13.9.14

Atlet Muda, Generasi Pengguncang Dunia

Masih ingat dengan gegap gempita yang terjadi saat timnas U-19 menjuarai perhelatan piala AFF 2013 lalu? Pastinya! Sebab untuk pertama kalinya, skuad yang dikapteni Evan Dimas ini mempersembahkan piala di ajang tersebut untuk negara Indonesia tercinta. Tak hanya itu saja, majunya tim Garuda Muda ke kualifikasi piala Asia 2014, membuat tim besutan Indra Sjafri menjadi primadona di sepanjang tahun 2013. Sehingga tak heran, jika pada akhirnya mereka dijuluki sebagai tim generasi emas.

Timnas U-19 (Sumber di sini)

Setali 3 uang dengan sepak bola, begitu juga dengan bulu tangkis. Prestasi atlet kita, terutama di ajang All England yang selama 33 tahun ‘berpuasa’ mendapat piala, akhirnya pecah oleh kemenangan pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di partai ganda campuran. Tak tanggung-tanggung, prestasi nan prestisius ini didapat selama 3 kali berturut-turut, yakni di tahun 2012, 2013, dan 2014.

Tontowi & Liliyana (Sumber di sini)

Bagaimana dengan cabang olahraga lainnya? Adakah anak bangsa yang prestasinya cemerlang? Tentu! Sebut saja Rio Haryanto dan Alexandra Asmasoebrata di cabang olahraga balap mobil; Sri Wahyuni dan Sarah Anggraini di cabang angkat besi; dan masih banyak lagi yang lainnya yang punya potensi berprestasi di berbagai cabang olahraga.

Masa muda memang masa segalanya. Fisik yang masih bugar, semangat yang masih menggebu-gebu, keberanian yang tanpa batas, dan tidak ada adanya beban ini-itu membuat anak-anak muda sangat berpotensi untuk maju dan berprestasi. Termasuk dalam bidang olahraga. Sudah sepantasnya, orangtua hingga negara mendorong anak-anak muda untuk maju dan berprestasi. Apa pun bidangnya. Selama itu positif. Anak-anak muda inilah yang kelak akan mengharumkan bangsa lewat prestasinya.

Mengutip ucapan dari presiden pertama kita, “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” Dan ucapan ini sudah terbukti. Evan Dimas dan timnya; Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir; Rio Haryanto dan Alexandra Asmasoebrata; serta Sri Wahyuni dan Sarah Anggraini adalah contoh dari atlet-atlet muda yang sudah ‘mengguncangkan’ dunia itu. Semoga saja, kita semua bisa mendorong kemajuan dari para anak-anak muda berpotensi itu, sehingga dari waktu ke waktu, bisa lahir atlet-atlet muda yang mengguncangkan dunia sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia. Dan bendera merah putih bisa terus berkibar di atas bendera negara-negara lain. Aamin….

Sumber gambar di sini

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog #GenSpirit

@GenSindo 

6 komentar:

  1. Atlet2 mudan dan berprestasi adalah asset bangsa... Sudah sepantasnya meereka mendapat dukungan dari pemerintah agar karier mereka terus mencuat... Prestasi yang ditorehkan oleh atlet2 muda itu tentu saja menambah deretan prestasi yang mengguncang dunia... Harapan kita bersama semoga kelak mereka menjadi atlet Internasional yang membanggakan dan membawa nama baik bangsa... Met ngontes ya Mbak semoga sukses...

    BalasHapus
  2. semog amakin banyak pemuda-pemuda Indonesia yang mengguncang dunia

    BalasHapus
  3. Seneng kalau demger prestasi2 para pemuda berbakat. Kak Tantowi cakep.
    Yang muda makin menggebu, yang tua menyemangati ya, Mba. :D

    BalasHapus
  4. singgah kemari sambil menyimak saja ^_^, salam perkenalan ya. bila ada waktu mampir ketempat saya ya ^_^

    BalasHapus
  5. salam hangat dari kami ijin informasinya dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus
  6. salam hangat dari kami ijin menyimak dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)