14.4.13

Sundial Puspa Iptek, Tempat Seru Penyuka Sains

Halo Keke, halo Nai!

Ngiri deh Tante lihat postingan jalan-jalannya. Tante jadi pengen jalan-jalan juga jadinya. Eh ya, Keke sama Nai suka pelajaran Sains, ga? Kalo suka, jalan-jalan ke tempat ini pasti bakalan seru. Tapi kalo pun ga suka, ga ada salahnya deh dateng ke tempat ini. Yuk Tante kenalin biar Keke sama Nai tahu serunya tempat ini.

Tempat ini namanya Sundial Puspa Iptek. Sesuai namanya, tempat ini, di bagian luarnya mempunyai bagian yang berfungsi sebagai jam matahari (sundial). Cara kerjanya sederhana. Saat matahari menyinari bagian itu, bayangannya akan mengarah pada angka jam. Misalnya saja saat pagi hari, ketika matahari menyinari tempat itu, bayangannya akan jatuh pada angka 7, 8, 9, atau yang lainnya. Dan jika siang, bayangan akan jatuh pada angka 11, 12, atau yang lainnya. Begitu seterusnya.

Itu untuk arti dari kata sundial. Adapun kata Puspa berarti tempat yang banyak bunga (puspa) dan Iptek berarti Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jadi jika disatukan, artinya kira-kira tempat yang banyak bunga yang mempunyai sundial dan penuh dengan hal-hal berbau Iptek.

Sains Ilmu yang Seru
Di sekolah, Keke sama Nai pasti belajar Sains. Jika di sekolah Keke sama Nai hanya belajar tentang Sains itu dari buku, maka di Sundial Puspa Iptek, Keke sama Nai akan belajar Sains melalui alat-alat Sains yang ada di sana.

Saat masuk ke tempat ini, Keke dan Nai akan masuk ke dalam sebuah ruangan besar. Ruangan ini ada dua tingkat. Alat-alat Sains yang seru tersebar di dua tempat ini. Mau tahu apa aja alat-alat tersebut? Berikut ini beberapa alat Sains seru yang wajib dicoba saat datang ke sana.

Kursi Paku
Kursi paku
Alat yang satu ini bentuknya adalah kursi. Seperti namanya, kursi ini penuh dengan paku yang tajam. Kira-kira, kalau duduk di atas paku, Keke sama Nai akan sakit, nggak? Sakit bukan? Nah, di alat bernama kursi paku ini tidak. Keke sama Nai jika duduk di alat ini, pantatnya tak akan sakit. Celana dan bajunya juga enggak akan bolong. Kok bisa begitu? Hal ini bisa demikian karena paku yang ada di kursi jumlahnya banyak. Tingginya pun sama. Jadi ketika duduk di sana, berat tubuh Keke sama Nai tidak menumpu pada satu paku saja. Tetapi tersebar merata di semua bagian paku. Jadi, walaupun pakunya tajam tidak akan menusuk.

Bola Melayang
Bola melayang
Alat yang satu ini ada bolanya. Bola ini akan melayang karena ditiup. Meskipun ditiup, bola ini tidak akan terbang, tetapi tetap melayang. Kenapa bisa begitu karena di alat ini bekerja Hukum Bernouli. Di SMP dan SMA nanti, Keke sama Nai akan belajar mengenai Hukum ini.

Tornado Air
Tornado air
Alat ini akan menggambarkan cara kerja angin tornado. Dengan sekali pijit tombol, air di dalam tabung akan membentuk pusaran tornado. Kenapa bisa demikian karena di dasar air ada bagian yang berputar. Dan bagian ini akan menjadi pusat putaran tornado.

Cermin Tipu
Cermin tipu
Alat ini terdiri atas cermin. Kalau Keke sama Nai masuk ke dalam tempat ini, Keke sama Nai hanya akan terlihat kepalanya saja. mengapa bisa demikian? Hal ini karena orang akan tertipu dengan lingkungan di tempat itu yang seolah-olah adalah meja yang kosong. Padahal, di sekitar meja ada cermin yang memantulkan dinding depan meja.

Sepeda Gantung
Kalau Keke sama Nai ke tampat ini, Keke sama Nai harus coba alat yang satu ini. Alat ini seru banget. Ya karena Keke sama Nai akan menaiki sepeda yang jalurnya berupa tali besi dan berada di atas ruangan ini. Jangan takut jatuh, sepeda ini aman dinaiki. Kalaupun Keke sama Nai belum bisa naik sepeda beroda dua yang biasa, Keke sama Nai masih bisa naik sepeda ini. Tentu saja sebab sepeda ini sudah dirancang untuk seimbang. Jadi kalau Keke sama Nai naik, apa pun yang terjadi, Keke sama Nai tak akan jatuh. Ingatkan ayah sama bunda ya, sepeda ini gak bisa dinaiki mereka. Batas paling berat untuk bisa naiksepeda ini adalah 50 kilogram.

Pokoknya seru!
Tante bingung mau jelasin apa lagi. Pokoknya dateng deh ke tempat ini. alat-alat Sains yang ada di sana seru-seru. Nih sebagian foto-fotonya.

Ah, ya!
Sundial Puspa Iptek ada di Kota Baru Parahyangan Padalarang. Kalau Keke sama Nai ke sana, jangan lupa untuk singgah di Masjid Al Irsyad. Masjid yang satu ini sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Arsitektur bangunannya yang unik pernah menjuarai sebagai bangunan paling unik sedunia. Sering masuk televisi, lho. Dan arsitektur yang merancang tempat ini adalah Pak Ridwan Kamil yang sekarang dicalonkan menjadi Wali Kota Bandung.

Nah bagaimana? Tertarik untuk jalan-jalan ketempat ini? Harus karena dijamin seru 1000%. :)

1st Giveaway : Jalan-jalan Seru untuk Keke dan Nai

16 komentar:

  1. wah, beberapa kali ke kotabaru malah belum pernah ke mesjidnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang sekali. Lain kali ke sana. Assssyik :)

      Hapus
  2. Waahh seru nya Maak..
    Mupeng deh, sering lewaat belom pernah masuk..

    NAi ma Keke pasti sukaaaaa

    sukses ya ngontes nyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru. Sukses untukmu juga :)

      Hapus
  3. iyaaa ... anakku pernah kesana, tapi belum pernah mampir di mesjidnya hehe ... Sukses ya, mbak. Semoga berhasil. Trims lho infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalo ke sana lagi, mampir deh ke Masjidnya, keren :)

      Hapus
  4. jalan jalan yangs eru abis MAk..
    sukses ya ngontesnya :D

    BalasHapus
  5. sering ke kbp tp blum pernah masuk ke puspa ipteknya..
    harus dicoba nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dicoba, Mak sambil bawa anak-anak. Pasti seru. Tengkyu sudah mampir :)

      Hapus
  6. wah seru juga ya jalan-jalan ke puspa iptek, selain anak-anak senang juga mendapatkan ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Yuk main ke sana :)

      Hapus
  7. udah niat mau ke sini tapi gak pernah terlaksana juga. Thx bgt ya Mbak udah berpartisipasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip... selamat berbingung-bingung ria memilih. Postingan yang ikutan keren-keren :)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)