17.2.21

5 Tips Merawat Tubuh Saat Hamil Agar Tetap Memesona

 


Perubahan apa saja yang sudah Moms rasakan semenjak hamil? Bobot tubuh bertambah? Timbul jerawat? Ukuran payudara membesar? Kulit terasa gatal? Atau mulai ada stretch marks?

Bila Moms mengalami hal-hal di atas, itu merupakan hal yang normal. Merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri karena perubahan-perubahan yang terjadi saat hamil juga normal.

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman itu, coba mulai merawat diri yuk, Moms. Melakukan perawatan tubuh saat hamil dapat membuat Anda tetap tampil memesona sekalipun sedang berbadan dua, lho. 

Kira-kira, apa saja ya yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh dan kulit moms selalu tampil terawat? Yuk, simak tipsnya!

Tips Merawat Tubuh saat Hamil Agar Tetap Memesona

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan, Moms.

1. Luluran

Luluran merupakan perawatan pertama yang bisa moms lakukan. Tak hanya menghilangkan sel-sel kulit mati di tubuh, luluran juga bisa membantu melancarkan sirkulasi di tubuh. Efeknya, aliran darah jadi lancar, begitupun aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh juga jadi lancar.

Namun, ingat satu hal, Moms. Kulit Anda ketika sedang hamil menjadi lebih sensitif. Untuk itu, pastikan memilih bahan lulur yang lembut dan dapat menghidrasi. Hindari juga penggunaan minyak esensial, seperti rosemary dan sage yang berbahaya bagi janin.

2. Merawat payudara

Dikutip dari laman Momslyfe, perubahan hormon saat hamil bisa membuat ukuran payudara moms meningkat 1,5 kali lebih besar dari ukuran sebelumnya. Warna puting dan area di sekitar payudara juga bisa menjadi lebih gelap. Maka itu, penting sekali untuk merawat dan menjaga kebersihannya. 

Tak perlu bingung, ini cara membersihkan puting payudara buat ibu hamil.

  • Cuci payudara secara teratur. Pastikan untuk lebih sering mengganti bra dan mencuci payudara ketika usia kehamilan moms sudah menginjak trimester akhir ya. Pasalnya, di masa itu, payudara moms akan mengeluarkan kolostrum sehingga membuat bra terasa lebih lembab. Ingat, Moms, bra yang lembab bisa membuat moms rentan mengalami infeksi dan menimbulkan kerak pada pori-pori di sekitar payudara.
  • Jangan membersihkan payudara pakai sabun. Meskipun membersihkan pakai sabun dapat menimbulkan sensasi lebih bersih, sayangnya, pakai sabun untuk membersihkan payudara justru membuat kulit payudara momsa lebih kering dan rentan pecah-pecah. Cukup bersihkan payudara moms dengan air hangat.
  • Pijat payudara. Beberapa dokter menyarankan untuk memijat payudara dengan minyak zaitun atau produk pelembab lain yang aman digunakan. Namun, jangan memijatnya terlalu kencang ketika moms mulai mendekati hari perkiraan lahir.

3. Merawat wajah

Melakukan perawatan wajah saat hamil sebetulnya tidak dilarang. Asalkan moms menggunakan produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil. Hindari penggunaan produk antijerawat yang mengandung retinoid dan turunan vitamin A, seperti Retin-A, salisilat, dan asam salisilat. Walaupun kandungan produk itu ampuh mengatasi masalah jerawat, namun, kandungan itu tak aman untuk ibu hamil. 

Sebagai gantinya, moms bisa mulai beralih ke produk perawatan kulit yang mengandung asam laktat dan asam alfa-hidroksi. Atau moms bisa memilih skincare yang mengandung vitamin E, vitamin K, vitamin B3, dan green tea yang bagus untuk perawatan anti-aging dan mencegah kerutan.

4. Olahraga

Berolahraga saat hamil bisa membuat tubuh moms menjadi lebih segar, mengurangi stres, dan tidur lebih nyenyak. Tubuh yang segar dan mendapatkan cukup tidur bisa terlihat lebih cantik dan sehat, Moms. Maka itu, yuk, kita olahraga.

Sebagai variasi, moms bisa memilih beberapa olahraga yang aman untuk ibu hamil ini; berenang, yoga, senam hamil, berjalan, dan senam kegel.

5. Cukup tidur

Susah tidur merupakan salah satu masalah yang dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasinya, coba tidur dengan posisi miring sambil menekuk lutut. Moms juga bisa menggunakan bantal tambahan untuk menyangga tubuh agar tidak pegal.

Bila moms cukup tidur, dijamin deh badan menjadi terasa lebih segar dan kulit terlihat lebih bercahaya.

Jadi, gimana, Moms, sudah siap selalu tampil cantik semasa kehamilan moms?

