19.3.21

5 Cara Belajar Matematika Menyenangkan untuk Anak SD

5 Cara Belajar Matematika Anak yang Tidak Membosankan untuk Anak SD

"Kenapa anak SD harus belajar matematika? Apa saja manfaat matematika bagi anak SD? Kenapa Si Kecil yang sudah SD sulit belajar matematika?”

Saat Si kecil menginjak bangku sekolah dasar atau SD, itu adalah usia emas yang di mana otak harus mulai diasah dengan ilmu bermanfaat seperti Matematika. Dengan memberikan pengetahuan tentang Matematika sejak dini, maka Si Kecil akan lebih mudah memahami materi dan konsep Matematika di masa mendatang.

Namun kenapa saat memasuki sekolah dasar anak malah sulit belajar Matematika? Itulah yang menjadi persoalan umum setiap Keluarga Kiddo. Nah untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini akan Kiddo.id berikan apa saja cara belajar Matematika anak yang menyenangkan bagi siswa sekolah dasar. Yuk simak informasinya berikut ini.

5 Cara Belajar Matematika Anak yang Tidak Membosankan untuk Anak SD

Mama dan papa bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk membuat si kecil lebih menyukai Matematika. Selain di sekolah, Si Kecil juga harus tetap dibarengi dengan pembelajaran dari mama atau papa di rumah agar kemampuan berpikir bisa semakin meningkat.

Jadi akan lebih baik jika Mama tidak terlalu mengandalkan guru di sekolah untuk mengajar si kecil. Oleh karena itu, Keluarga Kiddo harus mengetahui beberapa cara mengajar Matematika kelas 3 SD berikut ini. Let’s check it out!

1. Gunakan Cara yang Sederhana

Metode belajar Matematika bagi si kecil yang pertama adalah dengan menggunakan cara yang sederhana sekaligus menyenangkan. Anak biasanya lebih tertarik dengan proses pembelajaran yang tidak ribet dan tidak membutuhkan proses berpikir yang panjang. Selain itu, dengan menggunakan cara yang sederhana dan menyenangkan bisa membuat anak lebih mudah dalam menguasai pembelajaran matematika yang lainnya.

Oleh karena itu, mama atau papa yang nantinya akan membimbing belajar Matematika anak disarankan harus mengetahui berbagai informasi tentang cara cepat menyelesaikan setiap permasalahan yang ada dalam soal matematika. 

2. Gunakan Objek Sekitar

Dengan menggunakan objek sekitar sebagai cara mengajarkan anak soal cerita Matematik SD ini akan membuat si kecil lebih mengerti tentang arah pembelajaran Matematika. Keluarga Kiddo bisa menggunakan berbagai alat di rumah yang mudah digunakan sebagai objek dalam soal Matematika. 

Selain lebih mudah dimengerti, dengan menggunakan objek sekitar si kecil akan lebih tertarik menyelesaikan setiap permasalahan Matematika yang diberikan. Namun mama dan papa harus memastikan bahwa objek atau barang yang digunakan tidak berbahaya bagi si kecil dan tentunya objek tersebut harus bisa membagkitkan semangat.

3. Gunakan Metode Permainan

Menggunakan permainan dalam menyelesaikan soal Matematika menjadi model pembelajaran Matematika yang menyenangkan dan menghibur bagi si kecil. Sudah bukan hal aneh lagi jika mama menggunakan cara yang monoton akan membuat si kecil mudah bosan dan tidak berselera untuk belajar Matematika anak.

Oleh karena itu, Keluarga Kiddo harus mengetahui apa saja tips dan trik yang menghibur si kecil dalam belajar Matematika. Jika mama dan papa kesulitan menemukan permainan yang menyenangkan, mama bisa menggunakan platform edukasi yang sudah banyak tersebar di internet seperti Kiddo.id.

4. Gunakan Soal Cerita Anak

Si kecil akan lebih memahami maksud dari soal yang diberikan oleh mama dan papa jika berupa soal cerita. Dengan menggunakan soal cerita, ini pun akan sekaligus melatih imajinasi si kecil menjadi lebih baik. Apalagi jika materi yang diberikan sudah dirasa sulit oleh si kecil, maka langkah yang tepat adalah dengan menggunakan soal cerita.

