18.6.16

3 Makanan Khas Bali yang Ingin Saya Cicipi


Siapa pun tahu, Bali adalah tempat wisata popular yang menjadi tujuan utama saat liburan. Tak cuma untuk orang Indonesia, bahkan turis asing berbondong-bondong datang ke Bali untuk berwisata. Alamnya, kebudayaannya, masyarakatnya, dan makanan khasnya menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun untuk datang ke sana.

Tak terkecuali dengan saya. Iya, saya sudah lama lho mengidam-idamkan Bali sebagai tempat tujuan saat menghabiskan liburan. Beneran, saya selalu mupeng manakala ada teman atau siapa pun yang menulis pengalaman atau posting foto-foto mereka saat liburan di Bali. Duh… saya kapan ya bisa berkesempatan mengunjungi pulau dewata? 

Selain alam dan kebudayaannya, yang paling bikin penasaran saya adalah makanan khas Bali. Betul, beberapa kali melihat tayangan kuliner khas Bali di televisi sungguh membuat penasaran. Maklumlah tukang makan, yang paling duluan pengin dijajal, jelas makanannya. Dan 3 makanan berikutlah yang paling pengin segera saya cicipi.

Ayam Betutu
Di antara sekian banyak jenis daging, daging ayam adalah yang paling sering saya masak dan paling sering saya makan. Bukan hanya karena harganya yang lebih murah *maklum emak-emak pengiritan*, tetapi karena memang keluarga lebih suka dengan daging ayam. Nah, untuk makanan khas Bali, Ayam Betutu adalah incaran pertama saya kalau nanti berkesempatan mengunjungi pulai itu. 

Ayam Betutu

Bagaimana tidak saya tergoda dengan menu yang satu ini. Olahan ayam ini sungguh pedas dengan bumbu yang dimasukkan ke bagian dalam perut ayam kampung. Pemanggangan daging yang dibungkus dengan daun pisang di dalam bara api sekam selama 24 jam sudah pasti akan menghasilkan sensasi gurih, lembut, dan juga ‘hot’ yang nikmat. Bisa dibayangkan bukan gimana endeusnya Ayam Betutu ini saat disantap dengan nasi panas nan ngebul? Top markotop deh!

Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung
Sebagai penyuka makanan pedas, saya juga tergoda dengan Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung. Selain karena pedasnya, rujak yang dibuat dengan diberi kuah ikan tuna tentu sangat bikin penasaran. Bayangkan saja, gimana rasanya ya irisan mangga muda dikasih kuah pindang dan cabe super pedas? Gimana juga ya sensasi rasanya rujak ini yang ditambah dengan rumput laut? Uh... ngiler saya bayanginnya!

Rujak Kuah Pindang

Nasi Jinggo
Yang bikin penasaran dari Nasi Jinggo, seperti halnya dua makanan yang saya sebutkan di atas, tentu adalah rasa pedasnya. Iya, saya memang fans makanan pedas garis keras. Tapi selain karena pedasnya, saya juga penasaran dengan sensasinya. Nasi seukuran kepal yang dikasih sambal pedas, daging ayam suwir, mie goreng, dan tempe goreng. Apakah seperti nasi kucing?

Nasi Jinggo

Itulah 3 makanan khas Bali yang pengin banget saya cicipi. Tapi selain itu, jika berkesempatan ke sana, saya tentu tak akan melewatkan makanan-makanan khas lainnya. Sayang banget kan kalo udah ke sana tapi menyia-nyiakan kesempatan untuk menikmati segala macam yang asli dari sana?

Oh ya, jika berkesempatan ke sana, saya penginnya backpacker-an dengan nginep di rumah-rumah kampung gitu. Tapi kayaknya gak mungkin deh. Soalnya, saya kalo ke sana pasti bareng rombongan sirkus. Hehehehe… anak-anak saya maksudnya. Jadi paling nyaman kalo bareng keluarga mah pasti nginepnya di hotel. Ya, hotel di Bali.

Eh tapi jangan salah, walopun di hotel, lagi-lagi sebagai emak-emak irit, saya pasti nyarinya hotel yang murah. Banyak juga lho ternyata hotel di Bali yang harganya terjangkau alias murah. Gak percaya? Coba deh klik di sini. Di antara daftar tersebut, bisa dilihat mana-mana saja hotel yang murah itu. 

Aduuh… jadi gak sabar deh pengen segera ke Bali. Pengen segera nyicipin makanan-makanan khas Bali yang udah saya sebutin tadi. Kalo teman-teman sudah ke Bali atau ingin ke Bali, makanan apa saja yang sudah atau ingin teman-teman cicipi?

3 komentar:

  1. ayam betutu bu lina, recomended, rasa dan pedesnya nampol mbk, hehe

    BalasHapus
  2. Aku pernah ke Bali tapi malah ga pernah makan itu semua. Mampirnya ke warung Padang supaya yakin halal hehe..

    BalasHapus
  3. Aku udah nyobain semua dan enaaaak mba 😇😇

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)