29.8.13

Feel Indonesia!

Tiap kali melihat tayangan iklan pariwisata Malaysia di tv, aku selalu galau. Bukan karena ingin berkunjung ke sana, melainkan karena apa-apa yang ditayangkan di sana dipunyai juga di Indonesia. Bahkan tak seujung kuku dengan apa yang dimiliki Indonesia. Malaysia Truly Asia. Begitu katanya. Berani-beraninya mengatakan bahwa Malaysia itu sebenar-benarnya Asia. Tapi, ya itu hak mereka. Dan mau tidak mau, rido tidak rido, tagline iklan pariwisata Malaysia itu cukup sukses dalam hal penyampaian pesannya. Untuk urusan pengaruhnya pada kunjungan wisatawan ke Malaysia gara-gara iklan itu, aku tak mau tahu.

Sumber gambar:
http://puzzleminds.com/wp-content/uploads/2012/10/18-indonesia-tourism-where-are-you-headed.jpg

Menilik tagline Malaysia membuatku melirik tagline terakhir negeri sendiri. Wonderful Indonesia. Ya, tak diragukan lagi, Indonesia memang sangat menakjubkan. Tapi untuk dijadikan tagline, apalagi untuk tujuan mengangkat pariwisata negara kita, Wonderful Indonesia rasanya kurang ‘nancap’ dan kurang membuat penasaran. Karenanya, aku pikir, tagline itu harus segera diganti. 


Kira-kira, seperti apa sih tagline yang cocok dan pas untuk Indonesia?

Provokatif
Yupp, bener banget. Tagline kita harus mengajak dan mengundang rasa kepenasaranan, sehingga siapa pun tertarik dan tergoda untuk datang dan menikmati Indonesia.

Mendeskripsikan Indonesia
Tentu saja, tagline ini harus bisa mewadahi semua yang dimiliki Indonesia dan jangan sampai hanya merujuk pada keistimewaan satu tempat saja. Jangan juga tagline ini menipu, dengan artian apa yang dituliskan di tagline tidak dimiliki Indonesia. Jika berupa kata sifat, seperti kata wonderful, kata ini mampu dirasakan atau menjelaskan 'rasa' Indonesia.

Catchy
Ini yang penting. Mudah diingat dan berkesan dalam, sehingga menarik hati siapa pun. Hindari penggunaan kata-kata yang banyak. Dua hingga lima kata rasanya sudah cukup. Menggunakan kata-kata yang berima akan sangat bagus, seperti halnya tagline Malaysia. Tapi juga jangan terlalu dipaksakan.

Tidak Mirip dengan Yang Lain
Untuk hal ini, sebisa mungkin hindari membuat tagline yang mengekor dengan tagline negara lain yang sudah sukses. Misalnya latah dengan kesuksesan tagline Malaysia, seperti Indonesia Paradise of Asia, Indonesia Beauty of Asia, atau apa pun sejenisnya. Menurutku, hal itu hanya akan jadi lelucon di antara para pengamat, terutama negara Malaysia. Dan ini merendahkan negara kita. Jadi lebih baik ciptakan dengan kata-kata kita sendiri.

Unik
Tagline unik maksudnya adalah tidak umum dan baru ada sehingga merujuk hanya pada Indonesia atau merujuk pada kekayaan dari pariwisata yang ada di Indonesia. Tapi di sini juga tidak menunjuk pada satu tempat saja sebab itu terlalu khusus dan mungkin hanya cocok untuk jadi tagline provinsi atau kota tersebut saja.

Lalu, apa tagline yang cocok dengan kriteria seperti itu?


2 komentar:

  1. setuju bgt. Kurang 'nendang' tagline Indonesia. Gak bikin kita penasaran.

    Setidaknya dibandingin Malaysia aja, sy juga setuju kalo tagline Malaysia itu sering bikin sy berpikir apanya yg bikin mereka merasa Asia yang sebenar2nya?

    Dan rasa penasaran itu menguntungkan buat mereka krn bikin org jd dtg utk menjawab rasa penasaran. Apalagi iklan pariwisata Malaysia emang gencar bgt.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)