badge

24.12.15

Sekarang, Semua Bisa Belanja Online!


Jumat 18 Desember 2015 lalu, saya bareng temen-temen Blogger Bandung mendapat kesempatan mengikuti acara #KelasBlogger. Sharing ilmu per-blogging-an ini, menghadirkan Mas Syaifudin Sayuti yang memberikan materi mengenai menulis reportase ala blogger dan  Kang Arul yang memaparkan segala hal mengenai blogging.

Dua orang selebblog ini tentu memberikan ilmu yang luar biasa. Bagi saya sendiri, apa yang saya terima dari mereka, bukan hanya sekadar menambah wawasan ilmu pengetahuan dunia per-blogging-an saja. Jauh lebih dari itu. Yaitu layaknya suplemen yang me-recharge tubuh saya untuk lebih semangat dalam hal ngeblog. Tahu sendirilah ya, semangat ngeblog saya itu seperti iman. Berfluktuasi. Kadang di atas, dan kadang juga di bawah. Semoga saja, ilmu yang saya dapat dari hadirnya saya di #KelasBlogger selalu bisa menyemangati saya dalam ngeblog. Temen-temen mau tahu apa saja ilmu yang saya terima? Tunggu postingannya di blog ini. Saya bakal bagikan ilmu dari para mastah blogger ini kepada temen-temen semua. Tapi bukan sekarang. Trus sekarang ngapain? Saya mau ngajak bisnis. Lho?

Hehehe... begini, di acara #KelasBlogger Jumat minggu lalu itu, saya dan Blogger Bandung juga mendengarkan sesi pemaparan sejenis bisnis baru, di sela-sela pemberian materi oleh para mastah blogger yang sudah saya sebutkan di atas. Bisnisnya sungguh menggoda. Dan tentu saja, bisnis ini menjanjikan keuntungan yang bisa nambah pundi-pundi tabungan. Serius, kalo temen-temen hadir di sana, temen-temen pasti tergiur juga. Tenang tenang... bisnis ini bukan MLM.

Bisnis Itu Bernama Kudo
Bisnis ini namanya KUDO, yang merupakan singkatan dari Kios Untuk Dagang Online. Sejenis e-commerce baru yang memfasilitasi konsumen untuk berbelanja barang-barang murah secara cash dan aman. Kudo sendiri mempunyai tagline 'Now Everyone Can Shop Online'. Jadi jelas, di sini, siapa pun bisa belanja secara online. Bahkan untuk orang yang gak melek teknologi sekali pun. Malah, menurut pemaparan Mas Hendra dari pihak Kudo, sasaran Kudo ini justru yang paling besar adalah orang yang gaptek alias gagap teknologi. Kok bisa, gimana caranya?

Mas Hendra yang sedang memaparkan semua hal tentang Kudo
Gambar : Twitter Hilman

Simpelnya sih begini, Kudo itu seperti pasar tempat berkumpulnya para pedagang. Segala jenis barang disediakan untuk konsumen secara online. Agen kudo, dengan tablet Kudonya akan memperlihatkan barang-barang yang ada di Kudo kepada konsumen. Nah, jika konsumen hendak memesan barang, dia akan menghubungi agen Kudo tersebut. Dan agen kudo meneruskan pesanan itu ke pihak Kudo. Pihak Kudolah yang nanti akan menghubungi merchant. Konsumennya sendiri membayar barang tersebut ke agen Kudo secara tunai. Barulah agen membayar ke pihak Kudo dengan cara transfer. Dan setelah itu, para merchant yang ada di Kudo akan mengirimkan barang langsung ke konsumen.

Tablet Kudo

Jangan bayangkan diagram alur dari pemesanan hingga pengiriman barangnya. Iya, sebab ini akan terlihat rumit. Padahal sebenarnya tidak. Semua dilakukan dengan sangat cepat. Sehingga proses pembelian barang sampai barang itu dikirimkan terjadi secara cepat. Toh yang namanya belanja online kan salah satu keuntungannya adalah barang bisa didapat dengan cepat. Kalo enggak cepat mah, ngapain belanja online, ya kan?

FYI ya, merchant-merchant di Kudo itu terpercaya. Kebanyakan dari mereka juga adalah merchant di beberapa e-commerce besar. Tapi, banyak syarat yang harus dipenuhi untuk jadi merchant Kudo. Dan tentu, ini menjadi jaminan bagi konsumen bahwa uang yang mereka belanjakan di Kudo sudah pasti akan aman. Dan barang yang dibeli konsumen sudah pasti juga sesuai dengan standard yang sudah ditentukan.

