26.11.23

ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304), Laptop Keren Tertipis dan Teringan di Dunia


Semua dari kita sepertinya setuju. ASUS itu merupakan brand yang produktif dan juga inovatif. Bagaimana tidak, baik itu ponsel ataupun laptopnya, dari waktu ke waktu senantiasa muncul produk yang baru. Dan kurun waktu kemunculan produk barunya itu sangatlah dekat. Pastinya, siapa pun yang mengikuti perkembangan dunia tekno, mengamati produktif dan inovatifnya produk-produk ASUS jelas sangat menarik.

ASUS Zenbook yang Selalu Membuat Penasaran

Salah satu produk ASUS yang menarik untuk diikuti misalnya adalah varian laptop ZenBook. Sejak pertama kali kemunculannya hingga sekarang, ZenBook banyak diminati. Tentu saja begitu karena laptop varian ZenBook dari ASUS ini punya keunggulan yang selalu saja membuat kagum. Bisa dibilang, setiap kali muncul produk barunya, masyarakat dibuat penasaran dengan inovasi terbaru yang disematkan ASUS ke dalam produknya itu.

Baru-baru ini ASUS mengeluarkan varian baru laptop ZenBook, yakni ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304). Tampilannya yang keren serta performanya yang paten dijamin membuat siapa pun terpukau dibuatnya. Termasuk saya. 


Jatuh Cinta Pada Keunggulan ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304)

Iya bener, saya dibuat mupeng dengan laptop ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304) ini. Melihat sendiri dan mencobanya sendiri ketika ASUS membuat mini gathering dengan Blogger Bandung beberapa waktu yang lalu, membuat saya jatuh cinta pada laptop yang kece ini.

Mau tahu apa saja hal unggul yang dimiliki ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304) ini? Berikut ini di antaranya.

1. Merupakan Produk Laptop Tertipis dan Teringan di Dunia

Ini dia hal terwow pertama yang memukau saya. ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), itu adalah laptop ultra-portable yang berlayar OLED 13,3-inci yang paling tipis dan paling ringan di dunia. Ketebalan produknya hanya 1 cm. Adapun bobotnya cuma 1 kilogram. Jadinya untuk para konten kreator seperti saya, atau para penggemar teknologi yang sangat memerlukan produk yang bisa mengakomodasi produktivitas kerjanya, dan bisa digunakan untuk kerja yang multitasking, ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) sangat pas sebagai solusinya.

Kenapa laptop OLED 13,3-inci ini menjadi laptop yang paling tipis dan ringan, sebabnya ada pada disematkannya kamera IR FHD yang berukuran kecil, tapi tetap berfitur lengkap, yang ditanamkan langsung ke dalam bagian layar dengan proses CNC. Tak hanya itu saja, panel OLED yang dibekali ASUS pada laptop ini juga jauh lebih tipis juga dari yang sebelumnya. Jadinya, bagian layar laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) menjadi 30% lebih tipis.


Proses CNC yang presisi ini juga tidak berhenti digunakan di bagian layar saja. Bagian bodi utamanya pun demikian. Tak heran deh, ruang komponennya jadi lebih luas. Padahal durabilitasnya tetap. 

Pada bagian papan sirkuitnya juga lapisannya lebih sedikit. Tetapi kerapatan kabelnya jauh lebih tinggi. Transistornya pun lebih banyak. Kinerja laptop pun semakin lebih baik walaupun bobot laptop ini lebih ringan.

Di bagian motherboard pun begitu. Dirancang secara presisi, sehingga dua kipas yang sangat tipis bisa ditempatkan dengan baik. Sehingga aliran udara untuk pendinginannya jauh lebih baik lagi. Berkat kepresisian rancangannya ini, Zenbook S 13 OLED (UX5304) pun jadinya 25% lebih tipis jika dibandingkan dengan laptop lain yang ada di kelasnya.

Apa yang membuat bobotnya seringan itu? Hal tersebut ternyata karena paduan bahan magnesium-aluminium yang digunakan di bagian keyboard deck, yang juga dibuat dengan proses CNC. Struktur yang kokoh namun tak menggunakan penyokong tambahan, serta penutup kaca yang sangat tipis yang digunakan pada touchpad-nya mampu menghasilkan pengurangan ketebalan laptop ini sebesar 25% lagi. Khususnya di bagian keyboard deck.

Jangan salah, sekalipun laptop ini tipis dan ringan, Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki ketahanan baterai yang bagus, yakni bisa 14 jam jika digunakan untuk streaming video. Sementara pendinginan dan kinerjanya jauh lebih baik daripada laptop ZenBook pendahulunya.

2. Laptop Ramah Lingkungan

Tangguh dan modern saja tidak cukup untuk sebuah produk sehingga bisa disebut keren di masa sekarang. Produk tersebut juga harus ramah lingkungan. Sebab kita tahu bahwa bumi kita keadaannya semakin memprihatinkan akibat berbagai macam jenis polusi. Terutama jejak karbon yang ada di produk-produk yang kita gunakan.

