24.4.21

Mengurangi Sifat Picky Eaters Anak-anak via Website Ini


Semua ibu rasanya bakal setuju. Kita sering dilanda kebingungan dalam hal menyiapkan menu makanan. Terlebih buat anak-anak. Selain pada mudah bosan, anak-anak juga kebanyakan picky eaters. Berbagai cara jelas sudah dicoba. Dari mulai membuat resep masakan-masakan yang baru, hingga membuat penyajian yang beraneka macam. Tapi ya gitu, usaha yang demikian juga sering kali gagal.

Bingungnya Punya Anak Picky Eaters

Begitu juga dengan saya. Saya sering banget merasa kebingungan. Dua anak saya, yang satunya berusia 9 tahun, dan yang satunya lagi 6,5 tahun, menjadi penyebabnya. Mereka berdua ini picky eaters banget. Kalo makan maunya sama daging terus. Selain daging, pasti aja susah.

Iya sih gampang, saya bisa aja masak daging setiap hari. Supaya mereka makan dengan lahap dan juga banyak. Tapi kan, gak bisa gitu. Masa gizi yang masuk ke tubuh mereka cuma dari daging aja? Protein lainnya gimana? Vitamin dan mineral dari sumber makanan lain, terutama sayurannya gimana? Kalo dibiarkan terus-terusan begitu, bisa-bisa nanti, kedua anak saya itu kurang gizi.

Ya, kurang gizi. Meski kurang gizi identik dengan stunting, di mana terlihat sebagai tubuh yang kecil, kurus, lemah, letih, dan lesu akibat kurang makan; sedangkan tubuh kedua anak saya jauh dari tampilan seperti itu; tapi yang makannya daging terus-terusan kayak mereka, juga bisa disebut sebagai kurang gizi. Kekurangan zat gizi mikro, mungkin begitu lebih tepatnya. Dan itu, sama tidak baiknya. Tumbuh kembang mereka tidak akan bisa optimal.

Nemu Website ‘Harta Karun’

Beberapa waktu lalu, saat sedang cari-cari resep masakan buat anak-anak, saya tiba-tiba ‘terdampar’ di sebuah website. Resep yang ada di sana menarik-menarik banget, dan sangat ‘anak-anak’. Maksudnya, bakal disukai anak-anak. Sebab bahan-bahannya dan tampilan-tampilannya menarik sekali. Iseng-iseng saya coba salah satu resepnya, dan ya, dua anak picky eaters saya pada suka. Fix deh, website itu jadi salah satu referensi saya dalam memasak makanan untuk anak-anak.

Salah satu resep di website Morinaga Platinum

Yang bikin saya seneng bukan hanya itu saja. Di website ini juga saya bisa menambah ilmu, menambah wawasan, bahkan berkonsultasi. Iyes, saya bisa bertanya ini itu kepada ahlinya mengenai anak-anak saya. Di sana tersedia kolom konsultasi yang nantinya akan dijawab ke saya via email yang saya cantumkan. Jadinya kan, saya bisa sharing ini itu kepada mereka.

Ah ya, di website ini juga ada beberapa Health Tools yang bisa digunakan. Ada Cek Alergi dan cek jenis kecerdasan (Kecerdasan Majemuk = Multiple Intelegence) yang dipunyai anak kita. Dari mulai pengertiannya, cara mengeceknya, cara mengatasinya, dan lain-lain. Bener-bener deh, tahu dan kenal website ini bikin saya ngerasa gak jadi ibu yang kudet lagi. 

Website ini adalah website Morinaga Platinum. Betul, ini adalah official website-nya Morinaga Indonesia. Brand pemilik beberapa produk untuk balita dan anak-anak yang terkenal itu. Dari mulai Chil Kid, Chil School, Chil Go, hingga Heiko+ Water.

Sudah Coba Mampir ke Sana?

Ngomong-ngomong soal menu makanan, nanti sore buat tajil berbuka puasa, saya rencananya mau bikin menu berdasarkan resep yang ada di website Morinaga Platinum. Cari-cari dulu ah resepnya yang mana. Yang pasti sih, yang paling mudah. Biar gak ribet. Walaupin memang, kalo saya baca-baca resep di website ini, hampir semuanya mudah.

