19.8.20

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

Bagi ibu yang sedang mengandung, dan sudah ada di trimester akhir, tentunya hal ini sudah sangat dekat sekali dengan waktu melahirkan. Ketika waktu melahirkan tiba, ada beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapakan untuk menyambut kelahiran bayi tersebut.  

Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempersiapkan persalinan, pastinya teman-teman masih kebingungan, barang apa saja sih yang perlu dipersiapkan? Jika teman-teman merasa kebingungan, ini dia beberapa barang yang harus dipersiapkan untuk menyambut kelahiran bayi teman-teman.

  • Dua lusin popok bayi
  • Alas anti-air
  • Dua buah washlap 
  • Enam lembar kain bedong
  • Enam buah baju dan celana panjang
  • Enam buah baju dan celana pendek 
  • Tiga buah topi
  • Enam buah sepatu atau kaos kaki
  • Satu lembar selimut 
  • Satu buah kelambu
  • Dua lembar handuk 
  • Perlengkapan mandi dan produk perawatan bayi, seperti sampo, sabun, minyak telon, bedak, babyi oil, dan lain-lain.

Untuk mempersiapkan semua perlengkapan tersebut, tentunya teman-teman perlu membelinya jauh jauh hari ya. Dan supaya semua berjalan dengan lancar, berikut ini beberapa hal yang harus benar- benar diperhatikan sebelum membeli perlengkapan bayi.

  • Sangat disarankan untuk membeli perlengkapan bayi ini kira-kira 1 bulan atau 2 bulan sebelum teman-teman melahirkan. Dan pastikan teman-teman membelinya ketika tubuh teman-teman masih kuat dan memungkinkan untuk berkeliling ya.
  • Sebelum berbelanja juga sebaiknya teman-teman jangan lupa untuk menyiapkan beberapa daftar belanjaan terlebih dahulu, supaya nantinya tidak ada barang yang terlewat.
  • Ketika teman-teman membeli perlegkapan bayi, seperti popok dan juga baju, sebaiknya jangan terlalu banyak dulu, karena pertumbuhan bayi ini sangat cepat. Kalau terlalu banyak membeli baju yang kecil, nantinya baju tersebut tidak akan bisa terpakai lama. Sayang sekali jika mubazir.
  • Ketika teman-teman akan membeli perlengkapan untuk bayi, misalnya baju, handuk, washlap dan lain-lain, sebaiknya teman-teman harus sangat memperhatikan bahan. Pilih bahan yang lembut, dan jangan sampai membeli bahan yang kasar. Hal ini tentu saja karena bisa membuat kulit bayi iritasi nantinya.
  • Ketika membeli baju untuk bayi, pastikan juga teman-teman membeli ukuan yang sedikit lebih besar dari umur bayi. Hal ini dilakukan supaya baju tersebut tidak mudah sempit ketika bayi sudah mulai tumbuh.
  • Ketika membeli baju untuk bayi, sebaiknya teman-teman pilih baju bayi yang memiliki kancing di depannya. Hal ini akan sangat membantu teman-teman ketika memakaikan atau melepaskan baju tersebut. Bayi kan belum bisa duduk. Jadinya harus hati-hati saat memakaikan bajunya.
  • Setelah semua perlengkapan yang di butuhkan selesai dibeli, jangan lupa untuk dicuci dengan menggunakan air bersih terlebih dahulu. Hal ini ditujukan untuk menghilangkan debu-debu atau kotoran yang mungkin menempel pada barang-barang tersebut. Setelah dicuci, baju tersebut juga sebaiknya teman-teman setrika, supaya jadi lebih rapih.
  • Setelah semua barang-barang tersebut dicuci hingga bersih, jangan lupa untuk teman-teman simpan lagi di tempat yang benar-benar bersih. Sebaiknya, perlengkapan bayi ini disimpan di tempat tertutup, supaya barang-barang tadi tetap terjaga kebersihannya. 

Menyiapkan perlengkapan untuk menyambut kelahiran bayi ini sekilas seperti sangat mudah, tapi banyak juga orang tua baru yang tidak membelinya secara lengkap, karena mereka membelinya secara mendadak dan terburu-buru. 

Itu dia beberapa informasi yang bisa saya bahas pada kesempatan ini. Semoga informasi di atas bisa membantu teman-teman dalam menyiapkan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut kelahiran bayi teman-teman. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya!


