25.11.13

Ajarkan Anak Antikorupsi Melalui Cerita, Yuk!

Jika ada survey ke anak-anak mengenai berita-berita apa yang sedang populer saat ini, kira-kira, apa sih jawaban anak-anak? Meskipun tidak bisa disebut mewakili semua anak, jawaban  dua anak saya, Reihana (11 tahun) dan Radit (8 tahun) ternyata cukup membuat kaget. Ya, jangan salah, meskipun sepertinya anak-anak gak terlalu merhatiin perkembangan berita secara detail, mereka tahu dengan berita-berita yang kini wara-wiri di layar kaca. 

Selain kasus-kasus para selebritas di negara kita, mereka juga tahu berita-berita mengenai para petinggi negeri yang ditangkap karena kasus korupsi. Saking seringnya dibahas di tv, mereka bahkan tahu dengan benar nama-nama ngetop yang kini menghuni rutan KPK itu. 

Dulu, saat Angelina Sondakh ditangkap, Radit, anak saya yang pendiam di luar rumah tapi bawelnya minta ampun di dalam rumah, sempat mencecar saya dengan pertanyaan mengenai ini dan itu tentang 'KORUPSI'. Di luar dugaan, saya yang tadinya pede dan sok-sokan menggurui, KO juga dengan serangan pertanyaan-pertanyaan lugunya.

Korupsi itu apa sih, Mi?
Gak ngerjain PR itu korupsi atau bukan, Mi?
Nyuri itu korupsi atau bukan?
Korupsi itu apa aja, sih?
Kalo ngambil permen punya teteh itu korupsi atau bukan?
Main game tapi gak bilang-bilang Umi, korupsi atau bukan?
Emang berapa banyak sih uang yang diambil orang-orang yang korupsi itu?
Para koruptor itu belajar pelajaran Agama dan PKn gak sih, Mi?
Kok bisa sih ngambil uang sebanyak itu gak keliatan satpam?
Emangnya para koruptor gak takut Allah?
Uang semilyar itu kalo dibeliin mobil-mobilan bisa berapa banyak sih, Mi?

Seperti itulah pertanyaan-pertanyaannya. Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang gak bisa dijawab secara jelas. Meski terlihat sederhana, saya keder dibuatnya. Haduuuh!

Beruntung, KPK tahu dengan kesulitan para orangtua dalam menjelaskan korupsi pada anak-anak. Sehingga pada tahun 2011 lalu, KPK bekerja sama dengan Forum Penulis Bacaan Anak (FPBA) untuk membuat bacaan mengenai Korupsi ini. 

Penulis-penulis Buku Tunas Integritas yang lagi narsis :D

Alhamdulillah, buku-buku antikorupsi yang dinamai Buku Seri Tunas Integritas ini akhirnya selesai dicetak di tahun 2012. Karena untuk dibaca anak-anak, buku yang terdiri atas 6 jilid ini berisi cerita-cerita antikorupsi. 

Di awal terbitnya, buku yang 100% gratis ini dibagi-bagikan ke berbagai taman bacaan, sekolah-sekolah, hingga LSM-LSM. Untuk bisa diperoleh dalam bentuk hardcopy, kita bisa menghubungi langsung ke tim dari KPK. 

Buku-buku Tunas Integritas

Kabar bagus datang di tahun 2013. Buku kumpulan cerita dari para penulis bacaan anak ini, kini bisa didapatkan siapa pun tanpa harus ribet untuk mengurus ini dan itu. Yupp! Dengan hanya membuka website http://acch.kpk.go.id/tunas-integritas, siapa pun bisa mengunduh 6 jilid dari buku itu dalam bentuk ebook-nya. 

Yuk para orangtua, kita berikan si kecil cerita-cerita bergizi yang sarat akan nilai-nilai antikorupsi. Dijamin deh, gambar-gambarnya yang lucu dan juga cerita-ceritanya yang seru akan disukai anak-anak kita.

Contoh-contoh tampilan isi Buku Tunas Integritas

Yuk yuk yuk unduh, yuk! :)

Radit yang sedang baca salah satu buku Tunas Integritas :D

15 komentar:

  1. Wah, baru tau ada ada buku itu. dan juga, malah baru tau KPK bekerjsama dengan FPBA untuk membuat buku, xixixiiii...ke mana ajaaa.... :D
    TFS ya mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak. Kemaren-kemaren kan promosinya langsung ke pihak-pihak yang ditunjuk KPK. Jadi gak banyak yang tahu. Toh gak dijual di toko buku juga. Kalau sekarang, sudah bisa diakses semua kalangan. Ya dengan cara ebook gratis ini. Yuk unduh. :)

      Hapus
  2. pagi makkk,,,
    wah,itu bukunya keren bangettt.....jd pingin unduh^^

    BalasHapus
  3. Waah mau unduh doong. Tapi kuota inetku diabisin anak2, nunggu tgl 1 br ada lg. Bookmark dulu ah..tengkiyu inponya, Maak :)

    BalasHapus
  4. Untuk mengajari mereka harus menggunakan bahasa yang mereka ketahui. Contoh sederhananya pulang sekolah lebih awal itu juga bentuk korupsi waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas. Isi buku cerita ini juga sederhana-sederhana. Sangat keseharian anak-anak. Yuk diunduh. ^^

      Hapus
  5. melalui cerita biasanya anak2 mudah menangkap pesan ya

    BalasHapus
  6. Waah... aku mau unduh :D makasih kecup2 mak nia :D

    BalasHapus
  7. bukunya enggak dijual bebas ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak Mbak Naqi. Bukunya didistribusikan langsung oleh KPK. Dan dibagikan gratis. :)

      Hapus
  8. Sudah lama minta dari KPK, belum ditanggapi juga. Sibuk banget ya. hehehehe ... untunglah sudah bisa diunduh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)