badge

2.8.17

Tips Liburan Hemat di Yogyakarta Ala Backpacker


Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata populer yang ada di pulau Jawa. Di Jogja, ada banyak tempat-tempat bersejarah yang seru untuk dikunjungi. Misalnya saja seperti candi Borobudur, candi Prambanan, candi Ijo, Keraton Yogyakarta, Istana Air Taman Sari, atau Benteng Vredeburg. Ada juga wisata alam yang menawan di pesisir Jogja. Semisal pantai Indrayanti, Baron, Pok Tunggal, sampai Parang Trintis, serta wisata pegunungan ke Merapi. Kota Gudeg ini pun punya banyak kuliner yang selalu bisa mengugah selera.

Mlaku-mlaku nang Jogja pun jadi kegiatan yang mudah untuk dilakukan. Apalagi ada banyak moda transportasi yang bisa dipilih untuk sampai ke Jogja. Selain itu, wisata di Jogja juga bisa dilakukan dengan cara yang super murah, terutama kalau kamu melakukan trik hemat berikut ini.

Pergi Rombongan
Dengan pergi bersama-sama, kamu dan teman-teman bisa membagi pengeluaran. Baik itu untuk kebutuhan akomodasi dan transportasi, seperti penginapan, sewa motor atau mobil, dan lain sebagainya. Jadi, kamu bisa lebih menghemat biaya liburan selama di Jogja.

Khusus untuk penginapan, lebih baik kamu lakukan booking hotel online di Yogyakarta sejak jauh hari. Jika memesan kamar hotel langsung di tempatnya, kamu akan tidak akan bisa mengestimasikan pengeluaran dengan optimal, karena belum tahu harga pasti yang harus kamu bayar untuk mendapat penginapan. Kamu juga bisa kunjungi reservasi.com untuk mencari Hotel murah di Yogyakarta dengan penawaran terbaik.

Sewa Kamar Kost
Kalau kamu ingin tinggal lebih lama di Jogja tapi cuma punya bujet terbatas, carilah kamar kost yang di sewa secara bulanan dengan harga murah. Yogyakarta terkenal sebagai salah satu kota pendidikan di Indonesia. Di sana, ada banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Biasanya, banyaknya perguruan tinggi berbanding lurus dengan banyaknya penyewaan kamar kost. Dengan menyewa kamar kost, kamu bisa tinggal lebih lama di Jogja hanya dengan sekali bayar penginapan.

Rata-rata perguruan tinggi di Yogyakarta pun letaknya cukup strategis. Jadi kamu tidak akan kesulitan mengaksesnya. Biasanya, di daerah dekat perguruan tinggi pun banyak tempat yang menjual makanan enak dengan harga yang ramah buat mahasiswa. Jadi kamu bisa lebih berhemat anggaran konsumsi.

Tapi ingat, tips yang satu ini cuma cocok untuk kamu yang liburan di Jogja dalam waktu yang cukup lama. Kalau cuma satu atau dua malam sih mending sewa hotel sekalian.

Sewa Kendaraan
Inilah enaknya kalau pergi secara rombongan. Kamu bisa menyewa kendaraan seharga Rp50.000,00 - Rp100.000,00 sehari untuk motor, dan Rp250.000,00 - Rp300.000,00 sehari untuk mobil. Tarif tersebut berlaku untuk penyewaan mobil tanpa supir alias lepas kunci. Meskipun tanpa supir atau pemandu, kamu tidak perlu khawatir tersesat karena sekarang zaman sudah canggih. Kamu bisa dengan mudah mencapai tempat yang ingin dituju dengan panduan GPS atau Google Maps. Namun pastikan diantara rombonganmu ada orang yang benar-benar bisa mengemudikankendaraan dan punya surat ijin mengemudi. Ini adalah salah satu syarat untuk berkendara sekaligus syarat yang dibebankan oleh agen penyewa kendaraan.

Berkemah
Kalau kamu ingin menghabiskan waktu di pesisir selatan Jogja, kamu bisa berkemah di tepi pantai. Pantai-pantai yang cukup populer untuk berkemah antara lain pantai Indrayanti, pantai Pok Tunggal, pantai Ngrumput, pantai Siung, pantai Sarangan, dan masih banyak lagi.

Berkemah di pantai-pantai di Gunung Kidul akan menghadirkan kesan yang sangat menyenangkan. Kamu bisa menikmati romantisme pertemanan langsung di alam terbuka, melihat indahnya galaksi Bima Sakti di malam hari, menyaksikan eloknya fenomena matahari terbenam, dan mendengarkan suara ombak pantai di malam hari yang menenangkan. Tapi cara hemat seperti ini cuma bisa dilakukan di saat langit cerah. Jadi, cara ini cuma cocok dilakukan di musim kemarau.