Kudo dan Behind The Scene-nya

Saya baru tahu lho kalo ternyata penetrasi e-commerce di Indonesia itu hanya sekitar 0.21% saja. Dan penyebab utamanya itu terjadi akibat sulitnya cara membayar konsumen dalam berbelanja. Iya juga ya, dalam belanja online kan pembayaran harus secara online juga (transfer bank, kartu kredit, dan sejenisnya). Sedangkan sebagian besar rakyat Indonesia, pada umumnya belum terjamah dengan teknologi online ini. So, munculnya Kudo dengan para agennya, bisa jadi merupakan penyelesaian dari persoalan ini.

Kudo sendiri didirikan oleh Albert Lucius dan Agung Nugroho di tahun 2014. Akan tetapi baru masuk pasar sekitar Januari 2015. Adapu  jenis -jenis produk utama yang ada di Kudo antara lain produk e-commerce, pulsa, asuransi, produk utilitas, dan juga tiket.

Tujuan Kudo yang ingin mendigitalisasikan industri ritel di Indonesia agar tidak dikuasai raksasa e-commerce tentu sangatlah mulia. Dan karena blogger seperti kita sudah cukup melek teknologi, maka di sini menjadi peluang kita untuk menjadi agen Kudo. Walaupun pada kenyataannya, siapa pun bisa jadi agen kudo.


Untungnya Bergabung dengan Kudo Apa?

Apa untungnya menjadi agen Kudo? Setiap terjadinya transaksi penjualan, agen akan mendapatkan komisi dari Kudo. Besarnya komisi ini berbeda, tergantung nilai transaksi dan produk yang terjual, yaitu sekitar 3 sampai 10% dari nilai transaksi. Agen kudo juga mendapatkan komisi lain yang bukan hanya pada saat transaksi saja, tetapi juga bonus mingguan dan bonus dari jumlah transaksi.

Sebagai agen, di awal kita mendaftar, agar proses transaksi bisa berjalan lancar, kita terlebih dahulu harus punya virtual account (semacam deposit) bank Mandiri atau BCA. Selain untuk menyimpan deposit, virtual account ini juga nantinya akan digunakan untuk keperluan pembayaran dari agen ke pihak Kudo.

Sekarang, Semua Bisa Belanja Online!

Nah gimana, tertarik untuk menjadi agen Kudo? Yuk daftar sekarang juga dengan cara mengunjungi http://www.kudo.co.id. Saya dan temen-temen Blogger Bandung aja, kemarin abis pemaparan tentang Kudo di acara Kelas Blogger langsung daftar, lho. Lumayan kan bisa dapet penghasilan tambahan. Alasan saya dan teman-teman Blogger Bandung pada daftar sih karena cara kerjanya yang mudah serta barang-barang yang dijualnya yang relatif lebih murah. Jadinya gak ngawang-ngawang gitu deh kerjanya. Kita cuma menawarkan barang-barang Kudo melalui tablet Kudo. Lalu jika ada pesanan, kita tinggal transferkan uang pembeli. Dapet deh bonusnya. Semudah berjualan biasa. Mau tahu lebih banyak tentang Kudo supaya ngerti banget, juga bisa dipelajari di website-nya. Semoga aja deh ya, dengan bergabungnya saya dan temen-temen blogger dengan Kudo, saldo rekening kami semakin bertambah. Jadinya kan gak melulu ngarep job dari blog saja, tapi juga dari berbisnis. Cieeeee… gaya. Hehehehe…. Sekarang, semua bisa belanja online! :D

Tampilan website Kudo

16 komentar:

  1. Belanja online makin asik ya sekarang. Makin banyak pilihan juga

    BalasHapus
  2. Sekarang belanja makin mudah yaa. Coba deh ntar intip2 webnya Kudo dulu.

    BalasHapus
  3. Kebetulan sekali nih... kayaknya saya daftar jadi agen, heheh...

    BalasHapus
  4. Tetep aja ribet: pembeli-perantara/agen kudo-pihak kudo-merchant. Trus gimana kalau ada komplain...musti kemana?

    BalasHapus
  5. Semua udah berjalan mudah semenjak perkembangan teknologi semakin pesat, begitu pula belanja online.

    BalasHapus
  6. waa,, nambah satu lagi.. rasanya tahun ini memang kemajuan besar untuk bisnis ecommerce.. keren deh

    BalasHapus
  7. waah ada keperluan rumah tangga juga :) mupeng deh

    BalasHapus
  8. wahh makin banyak aja nih pilihan. ohhh ini tho 'kudo' yang kemarin2 dicuitin para blohers

    BalasHapus
  9. wow ada yg baru lageee...
    kenalan dulu ah
    hai kudooo.. :)

    BalasHapus
  10. hmm perlu diricek dulu deh nih, semoga cocok belanja di Kudo :-)

    BalasHapus
  11. Sekarang banyakbpilihan yah belanja onlinenya. Menuju TKP dulu..

    BalasHapus
  12. Wah...semakin banyak nih belanja online...nggak ribet...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)