20 komentar:

  1. Dulu waktu anak pertama bingung banget mau beli perlengkapan apa dulu. Sekarang anak kedua karena jaraknya hanya 2 tahun jadi lebih santai. Perlengkapan yang masih bisa dipakai gak beli lagi..hehe

    BalasHapus
  2. belanja perlengkapan bayi tu menyenangkan ya mbak :) dulu waktu anak saya mau lahir juga gitu, semua kayaknya mau dibeli hahaha tapi sayang kondisi dompet ga memungkinkan

    BalasHapus
  3. Tips perlengkapan bayik yang harus disediakan dan masuk kantong, mules tinggal jinjing yaa.
    Tapi ku punya pengalaman, nungguin adek lahiran, udah jinjing tas perlengkapan bayik, ehh datang kesana ga ada satupun yang dipake, udah disedian di RSnya, dan ga boleh pake punya sendiri, dipakein sama suster, galak pula susternya. Trus kita nonton aja hahaaa..


    BalasHapus
  4. dulu waktu jelang melahirkan, selalu ready 1 tas isi perlengkapan bayi dan ibu pasca bersalin

    BalasHapus
  5. Sudah saya screenshot mba. Makasih banyak tulisannya, jujur aku masuk kategori nih, sedang hamil anak pertama, hhii.

    BalasHapus
  6. jadi ingat waktu hamil pertama, saat usia kandungan 7bulan mulai deh hunting perlengkapan bayi, excited banget siapinnya, maklum perdananya kan.
    eitss tapi pas anak kedua dan ketiga mah santuy aja karena barang-barang Si Kakak masih bisa digunakan, masih bagus karena kan emang baby born cepet banget barangnya sempit ya, hihihih. Paling beli baru tuh macam handuk dan sarung aja tuk emaknya :D

    BalasHapus
  7. Jadi inget waktu anakku masih di kandungan, untuk persiapan kehadirannya aku pun membuatkan wishlist perlengkapannya

    BalasHapus
  8. Jadi ingat waktu persiapan lahiran anak pertama dan kedua dulu. Baiknya memang perlengkapan ini sudah disiapkan jauhjauh hari, jadi bisa tenang menjelang waktu melahirkan.

    BalasHapus
  9. Perlengkapan bayi baru lahir ini selalu bikin orangtua excited.
    Karena semua-mua ingin dibeli.

    BalasHapus
  10. Dulu aku selalu bikin list persiapan bayi lahiran. Sampe segambreng semua dibeli. Kayaknya sekarang bakal dipilih banget mana yang penting dan perlu dan mana yang tingkatannya biasa. Hehehe Anyway makasih tipsnya ya teh.

    BalasHapus
  11. Pertama kali hamil, saya persiapkan banyak sekali perlengkapan bayi alhasil banyak yang enggak terpakai mbak. Tapi yang dilist ini dipakai semua dan langsung di cuci bersih.

    BalasHapus
  12. waa nuhun teh sharingnyaaa, kalo abis beli beli baju tu kadang karna ngerasa baru jadi suka ngerasa udah bersih, padaha wajib banget buat nyuci lagi yaaa,

    BalasHapus
  13. Terima kasih tips nya mba.. insya Allah bermanfaat ni utk para calon ibu baru..

    BalasHapus
  14. Seru seru rempong belanja perlengkapan bayi ini. Kalau udah dikasih catatan gini bisa lebih gampang. Kalau aku tambah sarung tangan dan sarung kaki juga 🤭

    BalasHapus
  15. Aku seneng banget bagian belanja perlengkapan bayi apalagi anak sendiri ya :-D bisa kalap ini mah

    BalasHapus
  16. Mba, baca artikel ini serasa nostalgia deh, kembali ke jaman mau punya anak dulu. Seruuu banget gitu belanja kebutuhan bayi, apalagi kalau anak pertama. Semuaaa pengin dibeli ya. :))

    BalasHapus
  17. Makasi banyak ya Mbak Nia sharingnya, pas banget satu setengah bulanan lagi aku lahiran. Aku jadi bisa sambil cek cek barang ni dari list mbak Nia, hihihi....

    BalasHapus
  18. Untuk sabun dan bahan pencuci lainnya mungkin bisa dibeli saat dibutuhkan ya Mbak, biasanya nih, biasanya teman yang njenguk bayi seringkali bawaannya itu. Jadi daripada numpuk, lebih baik beli secukupnya dulu ya.

    BalasHapus
  19. Such a long list yiu have here but semuanya memang penting dan dibutuhkan bangeet

    BalasHapus
  20. BUat ibu baru ini perlu banget dicatat loh, karena banyak yang belum paham eh beli yang gak penting. Tapi yang penting-penting terlupakan, dulu soalnya aku pun begitu mba. Padahal dah heboh duluan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)