31.3.14

Semen Tiga Roda : Perekat Bahan Bangunan Rumah Masa Kini dan Masa Depan


Bisakah Anda membayangkan jika keadaan sekarang masih sama seperti keadaan di beberapa abad yang lalu? Pastinya, pembangunan tidak akan bisa secepat dan semodern sekarang, bukan? Bagaimana tidak, di zaman dulu, membuat bangunan rumah itu sepertinya sangat repot sekali. Bayangkan saja, untuk mengumpulkan material bahan bangunannya saja, orang-orang di zaman dahulu membutuhkan waktu yang cukup lama. Dari mulai pembuatan batu-bata, pengumpulan batu-batuan di sungai, pencarian perekat bahan-bahan bangunan, hingga pencarian aksesories ini-itu. Belum lagi masa pembuatannya. Kesemuanya dijamin membuat sebuah bangunan memakan waktu tahunan, atau bahkan puluhan tahun untuk bisa selesai.

Beruntung kita hidup di zaman sekarang. Semua serba mudah dan serba cepat. Bahan bangunan berkualitas, teknologi mutakhir, hingga pekerja yang mahir bisa dijumpai di mana-mana. Tak perlu waktu tahunan, dalam sekian bulan bahkan hitungan minggu, sebuah bangunan besar yang canggih, kuat, dan kokoh bisa dibangun tanpa kesulitan berarti.

Semen: Bahan Bangunan Esensial yang Sangat Penting
Di antara semua bahan yang digunakan untuk membuat bangunan, semen adalah temuan yang paling berguna dan esensial (penting) di dalam membuat sebuah bangunan yang kuat dan kokoh. Sebab berkatnya, semua bahan bangunan bisa merekat menjadi dinding, tembok, lantai, atap, atau bagian bangunan lain yang kuat, cepat kering, dan kokoh. Tanpanya, mustahil bangunan bisa dibangun. Mungkin akan kembali lagi seperti cerita di masa lalu. Manusia mencari formula tertentu untuk bisa membuat bangunan yang kuat.


Selain manfaatnya yang besar dalam pembuatan bangunan yang kuat dan kokoh, penggunaan semen juga menguntungkan karena cepat kering serta instan. Ya, menggunakan semen itu relatif cukup mudah. Dengan hanya menambahkan air, bahan-bahan bangunan yang lain dengan perbandingan tertentu, maka bangunan apa pun siap dibuat dengan segera. Rumah, gedung, jembatan, hingga jalan raya bisa dibuat mudah, cepat, kuat dan kokoh dengan penggunaan semen.

Tapi, Tak Semua Semen Itu Berkualitas Bagus
Jika Anda berpikir semua semen itu sama, Anda salah besar. Ada beberapa ciri tertentu yang hanya dimiliki oleh semen berkualitas bagus dan tak dipunyai jenis semen biasa. Apa saja ciri semen berkualitas bagus itu?
  • Tidak menggumpal. Yupp! Ciri pertama dari semen yang berkualitas bagus itu adalah tidak menggumpal. Dengan tidak menggumpal, berarti semen tersebut belum berikatan dengan zat lain (terutama air yang berasal dari tempat lembap). Sehingga ketika digunakan, maka semen tersebut akan mengikat semua zat yang ditambahkan padanya (terutama air). Dan ini bisa membuat kekuatan mengikat semen pada material bangunan rumah tersebut akan maksimal.
  • Waktu mengeras. Semen berkualitas bagus itu sebenarnya tidak cepat kering, sebab dengan begitu, tembok/hasil ikatan semen bisa cepat retak. Semen berkualitas bagus itu mempunyai waktu ikat awal (waktu berikatan dengan zat-zat tambahan, terutama air) sekitar 45 menit. Adapun waktu ikat akhirnya (waktu hingga semen mengeras), itu sekitar 6 hingga 7 jam.
  • Adukan lebih rapat dan rekat. Semen berkualitas bagus itu kaya akan mineral dan logam. Kandungan yang kaya ini akan berkontribusi dalam menghasilkan campuran yang padat. Selain padat, semen berkualitas bagus juga akan membuat adukan lebih rapat dan rekat
  • Kemasan tertutup sempurna. Pastikan semen yang Anda beli itu kemasannya tertutup sempurna. Hal ini karena semen yang berkualitas bagus itu harus terjaga kandungan mineral dan logamnya, serta masih maksimal kemampuan mengikatnya. Dan jika kemasan sudah terbuka, apalagi di tempat yang lembab, bisa dipastikan semen sudah rusak. 
  • Berlogo SNI (Standar Nasional Indonesia). Semen berkualitas bagus pasti sudah mengalami proses standardisasi. logo SNI di kemasannya dan juga sertifikat yang dipunyai perusahaannya merupakan jaminan dari semen berkualitas bagus.
  • Baik dalam penyimpanannya. Semen berkualitas bagus tidak hanya bagus saat diproduksi saja. Masa dan cara penyimpanannya setelah ke luar juga menentukan kualitas semen itu. Semen yang bagus itu harus disimpan, tumpukannya tidak melebihi 2 meter serta terlindung dari kelembaban yang tinggi. Pemberian bantalan (palet/kayu) di bawah dan di pinggir supaya tidak menyentuh dinding akan membuat kualitas semen tetap terjaga. Faktor sirkulasi udara juga berperan penting.