Teman-teman mau pada bikin menu takjil apa? Kalo masih bingung, coba deh mampir ke website Morinaga Platinum ini. Teman-teman pasti jadi dapet banyak ide. 

Coba juga eksplor website-nya. Klik aja setiap menunya. Pasti nanti teman-teman bakal setuju kalo website ini bagus buat kita. Nambah ilmu dan juga nambah wawasan.

Oh iya, hampir saja lupa. Di website ini juga saya dapat e-book mengenai Virus Corona si penyebab pandemi Covid-19. Tampilannya lucu, sebab memang e-book ini diperuntukkan untuk anak-anak. Supaya mereka tahu apa itu virus corona dan juga covid-19, segala sesuatunya, hingga cara menghindari penularannya. 

E-book tentang Covid-19

Berbagai informasi terkait produk-produk Morinaga juga ada di website ini. Bahkan hingga ke promo menarik dan lomba-lomba yang diselenggarakan. 

Well…

Itu dia secuil cerita saya tentang kebingungan saya pada anak-anak saya yang sering kali picky eaters. Semoga deh, saya bisa rajin membuat menu makanan. Biar sifat anak-anak saya itu gak muncul-muncul lagi.

Teman-teman pada punya website andalan juga, gak? Sharing dong. Saya juga mau atuh bisa kreatif dalam membuat menu makanan dan juga kaya wawasan kayak teman-teman. Sharing ya… please! :D


24 komentar:

  1. wah aku mau nyoba mba, aku belum pernah cek nih. Anak aku ada beberapa sih yg picky..nanti aku cek pakai web morinaga ya.. makasih infonya mba

    BalasHapus
  2. Iya banget. Anakku yang gede kan tipe picky eater, dan aku pernah ngalami kegundahan serupa..

    tapi jaman dulu blm ada/blm nemu resep2 di fitur web nya Morinaga ini..

    Pasti sangat membantu...

    BalasHapus
  3. selalu pusing kalo anak udha mulai picky eater, seperti anakku nih sampai usia 10 tahun masih picky eater, makan pilih-pilih banyak gak sukanya

    BalasHapus
  4. Huahaa kirain anakku yang udah gede aja yang makan kadang menunya pengen itu2 mulu sampe bosan baru ganti menu. Biasanya aku suka yang duduk manis, biar anak yang mencari menu2 di yutub palingan explore, jadi emaknya tingggal mamam.
    Tapi mau kepoin juga di web yang disaranin di atas, biar makin bervariasi.
    Itu kabita Pudding choco de vanilla nyaaa,..

    BalasHapus
  5. Oh, ternyata ini solusinya :) Website Morinaga Platinum ininya beragam dan sarat manfaat ya. Health tools biasanya dibutuhkan untuk cek kondisi kesehatan. Jadi ibu serba tahu deh ya hehehe...

    BalasHapus
  6. sama mbak, kedua anak saya itu makannya kalau nggak ikan, ayam, daging. Maunya itu aja. Sampai pernah pas ibu saya ke rumah bilang "Mbok ya jangan masak ikan sama ayam terus, boros" Hihi... gimana lagi, kalau nggak ada itu, anak-anak nggak mau makan.

    Ntar aku coba tengok webnya morinaga platinum lah mbak, kali aja bisa nemu resep yang mudah dieksekusi dan cocok di lidah anak-anak

    BalasHapus
  7. Anak bungsuku picky eater, mbka..pusing kalau ngurusin makanan dia, ga semua dia mau dan suka. Padahal bisa bikin kekurangan zat gizi mikro ya bikin tumbuh kembang mereka tidak akan bisa optimal.Coba kukepoin websitenya cari resep

    BalasHapus
  8. saat anak sedang mengalami picky eaters memang saatnya cobaan bagi ibu ya.. harus banyak sabar dan juga cari cara agar anak mau makan agar tidak kekurangan nutrisi hariannya.. senengnya sekarang ada website yang bisa jadi rujukan ya

