17.9.14

Wonderful Indonesia : Surga Dunia di Ujung Nusantara

Jika liburan panjang sudah tiba, ke manakah kamu berencana menghabiskan waktu liburan? Ke tempat yang asyik-asyik, bukan? Ke manakah itu? Maldives? Hawaii? Atau? Nah, saya sih tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup ke Raja Ampat saja. Itu tuh, surga di ujung nusantara yang terkenal dengan alam bawah lautnya. Menghabiskan waktu liburan di sana, dijamin akan menjadi pengalaman yang takkan terlupakan. Kira-kira, jika ke Raja Ampat, saya bakal ngapain, ya?

Sunrise Nan Indah Tiada Tara…
Pagi-pagi buta sekali, saya akan bangun dengan sigap. Meski mimpi indah di kasur yang nyaman memaksa saya untuk tetap tinggal, saya akan tetap bangun. Tentu saja karena pengalaman yang akan saya dapatkan, jauh lebih indah dari mimpi saya. Yupp! Pemandangan lukisan Sang Pencipta di pagi hari di Raja Ampat, sangat worth it untuk disaksikan. Sinar Mentari yang kekuningan, tarian daun pepohonan yang melambai-lambai, semilir angin laut yang berdesir-desir, serta riak air di pinggir pantai, akan menjadikan awal hari saya sangat sempurna.

Sunrise di Raja Ampat (Sumber gambar: http://indonesia.travel)

Bangun sejak pagi buta hingga Matahari terbit berlalu, pasti akan membuat perut menjadi lapar. Nah saat itu, waktunya saya untuk sarapan. Katanya, seafood dan sup ikan kuning di Raja Ampat sangat enak rasanya. Hmm… sepertinya, patut untuk aku coba, ya?


Waktunya Seru-seruan!
Ini yang akan menjadi momen paling mengasyikan. Segala petualangan dan pengalaman seru selanjutnya, akan membuat liburan selama di Raja Ampat menjdi sangat berkesan. Apalagi pilihannya banyak yang ditawarkan. Dari mulai menyelam untuk melihat sisa-sisa reruntuhan kapal; bermain kayak; berperahu menjelajahi pulau; mengunjungi burung cenderawasih merah khas Papua Barat; menikmati indahnya pulau-pulau karang (karst); menjelajahi gua kelelawar; membuat patung kayu yang dipandu pengrajin Asmat; memancing secara tradisional Papua; trekking untuk menemukan air terjun; memberi makan kuskus; hingga snorkeling. Saya akan mencoba semuanya. Ya iyalah, di Bandung kan saya tidak bisa melakukan itu semua. So, semua kegiatan itu akan saya coba.

Yang paling wajib untuk dilakukan tentu adalah menyelam. Alam bawah laut Raja Ampat adalah yang paling the best di dunia. Gak afdol dong kalo ke Raja Ampat tapi gak lihat alam bawah lautnya? Eh tapi, saya kan gak bisa nyelam, gimana atuh? Gak asyik ah kalo gak nyelam. Untunglah, di Raja Ampat ternyata ada kursus kilat menyelam. Dengan bantuan para tenaga ahlinya, saya pasti akan dipandu untuk bisa menyelam dan melihat surga dunia di bawah laut nusantara itu.

Biota laut Raja Ampat yang indah (Sumber gambar: http://indonesia.travel)

Raja Ampat memang sangat istimewa. Keanekaragaman hayati yang ada di sana sangat luar biasa. Ya, Raja Ampat menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Jadi tak heran bukan jika kekayaan biota ini menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, sekitar 75% spesies laut yang ada di dunia tinggal di pulau yang disebut sebagai the hidden paradise ini

