  2. kok aku susah ya nemunin Antangin Night ini mak? Udah keliling alfamidi, alfamart, dan indomaret tapi gak ada semua hiks, mesti beli di apotek kali ya

    BalasHapus
  3. Sepertinya aku harus sedia Antangin Good Night nih di rumah, untuk jaga-jaga ya kalau pas susah tidur. Tapi biasanya aku tuh kalau tidur emang malam sih, entah mengapa ku gak bisa tidur cepat.

    BalasHapus
  4. walau udah usia sekituuu tetep muda mbaaa.
    Wah antangin goodnight ini bisa aku rekomendasikan untuk adik aku yg lagi insomnia sampai menderita dia. Kayaknya juga karena berita2 covid meraja lela. Antangin aku suka minum klo kurang tidur mba, antangin yg cair itu. Klo susah bobo aku mau nyoba antangin goodnight ini, herbal yaa^^

    BalasHapus
  5. Kayanya aku butuh Antangin Good Night juga deh soalnya kadang sesekali gak bisa tidur. Pas bisa pun kaya kurang nyenyak gitu. Sangat berpengaruh banget sih sama aktivitas harian pas lagi kurang tidur

    BalasHapus
  6. Waaaa terjawab ini, teh Nia
    jadi justru saat pandemi itu, banyak yang insomnia karena gadget? istilah Coronasomnia atau Covidsomnia ini aku baru denger sih


    semoga ga sampai parah ketergantungan antangin good night segala sih ya kecuali darurat hehe

    BalasHapus
  7. kalau tidur kuran tuh kepala pasti berat kan mbaa..dan mood jadi jelek banget alias bete dan sumbu pendk nih hehehe. Bahaya banget buat aku yang kerjaannya numpuk dan sering meeting. Makanya jangan sampai tidur kurang deeh hehehe

    BalasHapus
  8. Yeayy, aku suka banget kini dah ada solusi untuk memperbaiki kualitas tidur. Karena tidurku tuh bermasalah sekali. Mana kandungannya Antangin Good Night bermanfaat dengan harga hemat. Senangnyaaa!

    BalasHapus
  9. Wah iya, pas rame kasus b*bi ngepet beberapa hari lalu, jadi rame status soal kerjaan freelancer ya potensial dipikir ngepet yaaa hehehe
    Aku duluu tahan begadang Mak..kalau sekarang max jam 23 uda harus tidur deh. Lebih dr itu, siap2 besoknya ga fit.
    Aku juga masih relatif gampang tidur. tapi entah ya kalau nanti tambah umur lagi..

    BalasHapus
  10. Produk baru nih ya, antangin good night, nggak hanya mengusir masuk angin tapi juga membantu memperbaiki kualitas tidur.

    Seiring bertambahnya usia, saya juga mulai sering nggak kuat mbak kalau keseringan begadang. Untuk menghindarinya, walau jadwal WFH saya tetep ngantor buat menyelesaikan pekerjaan. Ngantor setengah hari aja.

    BalasHapus
  11. Tidur berkualitas memang penting banget ya mak terutama saat pandemi agar tetap sehat dan produktif. Tapi sejak pandemi aku mengalami masalah dengan kuantitas dan kualitas tidur nih apalagi sejak anak-anak PJJ yang mau tidak mau membuat saya kembali tidur larut malam untuk menulis. Setelah ikutan webinar ini, saya jadi tahu solusinya nih dengan Antangin Good Night...mau coba juga ah.

    BalasHapus
  12. Ya Allah, saya nih masih begadang Mbak padahal berhitung sedikit lagi nyampe kepala 5 ... harus membenahi pola tidur saya ini. Kalo Antangin Good Night, saya sudah beli.

    BalasHapus
  13. Tidur Berkualitas adalah kunci ya mbak
    Bikin badan jadi sehat, klo sehat bisa terus produktif
    pas banget klo memilih Antangin Good Night buat mengusahakan tidur yang berkualitas

    BalasHapus
  14. Parah aku kalo malam nggak bisa tidur lagi kalo udah kebangun. Pak mer biasa gak bisa tidur mbangunin isi rumah setelah itu yawes ga bisa bobok. Butuh ini nih aku

    BalasHapus
  15. Pandemi ini jadwal tidur saya kacau banget. Apalagi sekarang kembali dirumah saja. Seertinya perlu bantuan minum herbal gini juga deh

    BalasHapus
  16. Wah, boleh juga ini kalo gak bisa bobok di mala hari bisa di awali dengan antangi ya mak, terima kasih ulasannya

    BalasHapus
  17. pernah ngerasain banget kekacauan tidur semingguan, alhasil pekerjaan jadi kacau karena ngga fokus dan gampang lelah

    BalasHapus
  18. Begadang gak cuma begadang, begadang sambil makan pastinya ahhaha.. Ternyata mbak Nia dah kepala 4, MasyaAllah masih kliatan seger, apa karena Antangin Good Night? hihi

    BalasHapus
  19. Inirahasia teteh agar tetap fit yaa..selain rajin berolahraga setiap hari.
    Gini-gini, aku ngepoin story wa nya teteh. Jadi berasa ikutan semangat olahraga, teh..
    Memang jadi freelancer itu juga bikin sering ga tidur yaa, teh..kalau mefet DL.
    Hehehe...aku banget ini mah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sebenernya aku memaklumi banget kalau Ibu susah tidur. Kaya yang banyak banget pekerjaan rumah tangga atau pekerjaan sampingan yang kudu diselesaikan. Alhamdulillah, kini ada antangin good night yang tetap menjaga lelapnya tidur dan memenuhi kebutuhan istirahat kita semua.

