1.9.13

Laos, Negara Anggota ASEAN yang Tak Boleh DIabaikan

Visi ASEAN 2015 adalah menjadi ASEAN komunitas tunggal, baik di bidang ekonomi mau pun politik. Laos, atau Republik Demokratik Laos, meski sudah bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, namun baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, bisa dikatakan belum banyak berkontribusi, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan adanya Komunitas ASEAN, diharapkan Laos menjalin kemitraan yang baik dengan  negara ASEAN lainnya.

Jika posisi Anda adalah negara Laos, investasi diplomatik apa yang diharapkan dengan kemitraan yang terjalin dengan dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN?

Peta Laos

Sumber gambar: http://www.lonelyplanet.com/maps/asia/laos/map_of_laos.jpg

Potensi-potensi Laos
Membaca segala macam hal mengenai Laos memang cukup membuat kita mengurut dada. Terutama untuk kehidupan mereka di masa lalu. Akan tetapi, meskpin pelan, kini Laos mulai berubah. Peningkatan terjadi di berbagai bidang. Walaupun Laos masih berada di bawah bayang-bayang negara anggota ASEAN lain, negara yang merupakan satu-satunya berbatasan dengan negara lain di daratan ini mempunyai potensi yang cukup bisa bersaing jika ditangani secara optimal.

Agrikultur
Agrikultur, terutama bersawah, merupakan bidang yang paling banyak digeluti rakyat Laos. Karenanya, investasi diplomatic dengan dunia internasional yang paling baik adalah di bidang ini. Sehingga optimalisasi produksi hasil pertanian, terutama berupa padi akan bisa menjadi tulang punggung perekonomian negara Laos.

Pertambangan
Tanah Laos kaya akan sumber daya alam. Tembaga, emas, gas, minyak bumi, batubara, dan bauksit adalah contoh sumber daya alam yang bisa digali di Laos. Pengolahan secara optimal jelas akan mendatangkan penghasilan yang tidak sedikit bagi Laos. Akan tetapi yang harus diingat juga adalah kerusakan alam yang ditimbulkannya. Sebab selama ini, tingkat pengrusakan hutan di Laos sudah di tingkat memprihatinkan. Untuk bisa mengoptimalkannya tanpa mengabaikan kerusakan yang ditimbulkannya, investasi diplomatik di bidang pertambangan dengan dunia internasional sangat dibutuhkan Laos.

Pariwisata
Tepat sekali tagline pariwisata negara Laos, Simply Beautiful. Hal ini tentu saja karena alam di sana sangat indah dan asri. Sentuhan kebudayaan modern masih terbilang jarang. Investasi diplomatik di bidang pariwisata juga sangat diperlukan Laos. Pelestarian keindahan asli dan menjauhkannya dari kerusakan merupakan hal yang urgent. Tak lupa, promosi untuk bidang pariwisata pun tak kalah pentingnya. Tempat-tempat berbau budaya agama Budha merupakan tempat pariwasata yang bisa diandalkan Laos.

Tempat-tempat indah di Laos
Sumber gambar: http://www.pacifly.org/wp-content/uploads/2011/08/laos.jpg

Energi
Selain bidang pertambangan yang sudah disebutkan, investasi diplomatik untuk pengembangan bidang energi juga dibutuhkan Laos. Selama ini, produksi Laos dalam bidang metalurgi dan juga energi hidroelektrik tak bisa diabaikan. Investasi diplomatik di bidang ini sudah pasti akan sangat bisa memaksimalkan potensi Laos.

Bidang-bidang lain
Investasi diplomatik lain yang bisa memaksimalkan Laos dan sangat dibutuhkan Laos juga banyak. Kerjasama untuk pengadaan sumber air bersih, politik, penghijauan, infrastruktur, telekomunikasi, dan juga penegakan HAM mungkin juga diperlukan, sebab di Laos, hingga saat ini masih ada kasus-kasus mengenai hal ini.

Begitulah…
Komunitas ASEAN 2015 adalah sebuah ajang yang akan memacu persaigan. Namun sebagai bangsa yang bertetangga dan masih bersaudara, kemajuan bersama tetaplah yang utama. Oleh karenanya, turut mendorong dan mendukung kemajuan negara lain, seperti Laos merupakan hal yang tidak bisa diabaikan. Karenanya, mari kita bantu Laos dalam mengembangkan dan memaksimalkan semua potensi-potensi yang dimilikinya. Sejatinya, tujuan utama Komunitas ASEAN 2015 bukanlah kemajuan negara ASEAN tertentu saja. Tetapi juga kemajuan yang meningkatkan daya jual dan posisi yang kuat ASEAN di mata dunia. Mari maju bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)