26.3.21

6 Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan


Kondisi tubuh yang tetap sehat dan fit menjadi idaman banyak orang, baik itu secara mental dan fisik. Namun, sebagian orang masih tidak peduli dengan hidup yang sehat mempengaruhi kondisi tubuhnya. 

Untuk itu, ada banyak cara melakukan gaya hidup sehat yang mudah diterapkan jika kamu ingin mencobanya. Berikut ini 6 cara menerapkan gaya hidup sehat yang mudah dilakukan.

1. Sempatkan untuk Berolahraga Secara Teratur 

International Journal of Physical Education, Sports and Health di tahun 2016 menyatakan jika olahraga yang teratur sangat penting dilakukan bagi setiap orang untuk tetap sehat. Menerapkan cara melakukan gaya hidup sehat ini dapat menghindarkan seseorang terkena risiko penyakit kronis dan stroke. 

Untuk itu, kamu perlu menyempatkan diri untuk berolahraga paling tidak 2 hingga 3 jam setiap minggunya. Kamu bisa mencobanya dari yang paling simpel yaitu melakukan peregangan tubuh. Kemudian, melanjutkannya dengan berjalan, berlari, bersepeda, senam hingga yoga. 

2. Mengelola Waktu Tidur yang Cukup 

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa berkisar antara 7 hingga 9 jam per malam. Untuk itu, penting bagi kamu mengatur jam tidur agar mencukupi waktu yang disarankan. Hal ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang, sebab tidur menjadi hal yang paling mendasar sebagai cara melakukan gaya hidup sehat.

3. Memperbanyak Minum Air Putih 

Seperti yang dilansir pada usgs.gov, sekitar 60% dari komposisi tubuh adalah air. Namun, setiap hari cairan dalam tubuh harus berkurang lewat metabolisme tubuh melalui keringat, urin, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penting bagi kamu memastikan jika kebutuhan cairan tubuh harus sudah terpenuhi setiap harinya. 

4. Mengatur Menu Makanan yang Baik 

Pola makan yang sehat dan seimbang bisa membantu memberikan energi dan menurunkan berbagai macam risiko penyakit kronis. Mulai dari penyakit jantung, diabetes, hipertensi, hingga kanker. 

Menurut ahli dietary Michael Pollan, daripada mengikuti diet modern terkini yang hanya makan sayuran saja, lebih baik menyeimbangkan gizi yang dibutuhkan tubuh. 

Menjaga pola makan yang sehat  juga dapat membantu kamu mempertahankan berat badan agar tetap normal. Selain itu, penting bagi kamu mempertahankan pola makan yang sehat agar terbebas dari berbagai penyakit. 

Kamu bisa berbelanja berbagai kebutuhan makanan sehat mulai dari makanan, minuman, snack, hingga bumbu dapur melalui marketplace lokal Awal Mula yang mendukung gerakan pola hidup sehat dan menyediakan berbagai kebutuhan pangan harian. Semua produk yang ada berasal dari brand lokal dengan kualitas terbaik dan pastinya terbuat dari bahan alami yang aman untuk dikonsumsi.

5. Memelihara Kesehatan Mental 

Kesehatan mental sangat berkaitan dengan kesehatan fisik dalam tubuh seseorang. Jika kesehatan mental buruk, maka akan mempengaruhi perilaku seseorang dalam menjalani setiap aktivitasnya. Untuk itu, perlunya pengendalian diri dengan mengatur emosi, agar mental tetap dalam keadaan yang stabil.

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan 

Menjaga kebersihan juga menjadi cara melakukan gaya hidup sehat yang mudah kamu terapkan di rumah. Langkah ini dapat dilakukan untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan akibat perkembangan bakteri atau virus dari lingkungan sekitar. Karena lingkungan yang bersih, maka tidak akan ada lagi bahaya yang mengancam kesehatan tubuh. 

Itu dia 6 cara menerapkan gaya hidup sehat yang mudah dilakukan, Dengan menerapkan pola hidup yang sehat bisa membantu seseorang untuk mengatasi kondisi tertentu. Kamu bahkan bisa mencegah penyakit  berbahaya, seperti stroke, tekanan darah tinggi, jantung, hingga kanker. Sehat-sehat selalu. Semoga bermanfaat!


25 komentar:

  1. sejak bekerja kantoran 2 bulan ini, tidurku berkurang nih teh hehehe biasanya 7-8 jam sekarang cuma 4-5 jam, berasa banget lelahnya dan kadang suka keliyengan, faktor usia juga mungkin ya?

    BalasHapus
  2. Jam tidur kayaknya rada bermasalah buat aku nih Teeeh, penyakitku dari dulu emang sering susah tidur. Padahal udah dikondisikan untuk cepet tidur tapi malah guling2 dan bengong, akhirnya gelisah deh. Terpaksa nonton drama korea dulu deh hahaha

    Olahraga juga nih, paling aku cuma maksa jalan kaki 30 menit aja sehari biar gak rebahan terus di rumah ehehehe

    BalasHapus
  3. Sebenarnya simpel yaa untuk bisa hidup sehat. Yang gak simpel itu godaan dari sekitar, hehehe. Niat dan tekadnya harus kuat.

