5.4.21

Latih Empati Si Kecil dengan Ikut Kampanye #AnakHebatBerbagi


Teman-teman, sebentar lagi Ramadan tiba. Sudah pada siap-siap? Si kecil gimana, pada udah siap-siap juga? Pastinya, ya. Saya pun demikian, malah udah sejak beberapa bulan ke belakang siap-siapnya. Si kecil Rayi dan Rayyan nih yang terus aja ngingetin. Mereka tandain deh tanggal demi tanggal di kalender yang ada di rumah.

Benar, Rayi dan Rayyan sangat gak sabar dalam menyambut Ramadan. Mereka katanya gak sabar kepengen sahur, tarawih, dan juga buka puasa. Sampe-sampe, makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka pun udah mereka bahas sejak sekarang.

Bulan Ramadhan, Bulan Berbagi Kebaikan

Terkait Ramadan nanti, selain mengenalkan dan membiasakan ibadah puasa, saya juga kepengen deh ngajarin Rayi dan Rayyan peduli terhadap sesama dengan cara berbagi kebaikan. Supaya Rayi dan Rayyan tahu bahwa di sekitar kami banyak sekali teman-teman seusianya yang tak seberuntung mereka. Ya misalnya saja dengan berbagi kepada anak-anak yatim piatu.

Tak saya duga, begitu saya ceritakan tentang hal ini, Rayi dan Rayyan antusias banget. Mereka katanya pengen ke panti asuhan. Buka bersama dengan teman-teman yang ada di sana serta berbagi makanan-makanan enak yang selama ini disukainya. Duh, seneng deh saya mendengarnya.

Selain kepada teman-teman yang kurang beruntung di panti asuhan, saya sebenernya sudah melatih anak-anak untuk memiliki hati yang besar dengan peduli terhadap orang-orang di sekitar. Sebab perlu juga rasanya anak-anak mengapresiasi orang-orang yang berjasa di dalam kehidupan kita. Misalnya tenaga kesehatan yang senantiasa menjaga kita agar tetap sehat. Terutama di masa pandemi ini. Ya, hati yang besar kan diawali dengan tindakan kebaikan terhadap sesama di sekitar kita. 

Kampanye #AnakHebatBerbagi Bersama Bebelac

Semangat yang sama juga dilakukan Bebelac Grow Them Great. Menyambut Ramadan nanti, Bebelac meluncurkan kampanye baru. Kampanye ini sangat membantu kita, para orang tua di dalam menumbuhkan nilai-nilai kebaikan pada anak. Kampanyenya sendiri dilakukan melalui kegiatan berbagi kepada puluhan ribu anak yatim piatu di seluruh Indonesia. #AnakHebatBerbagi, begitu tajuk yang diangkat dalam kampanye ini. Dari mulai tanggal 1 April 2021 kemaren hingga bulan Ramadan selesai. 

Setuju banget dengan apa yang dikatakan Psikolog anak Fathya Artha Utami, MPsi. Beliau mengatakan bahwa mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anak sejak dini, itu sangat penting untuk membekali mereka tumbuh secara menyeluruh. Tidak hanya sehat dan cerdas, tetapi juga memiliki kebaikan hati. Dengan begitu anak-anak dapat menjadi pribadi yang produktif dan berjiwa sosial di masa depan.

Apa yang dilakukan Bebelac #GrowThemGreat juga tak hanya membantu kita menumbuhkan nilai-nilai kebaikan pada anak. Tetapi juga ikut peduli dan membantu pemerintah dalam meringankan salah satu permasalahan sosial, yaitu tantangan ekonomi yang dihadapi penduduk Indonesia. Terlebih di masa pandemi.

Dari data gabungan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017 terlihat bahwa 1 dari 4 anak-anak di Indonesia dengan anggota keluarga lebih dari 7 orang menghadapi tantangan ekonomi. Dan di tahun 2020, datanya meningkat sebanyak 10,19% dari total penduduk di Indonesia. Sebuah angka yang cukup memprihatinkan. 