      Hapus
  20. Waduh, habis baca artikel ini mau langsung otw tidur mba. Aku masih 30 tahun tapi tidur juga masih berantakan kayak saat muda dulu. Padahal nanti menuai akibatnya pas sudah ebranjak tua ya Mba.

    BalasHapus
  21. Susah tidur ini juga penyakitku banget mbak, pengen jg nih memperbaiki pola tidur supaya lebih sehat. Krn zaman skrng kalau imun drop tu ngeri yaa.
    Wah tanaman herbal yang biasa utk membantu org terlelap ternyata bisa dijumpai di Antangin Good Night ya, jd pengen nyoba konsumsi kapan2

    BalasHapus
  22. Disaat kita butuh kesegaran badan..terutama setelah bangun tidur..langsung deh keinget antangin good night ini...idur nyenyak..bangun pagi seger...aktivitas seharian lancar jaya...

    BalasHapus
  23. Nah kalau untuk kita yang biasa ngetik di malam hari emang jadi masalah banget ya mbaaa.. Bisa dicoba nih antanginnya agar kita jadi mudah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

    BalasHapus
  24. Belanja bulanan ntr, aku udh masukin ke list mau beli Antangin good night ini mba. Mau coba, supaya tidurku bisa lelap.

    Aku tipe yg susaaaaaah banget kalo tidur. Dan kalo udh nyenyak, trus kebangun, jangan harap bisa gampang tidur lagi :(. Beda Ama suami yg tipe nyentuh bantal aja lgs bisa merem :D

    BalasHapus
  25. wah, setuju banget nih mbak, kalau kurang tidur atau tidurnya kurang berkualitas maka kesehatan terganggu dan tentu saja jadi kurang produktif ya. Selama ini saya masih dengan yoga aja sih belum coba pakai herbal, ternyata bisa ya? Mungkin saya harus coba juga

    BalasHapus
  26. Mau nyoba ah secara eike yang tergolong tidurnya kurang, karena memang suah tidur dan tll byk yang dipikirkan hwhwhwaaa

    BalasHapus
  27. Ini kemarin aku nyari di minimarket dekat rumah tapi belum nemu. Lagi butuh suplemen untuk membantu tidur. Karena agak susah tidur lebih awal sekarang ini

    BalasHapus
  28. Iya kalau kurang tidur tuh besoknya rungsing, maunya ngamuk dan marah hihi gawat ya Teh jadinya mending minum herbal Antangin Good Night ya biar tidur nyenyak

    BalasHapus
  29. Pengennya enggak begadang, tapi anak kadang ngajak tidur subuh kalau pas rewel. Belum pagi kerjaan yang enggak bisa dikerjain pas anak belum tidur, bikin tidur telat jadinya, huhuhu. Butuh Antangin good night kayaknya. Biar tidur tetap berkualitas

    BalasHapus
  30. Bener nih Mbak freelancer kerjaannya gak tentu... Bisa terbatas waktu tapi bisa juga sampai begadang kalau gitu biasanya masalah tidur juga sering terganggu. Untungya sekarang sudah ada Antangin Good Night ya Mbak yang bisa bantu tidur kita jadi lebih berkualitas

    BalasHapus
  31. Tidur emang keliatannya sederhana banget ya tapi efeknya sangat besar biat aktivitas sehari-hari. Aku termasuk susah tidur dan mau nyoba nerapin tips-tips di sini

    BalasHapus
  32. Saya sih tidak suka begadang, tapi gampang terbangun apalagi kalau dingin. Akibatnya tidurku termasuk tidak berkualitas.
    Bolehlah dicoba Antangin ini deh.

    BalasHapus
  33. Tahu aja nih antangin, buat bikin produktifitas kembali membaik
    aku masih kurang tidur nih, pantes beberapa bulan belakangan produktifitasku menurun mba

    BalasHapus
  34. Makin bertambah usia memang kemampuan tubuh untuk begadang semakin menurun. Kita pun sebaiknya semakin disiplin menjaga kesehatan tubuh. Cukup istirahat adalah salah satu kunci tubuh tetap fit di usia yang tidak lagi muda.

    BalasHapus
  35. Tidur nyenyak enak idaman banyak orang ya mba akupunnn pengen secara sering ini begadang
    Kalau pakai antangin ini bikim nuaman pasti badan dan bisa bobok senang. Cuma kemaren cari nelum masuk minimarkt

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)