30.4.15

#BeraniLebih dari Sekadar Ibu Rumah Tangga dengan 4 Anak

Itulah tantangan saya. Ya, sekitar delapan tahun yang lalu, saya menantang diri saya sendiri untuk #beranilebih dari sekadar ibu rumah tangga biasa. Tidak! Saya tidak memandang sebelah mata pekerjaan ibu rumah tangga. Sebaliknya, pekerjaan tersebut, di mata saya adalah pekerjaan yang sangat mulia dan puncak karir dari seorang wanita. Sebab menjadi ibu rumah tangga itu berarti ‘menandatangani kontrak kerja’ 24 jam setiap harinya, dengan gaji, tunjangan, serta bonus yang tidak tercantum di dalam ‘kontrak kerjanya’. Namun di balik semua itu, ‘hadiah’ yang tidak ternilai menanti ibu rumah tangga di ujung perjuangannya.

Di awal-awal masa pernikahan, saya memutuskan untuk 100% diam di rumah dan mengurus anak-anak. Akan tetapi tanggapan mama tentang keputusan saya, selalu terngiang-ngiang setiap kali saya memantapkan hati untuk itu.

Anak-anak saya

“Kamu mah kuliah teh cuma dapet suami aja. Kalo cuma buat ngurus anak-anak dan diem di rumah aja mah, udah we atuh dulu teh gak usah kuliah. Gak ngeluarin banyak uang meureun mamah sama bapak teh!”

Seperti itulah kira-kira ucapan mama. Tajam dan menohok. Awalnya saya sedih dan kecewa. Tapi ketika dihayati lebih dalam, saya merasa tersadarkan. Ya, maksud mama mengucapkan itu adalah mungkin agar saya bisa lebih memaksimalkan kemampuan saya. Akhirnya, ucapan mama itulah yang memecut saya untuk #beranilebih dari sekadar menjadi ibu rumah tangga biasa.

Berbagai pekerjaan pun saya coba. Menjadi guru les bimbel, berdagang pakaian, trading bursa berjangka, hingga ikut MLM. Tapi kesemuanya tak ada yang membuat saya nyaman. Hingga suatu hari, saya memutuskan untuk menerima pekerjaan kantoran secara full time.

Hidup saya pun mengalami titik belok. Meski hanya bertahan 1,5 tahun, saya mendapat banyak kemampuan dari pekerjaan tersebut, terutama dalam hal menulis secara baik dan benar. Tak hanya itu saja, relasi dan celah yang bisa mengakomodasi ‘rencana karir’ saya pun, saya temukan dari pekerjaan full time saya itu. Sehingga pada akhirnya, saya mantap untuk resign dan memilih bekerja di rumah, yakni menulis.

Kini, karya tulis saya tersebar di mana-mana. Lebih dari 50 buku, ratusan artikel web, puluhan artikel koran, dan puluhan artikel lomba (yang Alhamdulillah bisa menang) sudah saya tulis. Meski tak membuat saya terkenal, saya bahagia karenanya. Sebuah kebahagiaan karena saya berhasil menaklukkan tantangan diri saya sendiri. Menjadi wanita yang tak hanya sekadar ibu rumah tangga dengan 4 anak saja.

Sebagian dari cover buku-buku yang pernah saya tulis dan berisi tulisan saya

Tidak! Saya tidak akan puas sampai di situ saja. Saya akan tetap menulis dan menulis selagi saya bisa. Kapan pun dan di mana pun. Di saat anak-anak anteng bermain; di saat anak-anak sedang tidur lelap; di saat anak-anak sedang belajar; atau bahkan di sela-sela menunggu anak di sekolahnya.

Bukan! Semua pekerjaan itu saya lakukan bukan karena kurangnya nafkah dari suami. Niat saya dalam bekerja di sela-sela waktu mengurus anak dan keluarga, semata-mata untuk kepuasan diri saya sendiri. Ya, ketika saya berhasil menyelesaikan sebuah karya tanpa mengesampingkan tugas rumah tangga, rasanya sangat luar biasa. Dan materi yang didapat, saya anggap bonus lelah belaka.