Semen Tiga Roda : Perekat Bahan Bangunan Rumah Masa Kini dan Masa Depan
Semua produsen semen, pada dasarnya menginginkan hasil produksi yang berkualitas bagus. Akan tetapi kenyataannya, tak semua produsen bisa. Semen tiga roda adalah semen yang berkualitas bagus itu. Sebab semen tiga roda mampu memenuhi semua ciri dari semen yang berkualitas bagus. Tak hanya itu saja, semen tiga roda juga mempunyai varian lengkap yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Karena kualitas dan varian lengkapnya itulah, Semen Tiga Roda mampu menjadi perekat bahan bangunan rumah masa kini dan masa depan.

Aneka macam Semen Tiga Roda: perekat bahan bangunan rumah masa kini dan masa depan.

Coba lihat bangunan-bangunan dalam gambar di bawah ini! Adakah bangunan yang tidak bisa dibuat dengan Semen Tiga Roda? Mustahil! Semen Tiga Roda mampu menjadi perekat bahan bangunan rumah masa kini dan masa depan. Tak percaya? Silahkan buktikan!

Referensi dan Sumber Gambar
  1. www.sementigaroda.com
  2. https://www.facebook.com/sementigaroda
  3. www.freeple.com/blog/wp-photos/20071029-234357-4.jpg
  4. http://downloads.xdesktopwallpapers.com/wp-content/uploads/2012/02/Amazing%20Building%20Concept%20Idea.jpg
  5. http://www.topdesignmag.com/wp-content/uploads/2010/11/amazing-building.jpg
  6. http://www.modny73.com/wp-content/uploads/2012/09/05-Amazing-Building.jpg
  7. http://amazingpunch.com/wp-content/uploads/2013/09/World-Amazing-Buildings-10.jpg
  8. http://realitypod.com/wp-content/uploads/2010/03/Engineering-1-amazing_structures_regatta_hotel.jpg
  9. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwecfXHNHCcLv80RbiUhc9Ip-GbbovZzwxX_4et0jhBoi80cSls4TxTpMX3lisxalKhAMDVwDOp88AySI6SDhkWVbhKY-T61caGhluH1JlwEWowe8aMAO-dVJZIj1eNP61J8IsRIu5rX0/s640/Amazing_Building_Structure_Designs09.jpg
  10. http://www.newhouseofart.com/wp-content/uploads/2009/10/modern-float-ecopolis-lilypad-architecture-5.jpg
  11. http://all-pictures.biz/wp-content/uploads/2009/12/Amazing-Building-Design_1.jpg
  12. http://99mag.com/wp-content/uploads/2012/01/amazing-house-in-Singapore3.jpg
  13. http://www.homeinfostop.com/wp-content/uploads/2012/11/amazing-homes5.jpg
  14. http://myfancyhouse.com/wp-content/uploads/2012/11/First-Crescent-Amazing-Vacation-House-in-South-Africa-1.jpg
  15. http://cdn.freshome.com/wp-content/uploads/2010/09/beautifu-home-architecture-building-acero-archiects-pool.jpg
  16. http://sun-surfer.com/photos/2013/01/Amazing-house.jpg
  17. http://31.media.tumblr.com/83fd6041cfcc761e17aa7482dcfd9146/tumblr_ms6czgVpPo1qhrawho1_500.jpg
  18. http://updatedhome.com/wp-content/uploads/2010/10/Beautiful-House-Made-for-entertaining-and-relaxing-in-Costa-Rica1.jpg
     

Keterangan : 744 kata ( tanpa judul, tanpa referensi, sumber gambar, dan tanpa keterangan gambar).

7 komentar:

  1. good luck y ambak, deadline hari ini ya aku baru tau infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak, Mbak. Aku juga baru tahu 2 hari yang lalu. :)

      Hapus
  2. Banyak amat yang promosi semen he he
    Semoga berjaya dalam lomba
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya PakDe. Soalnya, Semen Tiga Roda emang okeeee.
      Aamiin. Makasih banyak. :)

      Hapus
  3. Ahah, sudah deadline. Gak bisa ikutan :(. Semoga sukses ya Mak...

    BalasHapus
  4. Aku pilih semen gresik aja mbak, maklum asli wong gresik hehehe

    BalasHapus
  5. Mbak niaaa...udah beralih jadi tukang obatkah? Napa nyang atas yang komen tukang obat cemua yak. Hag..hag...

    Btw, suksea ngontesnya mbak ^^

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)