17.6.13

LeBuy, Pasar Digital Gratisan Namun 100% Memuaskan


Kamu berniat membuka bisnis secara online? Atau kamu sudah mempunyai bisnis tapi tidak punya dana untuk beriklan secara online? Tak usah khawatir. Kini, kamu punya tempat yang tepat. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sarana beriklan dan belajar dalam mengelola toko online. Mau tahu? Yuk kita cari tahu!

LeBuy? Apaan Tuh?
Ini yang aku maksud. LeBuy. Ya, LeBuy. Pasar digital baru tempat menampung iklan para pedagang dari berbagai kalangan. Tak peduli dengan usia, agama, domisili, atau pun besar-kecilnya bisnis si pengiklan. Dan yang paling menarik, di sini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis… tis… tis! Semua pengiklan mempunyai hak yang sama. Gak ada deh istilah ‘pilih kasih’ atau ‘pandang bulu’ dalam pemasangan iklan di situs LeBuy.

Kamu yang ingin coba-coba berbisnis online atau merasa tidak punya bakat dalam bisnis berdagang online, LeBuy bisa jadi sarana kamu untuk belajar. Pasang saja iklan apa pun yang kamu bisa pasang. Gak harus berupa barang dagangan, informasi seputar tempat tongkrongan yang oke, bisnis kerabat atau sahabatmu, atau bahkan meminta rekomendasi tentang apa pun dari pengiklan lain, bisa kamu lakukan. Gak usah malu dan segan deh, yuk buruan bikin akun di LeBuy! Kamu gak akan nyesel. Malah sebaliknya, kamu bakal dapat banyak hal dari akun LeBuy-mu itu. Ga percaya? Yuk kita bongkar semua tentang LeBuy satu per satu.

Ini Lho Pengalamanku Ngutak-atik Akun LeBuy!
Aku bukanlah seorang pedagang. Meski berulang kali niat untuk berdagang secara online muncul, niat itu gak pernah kesampaian. Selain harus membuka toko online yang menurutku cukup ribet dalam pengelolaannya, pertimbangan modal juga membuat niatku berdagang secara online jalan di tempat.

Bisa saja aku berdagang lewat Facebook atau Blog gratisan. Tapi keengganan dan pengalamanku terhadap toko online yang sering sembarangan nge-tag barang dagangannya ke akun Facebook-ku, membuatku melupakan cara-cara itu. Apalagi kini sedang marak akun toko online gadungan. Bisa-bisa, Facebook-ku ditutup Mas Zuckerberg deh gara-gara banyak di-report SPAM oleh teman-teman. Dan kalau meggunakan Blog gratisan, fasilitas untuk berdagang, promosi, serta diketahui calon pembeli yang tidak kita kenal sangat kecil kemungkinannya.

Beberapa minggu lalu, niat dagang online itu muncul lagi. Ya, sejak Blog TK bikin kompetisi GA mengenai review LeBuy, aku jadi tertarik untuk mewujudkan cita-cita lamaku itu. Gimana enggak, bikin akun LeBuy dan utak-atik fitur yang ada di sana membuat aku tahu banyak kelebihan situs pasar digital ini.

Sekarang, aku sedang dalam tahap mencari barang dagangan potensial yang tentu aku kuasai. Karena aku pernah menulis beberapa buku, untuk sementara, akun LeBuy-ku aku pakai untuk promosi buku-bukuku. Belum punya stok sih. Tapi enggak apa-apa, toh niatku sekarang masih coba-coba. Sambil menyelam minum air. Sambil belajar menguasai akun LeBuy-ku, sekalian aku promosi buku-bukuku.

Cuma LeBuy yang Punya Ini!
Sebelum tahu situs LeBuy, aku pernah membuat akun di sebuah situs yang juga merupakan situs pasar digital. Tentu saja, aku tahu situs itu dari iklannya yang besar-besaran di media massa. Setelah aku tahu dan membuat akun di LeBuy, aku jadi tahu banyak perbedaan di antara keduanya. Mau tahu apa yang dipunyai LeBuy dan tidak ada di situs yang lain? Nih dia!
  • Fitur Following
Fitur Following merupakan hal yang baru yang tidak dimiliki situs sejenis. Fitur ini membuatmu bisa mengikuti akun-akun pengiklan lain yang jadi favoritmu. Dengan kamu mem’follow' akun pengiklan favoritmu, kamu dijamin tidak akan pernah melewatkan satu iklan pun yang dipasangnya. Meskipun iklan itu sudah ‘terkubur’ atau sudah lama dipasang si pengiklan favoritmu. Tentu saja karena saat kamu membuka menu Following dan kemudian meng-klik akun pengiklan favoritmu, semua iklan yang pernah dipostingnya akan berjejer dan tampil di layar komputer atau laptopmu.