VP Marketing Danone SN Indonesia, Sri Widowati, dalam konferensi pers virtual Bebelac yang diselenggarakan tanggal 25 Maret 2021 lalu mengatakan bahwa dari jumlah anak-anak yang menghadapi tantangan ekonomi tersebut, anak yatim di panti asuhan adalah pihak yang mengalami kondisi paling mengkhawatirkan. Nah karenanya, dalam nuansa bulan Ramadan, Danone Specialized Nutrition Indonesia mencoba memberi wadah bagi orang tua untuk berdonasi, dan mengajak anak hebat untuk menyebarkan kebaikan bersama Danone. Semakin banyak orang tua dan anak-anak yang terlibat, maka akan lebih banyak anak Indonesia yang tercukupi kebutuhan nutrisinya. Jadinya, mereka akan bisa merayakan Idul Fitri dengan sehat dan ceria.


Bentuk Kampanye #AnakHebatBerbagi

Seperti apa sih bentuk kampanye #AnakHebatBerbagi? Begini, kita para orang tua bisa ikut andil dalam berdonasi dengan cara yang mudah saja. Yaitu dengan membeli produk Bebelac 3, 4, dan 5 di berbagai gerai retail, termasuk Indomaret. Nah nanti, hasil donasi tersebut akan disalurkan Bebelac kepada ribuan anak panti asuhan di berbagai daerah di Indonesia. Donasinya sendiri itu nanti akan kemas Bebelac dalam bentuk paket nutrisi yang terdiri atas produk Bebelac 4 dan berbagai makanan bernutrisi lainnya. Dengan begitu maka diharapkan anak-anak di panti asuhan akan terpenuhi kebutuhan gizinya. 

Tak berhenti sampai di situ saja. Kita juga bisa melibatkan anak-anak kita untuk berempati kepada anak-anak di panti asuhan tersebut. Caranya cukup dengan memberi pesan semangat dalam bentuk foto atau video yang diposting di akun media sosial dengan tagar #AnakHebatBerbagi. Nantinya, Bebelac akan mengompilasinya, dan diberikan bersamaan dengan donasi yang disebutkan di atas, kepada anak-anak yatim piatu. ke akun media sosial


Keren ya ide kampanye #AnakHebatBerbagi ini. Sederhana namun bisa memberi dampak yang besar terhadap perkembangan sosial emosional anak. Bener-bener deh, in bisa menjadi wadah bagi kita para orang tua untuk melatih empati anak. Persis seperti apa yang diungkapkan Psikolog Anak Fathya Artha Utami, MPsi. 

“Melatih empati adalah proses panjang untuk membesarkan anak yang memiliki kebaikan hati. Meski begitu, ada cara-cara sederhana yang dapat orang tua lakukan dalam keseharian. Misalnya mengajak anak untuk bersyukur, bercerita tentang pentingnya membantu sesama, serta mengekspresikan kepedulian mereka terhadap orang lain maupun lingkungan. Kegiatan seperti #AnakHebatBerbagi bisa menjadi wadah yang pas untuk melatih hal-hal tersebut.” 

Cara Syahnaz Sadiqah Melatih Empati Dua Anak Kembarnya 

Salah satu acara yang dilakukan saat Konferensi Pers Bebelac Tunjukan Hebatmu beberapa waktu yang lalu adalah acara talk show bareng Syahnaz Sadiqah, artis yang terkenal itu. Dengan moderator Zivanna Letisha, dan juga Psikolog Anak Fathya Artha Utami, Mpsi.

