11.7.14

Ini Nokia Lumia-ku, Mana Nokia Lumia-mu?

Sebagai seorang ibu, kita dituntut untuk segala tahu dan segala bisa. Tak hanya dalam hal-hal yang sifatnya pelajaran sekolah atau keseharian, segala sesuatu yang berbau religius, (seperti cerita nabi atau pun surat-surat dan ayat Alquran), kita diharuskan juga untuk tahu. Malu kan jika ditanya anak-anak tapi kita tidak tahu?

Kejadian memalukan itu pernah saya rasakan. Waktu itu, putera kedua saya Radit, bertanya mengenai kelanjutan ayat dari sebuah surat Juz ‘Amma yang terkenal panjang. Karena surat itu jarang saya gunakan saat shalat, tentu saya jadi lupa. Jadi saat Radit betanya, saya langsung mencari buku/kitab Juz ‘Amma. Radit yang heran akhirnya nyeletuk, “ah, baca Juz ‘Amma mah, aku juga bisa dong, Mi. Lama lagi dong nyari Juz ‘Amma dulu mah!”

Sejak saat itu, saya jadi terpacu untuk menghafal lagi semua surat-surat Juz ‘Amma. Sungguh, saya malu karena motivasi itu justru datang dari anak sendiri yang ternyata lebih hafal surat-surat panjang daripada ibunya.

Dulu, untuk menghafal surat-surat Juz ‘Amma, ke mana-mana saya membawa buku/kitab Juz ‘Amma atau Alquran. Setiap kali kali ada waktu, saya langsung membacanya. Tapi kini tidak lagi. Sejak memakai ponsel pintar, yakni Nokia Lumia 520, saya bisa membaca surat-surat Juz ‘Amma, bahkan surat-surat lainnya langsung di ponsel saya. Ya, aplikasi Alquran yang saya install, saya tempelkan pada live tiles ponsel Nokia Lumia saya. Dan ini sangat memudahkan saya. Live tiles membuat kita mudah mengakses aplikasi apa pun hanya dengan satu sentuhan, selama aplikasi tersebut ditempelkan pada live tiles.

Aplikasi Alquran pada live tiles Nokia Lumia

Kelebihan aplikasi Alquran yang saya tempelkan di live tiles Nokia Lumia, tak hanya pada kemudahan mengakses ke-114 surat yang ada di dalam kitab Alquran saja. Kita juga bisa menandai (bookmark) ayat-ayat yang paling terakhir kita baca. Jadi saat membaca lagi, kita tidak akan membaca ayat yang sudah kita baca, atau pun melewati ayat yang belum kita baca.

Tampilan aplikasi Alquran ketika akan digunakan (menu awal, nama-nama surat, fitur bookmark)

Di bulan Ramadhan, saat semua orang berlomba-lomba mencari pahala dengan membaca Alquran, aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan. Memasangnya di live tiles Nokia Lumia tipe apa saja sudah pasti akan lebih simpel dan praktis. Tak perlu membuka menu ini dan itu, aplikasi yang dimaksud sudah langsung siap begitu menggeser home screen.

Selain aplikasi Alquran, kita bisa mengatur dan memasang aplikasi-aplikasi lain live tiles. Aplikasi ini tentu saja terserah kita. Bisa dibilang, live tiles itu mencerminkan pemiliknya. Sebab kita bisa menjadikannya kita banget. Seperti punya saya di atas. Ada aplikasi Alquran, sosial media, email, games, dan lain sebagainya.

Nah, itulah Nokia Lumia-ku, mana Nokia Lumia-mu?



3 komentar:

  1. terima kash untuk partisipasinya. Tercatat :)

    BalasHapus
  2. Happy Blogging mbak Nia!

    Wah lomba #HONESTY ya semoga menang ya..
    Bicara tentang nokia Lumia, one of the best in Lumia memang user interfacenya sabi banget... Daku pun dulu pkae nokia lumia dan UI Alquran appsnya keren banget.

    Tapi ya, takdir berkata apa...LCDnya pecah,,,dan bea gantinya pasti mahal...

    BTW semoga menang ya mbak :D

    BalasHapus
  3. nokia lumiaku masih di counter mak hhe...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)