Bingung dengan cara Following mereka? Gambar berikut bisa menjelaskannya. Mudah bukan?

  • Fitur Widget
Di situs lain, selain fitur Following, fitur Widget juga tidak ada. Jika fitur Following membuatmu bisa mengakses semua postingan dari pengiklan yang kamu favoritkan, maka fitur Widget membuatmu bisa mengumpulkan iklan-iklan favorit yang tak hanya dari satu pengiklan saja. Di sini, kamu mengelompokkannya berdasarkan kategori iklan tersebut dan juga domisilinya. Satu Widget bisa mengumpulkan hingga 3 jenis kategori. Jadi jika kamu ingin tahu apa saja iklan yang sudah ditayangkan mengenai kategori pilihanmu, klik saja Widget yang sudah kamu buat. Tak perlu lagi kamu buka Home.

Pusing dengan cara membuat Widget? Nih contekannya. Gampang banget, deh!


Bedanya LeBuy dari Situs Lain
Kelebihan LeBuy yang baru aku temukan memang baru dua, yaitu fitur Following dan fitur Widget. Akan tetapi, ketika aku mengutak-atik fitur lainnya, ternyata banyak perbedaan yang significant, lho! Supaya kamu gak usah lagi capek-capek mencarinya, aku sudah membuat catatan mengenai perbedaan LeBuy dengan situs lainnya. Yuk disimak!
  • Tampilannya yang keren
Saat kamu membuka situs LeBuy.co.id, hal pertama yang akan kamu lihat adalah tampilan situs ini yang penuh dengan gambar. Tampilan ini jelas berbeda dengan situs sejenisnya yang sangat ‘toko online’ sekali. Dan ini jelas, LeBuy tidak akan membuatmu bosan. Sebaliknya, kamu akan terus scrolling ke bawah karena penasaran dengan produk-produk yang ada di sana.

  • Fasilitas sharing iklan ke social media 
Semua jenis layanan di dalam internet, kini pasti selalu diintegrasikan dengan social media. Tentu saja agar apa pun bisa di-share ke akun-akun social media pemiliknya. Begitu pula dengan LeBuy, kamu bisa sharing iklan yang sudah kamu pasang ke akun social media yang populer, yaitu Facebook, Twitter, dan juga e-mail.

Untuk situs lain, kamu perlu menghubungkan situs tersebut dengan akun-akun social mediamu terlebih dahulu. Sedangkan di LeBuy, hal ini tidak usah dilakukan. Dengan kamu mendaftarkan e-mail-mu pada profile-mu, maka semua akun sosial media yang menggunakan e-mail tersebut otomatis langsung terhubung. Simpel, bukan?

  • Kategori produknya yang banyak
Di LeBuy, kamu tidak perlu khawatir dalam mengelompokkkan produk yang akan kamu iklankan. Di situs ini, kategorinya banyak, yaitu 25 kategori. Kategori-kategori itu di antaranya adalah Animals, Art & Design, Automotive, Books, Bussiness Opportunities, Computers, Film & Music, Food & Drink, Furniture, Health & Beauty, Hobbies, Toys, & Games, Household Goods, Jewelry & Watches, Kids & Babies, Men's Fashion, Mobile Phones, Office &School Supplies, Photography, Properties for Rent, Properties for Sale, Services, Tablets, Electronics, Travel, dan Women's Fashion. Nah jadi, ketika di situs lain, kamu memasukkan produkmu dalam kategori ‘Lain-lain’ karena tidak ada pilihannya, maka di LeBuy, produk iklanmu pasti menemukan kategorinya.