    BalasHapus
  4. Kesehatan gak hanya diihat dari fisik, ya. Aspek mental juga penting banget. Saya istirahatnya yang masih kurang.

    BalasHapus
  5. Udah dua hari ini tidurnya malam terus karena tidur siang huhu harus cepat-cepat kembali ke kebiasaan tidur malam gasik nih biar nggak bablas begadang melulu

    BalasHapus
  6. Poin kelima masih banyak juga yang mengabaikan bahkan ada yang masih menjadikannya bahan lelucon atau menganggap itu adalah sesuatu yang "lebay", hiks. Padahal yang harus sehat bukan cuma raga, namun juga jiwa ya.

    BalasHapus
  7. sebenranya simple bangetnya 6 cara hidup sehat inii,...tp kenapa ya sulit dilakukan dengan konsisten..pdhal hasilnya memang luar biasa ini klo bs konsisten menjalankan 6 hal ini...Duuh mangaaat....

    BalasHapus
  8. Nomor 1 dan 2 nih yang masih berat bagi saya. Olahraga teratur masih susah, sampai sekarang masih suka begadang.

    BalasHapus
  9. Olahraga rutin nih yang belum bisa kulaksanakan secara maksimal. Kalau minum air putih sebisa mungkin 8 gelas sehari dan biasanya aku minum air putih hangat, menghindari air dingin atau es

    BalasHapus
  10. Dari poin 1-4 masih PR semua buat aku nih. Keseringan begadang sambil nyamil nih. Mana mager mulu pula

    BalasHapus
  11. Menerapkan gaya hidup sehat itu sederhana, kayaknya mudah kalo dijalani. Tapi banyak yang kadang terhambat dengan kondisi seperti menjaga kesehatan mental. Yang bisa gak peduli gampang sih menganulir omongan negatif, yang gampang baper nih yang susah. Harus ada suport system yang mendukung. Apalagi pandemi gini, kondisi tubuh harus sehat jiwa dan raga agar imunitas terjaga

    BalasHapus
  12. Darikesehata mental bisa berimbas kemana-mana ya kesehatan menurun, konsentrasi juga gak bisa ngurus keluarga jadinya. Aku sesekali tidur malem tapi gak begadang sih, harusnya sih gak boleh

    BalasHapus
  13. Aku masih susah atur waktu tidur nih, Mbak. Masih suka ngalong. :D Btw, ada situs baru belanja online, nih. Sampai dengan kebutuhan bumbu dapuur. ;)

    BalasHapus
  14. Yess.. ternyata hidup sehat sebenarnya mudah dan murah ya... Jadi makin semangat sehat...

    BalasHapus
  15. Simple banget ya cuma kenapa ngelakuinnya itu susah, banyak banget godaan. Misal olahraga, udah niat eh tiba2 buka hape liat sosmed bentar eh keterusan sambil rebahan. Pengen makan sehat eh go food lagi promo dan beli deh junk food. Gimana biar ga kegoda ya mba...

    BalasHapus
  16. 6 cara ini aku setuju banget teh, biar selalu sehat. Apalagi olahraga harus semakin konsisten ya

    BalasHapus
  17. Masih PR nih buat aku soal tidur karena sering begadang nulis di saat anak anak benar benar terlelaap

    BalasHapus
  18. Aku sering banget di komentarin sama suami gegara males mandi, teh.
    huhuu...katanya, meski gak keluar rumah, kebersihan badan kudu dijaga.
    Ampyuun~

    BalasHapus
  19. OLah raga rutin dan konsisten ini yang masih jadi tantangan banget buat aku. menemukan ritme di sela-sela aktivitas mengurus rumah ternyata lumayan kesulitan hehehe. Tapi demi hidup sehat, musti reschedule lagi biar tetep ada waktu olahraga rutin nih

    BalasHapus
  20. kesehatan mental ini nih yang sering abai. Fokusnya ke apa yang dimakan dan olahraga tapi psikis sebenarnya insecure. Et dah bahasanya ... heheh. Nah selama pandemi ini kesehatan mental kembali diangkat karena gaya hidup sehat meliputi kesehatan fisik maupun psikis.

    BalasHapus
  21. durasi jam tidur untuk orang dewasa, sebenarnya saya tipe orang yang tidak sulit untuk tidur. Tapi klo kerjaan lagi hype, jam tidur pun harus terkurangi.

    BalasHapus
  22. Saya sempat drop awal tahun lalu, setelah saya telusuri karena faktor kurang tidur. Alarm tubuh langsung mengingatkan. Sekitar 2 minggu terakhir ini saya berusaha tidur cukup, alhamdulillah kondisi membaik.

    BalasHapus
  23. saya minum air putih itu tidak lupa. selalu mengusahakan bias 2 liter sehari. tapi jangan kebanyakan juga karena akan memberatkan fungsi ginjal. seperlunya saja :)

    BalasHapus
  24. Wah beneran ada tuh diet makan sayuran aja? Kayak kambing aja hehe. Hrsnya mah tetap makan smua yg dibutuhkan tubuh ya. Marketplace awal mula aku baru tahu. Intip ah

    BalasHapus
  25. Saya yoga utk menjaga kesehatan tubuh, sudah mengurangi daging merah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)