Nah ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) itu sangat ramah lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari dibuatnya laptop ini dari bahan premium hasil daur ulang. Jadinya laptop yang satu ini memiliki jejak karbon yang sangat rendah bagi lingkungan. Fakta nyata hal ini diperkuat dengan dibarenginya ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) yang telah mengantongi sertifikasi EPEAT® Gold.



Asal tahu aja, sertifikat ini tuh sangat menjamin kalo produknya itu memiliki manfaat di dalam pengurangan penggunaan listrik, pengurangan penggunaan bahan beracun (yang mencegah pembuangan limbah beracun), dan penurunan emisi. Benar-benar ramah lingkungan deh produknya.

Mulai dari bahan yang digunakan serta proses pembuatan, perakitan, penggunaan, serta proses daur ulang pada akhir masa pakai, membuat Zenbook S 13 OLED (UX5304) tidak akan meninggalkan jejak karbon yang banyak. So, jelas bukan keramahan produk ini terhadap lingkungan?

Laptop Zenbook S 13 OLED (UX5304) menggunakan bahan magnesium-aluminium hasil daur ulang industri. Bahan ini digunakan di bagian penutup keyboard, rangka, dan bagian layar.  Pengurangan jejak karbon dari bahan ini jadinya lebih dari 50%. 

Di bagian tombol dan speaker-nya juga begitu. Ramah lingkungan karena menggunakan plastik daur ulang. Belum lagi di bagian kemasannya. Kemasan Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini 100% bisa didaur ulang. Bahkan bisa dijadikan sebagai kompos. Tentu saja begitu, karena kemasannya ini menggunakan 100% kertas yang sudah bersertifikat FSC Mix dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, kayu terkontrol, serta sumber daya daur ulang. Uniknya, bagian penyangga yang ada di dalam kemasan laptop ini, bahkan bisa kita gunakan untuk dudukan laptop. 

Bagian bodinya juga senada. Dibuat dari bahan plasma-ceramic aluminum. Sebuah bahan yang dibuat dengan teknik pemrosesan eksklusif. Prosesnya hanya menggunakan air murni dan listrik. Dan tidak digunakan senyawa organik, asam kuat, atau pun logam berat. Selain minimal dalam memberi dampak kerusakan terhadap lingkungan, juga menghasilkan bodi laptop yang tahan terhadap korosi, berdurabilitas lebih baik, dan juga mempunyai masa pakai yang panjang.

Di bagian efisiensi energi, laptop ini juga sudah melampaui standar dari ENERGY STAR®, dengan besaran 43%. Berkat kesemua halnya, tak heran jika Zenbook S 13 OLED (UX5304) hadir sebagai laptop yang zero carbon emission.

3. Dilengkapi Windows 11 Home

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi dengan Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari.


4. Dilengkapi Office Pre-Installed 

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda. 

5. Ditenagai Prosesor Paling Canggih

Hal yang terlihat secara mencolok dari laptop ini memang desain yang tipis, ringkas, serta ringan. Namun jangan salah, laptop ini juga tetap dibekali prosesor paling canggih oleh ASUS. Prosesornya ini adalah 13th Gen Intel® Core™ i7-1355U. Sebuah prosesor yang menggunakan konfigurasi 10 core dan 12 thread. Jelas sudah, prosesor tersebut bukanlah prosesor kaleng-kaleng, sebab dapat dipacu bahkan hingga frekuensi 5GHz.

Intel® Core™ i7-1355U ini juga merupakan prosesor modern. Di dalamnya dilengkapi chip grafis yang sudah terintegrasi. Cip grafis ini namanya Intel® Iris Xe. Dia memiliki performa yang cukup powerful. Aneka komputasi grafis sehari-hari, atau bahkan bermain game casual, dijamin memuaskan dengan menggunakan laptop ini. 

Tidak cukup sampai di situ. Prosesor Intel® Core™ i7-1355U ini juga memiliki fitur-fitur modern. Ada Intel® Quick Sync yang bisa diandalkan untuk proses encoding dan decoding video. 

Ah ya, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga suda tervalidasi Intel EVO. So pastinya, laptop ini dijamin bisa digunakan dengan baik untuk bekerja, belajar, menikmati sajian hiburan, dan juga berkarya di dalam menciptakan konten kreatif.

ASUS juga membekali laptop Zenbook anyarnya ini dengan memori LPDDR5 yang berkapasitas 16GB. Adapun media penyimpanan datanya mengandalkan PCIe 4.0 SSD. Nah kombinasi keduanya inilah yang membuat Zenbook S 13 OLED (UX5304) sangat gesit dan juga nyaman kita gunakan untuk berbagai aktivitas multitasking.



Wow Banget, Kan?