Kini sudah banyak soal cerita yang tersebar di internet, nah jika mama atau papa tidak sempat membuatkan soal cerita untuk si kecil maka bisa menggunakan soal cerita di internet.

5. Gunakan Aplikasi Belajar

Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak media pembelajaran yang tersebar juga. Hal inilah yang sangat membantu dalam membuat proses belajar Matematika anak menjadi lebih variatif dan menyenangkan. Untuk itu, Keluarga Kiddo bisa memanfaatkan teknologi yang ada tersebut.

Mama bisa mengunduh banyak aplikasi belajar di app store yang dirasa akan membantu anak dalam belajar Matematika. Selain itu, dengan menggunakan media pembelajaran online ini akan lebih menarik perhatian anak. Ditambah anak zaman sekarang yang sangat tertarik dengan smartphone akan membuat semangat belajar Matematika pun semakin tinggi.

Nah itulah beberapa informasi mengenai 5 cara menyenangkan dalam proses belajar Matematika anak. Setelah mengetahui apa saja cara menyenangkan dalam mengajar anak, mama dan papa harus menyadari bahwa selain di sekolah dasar, anak juga tetap harus dibekali dengan bimbingan belajar dari orangtua agar proses perkembangan otak bisa cepat.

Untuk membantu Mama dan Papa dalam membimbing belajar Matematika anak, Keluarga Kiddo bisa menggunakan salah satu platform edukasi terbaik yang ada di Indonesia, yaitu Kiddo.id.

Apa itu Kiddo.id? Kiddo.id adalah salah satu platform terbaik yang menyediakan ribuan informasi parenting dan edukasi yang akan membantu Keluarga Kiddo dalam mengembangkan potensi Si Kecil. Kiddo.id sudah banyak membantu dan dipercaya oleh mama dan papa di Indonesia dalam membuat si kecil tumbuh dengan baik.

Selain menyediakan informasi yang lengkap dan edukatif, Kiddo.id juga menyediakan berbagai kegiatan yang mengedukasi bagi si kecil. Kegiatan tersebut seperti privat, les, workshop, seminar, hingga kegiatan pijat bayi. Wah menarik bukan? Nah jika mama papa tertarik untuk mengembangkan potensi si kecil, Kiddo.id siap membantu dalam belajar Matematika anak menjadi lebih menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Belajar matematika bagi Si Kecil yang masih di bangku sekolah dasar harus selalu diperhatikan

Image credit: Freepik

Sumber

  • https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/amelia-putri/cara-mudah-dan-efektif-mengajarkan-anak-matematika/7
  • https://primaindisoft.com/blog/5-cara-belajar-matematika-yang-menyenangkan-untuk-anak-sd/#.YD4TD7gzbDd
  • https://www.haibunda.com/parenting/20180127074706-61-13391/cara-menyenangkan-belajar-matematika-bareng-anak


24 komentar:

  1. Pelajaran matematika jika diajarkan dengan cara yang tepat, asyik dan menarik akan membuat anak lebih cepat memahami materi2 yang diajarkan ya. Apalagi ada app Kiddo.id ini, pasti membantu sekali.

    BalasHapus
  2. Sayangnya zaman kecil dulu ga ada seperti yang ini. Kadang misalkan belajar di sekolah, ngelihat guru Matematika aja sudah menakutkan. Sekarang ada banyak cara termasuk menggunakan platform Kiddo. Belajar matematika tak lagi menakutkan malah menyenangkan

    BalasHapus
  3. Wahh, aku kudu cuss ke Kiddo.id
    Pengin banget eksplor salah satu platform terbaik yang menyediakan ribuan informasi parenting dan edukasi

    InsyaALLAH ini bakal membantu Keluarga Indonesia dalam mengembangkan potensi Si Kecil.

    BalasHapus
  4. Baru tahu aplikasi Kiddo.id, membantu banget buat belajar anak terutama belajar matematika jadi lebih mudah dan menyenangkan.