Meskipun kategorinya banyak, pada tampilan muka situs, display tidak tampilakan berdasarkan kategori. Di sini, tampilan ini menguntungkan semua pengiklan sebab calon pembeli bisa menjadi tertarik pada produk lain yang ada di sana selain yang dia cari. 
  • Display iklannya yang tidak ‘pandang bulu’
Nah ini yang aku suka. Di LeBuy, semua pengiklan mempunyai hak yang sama. Iklanmu bisa ada di urutan paling atas jika kamu memang paling baru dalam meng-update-nya. Dan ketika ada update-an terbaru dari pengiklan lain, otomatis, iklanmu akan turun ke bawah. Selain hal tersebut, tampilan iklanmu juga tidak berbeda dengan iklan yang lainnya. Berbeda dengan situs lainnya. Pengiklan yang berbayar tampilannya berbeda dengan tampilan iklan dari pengiklan yang gratisan. 
  • Tidak ada moderasi dalam menampilkan iklan
Di LeBuy, semua update-an terbaru akan langsung muncul di halaman muka. Tidak ada istilah moderasi seperti yang dilakukan di situs lain. Ya, di sana, moderator akan memeriksa terlebih dahulu postinganmu. Dan kamu perlu menunggu beberapa jam hingga iklanmu muncul di halaman muka. Meskipun demikian, jangan sampai kamu posting iklan-iklan abal-abal atau yang aneh-aneh, ya. Masa iya kamu tega berbuat begitu pada LeBuy yang sudah memberi fasilitas keren ini!
  • Tidak ada sistem promopoin 
Di situs lain, ada layanan memasang iklan yang berbayar. Istilahnya promopoin. Menurutku ini cukup ribet sebab kamu akan diminta untuk membeli poin yang fungsinya membuat iklanmu berbeda dari iklan yang gratisan. Dengan layanan ini, iklan gratisanmu bisa ‘kalah dalam hal pencarian, masa aktif, dan juga promosi lainnya. Dan ini jelas berbeda dengan LeBuy yang membuat semua pengiklan mempunyai hak yang sama. Untuk kita yang baru terjun dalam bisnis online, LeBuy lebih disarankan karena tidak ada biaya dalam beriklan. Tentu saja, ini bisa membuat ongkos produksi dan segala pengeluaran bisa lebih dihemat.
  • Tidak ada masa aktif
Di LeBuy, iklan yang terpasang akan turun ke bawah atau ‘terkubur’ hanya bila ada update-an atau postingan iklan baru dari pengiklan lain. Tidak ada istilah masa aktif untuk iklan ini di LeBuy. Berbeda dengan situs lain yang memberlakukan masa aktif yang terbatas. Baik dalam penayangan, pencarian, bahkan hingga akhirnya dihapus oleh admin. Dan lagi-lagi, hanya pengiklan berbayarlah yang mempunyai keuntungan lebih.
  • Langsung bisa menghubungi pengiklan
Jika kamu tertarik pada sebuah iklan, kamu bisa langsung komentar atau menghubungi pemilik iklan dengan hanya klik produknya. Kamu langsung terhubung dengan pemilik iklan. Di situs lain, ada yang tidak bisa begitu. Kamu diharuskan menunggu atau melakukan setting-an pada akunmu. Dan ini menurutku cukup ribet.

Eh, Kok Namanya LeBuy, Sih?
Penasaran gak dengan nama situs ini? Yupp! Aku begitu. Kok namanya LeBuy? Kalau dibaca dalam pronunciation kita kan jadinya lebay? Menurut kamus(sotoy)ku, LeBuy itu adalah nama yang unik. Nama ini catchy banget di telinga siapa pun. Dan tentu saja, dengan familiar dan mudah diingatnya nama itu, LeBuy menjadi nama bisnis yang potensial.

Jika dihubungkan dengan arti kata, Le dalam Bahasa Spanyol berarti ‘joy’ atau bahagia dan ‘buy’ dalam Bahasa Inggris yang berarti membeli atau belanja. Jadi jika dihubungkan, LeBuy bisa berarti membeli membeli atau belanja yang membahagiakan. Jadi mungkin bisa ditafsirkan sebagai tempat belanja yang menyenangkan.

Jika Le diambil dari Bahasa Perancis, Le ini berarti sesuatu yang maskulin. Akan tetapi karena di situs ini tidak ada batasan gender, maka mungkin ini diambil dari pemilik situs LeBuy yang merupakan laki-laki (yang bersifat maskulin).

Wah, mana yang benar, nih? Ah sudahlah, yang penting kita dapat banyak keuntungan dari situs ini. Apa pun artinya, yang tahu hanyalah pemiliknya. Dan pasti itu artinya baik. Kita mengaminkan sajalah apa pun niat baik pemilik situs ini. Bagaimana?

