24.7.16

5 Destinasi Wisata di Kota Magelang


Semua orang Indonesia pasti tahu Candi Borobudur. Jangankan orang Indonesia, bahkan seantero dunia sepertinya mengenalnya. Iyalah, sebab Candi yang termasuk salah satu dari 7 Keajaiban Dunia ini memiliki ukuran yang besar dengan arsitektur yang sangat menakjubkan. Tak heran, setiap tahun, kunjungan wisatawan ke candi tersebut selalu banyak. Dan tentu, Borobudur menjadi salah satu tujuan wisata favorit yang ada di Indonesia.

Ngomong-ngomong soal Borobudur tentu tak lepas dari kota tempat di mana candi yang mengagumkan ini berada. Ya, Magelang. Kota yang letaknya strategis karena berada di jalur utama Semarang – Yogyakarta ini memiliki alam yang indah. Jadi selain menikmati kemegahan Candi Borobudur, Magelang juga memiliki spot lain yang tak kalah menakjubkan. Dan buat saya, spot-spot ini merupakan tempat tujuan yang harus saya masukan daftar destinasi manakala saya ke Magelang nanti. Tempat mana sajakah yang masuk daftar tersebut? Berikut ini 5 Destinasi Wisata di Kota Magelang.

Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu merupakan bukit yang bisa dijadikan salah satu spot untuk melihat Matahari Terbit (sunrise) dengan latar Gunung Merapi Merbabu. Dari tempat ini, siapa pun bisa melihat pemandangan Candi Borobudur dari ketinggian yang terkurung lautan kabut. Sangat menakjubkan.

Untuk bisa menikmati suasana alam nan megah ini, wisatawan harus sudah sampai di Punthuk Setumbu sebelum pukul 05.00 pagi. Dengan trekking terlebih dahulu sekitar 15 menit maka wisatawan akan sampai di spot tersebut. Jangan lupa, siapkan kamera terbaik untuk merekam momen tesebut. Sebab sunrise di Bukit Punthuk Setumbu akan memberikan kita pemandangan yang sayang jika tidak diabadikan.

Candi Selogriyo 
Candi Selogriyo adalah sebuah candi kecil yang ada di Kecamatan Windusari, Magelang. Candi ini konon sudah ada di abad ke-9 M, sejak zama Kerajaan Mataram Kuna. Berbeda dengan Candi Borobudur yang jauh lebih besar dan merupakan candi bagi penganut agama Budha, Candi Selogriyo merupakan candi bagi penganut agama Hindu. Jadi jelas, arsitektur candi ini jah berbeda dari Candi Borobudur. Namun meskipun kecil, pemandangan yang bisa kita lihat di spot ini juga luar biasa. Kombinasi antara candi dengan alam sekitarnya akan memberikan pengalaman yang istimewa.

Ketep Pass 
Ketep Pass merupakan spot wisata alam yang menyajikan pemandangan luar biasa mengenai kegunungapian, khususnya Gunung Merapi. Meski berada di sekitar 30 km dari kota Magelang, Ketep Pass sangat worth it untuk dikunjungi. 

Ketep Pass Magelang

Selain pemandangan alam, di sana kita bisa mengunjungi Museum Vulkanologi yang berisikan miniatur Gunung Merapi; menonton di bioskop mini yang menyajikan film sejarah Gunung Merapi; meneropong untuk melihat dengan jelas keindahan panorama Gunung Merapi, Merbabu dan gunung-gunung yang lain; serta menikmati pemandangan menakjubkan dari 5 gunung, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet dari Pelataran Pancaarga

Puncak Suroloyo 
Sama halnya seperti Punthuk Setumbu, Puncak Suroloyo juga menyajikan pemandangan menakjubkan Candi Borobudur. Bedanya, jika Punthuk Setumbu akan sangat sempurna jika dinikmati saat sunrise, maka Puncak Suroloyo bisa memanjakan mata kita kapan saja. Legenda tempat ini juga memberi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang datang ke sana. 

Rumah Kamera (Camera House)
Bangunan yang bentuknya menyerupai kamera DSLR ini memiliki nama Rumah Kamera atau Camera House. Rumah Kamera ini merupakan sebuah art gallery lukisan milik Tanggol Angien Jatikusuomo (Tan Hok Lay). Seorang pelukis aliran naturalis impersionistik yang sudah terkenal secara nasional dan internasional. Untuk para penyuka seni lukis seperti saya, spot yang satu ini jangan sampai terlewat jika berkunjung ke Magelang. Gedungnya yang unik serta lukisan-lukisannya yang cantik akan membawa kesan tersendiri bagi jiwa kita.

Itulah 5 destinasi wisata lain di Magelang selain Borobudur yang masuk ke dalam daftar wajib jika saya ke sana. Keunikan masing-masing tempat sudah barang tentu menjadi daya tariknya. 

By the way, bicara soal berwisata tentu tak bisa dipisahkan dari yang namanya menginap di hotel. Jika dulu kita diribetkan dengan urusan booking hotel melalui agen travel secara langsung yang harus di waktu yang tepat karena pertimbangan ini dan itu, maka sekarang sangat berbeda. Kita tak harus booking jauh-jauh hari sebelumnya. Iya, sekarang kan ada agen travel online yang sangat memudahkan. Coba saja kunjungi situs ini. Kita bahkan bisa memilih tipe hotel, tipe kamar, harga kamar, lamanya menginap, dan lain-lainnya. Tak perlu takut lagi untuk kehabisan kamar. Agen travel online ini akan membantu urusan nginap-menginap kita. 

Nah gimana, sudah siap untuk berwisata ke Magelang? Saya juga mau. Tapi, saya harus siap-siap nih. Nabung dulu dari sekarang, biar bisa lama, nyaman, dan tentunya cukup isi kantongnya. Yuk berwisata!

Rumah Kamera di Magelang 

6 komentar:

  1. banyak yang blom ngeh klo Borobudur tuh di Magelang...kebanyakan menduganya di Yogyakarta nih

    BalasHapus
  2. kalo magelang, taunya ya cuma candi borobudur hehe... Makasih, jadi tau yg lainnya juga :)

    BalasHapus
  3. taunya di Magelang itu cuma ada Borobudur hihi... ternyata banyak ya.

    BalasHapus
  4. aku jadi kangeeen bangeeeet ama tanah air. Cantik!

    BalasHapus
  5. Aku mah baru ke Borobudur ajah. Yang lainnya baru tahu dari sini ;p

    BalasHapus
  6. Aku sudah pernah ke Borobudur. Btw Borobudur itu di Jogja atau Magelang ?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)