    BalasHapus
  9. Ah iya mau ngecek lagi jenis kecerdasan anak-anak di rumah. Dulu sering mampir ke web ini tapi lupa. Makasih Mba sudah diingetin

    BalasHapus
  10. Wah resep pudingnya patut dicoba nih
    Anakku yang picky tu no 2 duh mumet pokoknya kalau menyaranbkan dia kudu makan ini itu
    nanti aku coba kepoin websitenya jg eh kali aja nemu menu yg anakku suka :D

    BalasHapus
  11. Wah, solusi terbaik untuk anak yang suka milih-milih makanan nih. Susu Morinaga ini ternyata bisa ya dibuat makanan lainnya. Jadi bisa makin kreatif dalam membuat makanan untuk si kecil.

    BalasHapus
  12. Keliatan enak banget pudingnya. Punya anak picky eater emang harus selalu berkreasi dengan resep ya, Mbak. Mau nyontek ah resep-resep dari web Morinaga.

    BalasHapus
  13. Penting nih buat bukibuk yang kadang emang sampe stress ngadepin anaknya susah makan... Apalagi selama puasa ya..cek ah ke websitenya...

    BalasHapus
  14. Menarik juga ya bisa menemukan website Morinaga Platinum yang isinya juga seputar resep yang yummy gini Teh Nia.

    BalasHapus
  15. Oh iya, teh...ada hidden treasure dari website Morinaga yaah..
    Ini bikin happy anak dan orangtua. Sangat membantu mengolah menu apalagi saat Ramadan begini, inginnya menu hidangan yang penuh energi dan menggugah selera.

    BalasHapus
  16. Aku dari anakku mpasi sebisa mungkin bikin variasi menu dengan tujuan biar gak pilih-pilih. Alhamdulillah emang gak picky eater tapi belakangan ada beberapa makanan yang dia jadi gak suka.

    BalasHapus
  17. duh anak anak aku juga picky eaters banget niiihhh. Setuju banget deh, buibu nih mesti kreatif mengolah makanan untuk anak picky eaters ya. Harus rajin modif resep biar menarik, enak dan tetap memenuhi gizi anak yaaa

    BalasHapus
  18. Yeay waktunya untuk coba resepnya
    Apalagi dengan ChilGo dimana sejak lama anak sudah suka
    Dulu memang belum ada varian original
    Makanya ini mau coba

    BalasHapus
  19. wah iya, anak-anak termasuk yg picky eater mbak
    aku sampai pusing menghadapinya
    aku mau meluncur ke web ini juga ah, mau cari resep resep yg bikin anak lahap makan

    BalasHapus
  20. Ini sih komplit banget yaa info yang tercantum di websitenya. Ntar pas online di laptop, saya buka ah..belum pernah nih soalnya lihat websitenya Morinaga Platinum.

    BalasHapus
  21. Iya anak pemilih makanan dan makannya lama tuh drama berat badan banget apalagi khawatir kekurangan nutrisi, sebelum dapet judge jelek dari orang kita udah jiper duluan sebenernya tapi ya mau gimana lagi. Kudu usaha lebih dimantebin lagi. Untung udah ada webnya Morinaga yang share resep gitu, memudahkan ibu untjk masak makanan yang bikin anak makan dengan lahap dan dapat gizi

    BalasHapus
  22. Punya anak picky eater itu memang PR banget. Anak saya yang pertama juga sukanya pilih-pilih makanan, padahal pas masih kecil malah apa aja doyan. Awalnya saya turuti aja dia mau milih apa. Sekarang sudah 10 tahun, muali saya biarin aja, biar kalau kepepet jadi doyan, hehe.

    BalasHapus
  23. Salah satu ujian bagi Emak tuh saat anak picky eater, ya. Emak musti kreatif menyajikan menu-menu variatif. Untung ada web Morinaga. Bisa nyontek resep-resepnya, nih 😃

    BalasHapus
  24. iya nih zaman anak kecil pernah mengalami dan pemilih banget makannya, alhamdulillah perlahan2 sudah enggak lagi, apalagi sejak masuk pondok

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)