Jika ke Raja Ampat, saya akan memilih bulan Agustus, Oktober, November, atau Desember. Mengapa demikian, sebab di bulan Agustus itu di Raja Ampat ada festival yang unik. Tepatnya di bagian Barat dan Utara Waigeo. Di sana ada pertunjukan suling bambu tradisional yang disebut suling tambur. Kemudian di bulan Oktober dan November, konon adalah saat di mana Raja Ampat memiliki pemandangan yang sempurna karena lautnya yang sedang tenang. Adapun di bulan Desember atau setiap akhir tahun, di Raja Ampat ada sebuah fenomena yang sangat menarik. Saat itu, di sana muncul “hantu laut”, yaitu sebuah sinar yang berasal dari laut yang mengitari permukaannya. Lamanya hanya sekitar 10-18 menit saja. Aduh… perfecto!

Festival rakyat di Raja Ampat (Sumber gambar: di sini)

Raja Ampat Memang di Papua, Tapi..
Deskripsi Papua yang selama ini saya tahu dari media ternyata jauh berbeda dengan apa yang ada di Raja Ampat. Di sana, semua fasilitas sudah sangat lengkap. Mau menginap di hotel modern? Di cottage terapung? Di perahu? Di resort? Di vila? Di boathouse? Ternyata ada. Saya jadi tidak takut deh bakal terlunta-lunta bak bertualang di rimba raya. Raja Ampat benar-benar beda! Lagi-lagi, kalo ke Raja Ampat, saya mau cobain semua tempat menginapnya. Dari hotel yang mewah; resort yang bernuansa desa namun tetap modern; boathouse; vila; hingga homestay. Kenapa demikian? Soalnya, semuanya pasti akan memberikan pengalaman unik yang sangat berkesan.

Salah satu kamar tempat menginap di Raja Ampat (Sumber gambar: di sini)

Yang Lainnya Gimana?
Raja Ampat sekarang sudah banyak dikenal orang. Tak heran jika berbagai maskapai penerbangan komersil, kini sudah banyak yang membuka jalur penerbangan menuju ke sana. Jadi untuk sampai di Raja Ampat, saya tentu akan naik salah satu dari penerbangan komersil itu. Karena saya dari Bandung, titik penerbangan saya ke sana tentu berawal dari Jakarta.

Saat pulang berwisata, selain cerita, oleh-oleh menjadi barang wajib yang kudu dibawa. Begitu juga dengan saya. Meskipun foto-foto selfie yang berlatarkan alam-alam indah dan saya yang sedang beraktivitas seru di Raja Ampat sudah cukup buat saya, saya tetap berkewajiban membawa oleh-oleh. Untuk keluarga, teman, serta kerabat dekat.

Uh! Sayang Sekali…
Bicara terus tentang Raja Ampat bikin saya sangat tidak sabar. Ah, seandainya saja saya benar-benar bisa ke sana. Semua tentu bukan hanya menjadi ‘akan’ tetapi ‘pasti’ saya lakukan. Semoga saja bisa secepatnya segera ke sana. Nabung… nabung… nabung!

Referensi dan Sumber Gambar
  1. http://indonesia.trave/id/destination/248/raja-ampat
  2. http://www.diverajaampat.org/
  3. http://www.rajaampat-liveaboard.com/
  4. http://www.indonesia.travel/public/media/images/upload/photoessay/ampat6.jpg
  5. http://indonesia.travel/public/media/images/upload
  6. /poi/_CAG3199-2%20underwater%20scenery1.jpg
  7. http://indonesia.travel/public/media/images/upload/poi/IMG_7152.jpg
  8. http://panduanwisata.com/files/2012/10/Raja-Ampat-Festival6.jpg
  9. http://www.diversiondivetravel.com.au/images/zoom/pro030689_standard2/bild_192942.jpg

3 komentar:

  1. di ujung Indonesia ada yang indah ya

    BalasHapus
  2. Mba, seminggu lagi bulan Oktober ya. . .
    Ke Raja Ampat yuk! :D

    BalasHapus
  3. Aku tu ke timur paling jauh cuma sampai Sidoarjo. Menyedihkan :((

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)