14.5.15

Sambil Menyelam (di GA) Minum Air (Soda)

Orang bilang aku penulis. Meskipun lebih cocok disebut penulis status fesbuk, apdetan twitter, dan penulis galau di blog sendiri, aku juga pernah lho nulis buku * meyakinkan pembaca*. Tapi jangan bayangkan Tere Liye, Raditya Dika, atau Dewi ‘Dee’ Lestari (siapa juga yang bayangin begitu?) yang menguasai penjualan buku di tokbuk-tokbuk besar, bisa bertahan di rak tokbuk lebih dari 6 bulan saja, kayaknya suatu prestasi besar buatku. Iyalah, da aku mah apa atuh, tulisan bisa diterima penerbit untuk diterbitkan aja, hepinya udah setengah mati. :D

Eh, apa hubungannya jadi penulis (kasta sudra) sama ikutan GA Mak Ophi?
Ada dong! Begini, saat bingung mau nulis apa, tiba-tiba sebuah postingan eksperimen Sains di blog Mak Ophi menarik perhatianku. Mungkin karena bekgronku dan buku-buku yang pernah aku tulis. Ya, selain dulu kuliah di FMIPA, beberapa buku yang aku tulis di antaranya memang adalah tentang percobaan Sains.

Jujur, waktu nemu postingan itu aku sempet kaget. Wuih... Mak Ophi yang jago berpolitik, mahir dalam parenting, plus rajin bertraveling ria, ternyata sempet bereksperimen Sain bareng anak-anaknya. Aku aja yang dulu di awal bikin blog berniat ngisi blog, salah satunya dengan percobaan Sains, sampai hari ini belum kesampaian juga. Beneran lho, postingan ini semacam ‘penyadar’ yang membawaku ke ‘jalan yang benar’. :))))

Iya, sebagai blogger random yang belom bisa konsisten nulis di satu tema, eksperimen Sains adalah salah satu dari tema yang aku suka. Nah gara-gara postingan favorit ini, dan dalam rangka ngabalakan bikin postingan eksperimen Sains, kemaren sore, aku dan anak-anak bermain Sains. Eksperimen Sainsnya sangat sederhana tapi bikin anak-anak gembira. Gapapa ya, sambil menyelam di GA Mak Ophi, aku minum air soda. *Karena memang salah satu bahannya adalah minuman bersoda. :D
***

Kismis Menari

Alat dan bahan


Langkah kerja

Apa yang terjadi?
Kismis awalnya jatuh ke dasar gelas, tapi kemudian naik ke permukaan gelas. Naik turunnya kismis bikin dia seperti menari.

Kenapa demikian?
Kismis yang jatuh ke dasar gelas terjadi karena gaya gravitasi. Sedangkan kismis yang bergerak naik ke atas terjadi karena ‘bantuan’ gelembung udara air soda yang menempel di permukaan kismis. Saat jatuh lagi ke dasar gelas, gelembung udara di permukaan kismis berkurang, dan naik lagi saat gelembung udara air soda bertambah di permukaan kismis.

Kenapa ada gelembung udara?
Air soda adalah minuman berkarbonasi. Dia mengandung gas karbondioksida. Jadi gelembung udara yang menempel di permukaan kismis merupakan gas karbondioksida. Karena gas karbondioksida ringan maka si gas ingin segera ke luar dari air soda menuju udara bebas. Lalu dia bertemu kismis. Jadilah gas karbondioksida nempel di permukaan kismis. Akibatnya, si kismis jadi terbawa naik bersama gas kabondioksida yang nempel di tubuhnya.