23 komentar:

  1. Paling sulit dari hal tersebut di atas pas aku lagi hamil adalah tidur yang cukup hihihi :) Posisi bobo yang nyaman aja sulit apalagi ketka hamil gede ya wkwkwk :D Luluran malah ga, begitu juga merawat wajah. Kalau olahraga santai biasanya jalan pagi aja.

    BalasHapus
  2. dari 5 tips di atas poin ke-lima paling sulit dilakukan, entah kenapa kok susah banget ya buat cukup tidur teh saat hamil

    BalasHapus
  3. wah mantap ini tipsnya
    meskipun hamil, ibu tetap bisa merawat diri ya mbak
    biar tetap cantik di masa kehamilan
    kan klo cantik juga bisa bikin bumil hepi

    BalasHapus
  4. Bener banget nih tipsnya memang penting banget dilakukan. Tapi aku sendiri baru bisa fokus melakukan semuanya setelah 12 bulan melahirkan hehehe.

    BalasHapus
  5. Saya tuh tips ke-4 jarang dilakukan saat hamil. Dulu memang mager banget. Jangan ditiru lah, ya. Karena olahraga kan bisa bikin bumil tetap bugar

    BalasHapus
  6. Yup, meski hamil tetap harus merawat diri ya mbak.

    Eh tapi aku hamil 3 kali nggak pernah olahraga, bawaannya males. Pulang kerja langsung pengen rebahan aja

    BalasHapus
  7. Pas hamil aku jarang olah raga malahan. Karena susah diajak gerak lainnya. Jadi ya, hanya jalan kaki aja, itu pun memasuki usia kandungan 30 minggu. Saya baru mulai rajin jalan kaki.

    BalasHapus
  8. Bener bnget ya biarpun Hamil tetep harus jaga kesehatan krn ada baby didalam... tidur cukup n olahraga tuh point lg biar lahiranny gampang

    BalasHapus
  9. Noted. Aku baru tau kalau ibu hamil nggak boleh bersuhin payudara pakai sabun, thanks banget infonya mbak

    BalasHapus
  10. Iya saat hamil waktunya merawat diri soalnya begitu lahiran rempong pisan mengurus bayi ya Teh hihi

    BalasHapus
  11. Catet tipsnya buat persiapan nanti pas hamil. Kalau Mbakku kemarin sih pijat dan bersihin payudara. Tidur cukup banget malah sering ngantuk kayanya

    BalasHapus
  12. waw what a perfect pregnant mom yaks klo bs jalani ke 5 tips tsb...tp idealnya emang gitu biar sehat lahir batin happy dan tetep cantik...tp kadang hormonal saat hamil ini lho yang bikin jumpalitan hahaha

    BalasHapus
  13. Kok jadi pengen hamil lagi yak, hahaha... Dulu hamil pertama kayaknya cuek banget, makan banyak, olahraganya jalan pagi tapi jarang dandan, soal tidur kayaknya nyaman aja 😁

    BalasHapus
  14. Merawat wajah itu jarang banget mbaaa pas di hamil 1 dan 2. Hamil terakhir baru deh..
    Olahraga harus ya mba biar bugar dan nambah bahagia si bumil

    BalasHapus
  15. Ibu hamil luluraan? Wah saya belum pernah mencoba, Teh. Perlu banget nih, dicoba, luluran saat hamil

    BalasHapus
  16. Aku setuju banget yang bagian merawat payudara soalnya kalau pas baby lahir dan menyusui tu pasti butuh payudara yg bagus. Gk cuma dr sisi penampilan harus bersih dll, tapi imho jg khususnya soal puting PD tu kudu beneran diperhatikan supaya memudahkan proses menyusui

    BalasHapus
  17. Maaci tipsnya maaak, kadang emang kalo pas hamil suka berasa lebih dekil yaaa.huhu. jadi nggak boleh lupa untuk tetap merawat diri saat hamil ya mak..

    BalasHapus
  18. Jadi suka kangen hamil lagi ini teh wkwkwkw,

    BalasHapus
  19. Ibu hamilkan tetap harus dirawat ya mbak, setuju banget deh ini sama tipsnya. Kan selain kita yang bangga terus suami juga pasti senang sekali ya.

    BalasHapus
  20. Kalau hamil anak pertama aja...memang masih berat, tapi hamil anak kedua dan seterusnya aku rasa semakin beragam tantangannya yaa, teh..
    Memang paling asik bumils ini adalah bobok. Hhiihi...terasa lebih cepat lelah, gitu..

    BalasHapus
  21. thank you for all the tips ya teh... memang saat hamil banyak hal yang perlu diperhatikan selaluuu

    BalasHapus
  22. Istirahat cukup bener2 penting banget ya Mak apalagi pas pandemi kayak gini rasanya kerjaan dan area personal tipis banget batasnya. Harus pinter2 ngelola waktu untuk nyempetin istirahat lebih banyak.

    BalasHapus
  23. Nah ini pas hamil malah jarang olah raga. Sudah kepayahan membawa beban dalam perut Mbak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)