Syahnaz Sadiqah mengatakan bahwa dia ingin sekali Zayn dan Zunaira bisa tumbuh secara menyeluruh. Gak hanya pintar dan berani, tetapi juga punya kebaikan hati. Dia menyadari, dia sebagai orang tua harus memberi contoh baik, dan melibatkan anak-anaknya dalam kegiatan yang edukatif tetapi tetap menarik. Menurut Syahnaz Sadiqah, kegiatan seperti #AnakHebatBerbagi bisa menjadi wadah yang tepat. Dia bisa berdonasi, dan juga melibatkan Zayn dan Zunay untuk memberi pesan kebaikan. Dan secara tidak langsung, dia sudah ikut mencukupi kebutuhan gizi anak yatim piatu di bulan Ramadan. Syahnaz Sadiqah berharap jika kegiatan #AnakHebatBerbagi  ini didukung oleh banyak orang tua.

Isyana Sarasvati dan Kampanye #TerimaKasihPahlawanHebatku

Selain nambah pengetahuan dari Psikolog anak Fathya Artha Utami, Mpsi dan mendengar cerita Syahnaz Sadiqah, konferensi pers Bebelac di hari itu juga dihibur alunan lagu merdu Isyana Sarasvati. Kebetulan, Isyana Sarasvati memang membuat lagu yang terkait dengan kampanye Bebelac sebelumnya. Yaitu kampanye #TerimaKasihPahlawanHebatku


Benar, kampanye #TerimaKasihPahlawanHebatku merupakan bagian dari kampanye Tunjukkan Hebatmu. Seperti halnya kampanye #AnakHebatBerbagi, dalam kampanye #TerimaKasihPahlawanHebatku, Bebelac juga mengundang anak-anak hebat untuk membagikan pesan kebaikan. Bentuknya berupa pesan terima kasih kepada para tenaga medis yang masih berjuang melawan COVID-19

Hasilnya luar biasa. Sejak 24 Februari, Bebelac berhasil mengumpulkan lebih dari 1000 pesan kebaikan yang diunggah ke media sosial menggunakan tagar #TerimaKasihPahlawanHebatku. Nah pesan yang terpilih telah dikompilasi dalam sebuah video musik dengan lantunan lagu dari Isyana Sarasvati. Tunggu deh, videonya akan segera tayang di akun YouTube Bebeclub.

Yuk Latih Empati Si Kecil dengan Ikut Kampanye #AnakHebatBerbagi

Mulia sekali ya tujuan dari kampanye yang dilakukan Bebelac ini. Baik itu kampanye yang udah lewat, yaitu kampanye #TerimaKasihPahlawanHebatku dan juga kampanye #AnakHebatBerbagi. Keduanya melatih anak-anak untuk peduli lingkungan sosial di sekitarnya.

Saya sudah ikut membagikan pesan kebaikan untuk mendukung dan menyemangati para anak yatim piatu di panti asuhan. Nih, saya posting pesannya di akun Instagram saya. Teman-teman ikutan juga, yuk. 

Caranya gampang banget. Kita hanya tinggal menulis pesan menyemangati para anak yatim piatu dalam bentuk fofo atau video. Kemudian, foto atau video tersebut diunggah di akun media sosial kita. Baik Facebook atau pun Instagram. Jangan lupa untuk mention 5 teman kita, dan juga tag akun @Bebeclub plus diberi tagar #AnakHebatBerbagi

Well…

Sebuah cara yang sederhana namun memberi arti yang besar untuk anak-anak kita dan juga anak yatim piatu di panti asuhan, ya kampanye #AnakHebatBerbagi ini. Semoga saja, harapan yang dilambungkan dalam kampanye ini bisa tercapai. Seperti ucapan penutup dari Bu Sri Widowati ini.

“Tujuan kami di Bebelac adalah membantu orang tua untuk membesarkan anak hebat. Jadi pada dasarnya kami ingin anak-anak Indonesia tumbuh dengan sehat, memiliki kecerdasan intelektual, dan juga memiliki kebaikan hati. Melalui Tunjukkan Hebatmu dan rangkaian kegiatan di dalamnya, kami berharap dapat menginspirasi sebanyak mungkin orang tua untuk lebih melibatkan anak-anak dalam kegiatan berbagi kebaikan. Sehingga kelak semakin banyak generasi penerus yang memiliki kecerdasan serta kebaikan hati dan mampu berkontribusi mengurangi masalah sosial yang ada di Indonesia.”