Ada juga beberapa tips penting buat kamu yang ingin berkemah di pinggir pantai. Antara lain pastikan memilih tempat perkemahan yang cukup ramai, lakukan ini bersama rombongan yang besar, jangan memasang tenda terlalu dekat dengan bibir pantai, pastikan membawa perlengkapan outdoor lainnya, jangan tinggalkan sampah sedikitpun, dan bersosialisasilah dengan rombongan lain.

Naik Trans Jogja
Kalau Jakarta punya Trans Jakarta dan Bandung punya Trans Metro Bandung, Jogja juga punya kendaraan masal yang nyaman, ber-AC, dan murah. Namanya Trans Jogja. Moda transportasi terhubung dengan tempat-tempat strategis seperti stasiun Tugu dan bandara Adisucipto. Selain itu, Trans Jogja pun banyak melewati daerah-daerah wisata. Menariknya, kamu bisa membeli tiket Trans Jogja tipe single trip. Jadi kamu hanya perlu membayar satu tarif untuk perjalana jauh-dekat sekali jalan. Harganya pun sangat murah, tidak sampai Rp5.000,00.

Menarik, bukan? Kalau tips ini kamu lakukan, di jamin uang liburanmu akan tersisa dan ditabung untuk liburan berikutnya. Semoga bermanfaat!

18 komentar:

  1. Liburan di Jogja memang selalu asik mbak.

    BalasHapus
  2. Yogyakarta memang selalu meninggalkan kangen dan kesan tersendiri. Selalu ingin kembali ke kota ini. Aku belum pernah nyoba jadi backpacker kalo kesana. Mungkin bisa dicoba nih tips dari mbak Nia :)

    BalasHapus
  3. Setuju, naik Trans Jogja melewati banyak bgt tempat wisata, pun harganya jauh lebih murce drpd trans Bandung hehe duh jadi pengen ke Jogja lagi

    BalasHapus
  4. Semasa kuliah (sampe sekarang juga sih hihi) kendaraan umum paling favorit di Jogja ya Transjogja. Tapi sekarang jadi kesaing sama kendaraan online :')

    BalasHapus
  5. pergi rombongan selalu jadi opsi kalau dana gak cukup. hehe...
    saya selalu kayak gini, nunggu teman pada ngumpul terus ajakin jalan-jalan dadakan

    BalasHapus
  6. kemarin aku pakai taxi online pas ke magelang, lumayan terjangkau sih

    BalasHapus
  7. paing efektif memang pergi sama robongan.. bisa saling bantu plus saling nebeng..hehe

    BalasHapus
  8. Yogya. Selalu ada alasan untuk kembali kesana, salah satu tujuan favorit saya juga mak,,

    BalasHapus
  9. bener mba... di Jogja biaya hidup juga lumayan murah kok. asal nrimo lho yaa..makan di warung2 biasa gitu. Tapi klo udah maunya cafe..ya jadinya nggak jadi ngirit.

    BalasHapus
  10. lebih hemat lagi nginep tempat sodara yahhh mba hehe :D
    Sellau gak bosen dan excited banget deh pokoknya kalo liburan ke jogya

    BalasHapus
  11. Tips yang bagus mba.. next aku emang bakalan ada rencana mau ke jogja juga.. share kuliner enak di jogja juga dooong..
    www.sistersdyne.com

    BalasHapus
  12. Waah pengen coba naik trans jogja 😍

    BalasHapus
  13. Wah, terima kasih banyak tips mbak... membantu banget buat aku yang mau pergi kesana.... :D

    BalasHapus
  14. Jogja memang istimewa.. hayu atuh kapan kita mlaku2 bareng di Jogja? 😂😂

    BalasHapus
  15. pernah tinggal 1 tahun di jogja. tempat paling adem, amen dan harga makanannya murah. dulu ayam dan nasi lengkap cuma 7 ribu.

    BalasHapus
  16. Seru banget kalau libur di Yogya ya mba, kotanya ngangenin... semoga berkesempatan bawa 3 krucils ke sana...

    BalasHapus
  17. Sekarang bisa juga ya kamar kos disewakan buat para pelancong? Asik dong kalau gitu

    BalasHapus
  18. Mau ah kalo ke Jogya nyempetin naik Trans Jogya, harganya murmer :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)