19.6.15

Rahasia Tidur Sehat dan Nyenyak untuk Anak-anak


Sekitar tahun 2009, saya terkena DBD. Penyakit yang diakibatkan gigitan nyamuk Aedes aegypti ini menjadi titik belok di hidup saya. Saya yang asalnya menganggap kesehatan itu urusan pribadi, kemudian mulai berpikir luas. Iyalah, kita bisa saja menjaga kebersihan diri, keluarga, dan lingkungan dengan sebaik-baiknya, tapi orang lain di sekitar kita? Belum tentu, bukan? Seperti nyamuk DBD yang menggigit saya dulu. Boleh jadi, nyamuk itu berkembang biak di kampung sebelah. Tetapi karena si nyamuk mampu terbang jauh, dan ‘sistem pertahanan’ di rumah saya sedikit lengah, jadilah saya korban gigitannya.

Sejak saat itu, saya meningkatkan ‘status kesiagaan’ terhadap nyamuk. Sungguh, saya tidak mau jika gigitan nyamuk mengganggu kesehatan atau mengganggu tidur kami sekeluarga. Terlebih tidur anak-anak. Sebab untuk anak-anak, tidur tak hanya sekadar mengistirahatkan tubuh semata, tetapi juga waktu pengeluaran hormon pertumbuhan tubuhnya. Tak hanya itu saja, tidur juga memberi manfaat bagi otak anak, yaitu menambah daya ingat dan konsentrasi. Selama tidur pula terjadi proses detoksifikasi. Dan proses detoksifikasi berperan di dalam perkembangan otak serta kestabilan emosi anak.

Nah, mengingat begitu pentingnya tidur nyenyak bagi anak-anak, saya semakin mantap untuk menghindarkan anak-anak dari gigitan nyamuk. Salah satu caranya yaitu dengan penggunaan obat nyamuk.


Sejak kecil, obat nyamuk yang terkenal ampuh adalah Baygon. Dulu, saya menggunakan obat nyamuk bakarnya. Tapi karena kini di rumah banyak anak-anak, apalagi si sulung dan si bontot mempunyai asma yang mudah kambuh jika menghirup asap, maka kini saya beralih pada Baygon Liquid Elektrik. Mengapa? Karena Baygon Liquid Elektrik memberikan perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk kamar anak, tanpa asap, tanpa repot, dan tanpa nyamuk.


Selain kamar yang bebas nyamuk, untuk tidur nyenyak diperlukan hal-hal lain. Berikut ini hal-hal lain yang membuat anak-anak saya bisa tidur nyenyak setiap hari.
  • Hal pertama yang menjadi perhatian saya dalam menciptakan tidur berkualitas yang dicirikan dengan tidur nyenyak adalah memastikan perut anak-anak saya sudah kenyang. Kenyang di sini berarti terisi dengan cukup, tidak kosong, dan juga tidak terlalu penuh. Perut kosong akan membuat tidur gelisah, tidak nyenyak, dan bahkan masuk angin. 
  • Badan, pakaian, dan tempat tidur yang bersih juga sangat menunjang dalam terciptanya tidur nyenyak. Bayangkan saja jika anak-anak naik ke atas tempat tidur dalam keadaan kotor. Dari mulai gatal-gatal hingga penyakit serius bisa mengancam kesehatan anak-anak. Dan jelas, tidur mereka menjadi tidak nyenyak.
  • Beraktivitas sebelum tidur. Cara ini dilakukan agar anak-anak ‘lelah’. Sebab ketika tubuh, terutama mata sudah lelah, anak-anak pasti akan tidur. Membaca buku, menyanyi bersama, hingga bermain tebak-tebakan menjadi cara saya untuk ‘memancing lelah’. Sebisa mungkin saya menghindari tv, games dan gadget, sebab biasanya aktivitas ini membuat mata semakin melek.
  • Kamar dan lingkungan tempat tidur yang nyaman juga tak kalah penting. Semua akan sia-sia jika kamar dan lingkungan tempat tidur tidak nyaman. Ruangan yang pengap, sumpek, terlalu menyilaukan, hingga suasana yang bising pasti akan membuat tidur anak-anak tidak nyenyak. So, pastikan kamar anak-anak selalu cukup udara, tidak terlalu terang, dan suasananya tenang.
Nah ibu-ibu, itu rahasia yang selalu saya lakukan agar anak-anak tidur sehat dan nyenyak. Bagaimana dengan rahasia ibu-ibu sekalian?

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog #TUMBaygonBlogCompetition

Referensi
  1. http://www.babycenter.com/0_the-connection-between-sleep-and-growth_3658990.bc
  2. http://www.nhlbi.nih.gov/health/health-topics/topics/sdd/why
  3. http://www.huffingtonpost.com/2011/02/02/sleep-health-benefits-_n_817803.html
*Jumlah kata = 498 kata, tanpa Referensi.

49 komentar:

  1. Wah...pantesan tidurnya nyenyak, emaknya rajiiiiinnn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan rajin, mak, tapi saking parnonya sama nyamuk... :D

      Hapus
    2. Nyamuk adalah pengganggu yg paling gak enak yg mana anak tdur dengan nyeyak gara2 nyamuk anak kita terbangun dan nangis. Saya pale vave mba. Salam kenal ya mba

      Hapus
  2. nyamuk itu musuh terberat saya, hewan kecil ini kok yasusah bener dibasmi. sukses ya mbak, btw minionnya eye catching banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak, nyamuk emang bikin senewen. Kecil tapi bikin penyakit...