Oke deh teman-teman, itu cerita saya tentang kampanye #AnakHebatBerbagi yang saya tahu dari konferensi pers Bebeclub Tunjukan Hebatmu: Dukung Orang Tua Tumbuhkan Kebaikan Hati Anak Hebat, beberapa waktu yang lalu. Semoga bermanfaat!



46 komentar:

  1. ah keren ini, klo dari kecil diajari suka berbagi, besarnya bisa tumbuh menjadi orang yang dermawan ya mbak
    acara yg sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget nih... memang haru dilatih sejak kecil ya... Ntar kalo dah gede jadi terbiasa berbagi dengan orang sekitar

      Hapus
  2. Perlu nih adanya yang seperti Bebelac Grow Them Great - kamp-anye yang mengajarkan anak berbagi. Anak hebat sejatinya mampu dan mau berbagi (tentunya bukan semata soal uang juga ya, bisa berupa perhatian, tenaga).

    BalasHapus
  3. saat seperti sekarang memang kita harus banyak ingatkan dan ajari anak - anak untuk saling berbagi empati dan juga berbagi kebaikan

    BalasHapus
  4. Webinarnya sarat gizi buat parenting ya kak, sayang banget nih aq gak ikutan webinarnya.. Tapi gpp ding tetep bisa baca ulasan ini ya kak, makasih banyak

    BalasHapus
  5. kampanye seperti ini memang membantu banget yaaa mba.. anak - anak bisa belajar dengan baik tentang berbagai aspek penting keuangan ya

    BalasHapus
  6. Anak Hebat Berbagi ini keren..Anak-anak jadi terbiasa berbagi dengan siapa pun... Semangat berbagi... Apalagi di bulan Ramadan nanti ya...

    BalasHapus
  7. Masya Allah ... Rayi dan Rayyan sudah gak sabar menunggu Ramadhan yaa. In syaa Allah nanti banyak hal yg bisa dilakukan sebagai orang hebat. 😍

    BalasHapus
  8. yess... betapa beruntungnya kita yang masih tinggal di rumah dengan orang tua. begitu pula anak kita. saya juga kepengen nih kalau nanti anak saya sudah paham, saya ajak dia mengasah kepekaan pada lingkungan sekitarnya dengan salah satunya mengunjungi panti asuhan

    BalasHapus
  9. Syahnaz makin kesini makin keibuan. Ya iyalah, udah ada anaknya kembar. Hehehe. Anak kita memang harus diajarkan semangat berbagi sedini mungkin. Lewat cara sederhana, seperti berbagi semangat lewat foto dan video ala Bebelac ini oke juga. Banyak hal bisa kita lakukan untuk melatih empati si kecil. Saya percaya setiap ibu punya jurusnya.

    BalasHapus
  10. Berbagi memang harus dibiasakan sejak dini. Supaya anak2 mengerti kenapa mesti melakukannya :) Aneka masalah sosial yang sering terjadi dapat kita bantu sebisa mungkin. Meskipun kecil yang penting ikhlas dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Orang tua bisa melatih anaknya berempati terutama kita masih mengalami pandemi.

    BalasHapus
  11. Wah hebat
    Sesuai dengan kampanye AnakHebatBerbagi yang diundang Syahnaz dan Isyana
    Mereka satu angkatan di Taruna Bakti
    Tapi yang paling keren Isyana , Karena selalu juara kelas

    BalasHapus
  12. Bebelac kereennn!
    Mantab banget nih programnya.
    Selaras dg semangat Ramadhan ya
    Sebuah cara yang sederhana namun memberi arti yang besar untuk anak-anak kita ya kampanye #AnakHebatBerbagi ini.

    BalasHapus
  13. Peran orang tua terutama ibu memang sangat penting untuk tubuh kembang anak. Bebelac kereeen!