    BalasHapus
  5. Wah seru banget nih ada cara baru buat ngajarin Shoji Rey matematika dengan cara yang sederhana. Salah satu alternatif biar anak bisa mencoba belajar denganara yang baru yac

    BalasHapus
  6. wah keren Kiddo.id

    selama ini ilmu parenting dan semua hal terkait, berserak
    kesulitan mencarinya.
    Kiddo.id mempermudah penyajiannya

    BalasHapus
  7. Anak sulungku yang baru kelas 1SD ini lumayan suka matematika sih Mbak. Padahal maminya ini dulu selalu terbelakang kalau urusannya matematika, kimia, apalagi fisika.

    BalasHapus
  8. Sejak usia dua tahun saya sendiri sudah mengajarkan matematika kepada anak. Mulai hitungan sambil naik tangga, mulai jumlah mainan,sampai menggunakan jari tangan. Kalau anak senang, memang diingatnya lebih mudah ya

    BalasHapus
  9. Wah dengan cara begini matematika yang super nyebelin Dan sudah itu terasa mudah ya kak, trims sharringnya

    BalasHapus
  10. Daku juga kadang kerap gitu baik buat Ponakan maupun siswa daku dengan menerapkan soal cerita, jadi makin mengasyikkan belajarnya

    BalasHapus
  11. Anakku yg sulung akademiknya lebih baik dibanding adikknya. Adiknya ini susah sekali belajar.. sepertinya aku harus coba kelima triknya mbak nia ini termasuk app kiddo..

    BalasHapus
  12. Dari nama platform nya aja Kiddo.id sudah menunjukkan bahwa belajar di sana akan sangat menyenangkan.
    Bisa aku rekom nih buat ponakan2 yang masih SD

    BalasHapus
  13. Wah baru tahu nih aplikasinya Kiddo.id. Kayaknya aku butuh juga untuk bantu ngajarin anak2. Makasih ya mbak udah share.

    BalasHapus
  14. duh anakku salah satu yang ga begitu suka pelajaran dengan nilai eksak kayak math ini, mungkin perlu aku perkenalkan dengan kiddo ini ya

    BalasHapus
  15. Wah jadi ingat si bungsu deh kalau soal matematika ini dia anak rajin tapi cukup kesulitan belajar matematika malah jadi malas jadinya. Jadi penasaran dengan platform kiddo ini jadinya...

    BalasHapus
  16. Yes, seneng deh kalau ada hal baru yg bisa membantuku untuk mengembangkan potensi anakku di bidang matematika. Krn jujur, beberapa kali, pernah kesulitan nyampek in materi MTK, anakku nggak mudeng2 sm penjelasanku. Hiks

    BalasHapus
  17. Ahhh, aplikasi keren ini,solusi buat Emak2 dan anak2 yang mau belajar matematika menyenangkan.
    Anak2 jaman now mah lebih kritis belajarnya ya,kalo belajar matematika bisa mudah,ahhh seneng pisan.
    Mau tak infoin ke adekku nih yg masih punya anak SD .

    BalasHapus
  18. INi dia yang kucari mbaaa... aku udah paling puyeng ngajarin matematika ke anak. Kayaknya akunya yang ga bisa deh. Udah berusaha pelan-pelan ngajarin, tapi kok ya tetap anak ga ngerti ya hehehee.

    BalasHapus
  19. iya nih penting banget anak SD diajari matematika yang menyenangkan, gurunya juga harus asyik. guruku dulu dong.. suka nyubit huhu makanya trauma bgt ama matematika

    BalasHapus
  20. Anak zaman sekarang memang paling susah kalau diajarin math kaya zaman aku dulu yaa, teh..
    Suka bingung. Ternyata, anak sekarang melalui permainan, bisa disisipi konsep matematika.

    Aah...kudu banyak belajar lagi niih..

    BalasHapus
  21. iya mbak belajar itu yang utama adalah suka dan menyenangkan, kalau kedua hal itu gak ada, tentu kita jadi males ya belajarnya, begitu juga dnegan anak anak :-) makasih tipsnya mbak

    BalasHapus
  22. Noted ah kak. Siapa tau nanti butuh.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah terobosan baru ini ya mba Nia buat kita-kita jadi terbantukan. Anak pinter emak seneng. Aku rekomendasikan buat ponakan ah

    BalasHapus
  24. Ada banyak cara asyik mengajarkan anak matematika ya Mbak, seperti yang udah Mbak sebutkan di atas. Btw saya baru tahu aplikasi kiddo.id ini. Cus ah mau kepoin dulu.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)