24.5.17

Tips Menyimpan Kue Putri Salju Agar Selalu Renyah


Menikmati kue kering di sela waktu senggang, misalnya ketika sore hari ditemani dengan secangkir kopi atau teh, adalah salah satu cara menikmati hidup yang sederhana. Selain bisa menjadi santapan untuk camilan, kue kering ini juga merupakan makanan wajib yang disediakan ketika hari raya. Tidak heran jika pesanan kue untuk hari raya kerap kali mengalami peningkatan. Salah satu kue legendaris yang dari dulu hingga saat ini selalu tersedia adalah kue putri salju. Kue kering dengan rasa gurih dengan taburan gula halus manis ini, bisa menjadi pelengkap aneka sajian camilan di hari raya Anda.

Kue kering dengan tekstur renyah dengan rasa yang lezat ini sering kali membuat lidah tak bisa berhenti mengunyah. Namun rasa nikmat ini akan berkurang jika kue tersebut sudah melempem atau tidak renyah lagi. Tak hanya itu saja, saat sudah tak renyah, aroma dan rasa kue putri salju biasanya juga sudah berubah. Selain karena kuenya yang sudah lama atau basi, bisa juga hal tersebut terjadi akibat dari cara penyimpanan yang tidak benar. 

Untuk bisa selalu menjaga kerenyahan dan kelezatannya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menyimpan kue kering, khususnya kue putri salju agar selalu renyah dan nikmat.

Dinginkan kue lebih dulu
Apabila Anda membuat kue sendiri, meletakkan kue yang baru matang ke dalam toples merupakan tindakan yang salah. Kenapa demikian, sebab kue tersebut biasanya masih lembek karena uap airnya masih banyak, sehingga rentan dan mudah rusak. Untuk itu, pastikan mendiamkan kue terlebih dulu selama beberapa saat agar kue dingin sempurna. Barulah setelah itu, mulailah menyusun kue ke dalam toples atau wadah yang Anda miliki. Dengan begitu, kue akan lebih awet dan terhindar dari rusak atau bahkan lembek.

Toples kedap udara
Baru menyimpan kue putri salju beberapa hari tapi kuenya sudah melempem? Mungkin Anda butuh toples yang kedap udara. Oleh karena itu, segera ganti toples yang Anda miliki sekarang dengan toples yang memiliki kelebihan kedap udara. Toples kedap udara biasanya dicirikan dengan adanya karet di bagian penutup. Atau bahkan, ada juga yang dilengkapi penutup khusus. Dengan menutup rapat kue yang dibuat dengan menggunakan toples kedap udara, maka bisa dipastikan, kue Anda akan tahan lama kerenyahan, aroma, dan juga  kelezatannya.

Wadah harus kering
Kesalahan kecil seperti ini biasanya kurang begitu dipedulikan oleh beberapa orang. Padahal wadah yang belum kering benar sangat memengaruhi kue kering menjadi cepat melempem. Untuk itulah, sebelum memasukkan kue ke dalam toples, pastikan wadah dicuci hingga bersih terlebih dulu, dan lalu mengelapnya sampai benar-benar kering. Uap air yang masih bersisa di wadah bisa menyerap ke dalam kue. Tak heran bukan jika pada akhirnya kue menjadi cepat melempem?

Jaga kelembapan memakai garam
Tingkat kelembapan di dalam toples ini juga perlu diperhatikan. Sebab ketika kelembapannya terlalu tinggi, maka kue kering di dalamnya akan mudah melempem. Jika Anda khawatir toples belum kering benar, dan masih tinggi kadar kelembapannya, menyiasatinya dengan cara menambahkan garam di dalam kain bersih ke dalam toples, bisa jadi pilihan. Garam ini misalnya saja silica gel. Hal serupa sering kita temukan pada kotak penyimpanan sepatu. Tujuannya pun sama, yaitu menjaga kelembapan kotak sepatu agar sepatu tidak terlalu lembap. Tahu sendiri kan seperti apa jadinya jika kotak sepatu lembap? Sepatu mudah rusak karena berjamur.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga agar kue kering yang Anda buat selalu renyah dan tahan lama. Mengingat sebentar lagi Lebaran akan tiba, maka ada baiknya untuk segera mencuci semua wadah dan toples kue kering Anda. So, Anda pun bisa segera bisa dipersiapkan dan menata kue putri salju, nastar, kastengel, atau pun kue favorit lainnya sebagai sajian pelengkap Anda di saat Lebaran. Semoga bermanfaat!