Ngomongin keunggulan Zenbook S 13 OLED (UX5304) sungguh membuatku semakin mupeng. Kepengen banget gantiin si laptop jadul di rumah dengan yang satu ini. Membuat konten, bekerja ini itu, dan hiburan mengandalkan laptop ini, jelas sangat bisa. Dan pastinya, membuatku bisa tampil gaya saat bekerja di mana saja.

Untuk teman-teman yang sedang mencari laptop baru yang tipis, ringan, gaya, dan keren, ayo pilih saja laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304). Dijamin deh, teman-teman akan suka dan puas dengan kinerjanya. 

Untuk spesifikasi lengkapnya, lihat gambar di bawah ini, ya!




13 komentar:

  1. Wah iya ya, bobotnya cuma 1 kg. Aku jadi inget laptop lamaku dulu yang beratnya lebih dari 2 kg haha, kalau mau dibawa traveling dengan jatah kabin cuma 7kg, belom apa-apa udah habis di laptop. Belom lagi kamera dsb.

    Aku sukaaaaa banget desain Oled UX5304 ini. Keliatan mewah gitu kalau dibawa nongkrong. Dan yang terpenting lagi dapat diandalkan. Gak hanya untuk pekerja. Walau setelah kepoin harganya, emang lumayan ya. Tapi harga sih gak bisa bohong. Jadi mupeng aku hahahaha

    BalasHapus
  2. Mantaap banget laptop ASUS-nya, jadi pengen upgrade ke seri ini. Apalagi Zenbook S13 OLED udah RAM 16 jadi mendukung kerjaan dan anti lemot.

    Produk ASUS emang udah terbukti keawetannya ya, daku juga pakai.

    BalasHapus
  3. Cocok dipakai buat kerja berat nih terutama bagi mahasiswa-mahasiswa teknik
    Semoga saja pada laptop varian ini penyakit asus tidak ikut juga yaitu keyboard yg cepat rusak😭😭

    BalasHapus
  4. ini nie yg paling dicari, laptop paling ringan dan tipis biar gampang sibawa keman-mana namun spek tetap gahar hehehe...Asus Zenbook masuk dalam wishlist :)

    BalasHapus
  5. Kalo udah ada logo intel EVO mah kalo gasalah udah jaminan laptop terbaeeek buat dipake segala kebutuhan kerjaan ya.

    ASUS mah dari dulu emang keren sih dari sisi desain maupun build quality nya. Untuk aku yang suka bawa laptop tiap hari kesana kemari pake tas punggung, Asus tuh tahan banget banget.

    BalasHapus
  6. Buat wanita menurutku penting banget tipis dan ringan, karena gak baik juga kan ya menyandang ransel terlalu berat, ribet jg

    BalasHapus
  7. Asus itu rajin bikin aku ngiler... desainnya keren, ergonomis juga, jadi nyaman menggunakannya. Belum lagi jeroannya yang oke punya... wah ngiler deh...

    BalasHapus
  8. Brand yg skr malah jadi favoritku Mbaaa ❤️. Padahal dulu yaa aku lebih suka salah satu brand US utk laptop. Tapi sejak dibombardir Ama update-an Asus terus2an, SPECS nya juga ga kalah canggih tapi bisa dapat harga yg terjangkau drpd kompetitornya, gimana coba ga tergoda 🤣.

    Akhirnya memang JD LBH suka Asus. Aku tapi pengen beli PC nya mba, Krn dipikir2 aku jrg keluar bawa laptop. Even traveling aja aku ga mau laptopan. Semua postingan bakal dikerjain setelah balik traveling. Makanya kepikir kayaknya PC Asus LBH cocok buatku.

    BalasHapus
  9. Desain laptop nya bagus banget, bikin jatuh cinta pada pandangan pertama dan pas baca spesifikasi laptop ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304) parah sih jadi makin takjub dan ku ingin memiliki nya 🤩.
    Kesemsem, doain ya banyak rezeki tak terduga biar segera meminang laptop kece ini.

    BalasHapus
  10. Tertipis dan teringan di dunia? Uwoow.. Sy sih lbh liat specnya ya.. Canggih bener... Trus aku baru tau ada laptop ramah lingkungan. Keren Asus yg ini emang idaman

    BalasHapus
  11. Cakep banget desain ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304)
    Rasanya gak perlu cover laptop yaa.. buat nunjukin kecantikan laptop tertipis dan teringan ini.

    BalasHapus
  12. Sejak laptop ASUS Zenbook S13 OLED ini keluar,saya sudah jatuh hati. Saya juga lihatnya waktu acara yg sama di Makassar. Bodynya itu loh yg bikin jatuh hati, ringan dan tipis, enak banget dibawa kemana-mana

    BalasHapus
  13. Pas banget lagi cari-cari laptop buat gantiin yang di rumah. Kemarin jatuh dan ada retak + error' layarnya. Pengen banget bisa punya Asus yang satu ini. Pasti kerjanya juga makin nyaman dan mudah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)