    BalasHapus
  14. Masya Allah bagus banget program dari Bebelac. Anak-anak jadi terlatih memiliki empati sejak dini.

    BalasHapus
  15. keren nih kampanye yang diadakan oleh bebelac..
    jadi mengajarkan nilai-nilai kebaikan pada anak ya mba..

    BalasHapus
  16. Wah keren nih program Bebelac kampanye Anak Hebat Berbagi. Anak-anak memang seharusnya diajarkan untuk berbagi sejak dini ya, bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana.

    BalasHapus
  17. Bulan baik diisi dengan kegiatan-kegiatan yang baik pula. Menumbuhkan empati pada anak tentunya jadi satu pendidikan karakter yang sangat dibutuhkan dalam melahirkan generasi penerus yang mengutamakan akhlak di atas segalanya.

    Salut untuk BEBELAC. Semoga program ini dapat berjalan dengan baik sesuai rencana dan melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

    BalasHapus
  18. Bebelac hebat! Programnya keren! Semangat sambut ramadannya patut ditiru nih.

    Setuju banget mbak. Melatih empati sejak dini, agar kelak tumbuh jadi pribadi yang penyayang kepada sesama. Selamat menyambut ramadan, sehat selalu semuanya.

    BalasHapus
  19. Wah membeli produk Bebelac sekalius berdonasi ya, dan akan disalurkan ke ribuan anak panti asuhan. Belanja sambil beramal.

    BalasHapus
  20. Empati memang harus dilatih sejak dini ya, Mak.. Supaya anak-anak tidak cuek dengan kesulitan orang lain, dan yang juga penting, mereka bisa tumbuh menjadi anak yang pandai bersyukur. Keren banget programnya Bebelac ini. Salut.

    BalasHapus
  21. ini bagus banget ya teh tema pembahasannya nih, melatih etika dan empati emang wajib banget dari kecil yaaa hihhi, program bebelac bagus bagus sih ini

    BalasHapus
  22. setuju mbak, dgn mengajak si kecil ke acara berbagi seperti ini,maka empati si kecil bisa berkembang baik ya mbak
    tumbuh menjadi generasi yg penuh empati nantinya

    BalasHapus
  23. Ah iya kebiasaan baik itu memang harus dimulai dan dibiasakan dari sejak dini ya Teh termasuk kebiasaan berbagi ini...

    BalasHapus
  24. keren nih kampanye nya bebelac :) pas banget momen nya menjelang ramadhan, sekalian mengasah empati anak sejak kecil ya teh :)

    BalasHapus
  25. Keren banget kampanyenya Bebelac ya selain berdonasi untuk anak yatim saat membeli susu, anak-anak juga bisa diajari berbagi dan berempati pada teman-teman di panti asuhan

    BalasHapus
  26. Empati nih emang kyknya makin langka. Mungkin krn makin banyakm org bisa meihat kehidupan org lain via medsos ya?
    Bagus kalau ada kempen2 kyk gini yang bikin kita mengajari anak utk selalu berempati. apalagi kondisinya lagi masa susah kyk sekarag ini ya mbak.

    BalasHapus
  27. Yup, setuju bahwa melatih empati menjadi proses panjang untuk membesarkan anak yang memiliki kebaikan hati.

    Seringnya aku bercerita tentang kemiskinan keluarga, dan dampak broken home di keluargaku sendiri teh Nia. Jadi anak anak merasa bahwa problematika ini sangat dekat, sehingga mereka bersyukur terhadap hidup mereka sendiri

    BalasHapus
  28. Ramadan selalu menjadi bulan yang dirindukan oleh semua orang, termasuk juga anak-anak. Salut euy sama inisiatif Bebelac ngadain program/kampanye ini.

    BalasHapus
  29. Bebelac membuat Kita semua bisa ikut merasakan berbagi dengan ceria sebelum Ramadan.

    Semoga Ramadan penuh keberkahan untuk semua.