Warna Dominan Situs Ini Adalah Merah. Kira-kira, Apa Ya artinya?
Lagi-lagi, dengan bermodalkan kamus(sotoy)ku, warna merah yang dipakai LeBuy artinya sangat bagus. Dari berbagai sumber yang aku baca, warna merah ini mempunyai arti aksi nyata, energi, kecepatan, perhatian, percaya diri, semangat, menginspirasi, kuat, tangguh, memegang kendali, berani, spontan dan berbeda.  Ada pun dalam dunia bisnis, warna merah ini mempunyai arti mengerti keinginan konsumen, kualitas yang baik, positif, dan juga hangat. Sedangkan jika dihubungkan dengan kebudayaan Cina, merah itu sangat erat kaitannya dengan keberuntungan. Dan ya, sebagai pengguna, aku melihat dan merasa warna merah ini cukup cantik dan membuat tampilan situs menjadi keren. Apa pun artinya pasti positif dan baik. Aku ikut mengaminkan saja.

Ga Punya Waktu untuk Mantau Iklan yang Sudah Dipasang? Tenang, Kan Ada Notifikasi Ke E-mail 
Nah, gimana? Menarik bukan situs LeBuy ini? Coba deh supaya kamu bisa merasakan apa yang aku rasakan. Aku sangat exciting dengan LeBuy ini. Jika kamu merasa kamu tidak punya waktu untuk memantau usaha online ini, kamu tidak perlu bingung, ada notifikasi mengenai apa pun yang berhubungan dengan akun LeBuy-mu. Ya, semua dilaporkan ke e-mail yang kamu daftarkan. Dari mulai pembuatan akun, aktivasi akun, hingga adanya komentar atau pesanan dari calon pembeli produk yang kamu iklankan. Dengan smartphone yang kamu punya, notifikasi ini akan masuk ke e-mail yang diakses ponsel pintarmu ini. Jadi kamu bisa segera menanggapinya. Simpel dan tidak ribet!


Pokoknya, segera daftar deh di LeBuy. Sekali pun kamu tidak berniat membuka usaha, akun ini bisa membuatmu berbelanja atau sekadar melihat-lihat produk yang bagus. Siapa tahu, lama-lama kamu terinspirasi untuk berbisnis dan mendapatkan penghasilan sampingan selain dari pekerjaanmu sekarang. Yuk!


Tulisan ini diikutsertakan dalam 
LEBUY REVIEW CONTEST with TOMKUU


Ini Tampilan Profile Akun LeBuy-ku


Ini Tampilan Postingan Akun LeBuy-ku


Aku Sudah Like FansFage LeBuy


Aku Sudah Follow Akun Twitter LeBuy


Alhamdulillah, tulisan ini jadi pemenang ke-3 dalam ajang GA ini. Tengkyu, LeBuy. Tengkyu, Tom. :)
http://tom-kuu.blogspot.com/2013/06/penguman-lebuy-review-giveaway.html

4 komentar:

  1. waks! sy kelewat kontes yg ini :D Semoga menang, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... aku malah kelewat yg lain dan inget yang ini. Tengkyu, Maaak :)

      Hapus
  2. Produk dijamin asli
    TILLA SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6275 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

    Dijual

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 800 - Matt Black
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
    Rp.450.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 710 - Black
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
    Rp.700.000

    Ready Stock !
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Acer Aspire S3-951-2364G34iss
    Rp. 1.200.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Nikon D7000 kit 18-105mm
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix L 120 Red
    Rp. 900.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix P 500 Black
    Rp 1.000.000

    BalasHapus
  3. Produk dijamin asli
    TILLA SHOP : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang Asli Original Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM .
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6275 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://tilla-shop.blogspot.com/
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

    Dijual,
    Ready Stock !
    Blackberry Q10 Black/white.
    Harga Promo Rp.3.750.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold Dakota 9900,
    Hrg promo Rp.2.150.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 800 - Matt Black
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSM
    Rp.450.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia 710 - Black
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
    Rp.700.000

    Ready Stock !
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4752-2332G50Mn Core i3 Win7 Home
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Acer Aspire S3-951-2364G34iss
    Rp. 1.200.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 5951G Core i7 2630 Win 7
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Win 7 Home Premium Green
    Rp. 2.500.000,-

    Ready Stock !
    Nikon D7000 kit 18-105mm
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix L 120 Red
    Rp. 900.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix P 500 Black
    Rp 1.000.000

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)