      Hapus
    2. Hindari dan jagalah kebersihan kamar dan ruangan kita dijamin nyamuk hilanga hehe

      Hapus
  3. wah asyik tidurnya di temani minion. Tidur nyenyak & berkualitas berguna untuk anak ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheheh.... betul banget, Mbak Lidya :)

      Hapus
    2. Lucuuu nonton minion mba heheh ketawa sendiri kalau inget

      Hapus
  4. nyenyak banget bobo nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo udah bebas nyamuk mah, tidur pasti nyenyak....

      Hapus
  5. Senengnya ya mak liat si buah hati bisa terlelap tidur tanpa ada gangguan-gigitan nyamuk, sukses untuk kontesnya :)

    BalasHapus
  6. bahagia kalau lihat anak bobok pules ya, Mbak.

    BalasHapus
  7. Jaman aku masih kuliah aja udah pake baygon liquid karena aku asma jd nggak boleh asep2. Kalau sekarang rumahku nggak ada nyamuk krn dataran tinggi, nyamuknya capek kalau terbang tinggi2 mungkin ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempatku justru sebaliknya, nyamuk banyaaaaak. Tanpa obat nyamuk, anak-anak pasti gak bisa tidur...

      Hapus
  8. boneka lucu...pantesan nyenyak..lah pake itu sih... :) dirumah aku juga pake baygon mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baygon memang bagus, Mak Dwi :)

      Hapus
  9. bonekanya sama kaya punya kak Nadia dek :)

    BalasHapus
  10. Ooh jadi minion ngejagain gitu ya #gagal fokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi.... boneka kesayangan si kecil, Mak Tanti...

      Hapus
  11. Ooh jadi minion ngejagain gitu ya #gagal fokus

    BalasHapus
  12. Mak, klo aku fungsinya ga buat buah hati saja lo, tapi buat emaknya juga, klo begadang nonton drama korea biar ga dirubung nyamuk, hahahaha *kabur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, paling penting. Nonton drakor dikerubungin nyamuk mah gak asyik, ya... :D

      Hapus
  13. Aku juga pake nih elektrik ini di rumah. Tapi buat di ruang tv. Biar bisa tenang nonton tv tanpa ada gangguan nyamuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di rumahku malah aneh, di ruang tv jarang ada nyamuk. Nyamuk senengnya ke kamar anak. Jadinya, masang Baygon Liquid Elektriknya di kamar anak. Anak-anak jarang nonton tv juga...

      Hapus
  14. Aku masih cuek masalah ginian..jadi ketohok juga..hrs mencegah sebelum kejadian nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mak. Ayo selalu waspada, cegah gigitan nyamuk sebelum jadi penyakit. Walopun cuma bentol di kulit anak, aku senewen berat sama nyamuk....

      Hapus
  15. kurang lebih sama ya teh... dan yang pasti senjata pamungkasnya ya baygon ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Baygon memang sudah terbukti ampuh :)

      Hapus
  16. terbuti memang yang satu ini...tapi di sini saya ngga pakai lagi karena memang tidak ada nyamuk. Kalau di tanah air langganan juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya di Amrik mah gada nyamuk? Untung di kita mah ya ada Baygon yang mampu ngusir nyamuk. :)

      Hapus
  17. aku juga pake ini mba...enak g ada nyamuk mbak... tenangg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Cha, tenang kalo anak-anak jauh dari gigitan nyamuk...

      Hapus
  18. Wah .... Aku cuma pakai kerudung yang buat tempat tidur. Kadang ada nyamuk yang masuk juga sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas Mak, nyamuk bisa ke mana-mana. Gapapa pake obat nyamuk, asal yang aman dan nyaman...

      Hapus
  19. DBD memang mengerikan ya mba, saat ini saya baca berita di daerah Lebak-Banten, berdekatan dgn saya, sedang terkena DBD :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. YUk mak kita waspada dengan selalu pakai obat nyamuk yang aman dan nyaman...

      Hapus
  20. Bener mak, kalau nyamuk dah terbang ke mana-mana, bahaya. Anak saya, termasuk sensitif bgt kulitnya kl digigit nyamuk. Jdnya, harus sedia selalu obat pembasmi nyamuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Mak, nyamuk memang harus diwaspadai. Takut jadi penyakit serius...

      Hapus
  21. aku juga pake Baygon Electric, kecoa yg nyasar aja sampe kering gitu dibuatnya hehehe.

    BalasHapus
  22. Tiap malem nih anak2 suka kebangun karena nyamuk, besar2 lagi nyamuknya, saya juga udah follow blog emak ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oakai Baygon Liquid Elektrik, Mak. Aman dan nyaman buat anak-anak....

      Hapus
  23. Aku juga pakai ini mbak, kasihan anak kalau bentol2 hehe.

    btw salam kenal ya mbak :)
    Hope u can followback me yaa ^^
    www.holalia.com

    BalasHapus
  24. Boleh dicoba tu, sementara ini saya masih pakai anti nyamuk semprot Mbak !
    Salam Ta'lim Mbak
    suksesblog2015.blogspot.com

    BalasHapus
  25. canggih ya inovasinya, jadi anak-anak gak kena bau semprotan nyamuk lagi :D

    oya mak, sekalian mau info, aku lg syukuran blogku, ikut yuk giveaway-nya http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)