    BalasHapus
  30. semoga dengan kampanye ini makin banyak anak yang terbantu secara ekonomi, dan semakin banyak anak-anak lain teredukasi juga untuk membantu orang lain secara ekonomi ya mbaaa :loveeee

    BalasHapus
  31. menarik ya mba, banyak cara untuk bisa melatih empati anak, bahkan dari hal-hal di sekitar kita aja gitu. kalau aku biasanya dengan mengajaknya membaca dan bercerita

    BalasHapus
  32. webinarnya KEREN banget untuk menanamkan rasa empati pada anak kita. boleh nih dipraktekin ilmunya, :D

    BalasHapus
  33. Dengan membiasakan anak2 sejak dini untuk berbuat kebaikan itu ngaruh banget ke sikap dan empatinya terhadap sesama ya Mba... Keren juga program Bebelac ini

    BalasHapus
  34. Asik yaah, teh...membeli produk Bebelac sekaligus bisa berbagi dengan sahabat anak-anak yang kurang beruntung.
    Semoga semakin banyak yang berpartisipasi dengan program Bebelac.

    BalasHapus
  35. Kebaikan hati memang penting dikenalkan sejak dini ya mbak, saya juga ngersain manfaatnya, saat anak-anak sudah tau empati. Bebelac memang keren, semoga bisa menularkan ke ibu ibu Indonesia :)

    BalasHapus
  36. Saya senang kalau dari kecil sudah ada pemahaman berbagi seperti ini dari orang tua
    Karena berbagi sama dengan melatih empati yang tidak bisa ujug ujug langsung bisa diamalkan si buah hati

    BalasHapus
  37. Kampanye Anak Hebat Berbagi dari Bebelac ini cocok sekali untuk mengasah rasa empati anak-anak ya, Teh. Melatih empati pada anak itu memang penting selain menjadikan anak pintar dan berani.

    BalasHapus
  38. Semoga aja ya Kampanye Anak Hebat Berbagi Bersama Bebelac Yg dilakukan Bebelac Grow Them Great. Bisa nih anak2 mencotohnya dn diapresiasi dikehidupan sehari2

    BalasHapus
  39. Anak2 memang wajib diajari berempati sedari dini ya mabk supaya kelak saat dewasa gak jd manusia yang egois. Mereka akan terbiasa membantu orang lain juga sesuai kemampuannya.
    Acaranya bagus banget mbak yg diadakan oleh Bebelac ini TFS

    BalasHapus
  40. Berbagi memang harus diajarkan sejak dini ya mbak.
    Dan bagus banget Bebelac membantu memfasilitasi dengan mengadakan program berbagi ini. Semoga aja nggak cuma di bulan ramadhan, tapi juga dibulan-bulan lain

    BalasHapus
  41. Wah, cukup simpel ya ide cara berbagi yang disampaikan. Keren nih Bebelac, melatih karakter baik pada anak dengan cara yang simpel tapi mengena :)

    BalasHapus
  42. Iya, Teh saya pun sudah sounding ke anak-anak jelang ramadan nih. Btw, kampanyenya bagus banget, mengajarkan anak untuk peduli sesama ya.

    BalasHapus
  43. Sejak kecil memang rasa empati anak anak harus mulai diasah ya mak.. bagus banget bih program berbaginya, jadi mengajarkan anak anak untuk berbagi menjelang bulan ramadhan nanti ya maaak

    BalasHapus
  44. Ikut senang rasanya ada kampanye berbagi ke anak2 di panti. Semoga barokah kampanye nya ya. Duh, ikut terharu pesan kebaikan dari anak2 untuk nakes covid yg bakal diiringi Isyana. Kita bisa bersatu lawan covid19

    BalasHapus
  45. Sebentar lagi masuk bulan Ramadan, bulan berbagi. Selaras banget sama program ini yang mengajak anak-anak untuk menumbuhkan rasa empatinya pada orang lain.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)