41 komentar:

  1. Oh jadi bisa ya mbak menambahkan garam ke lap agar cepat kering? wah tipsnya boleh dicoba nih, daripada nunggu diangin-anginkan bisa lamaaa

    BalasHapus
  2. Aku mau dibikinin aja deh kue putri saljunya #eh hahahahahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... aku juga biasanya beli. Atau, ngembat dari rumah mertua. :)))

      Hapus
  3. Waw, menarik, makasih infonya ya

    BalasHapus
  4. Baru tau garam itu seperti silica gel, tapi teh klo aku paling udah abis duluan kue putri saljunya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, aku juga gak sempet melempem. Pasti keburu abis. :)))

      Hapus
  5. tipsnya sangat menginspirasi, terima kasih teh nia. benar-benar ga terpikirkan selama ini :)

    BalasHapus
  6. Boleh dicoba nih tipsnya. Hehehehe Makasih infonya, teh.

    BalasHapus
  7. Oh jadi begitu.. pantesan selama ini bikin kue lebaran kok mudah berjamur pas udah hari H nya.

    BalasHapus
  8. Ya ampuuun, ternyata gitu ya caranya, dikasih garam!

    Eh, sst... Tau gak, saya pernah disuguhi kue nastar berjamur saat ke rumah salah seorang tetangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sering, MakNeng. Dulu kalo ke rumah sodara. Ternyata karena lembap saat dimasukin..

      Hapus
  9. Wikkk makaasih tipsnya mbaak. . Bermanfaaat banget biar ttp awet yaak kuenyaa. . Jd harus dipastikan ttp kering tmpatnyaaa. . Hehehe tfs mbaak 😁

    BalasHapus
  10. Wah, sudah jadi kue keringnya. Saya masih merencanakan nih, kapan ya bisa bikin kue kering.
    Btw .. tip yg menggunakan garam akan saya coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... beloooom. Nanti lah minggu terakhir. Tar keburu abis. :D

      Hapus
  11. Baru tau mba resep tips biar renyah.. hehhee.. btw makasi banget y mba tipsnha.. mau coba saya praktekan.. mau cari resep bkinnya dlu.. hehee tq y mba

    BalasHapus
  12. Wah..aku baru tau kalo kita bisa menambahkan garam ke dalam toples biar wadah cepat kering. Jadi begitu ya trik n tips nya biar putri salju tetap renyah kres..kres pas dimakan. Tq infonya teh Nia.

    BalasHapus
  13. Tima kash tipsnya mbk...blog mbk nia sudah saya follow..hihihi

    BalasHapus
  14. Wah saya baru tau, Teh, yang menambahkan garam ke toples. Asal jangan diaurin aja ya, ntar jadi asin kuenya, haha...

    BalasHapus
  15. Jaga kelembaban pake garam, saya baru tahu teh. Makasih infonya

    BalasHapus
  16. Iya nih, yang ngasih silica gel seringnya lupa.. atau males. hihi..
    Makasih sharingnya, Mbak :)

    BalasHapus
  17. biasnaya simpan ditoples yg tertutup rapat sdh aman /... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Asal jangan pas panas-panas masukinnya. Pasti aman.

      Hapus
  18. Kalau ada kue putri salju di rumah biasanya yang abis gulanya duluan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa? Di aku malah suka nyisa banyak gulanya :D

      Hapus
  19. waaa.. Baru tau ini tipsnya, harus diperaktekin lebaran ini, soalnya ini kue kesukaan anak2

    BalasHapus
  20. oohh jadi itu gunanya bungkusan kecil di kotak sepatu xD

    BalasHapus

  21. index:obathammer.id
    index:obatkuatcialis.id
    index:jualmaxman.com
    index:obathammerofthor.id

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)