***

Masukan untuk blog Mak Ophi
Apa, ya? Udah bagus sih. Tampilan cantik, konten ok, penyampaiannya keren. Mungkin ini aja  *belaga pengamat dan jago desain*, menurutku font-nya Mak. Blognya kan udah cantik, header-nya juga. Nah kalo ditambah body font yang lebih pas, pasti makin keren. Oke Mak Ophi, sukses ya dengan GA-nya. Cup muah muaaaaaah.... 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Mom of Trio 1st Giveaway”

Catatan
  • Jumlah kata: 490
  • Ngabalakan : memulai untuk pertama kalinya

31 komentar:

  1. artikelnya super sekali mbak ada pelajarnya juga,berasa lagi belajar fisika bacanya,hehehe.Sukses ya buat GA nya

    BalasHapus
  2. bner-bner bisa nari yah. kaya gorang dribble :D

    BalasHapus
  3. Makasih mak Nia...waah itu harus saya coba sm krucils percobaan ilmiahnya.
    keren...klo kata krucils itu sulap sains.
    makasih dah ikutan, review n masukannya...noted dan good luck yaaa

    BalasHapus
  4. Merode pembelajaran yang efektif salah satunya adalah demonstrasi. Keren nih demonstrasinya, sederhana, bisa dicoba di rumah :)

    BalasHapus
  5. wah nambah pengetahuan banget neh mak

    BalasHapus
  6. wahhh...keren nih, semoga sukses ya mak dgn GA :)

    BalasHapus
  7. Keren nih mak, tapi kalo saya yang bikin eksperimennya, adanya paling malah keburu abis dimakanin soda sama kismisnya hehehe :D
    salam kenal

    BalasHapus
  8. ho ho ho
    kismis menari?

    saya ga kepikiran yang kayak gituan
    tapi GA-nya lumayan menantang
    *cari ide ah

    BalasHapus
  9. hihi, giveaway memang mudah merangsang syaraf kreatif kita

    BalasHapus
  10. "Science is fun" ini emang bener ya mak. Mau coba eksperimen ini untuk anak saya yang sebentar lagi 6 taun. Makasih ya mak, jadi ide segar. hehehe

    Salam,
    Zia

    BalasHapus
  11. uwaaa seru ya belajar sains..dulu perasaan denger sains udah males aja rasanya xixixix

    BalasHapus
  12. wah keren...langsung dipraktekkan...kalo aku paling masih males dan cari waktu yg emang bener2 luang...

    BalasHapus
  13. ayo mak Nia sadarlah, mulailah menulis pengetahuan MIPA nya hehe *kaya dirinya konsisten aja* ;p

    BalasHapus
  14. Keren juga percobaannya, salam kenal ya gan!

    BalasHapus
  15. wahh seru nihh gaya nulis review GA nya mbak opie, kreatiif...semoga menaang mbaa..

    BalasHapus
  16. Bagus eksperimennnya
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  17. asik juga ya bikin percobaan ini sama anak-anak trus abis itu diminum deh.. :D

    BalasHapus
  18. Bagi dong kismisnya...haha. sukses deh mak GAnya

    BalasHapus
  19. Wah eksperimentnya keren nih mak. Kalo aku, kismis enak buat dicemilin hahaha. Good luck ya GA nya :)

    BalasHapus
  20. Waaah keren. Ayo dong dibanyakin postingan eksperimennya :D

    BalasHapus
  21. Iih jd pingim coba, pingin liat kismis menari di gelas. Btw, aku kudet GA nya nih, udh pengumuman kan ya.. Moga dikau menang juga ;)

    BalasHapus
  22. Ahha..
    Aku baru ngerti kalau benda dimasukkan ke minuman karbonasi itu bisa menari kaya gitu. Thank sharingnya, mak. Ntr bs praktek sm Arya :)

    BalasHapus
  23. Aaaaak kok ini lucu sih, mau coba ah buat Jiwo. Tapi cari gelas plastik dulu yang transparan, kalo pake gelas kaca begitu, habislah dibanting-banting Jiwo. ihihihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata Jiwo...pecahkan saja gelasnya biar ramai

      Hapus
  24. Jadi inget kalau eksperimen jaman dulu sekolaaahhhh

    BalasHapus
  25. asik udah maen GA nih :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)