Yuk wanita Indonesia, kita berdayakan dan maksimalkan potensi kita! Kita bisa menjadi apa saja. Di rumah, di kantor, atau di mana saja. Kita sangat multitalenta, asal kita #beranilebih dari biasanya. Mari berkarya!

Akun Media Sosial Saya

22 komentar:

  1. Wowww....buku mbak Nia ternyata udah banyak bangeeeeeet.

    BalasHapus
  2. Subhanallah banyak banget bukunya mbak... kereen.. tetep semangat ya mbak :)

    BalasHapus
  3. Wow, keren Mak. Ibu rumah tangga dengan 4 anak tapi bisa seproduktif itu. Salut.
    Salam kenal mak Nia..:)

    BalasHapus
  4. waaaa bukunya banyak sekali. klo gitu sih dari rumah juga bisa tetap berkarya ya mak!

    BalasHapus
  5. waw bukunya udah banyak mak nia ...tantangan jd irt memang lbh berat, btw tetap semangat f dan produktif :)

    BalasHapus
  6. Waah...keren ya mbak, sudah menghasilkan banyak buku...sukses ya :)

    BalasHapus
  7. Salut ama kak nia yg berabi 4 hahaha. rata2 sekarang cuman mau nya 1 doang :-)

    BalasHapus
  8. berani lebih memang pas buat mak nia. terus menginspirasi ya mak. semoga menang :)

    BalasHapus
  9. mau ikutan lombanya, baru mau nulis tapi...can kaidean nanaon :D good luck teh nia, pasti menang ieu mah da :)

    BalasHapus
  10. Kuereeennnnnn..... Terus menginspirasi mbak.... Aku juga jadi kepngen nulis buku ...*sok tiru2 --"
    Semoga menang mbakkk.. Teruslah menulis selama masih bisa

    BalasHapus
  11. dan semangat ini membuat kita menjadi perempuan dengan segala kelebihannya..sukses ya mak :)

    BalasHapus
  12. Bukan mbak Nia namanya kalau tidak menelurkan buku2 bermutu...

    BalasHapus
  13. Mbak Nia produktif walau dengan 4 anak. hebat

    BalasHapus
  14. Bukunya sudah banyak. Ajarin donk.

    BalasHapus
  15. Aku juga pernah dibilang"ngapain kuliah kalau pada akhirnya di rumah"
    Akhirnya ikutan grup kepenulisan di FB dan melecutku bahwa yg di rumah pun bisa produktif.
    Semoga menang ya Mbak :)

    BalasHapus
  16. subhanallah, tulisan yang menginspirasi, asalkan tekad kuat dan dijalani dengan ikhlas, terwujud juga segala harapan ya mbak, semoga menang, salam kenal yaa

    BalasHapus
  17. Pecutan dari Ibu membuat mbak semakin berkarya yaa, guud luck lombanya mbak

    BalasHapus
  18. luar biasa,. Pencerahan yang saya dapat hari ini. Saya sepertinya harus belajar di sini

    BalasHapus
  19. keren sekali...udah 4 anak tapi wajahnya seperti masih punya 1 anak...awet muda euyyyy...resepnya donk....

    BalasHapus
  20. Mbaaaak, sekalinya instawalking *halah eh trus nuasar kesini, saluuuut mbak. Menginspirasa saya yg belum mempunyai anak niiih, belum lagi salah satu amal jariyah adalah ilmu yg bermanfaat. Subhanallah

    BalasHapus
  21. Banyak banget tuh buku yang mbak tulis
    ini sih udah lebih dari ibu rumah tangga pada umumnya

    BalasHapus
  22. wuh 4 anak sis :o dan tetep masih bisa blogging :o

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman juga. Hatur tengkyu. :)